Smartphone

Pilih mana: iPhone 12 vs iPhone 12 pro?

iPhone adalah salah satu merk handphone yang sudah resmi di buat oleh negara california dan dirakit di china lalu dipasarkan di berbagai penjuru negara. iPhone menggunakan sistem operasi yang dikenal sebagai iOS Apple “iPhone OS”. iPhone diluncurkan dan dikenal pada 9 Januari 2017. 

Merk yang satu ini selalu mengeluarkan seri terbaru yang menarik minat pembeli. Apple mengeluarkan seri iPhone 12 dan iPhone 12 pro yang dimana memiliki spesifikasi serta harga yang berbeda.

iPhone 12

iPhone 12 yang akan dikeluarkan pada akhir bulan September atau awal oktober tahun ini. Dari  iPhone X, iPhone XS dan iPhone 11 yang memiliki desain serupa, kini giliran iPhone 12 akan mewakili suatu perubahan tersebut, bahkan akan mengembalikan beberapa elemen yang terdapat di iPhone 4 yang sangat disukai para pecinta iPhone sejak awal kemunculannya.

iPhone 12 ini memiliki desain khusus yang membuat orang melihatnya ingin memilikinya. Dengan desain pada sisi depan dan belakang yang dibuat dengan bahan kaca. Memiliki ukuran layar 5,4 inci dengan RAM 4GB. Di seri ini  semua tampilannya menjadi OLED yang lebih tajam dan anda tidak perlu khawatir atas ketahan baterainya karena sudah aman. Selanjutnya,untuk notch yang khas di bagian depan iPhone namun dibuat sedikit lebih kecil.

iPhone 12 yang menampilkan prosesor seri-A,yang disebut sebagai chip Apple A14 Bionic. Dengan keempat model ini akan menampilkan chip sama, iPhone seri 12 tertinggi dengan harga lebih murah dan memiliki seri standar dengan kinerja yang sama. iPhone 12 yang sangat ringan dipegang dan memiliki pilihan warna yakni Silver, Gold, Graphite, dan Pacific  Blue dengan harga sekitar Rp.11,8 jt.

Kelebihan iphone 12

  • Dengan kualitas kamera yang unggul

iPhone 12 yang memiliki kualitas kamera yang hampir sama dengan kualitas kamera Samsung Galaxy S20. iPhone 12 dilengkapi dengan layar 120Hz dan lensa utama pada bagian kameranya dengan 64 MP. Read also: Pilih mana: iPhone 12 vs iPhone 11 pro max?

  • Dengan kualitas baterai yang besar

Dengan kualitas baterai yang diprediksi berkapasitas konektivitas 5G yang memerlukan daya lebih besar dari LTE serta dengan baterai lebih unggul sebesar 400 mAh.

  • Dengan layar ponsel yang sangat memuaskan

iPhone 12 yang memiliki layar dengan 6,1 inch screen dan yang sangat menarik lagi iPhone 12 yang menggunakan Super Retina Display (OLED).

  • Memiliki daya tahan dan super ringan

iPhone 12 merupakan salah satu seri yang sangat ringan dan tentunya nyaman untuk dipegang dengan berat iPhone ini 164 gram. Ketahanan yang dimiliki iPhone 12 yaitu dilapisi dengan kaca pelindung keramik dan diklaim empat kali lebih kuat dibanding kaca biasa.

Kekurangan iPhone 12

  • Charger dan earPod dijual terpisah

Apple mengeluarkan produk terbarunya tanpa charger dan EarPod untuk  upaya mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan sekitar. Dan pengguna harus membeli sendiri keduanya secara terpisah.

iPhone 12 pro

Apple akan mengeluarkan seri terbarunya yaitu  iPhone seri 12 pro yang akan dirilis pada bulan Oktober tahun ini. Dengan memiliki tampilan yang serupa dengan iPhone 12. Namun ada yang sedikit membedakan antara iPhone 12 dan iPhone 12 pro. 

iPhone 12 pro memiliki layar yang berukuran besar dengan tampilan layar Super Retina XDR serta proteksi Ceramic Shields. Memiliki  empat warna yang tersedia, yaitu pacific blue, graphite, silver, dan gold.

iPhone 12 pro memiliki tampilan yang berbeda pada warna gold yang menggunakan lapisan dan diproses magnetron yang membuat material stainless steel berkilau serta dilengkapi dengan ceramic shield yang terdapat pada iPhone 12 dan iPhone 12 mini. 

iPhone 12 pro yang dilengkapi dengan MagSafe sehingga pengisian daya lebih mudah dan aman serta memiliki kemampuan tahan air dan debu sehingga dapat bertahan dalam air hingga 6 meter selama 30 menit.

Kelebihan iPhone 12 pro 

  • Memiliki Chipset Paling Powerful
Lihat juga:  Pilih Mana: Android atau Windows Phone?

Dengan memiliki chip yang sangat bertenaga membuat iPhone 12 pro lebih unggul dari iPhone 11. Dengan menghadirkan chipset powerful yang bertujuan untuk keperluan komputasi serta juga bermain game.

  • Memiliki Desain Body Premium yang Memukau

iPhone 12 pro tidak hanya dilengkapi dengan desain body yang memukau tetapi juga dilengkapi dengan ketahan body yang sangat kokoh. Membuat seri terbaru dari Apple ini sangat unggul.

Dilengkapi bingkai yang terbuat dari bahan surgical stainless steel yang paling kuat, dan merupakan salah satu jenis stainless steel yang tahan lama. Dengan ketahan air dan juga debu serta memiliki warna yang terkesan sangat mewah menarik banyak peminatnya.

  • Memiliki Tingkat Kecerahan Layar OLED

Dengan tingkat kecerahan maksimal hingga 1.200 nits dan kecerahan sebesar 800 nits yang memberikan hasil terbaik saat berada di dalam ruangan maupun di bawah terik sinar matahari.

Layar OLED dengan kontras warna yang menghadirkan juga yang tidak membatasi antara hitam dan putih serta akurasi warna pada layar yang tergolong sangat bagus.

  • Memiliki LiDAR Scanner

Light Detection and Ranging atau yang disingkat LiDAR yang membuat suatu objek AR dengan menyesuaikan posisi berdasarkan jarak antara dua objek yang nyata secara riil.

Objek tersebut berinteraksi dengan perabotan yang ada di rumah seperti karakter yang bisa naik ke atas kursi. LiDAR Scanner bisa dipakai juga untuk keperluan desain interior.

  • Memiliki Kualitas Foto Yang Bagus

iPhone 12 Pro yang memiliki kualitas kamera terbaik juga mampu menghasilkan kualitas foto disiang hari maupun malam hari. Dengan konfigurasi empat lensa yang terdiri dari lensa utama 12 Megapixel f/1.6, lensa telefoto 12 Megapixel yang didukungan oleh OIS serta kemampuan zoom lossless hingga 2 kali. Kedua lensa merupakan satu sensor ultra lebar yang berkekuatan 12 Megapixel yang memiliki FOV sebesar 120 derajat dan sensor LiDAR Scanner yang memiliki fungsi sebagai sensor kedalaman.

Kekurangan iPhone 12 pro 

  • Earphone Dan Kepala Casan Dijual Terpisah

Apple memiliki cara bisa memangkas frekuensi pendistribusian produk secara massal, yaitu dengan membuat boks kemasan lebih berukuran kecil. Hal ini berujung pada boks pembelian, sehingga konsumen harus membeli keduanya secara terpisah.

  • Minim peningkatan Dari versi Reguler

Nama “Pro” yang dimana kita bisa berasumsi bahwa iPhone 12 Pro memang memiliki yang lebih baik dibandingkan dengan versi regulernya. Perbedaan yang terletak pada pilihan varian memori internal, warna, RAM dan jumlah kamera belakang.

  • Refresh Rate 60 Hz

iPhone 12 Pro hanya menghadirkan penyegaran 60 Hz saja, sementara para pesaing yang lain seperti Samsung Galaxy Note 20 lebih unggul dan sudah dilengkapi series dengan 120 Hz.

iPhone 12 vs iPhone 12 pro

Keterangan iPhone 12 iPhone 12 pro
Kelebihan - Dengan kualitas kamera yang unggul - Memiliki daya tahan dan super ringan- Memiliki Chipset Paling Powerful - Memiliki Tingkat Kecerahan Layar OLED
Kekurangan - Charger dan earPod dijual terpisah - Sinyal masih terbatas - Earphone Dan Kepala Casan Dijual Terpisah - Minim peningkatan Dari versi Reguler

Kesimpulan 

Dengan kelebihan dan kekurangan Apple iPhone 12 dan iPhone 12 pro yang sudah dijelaskan tadi, semoga kamu bisa mengenai fitur apa saja yang ada di keduanya dan bisa diekspektasikan saat memilih keduanya. 

Sekian pembahasan mengenai iPhone 12 dan iPhone 12 pro semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iPhone 12 vs iPhone 12 pro

VS

 

Leave a Reply