Smartphone

Pilih Mana: iPhone 5s atau 5c?

iPhone 5s dan iPhone 5c merupakan dua seri perangkat yang diluncurkan sekaligus oleh produsen Apple. Keduanya memiliki kemiripan nama depan dan spesifikasi yang juga hampir sama, hanya saja Apple membuatnya mudah dikenali perbedaannya dengan dibubuhkan huruf “s” dan “c”. Lantas sebenarnya bagus mana iPhone 5s atau 5c? Mari kita baca penjelasan kelebihan dan kekurangan dua jenis perangkat dari vendor terbesar dunia ini.

iPhone 5

Desain tambahan warna “emas (gold)” yang dimiliki iPhone 5s terlihat lebih elegan dan professional. iPhone 5s memiliki casing kulit resmi dengan bagian dalam ditutupi oleh microfiber. Casing tersedia dalam 7 warna. Perlu diingat, casing iPhone 5 menutupi bagian belakang kecuali kameranya. Baca juga Pilih Mana: iPhone 5 atau Sony Xperia Z?

Kelebihan iPhone 5s

1. Fitur kamera unggul
iPhone 5s memiliki kamera belakang yang lebih baik yang akan membantu membuat foto lebih indah. Perbedaannya terletak pada True Tone flash yang memungkinkan iPhone 5s menyalakan lampu Flash ketika dalam ruangan gelap dan menghasilkan foto dengan warna alami. Selain itu iPhone 5 memiliki mode Brust dan fitur Slow Motion.

2. Tekonologi yang lebih baik
Bagi mereka yang menyukai teknologi Apple baru, iPhone 5s jelas merupakan pilihan pertama. iPhone 5s memiliki sensor identitas sidik jari yang membuat iPhone pengguna lebih aman. Selain itu iPhone 5s memiliki chip terpisah khusus untuk sensor gerak yang membuatnya lebih responsif daripada iPhone 5c.

Kekurangan iPhone 5s

1. Belum memiliki tombol kamera khusus
Meskipun berbagai kelebihan dimiliki oleh iPhone 5s, sayangnya kemudahan untuk pengguna mengambil gambar dengan mudah melalui tombol kamera khusus belum ada di perangkat iPhone 5s. Sementara tombol kamera khusus ini telah disematkan pada iPhone 5c.

2. Belum ada inovasi baru
iPhone 5s dibanderol sedikit lebih mahal dari iPhone 5c, padahal iPhone 5s belum memiliki banyak inovasi baru. Hanya tertanam fitur pemindai sidik jari saja.

iPhone 5c

iPhone 5c didesain dengan warna yang menonjolkan kepribadian warna favorit penggunanya. Casing iPhone 5c tersedia dalam 7 varian warna berbeda yang terbuat dari karet silikon fleksibel. Casing dari Apple akan membuat iPhone 5c sangat menarik. Ke depan mungkin casing yang jauh lebih menarik untuk iPhone 5c.

Kelebihan iPhone 5c

1. Harga bersahabat
Semua orang mendengar, semua orang tahu, dan semua orang memahami bahwa iPhone 5C, adalah iPhone yang telah disiapkan Apple, sebagai sebuah peluru untuk menumbuk kekuatan Samsung di pasar negara berkembang. C dibalik angka 5 itu sendiri juga seperti menandakan kata murah, meski beberapa pihak, mengklaim bahwa iPhone murah tidak akan semurah yang dikabarkan. Yang pasti Iphone 5c memiliki harga yang lebih bersahabat dibanding 5s.

2. Lebih mudah dalam penggunaan
Salah satu alasan mengapa pengguna Android lebih dari iOS adalah harganya. Harga murah yang disajikan oleh berbagai produsen smartphone Android, menjadikannya pilihan pertama pengguna ketika mereka memutuskan untuk meninggalkan fitur phonenya. iPhone 5C tentu saja kabar baik bagi Anda yang sedang ingin beralih ke ponsel tanpa menggunakan smartphone Android.

Kekurangan iPhone 5c

1. Penyimpanan internal yang kecil
Penyimpanan internal dari iPhone 5c hanya 32 GB saja, sementara iPhone 5s dua kali lipat lebih besar kapasitas ruang penyimpannya yakni 64 GB.

2. Belum dilengkapi LED Flash
Lampu LED Flash diperuntukkan untuk membantu pengguna ponsel mengambil gambar dalam keadaan gelap sekalipun. Meskipun memiliki kemudahan tombol untuk mengakses kamera, iPhone 5c belum mendukung LED Flash sehingga menghasilkan gambar yang tidak begitu bagus ketika dalam kondisi minim cahaya.

Pilih Mana: iPhone 5s atau 5c?

iPhone 5siPhone 5c
Kapasitas daya baterai – 1570 mAh– 1510 mAh
Berat– 112 gram– 132 gram
Ketebalan– 7,6 mm– 8,97 mm

Kesimpulan

Kami menyimpulkan bahwa iPhone 5c merupakan pilihan alternatif ekonomis bagi Anda yang ingin meng-upgrade menggunakan iPhone. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iPhone 5s vs 5c

VS

Leave a Reply