Pilih Mana: iPhone 7 atau Samsung S8?

Loading...

Apple dan Samsung telah menjadi pesaing berat bagi para vendor smartphone lain. Mereka bersaing dengan menghadirkan ponsel yang selalu mampu mengundang decap kagum para peminatnya. Sebut saja iPhone yang memperkenalkan iPhone 7 yang merupakan versi terbaik Apple hingga saat ini. Sementara, Samsung memperkenalkan Galaxy S8 yang dinilai siap bersaing dengan iPhone 7. Lantas sebenarnya bagus mana iPhone 7 atau Samsung S8?

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Spesifikasi singkat iPhone 7 dan Samsung S8
– Kelebihan & kekurangan iPhone 7 dan Samsung S8

iPhone 7
iPhone 7 dilengkapi dengan kamera dengan ukuran dan resolusi yang siap menghasilkan kualitas fotografi karena dibekali kamera belakang berukuran 12 MP yang dilengkapi fitur Phase Detection, Autofocus, Dual LED Flash dan juga fitur Touch Focus. Selain itu, kamera utama pada Apple iPhone 7 juga didukung oleh teknologi terbaru dari Apple, teknologi Simultaneous Video 4K Recording.

Kelebihan iPhone 7 yang bisa Anda ketahui:

1. Nyaman digenggaman
iPhone 7 memiliki ukuran layar 4,7 inci dengan dimensi 138,3 x 67,1 x 7,1 mm dan bobot yang lebih ringan sebesar 138 gram yang akan memberikan kenyaman saat digenggaman penggunanya.

2. Mendukung dual LED Flash
Ponsel dari Apple ini mendukung dual LED Flash di kamera depan dan belakang sehingga membantu penggunanya mengambil gambar meskipun dalam kondisi minim cahaya.

Kekurangan iPhone 7 yang bisa Anda ketahui:

1. Kamera selfie hanya berukuran 7 MP
iPhone 7 juga memiliki kamera depan berukuran 7 MP. Ukuran kameranya relatif kecil untuk output ponsel pintar saat ini. Dikutip dari CNNIndonesia.com, S8 memiliki resolusi kamera depan 8 MP yang diklaim jauh lebih baik.

Loading...

2. Kapasitas baterai kecil
Kapasitas baterai tergolong kecil karena hanya sebesar 1960 mAh, berbeda dengan baterai yang diusung oleh S8 sebesar 3000 mAh untuk menunjang penggunanya berselancar ponsel lebih lama.

Samsung S8
Di bagian belakang Samsung Galaxy S8 memiliki kamera utama 12 MP dengan aperture f / 1.7. Kamera dari Samsung Galaxy S8 telah disertai oleh beberapa fitur seperti OIS, fase pendeteksian autofokus, dan LED Flash sehingga hasil pemotretan gambar yang dihasilkan terlihat lebih jernih dan nyata. Kamera utama dapat menghasilkan beberapa jenis video seperti 2160p @ 30fps, 1080p @ 60fps, HDR, dan rekam video ganda.

Samsung juga menghadirkan berbagai fitur dukungan kamera pada Samsung Galaxy S8 ini untuk mendukung kebutuhan dokumentasi seperti ukuran sensor 1/2,5, ukuran piksel 1,4 μm, geo-tagging, video 4K simultan dan perekaman gambar 9 MP, touch focus, face detection, auto HDR, dan panorama.

Kelebihan Samsung S8 yang bisa Anda ketahui:

1. Desain elegan
Ponsel terbaru Samsung ini didesain dengan sangat melengkung yang memiliki layar 5,8 inci. Bezel yang sangat kecil di bagian atas dan bawah dan tidak ada tombol fisik di bagian depan. Ada tombol home yang sensitif terhadap tekanan di balik kaca dekat bagian bawah, tetapi memotong ruang fisik yang dibutuhkan. Di bagian belakang Anda akan menemukan sensor sidik jari di sebelah kamera utama.

2. Kapasitas RAM lebih besar
Jika iPhone 7 hanya memiliki ruang RAM sebesar 2 GB saja, maka Samsung membekali S8 dengan kapasitas ruang RAM sebesar 4 GB. Selain itu dilengkapi dengan ROM berukuran 64 GB dan juga sudah disupport MicroSD.

Kekurangan Samsung S8 yang bisa Anda ketahui:

1. Rawan retak
Karena S8 mengusung bodi metal dan glass, sehingga membuat ponsel terasa lebih licin dan sangat rawan retak ketika terjatuh. Dengan demikian, penggunaan ponsel diharuskan berhati-hati saat menggunakannya.

2. Hanya memiliki satu LED Flash
Meskipun resolusi kamera selfie S8 lebih besar, namun sayangnya kamera depan tersebut tidak dilengkapi LED Flash. Sehingga hal ini akan menyulitkan penggunanya saat ingin berselfie ditempat yang minim cahaya dan pada malam hari.

Pilih Mana: iPhone 7 atau Samsung S8?

iPhone 7Samsung S8
Perilisan– September 2016– April 2017
OS– iOS 10.0.1, upgradable to iOS 10,3– Android 7.0 Nougat
SoC– Apple A10 Fusion – Exynos 8895
Harga– Harga bervariasi sesuai RAM dibanderol mulai dari Rp 9 juta ke atas– Dibanderol dengan harga Rp 8 jutaan

Kesimpulan
Berdasarkan beberapa pertimbangan di atas, kami lebih menyarankan untuk memilih Samsung S8 yang jelas lebih unggul dari segi desain, kamera, baterai dan juga RAM. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iPhone 7 vs Samsung S8

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *