Smartphone

Pilih mana: iPhone 12 vs iPhone 11 pro max?

iPhone adalah salah satu merk handphone yang sudah resmi di buat oleh negara california dan dirakit di china lalu dipasarkan di berbagai penjuru negara. iPhone menggunakan sistem operasi yang dikenal sebagai iOS Apple “iPhone OS”.  iPhone diluncurkan dan dikenal pada 9 Januari 2017. 

Salah satu produk ini sangat mempertahankan citranya sebagai produk yang premium, inovatif, serta dengan desain yang elegan. Maka dari itu banyak sekali vendor smartphone yang terinspirasi untuk membuat desain serta fitur yang serupa mirip dengan iPhone. Dan sekarang iphone merilis lebih banyak lagi seri yang dilengkapi dengan berbagai desain berbeda setiap seri nya, harganya, fiturnya dan masih banyak lagi.

Seperti yang kita tau, iPhone juga sudah mengeluarkan seri terbaru yang sudah dinanti-nanti kebanyakan orang pecinta merk handphone yang satu ini, seperti iphone 12 vs 11 pro maxx. Pasti dengan keluarnya kedua seri tersebut membuat anda bingung, bukan ?. Dengan itu artikel ini akan membahas tentang kedua seri dari iPhone yang bisa membantu anda untuk menentukan mana yang wajib anda punya.

iPhone 12

iPhone 12 yang akan dikeluarkan pada akhir bulan September atau awal oktober tahun ini. Dari  iPhone X, iPhone XS dan iPhone 11 yang memiliki desain serupa, kini giliran iPhone 12 akan mewakili suatu perubahan tersebut, bahkan akan mengembalikan beberapa elemen yang terdapat di iPhone 4 yang sangat disukai para pecinta iPhone sejak awal kemunculannya. Baca juga: Pilih Mana: iPhone 11 atau iPhone XS Max?

iPhone 12 ini memiliki desain khusus yang membuat orang melihatnya ingin memilikinya. Dengan desain pada sisi depan dan belakang yang dibuat dengan bahan kaca. Memiliki ukuran layar 5,4 inci dengan RAM 4GB. Di seri ini  semua tampilannya menjadi OLED yang lebih tajam dan anda tidak perlu khawatir atas ketahan baterainya karena sudah aman. Selanjutnya,untuk notch yang khas di bagian depan iPhone namun dibuat sedikit lebih kecil.

iPhone 12 yang menampilkan prosesor seri-A,yang disebut sebagai chip Apple A14 Bionic. Dengan keempat model ini akan menampilkan chip sama, iPhone seri 12 tertinggi dengan harga lebih murah dan memiliki seri standar dengan kinerja yang sama. iPhone 12 yang sangat ringan dipegang dan memiliki pilihan warna yakni Silver, Gold, Graphite, dan Pacific  Blue dengan harga sekitar Rp.11,8 jt.

Kelebihan iphone 12

  • Dengan kualitas kamera yang unggul

iPhone 12 yang memiliki kualitas kamera yang hampir sama dengan kualitas kamera Samsung Galaxy S20. iPhone 12 dilengkapi dengan layar 120Hz dan lensa utama pada bagian kameranya dengan 64 MP.

  • Dengan kualitas baterai yang besar

Dengan kualitas baterai yang diprediksi berkapasitas konektivitas 5G yang memerlukan daya lebih besar dari LTE serta dengan baterai lebih unggul sebesar 400 mAh.

  • Dengan layar ponsel yang sangat memuaskan

iPhone 12 yang memiliki layar dengan 6,1 inch screen dan yang sangat menarik lagi iPhone 12 yang menggunakan Super Retina Display (OLED).

  • Memiliki daya tahan dan super ringan

iPhone 12 merupakan salah satu seri yang sangat ringan dan tentunya nyaman untuk dipegang dengan berat iPhone ini 164 gram. Ketahanan yang dimiliki iPhone 12 yaitu dilapisi dengan kaca pelindung keramik dan diklaim empat kali lebih kuat dibanding kaca biasa.

Kekurangan iPhone 12

  • Charger dan earPod dijual terpisah

Apple mengeluarkan produk terbarunya tanpa charger dan EarPod untuk  upaya mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan sekitar. Dan pengguna harus membeli sendiri keduanya secara terpisah.

iPhone 11 Pro Maxx

iPhone 11 pro maxx yang sudah lebih dulu dirilis sebelum iPhone 12 . Memang tidak bisa diragukan lagi, produk ini sangat unggul. Tahun rilis iPhone 11 Pro pada 28 november 2019.  iPhone 11 Pro Max adalah penerus dari iPhone XS dan XS Max yang telah dirilis tahun lalu. Dan  iPhone 11 merupakan penerus iPhone XR. Ketiganya memiliki Spesifikasi yang sangat berbeda dibandingkan iPhone XS, XS Max, dan XR yang dirilis tahun lalu. 

Pada bagian kameranya, semakin terbaru iPhone yang dirilis maka jumlah kameranya juga bertambah banyak. iPhone 11 yang memiliki 2 kamera belakang wide dan ultra wide yang sebelumnya hanya 1 saja di iPhone XR. Lalu, iPhone 11 Pro Max memiliki tiga kamera wide, ultra wide, telephoto.

Untuk selfie iPhone 11 Pro Maxx ini dibekali kamera 12 megapiksel serta TrueDepth yang ternyata bisa mengambil gambar berorientasi landscape dan bisa merekam video slow motion 120 FPS yang sering disebut Apple sebagai “slofie”. Dengan ukuran layar yang memiliki diagonal iPhone 11 Pro Max 6,5 inci.

Kelebihan iPhone 11 Pro Maxx

  • Kontras layar pada iPhone 11 Pro Maxx
Lihat juga:  Pilih Mana: Xiaomi Redmi K20 Pro atau Realme X?

Resolusi yang lebih tinggi dibandingkan iPhone 11 membuatnya menjadi lebih menarik lagi. iPhone 11 Pro yang terdapat dengan resolusi 1125 x 2436 piksel.

Dengan resolusi yang lebih tinggi itu, membuat layar Apple iPhone 11 Pro memiliki tingkat kecerahan yang sangat baik dan layar HP ini memakai panel yang Apple yang disebut sebagai Super Retina XDR OLED.

  • Tahan air

Kemampuan yang dimiliki dari iPhone 11 Pro Maxx ini adalah tahan air dan tentunya tidak lepas dari hadirnya sertifikasi anti air IP68 yang dimiliki Apple iPhone 11 Pro. Dengan memiliki sertifikasi serta diklaim iPhone 11 Pro yang dapat bertahan di kedalaman air 4 meter selama 30 menit.

  • Chipset yang kencang

iPhone 11 Pro yang dibekali dengan chipset Apple A13 Bionic yang dibuat dengan proses fabrikasi 7nm+. Di dalam chipset tersebut, tersemat 6 core prosesor. Prosesor yang terdiri dari 2 core Lightning 2,65 GHz untuk performa dan 4 core Thunder 1,8 GHz untuk hemat daya. Dengan  pengolah grafis yang sudah terasemat dengan 4 inti core graphics.

Apple iPhone 11 Pro dengan chipset mampu untuk mendapat skor Antutu di angka 460 ribuan dengan berdasarkan pengujian yang sudah dilakukan GSMArena

Performa yang dimiliki iPhone 11Pro Maxx rasanya tidak perlu diragukan lagi. HP ini memiliki performa yang sangat kencang untuk berbagai kebutuhan. Walaupun dengan RAM 4 GB, HP ini dapat menjalankan tugas dengan baik.

  • Memiliki daya baterai yang sangat awet

Dengan layar yang dimiliki tidak begitu lebar, namun kapasitas baterai ini tergolong sangat awet. Hasil dari pengujian GSMArena yang mencatatkan skor endurance rating sebesar 86h.

  • Charger yang  Fast Charging

Apple iPhone 11 Pro memiliki charger bawaannya yang sudah didukung teknologi fast charging dengan tipe charger 18W dan patut diapresiasi. Dengan charger 18W yang dapat terisi sampai 58% dalam waktu 30 menit.

  • Kedua kameranya unggul

Hasil kamera mode portrait yang tergolong sangat bagus serta mode malam yang hasilnya tidak mengecewakan. Untuk kamera depan dibekali dengan 12 MP dan SL 3D Camera atau kamera 3D TOF. Hasil kamera depannya mampu menghadirkan gambar yang penuh warna dan lebih banyak tekstur serta untuk kamera belakangnya juga sangat bagus.

Kekurangan iPhone 11 Pro Maxx

  • Masalah pada Bezel dan Notch

Salah satu masalah yang paling besar dari iPhone 11 Pro yakni notch yang terlalu lebar serta bezel layarnya yang masih tergolong tebal. Kedua faktor ini yang membuat desain keseluruhan perangkat ini sangat kurang menarik.

  •  Kamera Telefoto dan Ultra-wide

Untuk kamera ultra-wide memiliki kekurangan yang tidak memiliki autofocus dan mode malamnya. Dan untuk kamera telefoto memiliki kekurangan dalam kemampuan zoom yang hanya 2x zoom sementara ponsel dari pesaing sudah bisa 3X zoom bahkan 5x zoom.

  • Tidak memiliki Jack Audio 3,5mm dan Adapter Audio

Tidak menyediakan adapter untuk audio jack 3,5 mm membuat peminat iPhone 11 Pro Maxx berfikir untuk 2 kali membelinya.Hal ini jelas membuat para pembeli yang masih memakai earphone 3,5 mm, harus membeli adapter audio jack secara terpisah.

Pilih mana: iPhone 12 vs iPhone 11 pro max?

Keterangan Oppo Reno 4 Oppo Reno 3
Kelebihan - Dengan tampilan layar OLED yang sangat memukau - Memiliki memori internal dan RAM yang sangat besar- Dilengkapi dengan layar AMOLED dan Always on-display - Memiliki ketahanan daya baterai yang tahan lama
Kekurangan - Tidak mempunyai sensor NFC - Mudah kotor sidik jari - Masalah pada Bezel dan Notch - Kekurangan pada sidik jari yang mudah menempel di bodi

Kesimpulan 

Semua iPhone yang sudah dirilis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi tetap menjadi merk Handphone yang sangat populer mengalahkan merk yang lainnya karena banyak peminatnya. 

Dari berikut penjelasan dari kedua iPhone yang sudah saya bahas semoga bisa bermanfaat untuk kalian.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iPhone 12 vs iPhone 11 pro max

VS

Leave a Reply