ElektronikSmartphoneTrends

Pilih Mana: iPhone 11 atau iPhone XS Max?

Apple merupakan merk smartphone yang terkenal dari dulu hingga saat ini. Produk yang dirilis pun senantiasa laris manis berkat kecanggihan teknologi serta fitur-fitur yang disematkan di dalamnya. Pada artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai salah satu produk Apple, yaitu iPhone 11 dan iPhone XS Max.

iPhone 11 dan iPhone XS Max merupakan smartphone yang dikhususkan untuk mereka golongan menengah keatas. Varian RAM yang ditawarkan pun cukup banyak sehingga bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pemakainya.

Lalu bagaimana dengan kelebihan serta kekurangan iPhone 11 dan iPhone XS Max ini? Apakah spesifikasi yang disuguhkan sesuai dengan harga yang disematkan? Untuk itu disini aja ya!

iPhone 11

Apple akhirnya mengumumkan handphone barunya. iPhone 11 yang pertama diperkenalkan. Handphone ini merupakan penerus iPhone XR. Masih hadir dengan layar 6,1 inch Liquid Retina Display.

Untuk performanya dibekali chipset A13 Bionic yang diklaim lebih ngebut dari Galaxy S10+ dan Huawei P30 Pro. Demikian kemampuan grafisnya, sehingga handal untuk bermain game berat.

Seperti banyak handphone Android di pasaran, iPhone 11 mendukung Dolby Atmos. Namun bukan itu pembaruan yang utama. iPhone 11 juga sudah dilengkapi dengan memori internal 64GB, 128 GB, dan 256 GB.

iPhone 11 hadir dalam berbagai varian warna, yaitu hitam, kuning, merah, putih, hijau dan ungu yang baru, meskipun warna biru hilang. Baca juga Pilih Mana: Samsung Galaxy S10 Plus atau iPhone XR?

Kamera iPhone 11

Dalam perilisannya, versi iPhone 11 ini dilengkapi dengan 2 kamera yang masing-masing 12MP. Kamera pertama mempunyai resolusi 12MP berukuran lensa 26mm dengan f 1.8.

Kamera iPhone standar sudah ditingkatkan dengan ‘Night Mode’ yang seharusnya bisa bersaing dengan Night Sight pada smartphone Google Pixel dalam hal kinerja cahaya rendah. Apple juga sudah meningkatkan pemrosesan gambar untuk mempertahankan lebih banyak sorotan dan detail di setiap pemotretan.

Kamera keduanya juga beresolusi 12MP dengan berukuran lensa 13mm dan f 2.4. Ada yang unik kali ini, Apple tidak lagi memilih lensa potret, melainkan ‘Ultra Wide Camera’. Ini memungkinkan konsumennya untuk mengambil gambar lebih luas lagi.

Baterai iPhone 11

Terlihat iPhone 11 memiliki RAM 4 GB dan baterai berkapasitas 3. 110 mAh, lebih tinggi dibanding dengan iPhone XR yang mempunyai RAM 3 GB dan baterai 2942 mAh. Dengan peningkatan ini, iPhone 11 memiliki daya tahan baterai 1 jam lebih lama dibanding iPhone XR.

Berikut ini adalah harga iPhone 11 per Oktober 2019

Varian iPhone 11Harga
iPhone 11 64GBRp 11.700.000,-
iPhone 11 128GBRp 12.400.000,-
iPhone 11 256GBRp 14.100.000,-

Kelebihan iPhone 11

  • Mempunyai teknologi yang canggih
    Apple iPhone 11 mengemas chipset 7nm terbaru Apple, A13 Bionic, meninggalkan chipset seperti Qualcomm Snapdragon 855+ (7nm) dan Samsung Exynos 9825 (7nm).
  • Kamera mumpuni
    Dari segi kamera, iPhone 11 mendapatkan kamera utama baru, 12MP f/2.4 ultrawide. Beberapa orang lebih senang mempunyai telefoto daripada ultrawide, tetapi sebagian besar memilih telefoto.
  • Anti air
    Apple iPhone 11 mempunyai sertifikasi anti percikan air serta debu IP68. Artinya mempunyai kemampuan bertahan sampai kedalaman 2 meter selama 30 menit.

Kekurangan iPhone 11

  • Layar kurang mumpuni
    Layar iPhone 11 adalah LCD 828x1792px 6,1 inci, sama dengan iPhone XR. Pada harga yang ditawarkan itu, pelanggan seharusnya bisa mempunyai AMOLED 1440x3120px dengan kecepatan refresh 90Hz.
  • Penyimpanan dasar kurang update
    Penyimpanan dasar yaitu 64GB. Sudah terasa kuno waktu Apple membuat penyimpanan dasar setidaknya 128GB. Ini bukan ponsel murah dan siapapun bisa menemukan perangkat yang harganya separuh namun mempunyai lebih banyak penyimpanan dalam versi dasarnya.
  • Masih memakai konektor lightning
    iPhone 11 masih memakai konektor Lightning, yang lebih rendah dari USB-C baik dalam kecepatan dan kemampuan. Hampir seluruh ponsel saat ini memakai USB-C yang lebih baik dan universal, bahkan iPad Pro serta Macbook milik Apple sendiri.

iPhone XS Max

Dari segi performa, iPhone XS Max meningkat signifikan dengan mempercayakan prosesor A12 Bionic. Prosesor tersebut yaitu yang pertama memakai chip 7nm dengan 6,9 miliar transistor.

Bila dijabarkan, dalam satu prosesor terdapat 4-Core GPU, 6-Core CPU, dan Neural Engine. Tiap Core CPU A12 diklaim sanggup menjalankan program 15 persen lebih cepat dibanding A11 Bionic.

Performa iPhone XS Max juga telah dilengkapi dengan RAM berkapasitas 4GB sebagai penunjang aktivitas multitasking, yang mampu menjalankan program secara lebih responsif dan mempunyai tingkat kestabilan sistem handal.

Lihat juga:  Pilih Mana: Kulkas Panasonic atau Kulkas LG?

iPhone XS juga menawarkan 3 varian memori internal handal dengan kapasitas ruang jumbo, antara lain 64 GB / 256 GB / 512 GB. Ketiganya bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan konsumen.

iPhone XS Max tersedia dalam 3 varian warna, yaitu Gold, Silver, dan Gray. Salah satu peningkatan dari seri sebelumnya yaitu sertifikasi anti-air dan anti-debu yang meningkat menjadi IP68.

Kamera iPhone XS Max

iPhone XS Max memakai modular ganda (dual- camera) pada bagian belakang. Kedua kamera belakang tersebut beresolusi 12 MP dan 12 MP, satu dengan lensa wide angle dan lainnya untuk telephoto.

Masing-masing kamera sudah dilengkapi dengan Stabilizer Optical (OIS), phase detection autofocus (PDAF), dan lensa 6 elemen. Sedangkan bukaannya f/1.8, 28mm, 1.4µm (wide angle) dan f/2.4, 52mm, 1.0µm (telephoto) yang bisa melakukan zoom optical sampai 2x.

Keduanya juga sama-sama mampu memberikan efek bidikan foto yang amat terfokus dengan hasil yang begitu tajam dan natural.

Di bagian depan, pemakai bisa selfie dengan kamera 7 MP. Sensornya diklaim lebih cepat dan bukaan nya f/2.2. Dengan teknologi Image Signal dan Neural Engine, hasil selfie kamera depan ini bisa ditingkatkan secara maksimal.

Baterai iPhone XS Max

Hal mengesankan lainnya dari iPhone XS Max yaitu baterai. Varian XS memang mempunyai baterai yang diklaim 30 menit lebih tahan lama dibandingkan iPhone X keluaran tahun 2017 lalu.

iPhone XS Max dibekali dengan baterai berkapasitas 3.174 mAh, yang diklaim sanggup bertahan 90 menit lebih lama bila dibanding iPhone X. iPhone XS Max juga mengusung fitur pengisian baterai cepat (Fast Battery Charging).

Berikut ini adalah harga iPhone XS Max per Oktober 2019

Varian iPhone XS MaxHarga
iPhone XS Max 64GBRp 19.000.000,-
iPhone XS Max 256GBRp 21.000.000,-
iPhone XS Max 512GBRp 25.000.000,-

Kelebihan iPhone XS Max

  • Layar OLED Super Retina
    iPhone XS Max memakai layar dengan lebar 6,5 inci yang beresolusi 2688 x 1242 piksel, berteknologi OLED Super Retina, dan beraspek rasio 19, 5:9 yang memenuhi bagian depannya. Bisa dikatakan teknologi OLED Super Retina ini membuat gambar maupun video yang ditampilkan menjadi tajam dan super jernih.
  • Face ID
    Smartphone produksi Apple ini dilengkapi dengan fitur Face ID yang memungkinkan konsumennya bisa membuka kunci dengan cepat memakai wajah. Tidak hanya itu, berkat lengkapnya sensor smartphone ini memungkinkan wajah bisa dikenal walaupun dalam kondisi minim cahaya sekalipun.
  • Dual SIM
    iPhone XS Max bersama XS dan XR berhasil menjadi iPhone pertama di dunia yang mempunyai dukungan 2 kartu SIM. Bisa dikatakan fitur ini amat cocok di negara berkembang, seperti Tiongkok, India, maupun Indonesia yang bisa mempunyai banyak kartu SIM.

Kekurangan iPhone XS Max

  • Kamera 7 MP
    Kamera depan dari iPhone XS Max tidak mengalami pengembangan resolusi cuma mencapai 7 MP saja. Pada umumnya smartphone masa kini mempunyai resolusi kamera depan yang besar.
  • Harga mahal
    Dibanding generasi sebelumnya, iPhone XS Max ini mempunyai harga yang sangat mahal. Apple sendiri membanderol iPhone XS Max dengan harga yang super mahal mulai dari Rp 24, 7 juta.
  • Tidak ada fingerprint
    Sayangnya iPhone XS Max tidak dibekali dengan sensor fingerprint sama sekali, padahal beberapa orang masih lebih nyaman memakai pemindai sidik jari dibanding dengan wajah.

Pilih Mana: iPhone 11 atau iPhone XS Max?

iPhone 11iPhone XS Max
Kelebihan- Mempunyai teknologi yang canggih - Kamera mumpuni - Anti air - Layar OLED Super Retina - Face ID - Dual SIM
Kekurangan- Layar kurang mumpuni - Masih memakai konektor lightning - Penyimpanan dasar kurang update - Kamera 7 MP - Harga mahal - Tidak ada fingerprint

Kesimpulan

Apple tak henti-hentinya merilis produk yang canggih seperti yang sudah kita bahas barusan mengenai iPhone 11 dan iPhone XS Max. Kedua smartphone ini laris manis terjual dipasaran, bahkan banyak artis yang memiliki smartphone keluaran Apple ini. Tentukan pilihan smartphone kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iPhone 11 vs iPhone XS Max

VS

Leave a Reply