Smartphone

Pilih Mana: iPhone 6s atau 6s Plus?

Dalam sebuah merek produk pasti ada beberapa perbedaan yang terlihat, meskipun ada juga kesamaan. Misalnya seperti perangkat yang satu ini iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Kedua perangkat ini merupakan besutan dari satu merek yang sama yakni iPhone. Akan tetapi kedua perangkat ini memiliki perbedaan mulai dari versi, ukuran, dan beberapa fitur lainnya. Mari kita cari tahu bagus mana iPhone 6s atau 6s Plus?

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat iPhone 6s dan 6s Plus
– Kelebihan & kekurangan iPhone 6s dan 6s Plus
– Harga terbaik iPhone 6s dan 6s Plus

iPhone 6s

iPhone 6s mengusung kamera utama beresolusi 12 MP dan 5 MP pada kamera depannya. iPhone 6s membenamkan prosesor 64-bit Apple A9-M9 motion coprosesor yang dipadukan dengan penyimpanan internal 16/64/128 GB. Baca juga Pilih Mana: iPhone 5s atau iPhone 6?

Kelebihan iPhone 6s

1. Ukuran layar khas iPhone
iPhone 6s mengusung layar kecil khas iPhone yang berukuran 4,7 inci sementara iPhone 6s Plus mengusung layar lebih besar berukuran 5,5 inci. Ukuran layar besar memang saat ini menjadi tren di setiap ponsel keluaran terbaru, namun seperti yang kita semua tahu ukuran ponsel iPhone memiliki kekhasannya tersendiri.

2. Mengakses Home Screen lebih mudah
Dikutip dari Liputan6.com, iPhone 6s Plus memungkinkan penggunanya untuk mengakses halaman Home Screen dalam posisi landscape. Sehingga penggunanya mengharuskan kedua tangannya mengakses layar iPhone 6s Plus. Sedangkan iPhone 6s nampaknya masih terasa cocok saat diakses dengan satu tangan. Dan tanpa harus membuka Home Screen dalam posisi landscape.

Kekurangan iPhone 6s

1. Kapasitas baterai rendah
iPhone 6s masih menggunakan kapasitas baterai rendah hanya 1715 mAh. Kapasitas baterai selalu menjadi pertimbangan setiap orang yang ingin membeli sebuah ponsel. Kapasitas yang rendah ini mengharuskan penggunanya untuk senantiasa mengisi ulang daya baterainya.

2. Resolusi layar standar
Untuk sektor layarnya, iPhone 6s mendukung resolusi layar hanya 1334 x 750 piksel. Akan tetapi layar dari iPhone 6s juga memiliki kesamaan dengan iPhone 6s Plus yakni sama-sama menggunakan bahan ion-strengthened glass.

iPhone 6s Plus

Sama seperti iPhone 6s, iPhone 6s juga membenamkan prosesor 64-bit Apple A9-M9 motion coprosesor yang dipadukan dengan penyimpanan internal 16/64/128 GB. Bahkan sektor kameranya pun sama, kamera utamanya beresolusi 12 MP dan kamera depannya 5 MP.

Kelebihan iPhone 6s Plus

1. Resolusi layar yang lebih baik
Resolusi layar yang dibawa iPhone 6s Plus tergolong lebih baik, hal ini berkat resolusi layar 1920 x 1080 piksel pada kerapatan 401 piksel. Sementara iPhone 6s hanya membawa resolusi layar sebesar 1334 x 750 piksel pada kerapatan 326 ppi saja.

2. Baterai lebih besar
Meskipun hanya terpaut sedikit, yakni 2750 mAh. Besaran baterai ini diperuntukan bagi para penggunanya yang membutuhkan ponsel dengan daya tahan baterai yang lebih lama.

Kekurangan iPhone 6s Plus

1. Bobot berat
Karena mengusung ukuran perangkat yang lebih besar, pastinya dimensinya pun ikut besar sehingga tidak heran bobot perangkat ini menjadi berat. Berat yang dimilikinya mencapai 192 gram sementara iPhone 6s memiliki bobot lebih ringan mencapai 143 gram.

2. Tidak nyaman di saku celana
Layarnya yang besar, setara dengan varian phablet Samsung Galaxy Note, iPhone 6 Plus tidak akan nyaman disimpan di dalam saku celana.

Pilih Mana: iPhone 6s atau 6s Plus?

iPhone 6siPhone 6s Plus
Bobot– 143 gram– 192 gram
Ukuran layar– 4,7 inci– 5,5 inci
Kapasitas layar– 1715 mAh– 2750 mAh

Kesimpulan

Dari kelebihan dan kekurangan di atas, nampaknya yang paling mencolok adalah ukuran layar yang dimiliki. Jika Anda lebih suka menjelajah ponsel dengan luas melalui layar lebar yang dimiliki ponsel, maka kemungkinan pilihan iPhone 6s Plus bisa menjadi solusinya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iPhone 6s vs 6s Plus

VS

Leave a Reply