Smartphone

Pilih Mana: iPhone 7 Plus atau Samsung S7 Edge?

iPhone dan Samsung merupakan dua brand yang hingga saat ini kita tahu bahwa keduanya merupakan brand yang selalu memberikan produk berkualitas. Dua brand ini juga kerap dibandingkan karena sama-sama populer. Dua smartphone dari dua brand tersebut yang layak dibandingkan yaitu iPhone 7 Plus dan Samsung S7 Edge. Manakah yang lebih baik dari keduanya? iPhone 7 Plus atau Samsung S7 Edge?

iPhone 7 Plus dan Samsung S7 Edge merupakan dua smartphone yang memiliki kualitas yang sangat baik. Karena itulah keduanya kerap dibandingkan karena memiliki banyak perbedaan. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari desain yang dimiliki, kapasitas baterai, prosesor yang dimiliki dan perbedaan lainnya pada artikel berikut ini. Sebelumnya kami juga telah membandingkan antara Samsung S9 vs iPhone X.

iPhone 7 Plus

iPhone 7 Plus merupakan salah satu produk Apple yang menggunakan iOS 11 yang membuat iPhone ini menjadi lebih handal, cerdas, dan lebih personal. Smartphone ini juga memiliki tampilan dan desain yang sangat baik.

Kelebihan iPhone 7 Plus

Berikut beberapa kelebihan iPhone 7 Plus yang perlu Anda ketahui:

  • Kamera Lebih Unggul

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh iPhone 7 Plus adalah memiliki kamera yang lebih unggul jika dibandingkan dengan kamera yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S7 Edge. Apple telah menyematkan dual kamera pada kamera belakang smartphone ini. selain itu, iPhone Plus juga unggul dengan kamera depan 7 MP sedangkan Samsung S7 Edge hanya memiliki kamera depan 5 MP.

  • Layar Lebih Baik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh iPhone 7 Plus adalah memiliki bagian layar yang lebih unggul. Smartphone ini memiliki layar dengan resolusi 1440 x 2560 piksel sehingga membuat smartphone ini memiliki layar yang lebih tajam. Selain itu, iPhone 7 Plus juga memiliki desain layar yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Samsung S7 Edge.

  • Memiliki Hardware yang Mumpuni

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh iPhone 7 Plus adalah memiliki hardware yang mumpuni. Smartphone ini memiliki prosesor Quad-core 2.23 GHz serta RAM sebesar 3 GB. Dengan demikian, hardware yang dimilikinya ini mampu membuat iPhone 7 Plus bekerja sangat cepat dan efisien.

Kekurangan iPhone 7 Plus

Berikut beberapa kekurangan iPhone 7 Plus yang perlu Anda ketahui:

  • Kapasitas Baterai Lebih Kecil

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh iPhone 7 Plus adalah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih kecil jika dibandingkan dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S7 Edge. Baterai yang dimiliki oleh iPhone 7 Plus ini hanyalah berkapasitas 2.900 mAh. Sedangkan kompetitornya memiliki baterai dengan kapasitas 3.600 mAh.

  • Tampilan Kurang Mewah

iPhone 7 Plus sebenarnya telah memiliki tampilan yang sangat baik. Namun, jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S7 Edge, maka tampilan iPhone 7 masih kurang baik. iPhone 7 Plus memiliki logam yang berkualitas namun tidak dibalut kaca hingga ke bagian belakang seperti Samsung Galaxy S7 Edge.

  • Baterai Non-Removable

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh iPhone 7 Plus adalah memiliki baterai yang non-removable. Dengan demikian, jika terjadi kerusakan atau masalah pada HP, atau hanya terjadi lag. Anda akan lebih sulit mengatasinya karena baterai tertanam pada perangkat tersebut.

Kelebihan iPhone 7 PlusKekurangan iPhone 7 Plus
- Kamera lebih unggul- Kapasitas baterai lebih kecil
- Memiliki hardware yang mumpuni- Tampilan kurang mewah
- Layar lebih baik- Baterai non-removable

Samsung S7 Edge

Samsung S7 Edge merupakan salah satu produk yang dirilis oleh brand Samsung. Smartphone yang dirilis pada Maret 2016 ini dibalut dengan kaca hingga bagian belakang sehingga membuat tampilan lebih elegan.

Kelebihan Samsung S7 Edge

Berikut beberapa kelebihan Samsung S7 Edge ynag perlu Anda ketahui:

  • Tampilan Lebih Mewah

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh samsung S7 Edge adalah memiliki tampilan yang mewah. Smartphone ini dibalut dengan kaca secara menyeluruh hingga ke bagian belakangnya. Karena itulah smartphone ini tampak lebih mewah jika dibandingkan dengan tampilan yang dimiliki oleh iPhone 7.

  • Kapasitas Baterai Lebih Besar

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Samsung S7 Edge adalah memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dibandingkan dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh iPhone 7 Plus. Samsung Galaxy S7 Edge memiliki baterai dengan kapasitas sebesar 3.600 mAh sedangkan kompetitornya atau iPhone 7 Plus memiliki baterai dengan kapasitas sebesar 2.900 mAh.

  • Prosesor Sangat Bertenaga

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S7 Edge adalah memiliki posesor Exynos 8890 yang memiliki kecepatan Octa Core 2,3 GHz dan Mali-T880 MP12 untuk mengolah grafisnya. Hal inilah yang membuat smartphone ini memiliki performa yang sangat bertenaga meskipun digunakan untuk menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Kekurangan Samsung S7 Edge

Berikut beberapa kekurangan Samsung S7 Edge yang perlu Anda ketahui:

  • Layar Kurang Baik

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Samsung S7 Edge adalah memiliki layar yang belum bisa mengalahkan iPhone 7 Plus. Samsung Galaxy S7 juga memiliki layar yang baik dan bisa memberikan tampilan dengan ketajaman yang baik. Namun sayangnya, Samsung Galaxy S7 Edge belum bisa mengalahkan layar yang dimiliki oleh iPhone & Plus.

  • Kamera Masih Terbatas

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S7 Edge adalah memiliki kamera yang masih terbatas. Samsung Galaxy S7 Edge memiliki kamera depan dengan resolusi 5 MP sedangkan iPhone 7 Plus telah memiliki kamera depan 7 MP. Meskipun begitu, jika dilihat dari segi diafragmanya, Samsung Galaxy S7 Edge masih lebih unggul.

  • Baterai Non-Removable

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S7 Edge adalah memiliki baterai yang non-removable. Dengan demikian, Anda akan lebih sulit memperbaiki atau mengganti jika terjadi kerusakan pada baterainya.

Kelebihan Samsung S7 EdgeKekurangan Samsung S7 Edge
- Tampilan lebih mewah- Layar kurang baik
- Kapasitas baterai lebih besar- Kamera masih terbatas
- Prosesor sangat bertenaga - Baterai non-removable

Pilih Mana: iPhone 7 Plus atau Samsung S7 Edge?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara iPhone 7 Plus dan Samsung S7 Edge. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

iPhone 7 PlusSamsung S7 Edge
- Tampilan kurang mewah- Tampilan lebih mewah
- Kamera lebih baik- Kamera masih terbatas
- Resolusi layar lebih baik dan menampilkan gambar lebih tajam- Resolusi layar terbatas dan gambar yang ditampilkan masih kurang baik

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai iPhone 7 Plus dan Samsung S7 Edge di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua smartphone ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan Anda dengan keunggulan dan kekurangan masing-masing perangkat ini.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iPhone 7 Plus vs Samsung S7 Edge

VS

Leave a Reply