Smartphone

Pilih mana: iPhone 12 vs Samsung S20 Ultra?

Siapa yang tidak mengenal kedua merek handphone ini ?, ya iPhone dan samsung yang sudah dikenal di seluruh dunia. Kali ini kedua merek handphone ini mengeluarkan series yang tak kalah jauh lebih canggih lagi.

iPhone yang lebih dulu mengeluarkan series nya yaitu iPhone 12 dan disusul oleh samsung s20 ultra yang sama-sama mengeluarkan series dengan tampilan kamera yang sama.

iPhone 12

Keempat perangkat ponsel terbaru iPhone ini hadir tanpa menyertakan charger dan earphone dalam kotak penjualan. Para pembeli hanya akan mendapat kabel konverter Lightning to USB-C dan mereka harus membeli charger dan earphone secara terpisah.

iPhone 12 hadir dalam empat varian, yakni iPhone 12 (6,1 inci), iPhone 12 Mini (5,4 inci), iPhone 12 Pro (6,1 inci), dan iPhone 12 Pro Max (6,7 inci). Keempat varian menggunakan layar OLED Super Retina XDR yang dilapisi perlingundan Ceramic Shield dan prosesor teranyar A14 Bionic. Baca juga: Pilih mana: iPhone SE 2020 vs iPhone 8?

Pada kameranya, iPhone 12 dan iPhone 12 mini dibekali dengan dua kamera belakang yang mencakup kamera wide 12 MP dan kamera ultra wide 12 MP. Sedangkan iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max dibekali dengan tiga kamera yakni kamera wide 12 MP, kamera ultra wide 12 MP, dan kamera telefoto 12 MP.

Untuk memori penyimpanannya, baik iPhone 12 dan iPhone 12 mini tersedia dalam tiga pilihan, yakni 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Sementara iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max memiliki varian memori mulai dari 128 GB, 256 GB, dan 512 GB.

Mengenai harga, iPhone 12 dibanderol mulai dari US$ 799 atau Rp 11 jutaan, iPhone 12 Mini mulai dari US$ 699 atau Rp 10 jutaan, iPhone 12 Pro mulai dari US$ 999 atau Rp 14 jutaan, dan iPhone 12 Pro Max mulai dari US$ 1099 atau Rp 16 jutaan.

Kelebihan iphone 12

  • Dengan kualitas kamera yang unggul

 iPhone 12 yang memiliki kualitas kamera yang hampir sama dengan kualitas kamera Samsung Galaxy S20. iPhone 12 dilengkapi dengan layar 120Hz dan lensa utama pada bagian kameranya dengan 64 MP.

  • Dengan kualitas baterai yang besar

Dengan kualitas baterai yang diprediksi berkapasitas konektivitas 5G yang memerlukan daya lebih besar dari LTE serta dengan baterai lebih unggul sebesar 400 mAh.

  • Memiliki daya tahan dan super ringan

iPhone 12 merupakan salah satu seri yang sangat ringan dan tentunya nyaman untuk dipegang dengan berat iPhone ini 164 gram. Ketahanan yang dimiliki iPhone 12 yaitu dilapisi dengan kaca pelindung keramik dan diklaim empat kali lebih kuat dibanding kaca biasa.

Kekurangan iPhone 12

  • Charger dan earPod dijual terpisah

Apple mengeluarkan produk terbarunya tanpa charger dan EarPod untuk  upaya mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan sekitar. Dan pengguna harus membeli sendiri keduanya secara terpisah.

Samsung s20 Ultra

Galaxy S20 pertama kali meluncur dalam tiga varian, yakni Galaxy S20 (6,2 inci), Galaxy S20+ (6,7 inci), dan Galaxy S20 Ultra (6,9 inci). Keempatnya hadir dengan layar Infinity-O Display-nya dan prosesor Exynos 990. Dengan harga yang dibanderol mulai dari Rp 12.999.000, Galaxy S20+ mulai dari Rp 14.499.000, dan Galaxy S20 Ultra mulai dari Rp Rp 18.499.000.

Galaxy S20 dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera ultra wide 12MP, kamera wide-angle 12MP, dan kamera telephoto 64MP. Pada Galaxy S20+ dibekali kamera wide ultra wide 12MP, wide-angle 12MP, telephoto 64MP. Dan pada Galaxy S20 Ultra tersemat kamera ultra wide 12MP, camera wide-angle 108MP dan telephoto 48MP.

Untuk memori penyimpanan, Galaxy S20 memiliki varian memori hanya 128GB, Galaxy S20+ 128GB dan 512GB, sementara Galaxy S20 Ultra memiliki lebih banyak varian memori, antara lain 128GB, 256, dan 512GB.

Ketiga jajaran Galaxy S20 ini hadir dengan sejumlah kelengkapan di kotak penjualannya. Untuk Galaxy S20 Ultra bahkan menyertakan charger 25-watt USB-C, kabel USB-C to USB-C, dan USB-C in-ear earphone dengan merek AKG beserta sepasang eartips pengganti.

Kelebihan Samsung s20 Ultra 

  • Memiliki Fleksibilitas Kamera yang Baik

Hal yang membuat handphone yang satu ini lebih unggul itu terdapat di bagian kameranya yang mengesankan, karena dibagian kamera terdapat ultra-lebar dengan kualitas hasilnya yang cocok dengan sensor utama untuk pencahayaan serta warna. 

Kamera ultra hd 12MP ini bisa dibilang bagus jika dibandingkan kamera ultra wide 12 MP di ponsel pesaing. Dengan kamera ultra wide 12 MP di handphone yang dapat menghadirkan foto yang luar biasa dan lebih bagus lagi dibandingkan kamera ultra wide 12 MP ponsel lain yang biasanya kualitasnya kalah dibandingkan pesaing. 

Terdapat fitur yang menarik juga dari Galaxy S20 Ultra yaitu fitur Single Take Mode. Fitur ini memungkinkan kamera mengambil berbagai foto, dengan berbagai mode kamera, video 10 detik, mode portrait, bahkan Live Focus, hanya dengan sekali pencet saja, hal ini lah yang menjadi alasan mengapa handphone ini dinyatakan benar-benar fleksibel dan menarik.

Fitur ini juga hadir di Samsung Galaxy S20 lainnya. Namun, karena kamera Galaxy S20 Ultra sedikit lebih beda, hasilnya tentu lebih menarik dibandingkan dua seri lainnya dan juga kamera ponsel ini ternyata dapat merekam video beresolusi 4K.

  • Memiliki  Layar Berkualitas Tinggi
Lihat juga:  Pilih Mana: Nokia 6 atau Samsung J7 Pro?

Samsung s20 ultra datang dengan dimensi layar yang super besar yaitu 6,9 inci. Dengan resolusi 1440 x 3200 piksel yang tentunya dapat diubah pengaturannya ke resolusi Full HD. Layarnya pun menggunakan panel yang disebut sebagai Dynamic AMOLED 2X capacitive touchscreen.

Layar ponsel ini juga sudah dibekali dengan pelindung Corning Gorilla Glass 6., dilengkapi dengan fitur HDR10+ dan Always-on display, layar ponsel ini juga hadir dengan refresh rate 120Hz FHD, dan mode normalnya adalah refresh rate 60Hz QHD.

Layar AMOLED yang terdapat pada handphone ini dapat memberikan visual dengan kecerahan sempurna dan warna yang tergolong vibrant. Sudut pandang layar ponsel ini juga tergolong bagus, apalagi dengan bezel yang lebih tipis.

  •  Pengisian Daya Cepat

Samsung Galaxy S20 Ultra hadir dengan charger bawaan 25W. Dengan charger ini, Galaxy S20 Ultra dapat mengisi daya dengan cepat. Seperti yang diungkapkan GSMArena, jika mengisi daya Galaxy S20 Ultra dengan charger 20W, dalam setengah jam, dayanya bisa mencapai 64%. Sementara untuk mencapai penuh, dibutuhkan waktu 58 menit. Yang membuat sangat menarik yaitu charger 45W mendukung dengan kemampuan pengisian daya ponsel ini bisa lebih cepat.

  •  Kualitas Speaker Stereo yang Bagus

Yang terakhir salah satu keunggulan lainnya adalah soal kualitas audio. Sebagai sebuah ponsel kelas atas, Galaxy S20 Ultra jelas harus menghadirkan kualitas suara yang baik. Dan menurut Stuff.tv, kualitas speaker stereo di ponsel ini benar-benar bagus dan terdengar sangat keras. Satu kelebihan menarik lainnya tentunya.

Kekurangan Samsung s20 Ultra 

  •  Tidak Ada Audio Jack

masalah serupa seperti Galaxy S20 dan Galaxy S20 Plus juga terjadi di Galaxy S20 Ultra. Ketiganya, sama-sama tidak menghadirkan port jack audio 3,5 mm. Hal ini bisa jadi bukti kalau kedepannya, port ini bakal benar-benar hilang di ponsel pintar.

  • Harga yang tidak ekonomis

Samsung Galaxy S20 Ultra di Indonesia dijual dengan harga Rp18,9 juta. Untuk sebuah ponsel kelas atas, harga tersebut memang wajar tetapi bisa dibilang harga ponsel Samsung tiap tahun terus meningkat dan membuatnya terasa semakin mahal.

Pilih mana: iPhone 12 vs Samsung S20 Ultra?

Keterangan iPhone 12 Samsung S20 Ultra
Kelebihan - Dengan kualitas kamera yang unggul - Dengan kualitas baterai yang besar - Memiliki daya tahan dan super ringan- Memiliki Fleksibilitas Kamera yang Baik - Memiliki  Layar Berkualitas Tinggi -  Pengisian Daya Cepat
Kekurangan - Charger dan earPod dijual terpisah - Harga yang masih tinggi - Sinyal belum aman di Indonesia - Tidak Ada Audio Jack - Harga yang tidak ekonomis - Cap jari mudah menempel

Kesimpulan 

iPhone 12 dan Samsung s20 ultra yang sudah dirilis memiliki kelebihan dan kekurangan pada masing-masing handphone yang dikeluarkan dengan versi yang terbaru. Tapi tetap menjadi pertimbangan untuk kamu memilih kedua merek tersebut, atau mungkin kamu ingin membeli keduanya ?

Dari berikut penjelasan dari iPhone 12 dan samsung s20 ultra yang sudah saya bahas semoga bisa bermanfaat untuk kalian. Terimakasih. 

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iPhone 12 vs Samsung S20 Ultra

VS