Pilih Mana: iPhone 7 Plus atau Samsung S8?

Loading...

Seperti yang kita ketahui, Samsung secara resmi memperkenalkan smartphone andalan terbarunya yakni Galaxy S8 dan Galaxy S8+. Di waktu yang sama, kehadiran ponsel iPhone 7 Plus yang diklaim sekelas dengan lini ponsel buatan Samsung ini bersiap untuk menandinginya. Untuk itu kami tertarik untuk membandingkan bagus mana iPhone 7 Plus vs Samsung S8?

iPhone 7 Plus

iPhone 7 Plus menjalankan sistem operasi dari iOS 10 yang mendukung prosesor A10 Fusion Chip berkecepatan quad-core 2,23 GHz yang dipadukan dengan RAM berkapasitas 3 GB. Baca juga Pilih Mana: iPhone 7 Plus atau iPhone 8 Plus?

Kelebihan iPhone 7 Plus

1. Stabil saat dicelupkan di air
Samsung Galaxy S8 dan iPhone 7 Plus keduanya mampu tenggelam ke dalam air selama beberapa menit. Ketika diuji ketahanannya, maka keduanya hampir sama kuat dan terbukti bertahan. Namun unik, saat berada di air beberapa kali Samsung Galaxy S8 sempat mati. Sementara itu, iPhone 7 Plus cukup stabil saat berada di air.

2. Performa lebih cepat
Skor iPhone 7 Plus memiliki performa lebih cepat dari pada Samsung S8. Dalam pengujian Benchmark menggunakan Geekbench 4, iPhone 7 Plus mencatat skor patokan tertinggi di 3307 sementara Samsung S8 mampu mencetak 2065.

Kekurangan iPhone 7 Plus

1. Kerapatan layar rendah
Kerapatan layar pada iPhone 7 Plus tergolong lebih rendah dibandingkan dengan kerapatan layar pada Samsung S8. Kerapatan layar ini memiliki selisih yang cukup jauh. Pada iPhone 7 Plus kerapatan layar tersebut hanya 401 ppi sementara pada Samsung S8 kerapatan layarnya mencapai 568 ppi.

Loading...

2. Resolusi kamera kecil
Ketika membahas resolusi kamera depannya maka iPhone 7 Plus memiliki kamera depan 1 MP lebih kecil dari Samsung S8. Resolusi kamera depan pada iPhone 7 Plus yakni 7 MP. Sedangkan pada Samsung S8 sudah membenamkan kamera depan sedikit lebih besar yakni beresolusi 8 MP.

Samsung S8

Dari dapur pacu, Samsung S8 memilih chipset Qualcomm Snapdragon 835 octa-core (untuk pasar Amerika Serikat) dan chipset Exynoss 8995 octa-core buatannya sendiri (untuk pasar internasional). Prosesor tersebut dilengkapi pula dengan RAM 4 GB da media penyimpanan 64 GB.

Kelebihan Samsung S8

1. Tahan banting
Dikutip dari IDNTimes.com, ketika keduanya dijatuhkan sampai lima kali dijatuhkan, iPhone 7 Plus akhirnya benar-benar hancur. Bagian layar terbuka dan rusak parah. Sementara itu, Samsung Galaxy S8 hanya mengalami kerusakan pada layar dan lagi cover belakangnya masih terlihat mulus.

2. Layar Super AMOLED
Samsung S8 sudah mengusung layar Super AMOLED yang dapat memberikan tampilan layar yang jernih dan jelas. Sementara iPhone 7 Plus hanya menggunakan layar berpanel teknologi IPS LCD dengan resolusi 1920 x 1080 piksel.

Kekurangan Samsung S8

1. Masih single camera
Seperti yang kita ketahui, tren dual camera saat ini menjadi keunggulan yang dimiliki ponsel kelas premium, termasuk iPhone 7 Plus. Akan tetapi pada Samsung S8 kamera demikian belum ada karena Samsung S8 masih mengusung single camera saja.

2. Tidak dilengkapi efek bokeh
Efek bokeh ini menghasilkan gambar yang terlihat fokus pada objek tertentu saja. Efek bokeh ini bisa didapatkan dari ponsel yang mengusung dual kamera. Sayangnya seperti yang kami sebutkan di atas, dengan demikian Samsung S8 belum mampu memberikan efek bokeh pada gambar yang ia ambil.

Pilih Mana: iPhone 7 Plus atau Samsung S8?

iPhone 7 PlusSamsung S8
Sistem operasi – iOS 10– Android Nougat
Kamera depan– 7 MP– 8 MP
Kapasitas baterai– 2900 mAh– 3000 mAh

Kesimpulan

Dalam masalah harga, keduanya memiliki selisih harga yang tidak begitu jauh. Akan tetapi, jika Anda termasuk golongan yang ingin mendapatkan efek bokeh pada pengambilan gambar, maka bukanlah Samsung S8 yang Anda pilih namun iPhone 7 Plus-lah yang harus Anda miliki. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iPhone 7 Plus vs Samsung S8

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *