Smartphone

Pilih Mana: iPhone 7 atau iPhone 8?

iPhone X yang rilis baru-baru ini menjadi perangkat iPhone yang paling mampu mencuri perhatian dunia karena desainnya yang kekinian dengan fitur super canggih yang belum pernah ada di iPhone generasi sebelumnya. Selain iPhone X, ada juga iPhone 8 ataupun iPhone 7 yang lebih ramah dikantong. Baik itu iPhone 8 maupun iPhone 7 terlihat keduanya tidak begitu jauh berbeda kok. Lantas bagus mana iPhone 7 atau iPhone 8?

iPhone 7

iPhone 7 adalah salah satu ponsel besutan Apple Inc. yang diperkenalkan September 2016. iPhone 7 memiliki ukuran layar 4,7 inci dengan kamera belakang beresolusi 12 MP dan kamera depan bereosolusi 7 MP. Baca juga Pilih Mana: iPhone 7 Plus atau Samsung S8?

Kelebihan iPhone 7 yang bisa Anda ketahui:

1. Daya baterai sedikit lebih besar
Daya baterai menjadi salah satu perbedaan di antara keduanya. iPhone 7 membenamkan daya baterai 1960 mAh sementara iPhone 8 masih dipasok daya baterai 1821 mAh. Dengan kata lain, iPhone 7 tergolong memiliki daya baterai yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan daya baterai iPhone 8.

2. Bobot ringan
Tidak seperti iPhone 8 yang memiliki bobot lebih berat, iPhone 7 hanya memiliki berat mencapai 138 gram saja. Sementara iPhone 8 10 gram lebih berat yakni 148 gram. Jika tidak begitu lama memengangnya, bobot ini tidak begitu jadi permasalahan.

Kekurangan iPhone 7 yang bisa Anda ketahui:

Dalam segi perekaman, iPhone 7 ternyata kalah dengan iPhone 8. Ketika penggunanya membuat slo-mo, iPhone 7 hanya mampu merekam gambar dengan resolusi 720 piksel. Sementara pada iPhone 8 kemampuan merekam gambar yang dihasilkan sudah beresolusi Full HD atau 1080 piksel.

iPhone 8

iPhone 8 didesain dengan ukuran layar yang sama dengan iPhone 7, yakni 4,7 inci. Selain itu resolusi kameranya juga sama. Baik itu kamera depan maupun kamera belakang, keduanya sama seperti iPhone 7.

Kelebihan iPhone 8 yang bisa Anda ketahui:

1. Kemampuan prosesor yang lebih cepat
Prosesor menjadi hal pertama yang membedakan keduanya. iPhone 8 memiliki prosesor yang lebih cepat 25 persen dari prosesor yang digunakan oleh iPhone 7. iPhone 8 sudah menggunakan A11 Bionic Chip sementara iPhone 7 masih ditenagai oleh A10 Fushion Chip.

2. Desain terkesan stylish
Desain iPhone 8 terlihat lebih stylish dan premium berkat material kaca yang menjadi iovasi tersendiri dari iPhone. Sedangkan pada iPhone 7 masih didesain menggunakan material bahan alumunium layaknya ponsel-ponsel mid-range.

Kekurangan iPhone 8 yang bisa Anda ketahui:

iPhone 8 sudah memiliki kemampuan mengisi daya tanpa kabel atau lebih dikenal dengan charging wireless. Itulah mengapa pengisian daya baterai iPhone 8 diklaim lebih cepat. Namun dikutip dari Kompas.com, tidak semua pencinta iPhone setuju hal tersebut dianggap kelebihan karena pengguna sebagian besar tidak rela jika harus merogoh kocek lagi untuk membeli adaptor chargernya.

Pilih Mana: iPhone 7 atau iPhone 8?

iPhone 7iPhone 8
Ruang penyimpan– 32 GB dan 128 GB– 256 GB
Pilihan warna– Jet Black, Black, Rose Gold, Gold, Silver– Silver, Gold, Space Gray
Segi Bluetooth– Mengandalkan Bluetooth 4– Mengandalkan Bluetooth 5

Kesimpulan:

Sebagian besar pengguna iPhone 7 enggan berganti ke iPhone 8 karena selisih harga yang cukup jauh, namun keseluruhan spesifikasi hampir tergolong sama. Hanya beberapa saja perbedaanya. Itulah mengapa peminat dan penjualan iPhone 8 cenderung lesu. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iPhone 7 vs iPhone 8

VS

Leave a Reply