Smartphone

Pilih mana: iPhone SE vs iPhone 11?

iPhone merupakan salah satu merk handphone yang sudah resmi di buat oleh negara california dan dirakit di china lalu dipasarkan di berbagai penjuru negara. iPhone menggunakan sistem operasi yang dikenal sebagai iOS Apple “iPhone OS”. iPhone diluncurkan dan dikenal pada 9 Januari 2017. 

Salah satu produk ini sangat mempertahankan citranya sebagai produk yang premium, inovatif, serta dengan desain yang elegan. Maka dari itu banyak sekali vendor smartphone yang terinspirasi untuk membuat desain serta fitur yang serupa mirip dengan iPhone. Dan sekarang iphone merilis lebih banyak lagi seri yang dilengkapi dengan berbagai desain berbeda setiap seri nya, harganya, fiturnya dan masih banyak lagi.

Seperti yang kita tau, iPhone juga sudah mengeluarkan seri terbaru yang sudah dinanti-nanti kebanyakan orang pecinta merk handphone yang satu ini, seperti iphone SE vs iPhone 11 . Pasti dengan keluarnya kedua seri tersebut membuat anda bingung, bukan ?. Dengan itu artikel ini akan membahas tentang kedua seri dari iPhone yang bisa membantu anda untuk menentukan mana yang wajib anda punya.

iPhone SE

iPhone SE 2020 hadir dengan kamera luar biasa. Dengan harga iPhone SE yang lebih murah ketimbang jajaran iPhone lain, kameranya bisa disejajarkan dengan iPhone 11 Series yang harganya belasan juta rupiah, hanya minus kamera wide dan telephoto saja.

Tak selesai dengan itu, iPhone SE bisa merekam video 4K di bingkai 60fps. Kemampuan dan kualitas video ini telah terjamin tidak bisa disamai oleh smartphone berbasis Android manapun, bahkan di kelas flagship sekalipun.

Meski secara desain mungkin iPhone SE ketinggalan zaman. Namun soal performa, iPhone ini termasuk di jajaran depan. Bagaimana tidak, paduan prosesor tercanggih Apple yakni A13 Bionic, serta ekosistem Apple yang otomatis diusung dalam sekali lagi, harga yang murah.

Hal ini tak bisa dicapai oleh smartphone lain dengan harga serupa. Bahkan, smartphone dengan harga setara tak bisa mendapatkan prosesor kualitas flagship.

Terlebih dengan beberapa fitur tambahan seperti sertifikasi IP67 dan pengecasan nirkabel. Sangat sulit menemukan smartphone lain di rentang harga murah dengan fitur sebaik iPhone SE. Bisa jadi, iPhone SE adalah smartphone mungil dan ringkas terbaik di 2020, sekaligus smartphone murah terbaik tahun ini. Nah, oleh karena itu, patut kita tahu berapa harga iPhone SE 2020 yang beredar secara resmi di Indonesia?

Menurut informasi dari Erajaya Group, iPhone SE 2020 akan segera rilis di Indonesia pada 2 Oktober 2020 mendatang. Terdapat tiga opsi warna yakni Black, White, dan (product) RED. Anda sudah bisa registrasi untuk mendapatkan info terkini dari iPhone SE 2020 di laman Eraclub.id.

Kelebihan iPhone SE 

  • Performa Bagus untuk HP Sekelasnya

Pada pengetesan single core, iPhone SE berada di angka 1332 sementara Samsung Galaxy S20 Ultra berada di angka jauh di bawahnya, yakni 913. Begitu pun dengan multi-core di mana iPhone SE 2020 lebih unggul di angka 3385, sedikit di atas Samsung Galaxy S20 Ultra di angka 3239.

Perlu diingat, kita sedang membandingkan HP seharga Rp 6 jutaan (iPhone SE 2020) dengan HP seharga Rp 18 jutaan (Samsung Galaxy S20 Ultra). Sebuah fakta yang sungguh mencengangkan – Anda bisa memiliki HP sekelas mid-range dengan performa yang lebih baik dari HP high-range.

  • Hasil Kualitas Kamera Sangat Baik

Satu keunggulan yang tidak pernah absen dari produk iPhone adalah kameranya. Nyatanya, iPhone memang paling banyak dicari berkat kameranya yang mampu memberikan hasil prima dari setiap jepretannya.

Meski hanya hadir dengan satu lensa belakang saja, kemampuannya tentu tidak boleh diremehkan. Memiliki resolusi 12 MP, lensa ini mampu merekam video 4K dengan stabil berkat kemampuan Optical Image Stabilizer yang diusungnya. Tidak hanya itu saja, hasil kualitas dari HP ini hampir tidak ada bedanya dengan kamera pada iPhone 11.

  • Harganya Terjangkau untuk Sebuah iPhone

Harga selalu menjadi salah satu pertimbangan saat mengganti HP baru. Dan tentu saja, konsumen hanya ingin membeli produk ketika ia merasa produknya sepadan dengan harganya. Dengan Apple iPhone SE 2020, kamu akan merasakan value yang tinggi sesuai yang telah dibayarkan.

iPhone ini dikenakan biaya dengan harga murah untuk setiap varian ROM-nya. Untuk 64 GB, harganya adalah Rp 6 jutaan dan untuk varian tertinggi (256 GB) harganya adalah Rp 8 jutaan. Bagi kamu yang ingin memiliki produk iPhone tanpa harus menunggu harga turun, sungguh tidak ada salahnya mempertimbangkan iPhone SE 2020.

  • Mendukung Wireless Charging

Fitur pengecasan selalu mampu menambah daya tarik sebuah HP. Semakin zaman berkembang, tentu konsumen ingin memiliki semakin banyak opsi untuk menambahkan daya pada perangkat.

Salah satu fitur pengecasan yang paling hot adalah pengecasan nirkabel yang umumnya hanya tersedia pada HP Rp 10 jutaan ke atas. Namun, iPhone SE 2020 ternyata juga dilengkapi dengan fitur canggih ini.

  • Mengusung Retina Display yang Cerah

Bukan iPhone namanya kalau tidak dilengkapi dengan layar cerah dan berkualitas. iPhone SE 2020 mengusung retina display berupa IPS LCD yang mampu menyegarkan mata kamu.

Sementara itu, layar ini juga tetap bisa terlihat dengan jelas meski berada di luar ruangan saat siang hari. Mengusung fitur True Tone, warna pada layar bisa disesuaikan secara otomatis mengikuti kondisi pencahayaan di sekitarnya.

Kekurangan iPhone SE 

  • Desain Bodi yang Kecil

Ukuran layarnya hanya 4,7 inci dengan dimensi bodi 138,4 x 67,3 x 7,3 mm. Jika Anda cukup turned-off mengenai kelemahan ini, masih banyak HP dengan harga Rp 6 jutaan yang memiliki ukuran layar 6 inci ke atas.

  • Kamera Tidak Memiliki Fitur Night Mode
Lihat juga:  Pilih Mana: Samsung Galaxy A30 atau Samsung Galaxy A30S?

iPhone SE 2020 sayangnya tidak bisa memotret dalam gelap. Anda hanya bisa bergantung pada flash sebagai pencahayaan utama. Namun, flash ini tentu tidak sebagus fitur mode malam pada iPhone 11 yang bisa memotret pada malam hari dengan kontras dan detail yang terjaga.

  • Tidak Terdapat Fitur Face ID

iPhone se menyediakan kemampuan FaceID untuk membuka kunci layar menggunakan tampilan wajah. Padahal Apple merupakan salah satu produsen pertama yang memperkenalkan fitur ini. Jika kamu sudah terbiasa menggunakan iPhone keluaran sebelumnya, mungkin tidak adanya fitur ini akan sedikit terasa janggal.

  • Memiliki Bezel yang Terlalu Besar

Bezel adalah spacy atau ruang kosong yang terletak pada sisi HP. Jika kamu memperhatikan trend HP terkini, semua HP sudah memiliki layar yang hampir tidak menyisakan ruang kosong demi memberikan immersion yang optimal saat bermain game.

Sayangnya, iPhone SE 2020 memiliki dua bezel atas dan bawah dengan ukuran yang cukup mengganggu. Hal ini semakin diperparah dengan ukuran layarnya yang memang kecil.

iPhone 11

iPhone 11 yang dirilis September tahun 2019, pada saat itu menjadi pusat perhatian banyak penggemar produk keluaran Apple. iPhone 11 yang memiliki tiga tipe dengan harga yang berbeda yaitu, iPhone 11 64 GB dengan harga Rp.12.999.000, iPhone 11 128 GB dengan harga Rp.14.199.000 , dan iPhone 11 256 GB dengan harga Rp.16.199.

iPhone 11 dengan ukuran layar 6.1 inchi dan dilengkapi dengan dua kamera pada bagian kamera belakang yaitu wide dan ultra wide. Memiliki banyak varian warna yang cantik yaitu warna ungu, kuning, hitam, hijau, merah, dan putih membuat iPhone 11 berbeda dari merk yang lainnya.

Kelebihan iPhone 11 

  • Memiliki layar dengan tingkat kecerahan terbaik

Memiliki layar handphone dengan tingkat kecerahan yang bagus membuat iPhone 11 ini menampilkan foto dan video dengan kualitas terbaik. Dengan memiliki ukuran layar 6,1 inci dan resolusi 828 x 1792 megapiksel, layar ini mampu menampilkan kualitas yang baik karena sudah dibekali dengan teknologi wide color gamut dan true-tone.

  • Memiliki desain yang tangguh dan Tahan air

Dengan memiliki desain yang tangguh, sehingga membuat iPhone 11 bisa direndam di air dengan kedalaman air 2 meter selama 30 menit dan masih tetap menyala. Hal ini terjadi karena Apple iPhone 11 yang sudah dibekali dengan sertifikasi anti air IP68. 

  • Memiliki Chipset terkencang

Memiliki Keunggulan chipset Apple A13 Bionic yang dibangun dengan proses fabrikasi 7nm. Di dalam chipset terdapat enam core atau prosesor hexa core yang terdiri dari empat core Thunder 1,8 GHz dan dual core Lightning 2,65 GHz.

  • Memiliki daya tahan baterai yang awet

Dengan dibekali baterai Li-Ion 3.110 mAh yang memiliki kapasitas baterai yang tergolong jauh lebih bagus daripada HP Android tentu tergolong kecil. Bisa dilihat dari hasil pengujian yang mencatatkan endurance rating 94h.

  • Memiliki audio dengan kualitas terbaik

Memiliki speaker stereo yang dimana speaker pertama terletak di bagian bawah, dan speaker yang kedua terletak di bagian earpiece. Speaker ini mampu menghasilkan suara yang seimbang, cukup kaya dan memiliki bass yang cukup. Hal ini merupakan salah satu sektor yang paling unggulan yang ditawarkan dari iPhone 11.

  • Memiliki kamera depan dan belakang yang unggul

Keunggulan yang menjadi daya tarik dari seri yang dikeluarkan oleh Apple yaitu terdapat pada bagian kameranya. Dengan dibekali dua kamera di bagian belakang, yang dimana kamera pertama merupakan kamera 12 megapixel dengan bukaan f/1.8. Sedangkan kamera kedua merupakan kamera ultra-wide 12 megapixel dengan bukaan f/2.8. Kamera yang sudah memiliki Quad-LED dual-tone flash serta HDR yang dapat mendukung rekaman video dengan resolusi 2160p. 

 Kekurangan iPhone 11

  •  Bermasalah pada bagian Notch dan Bezel

Notch yang terlalu besar menjadi kekurangan dari iPhone 11 serta memiliki kekurangan bezel dengan layar yang masih tergolong tipis yang membuat desain HP ini bisa sempurna dan lebih menarik.

  • Bermasalah pada charger bawaan

charger bawaan yang hanya mendukung pengisian 5W membuat pengisian baterai HP ini tergolong sangat lama dalam waktu 30 menit, baterai hanya terisi 18% saja (dari 0%), sementara untuk penuh mendapatkan hasil baterai yang penuh dibutuhkan waktu sampai 4 jam lamanya.

Pilih mana: iPhone SE vs iPhone 11?

Keterangan iPhone SE iPhone 11
Kelebihan - Hasil Kualitas Kamera Sangat Baik - Harganya Terjangkau untuk Sebuah iPhone - Mendukung Wireless Charging- Memiliki layar dengan tingkat kecerahan terbaik - Memiliki desain yang tangguh dan Tahan air - Memiliki Chipset terkencang
Kekurangan - Desain Bodi yang Kecil - Kamera Tidak Memiliki Fitur Night Mode - Tidak Terdapat Fitur Face IDl- Bermasalah pada bagian Notch dan Bezel - Bermasalah pada charger bawaan - Saat pembelian tidak dapat charger

Kesimpulan 

Semua iPhone yang sudah dirilis memiliki kelebihan dan kekurangan pada masing-masing seri yang dikeluarkan. Tapi tetap menjadi merk Handphone yang sangat populer mengalahkan merk yang lainnya karena banyak peminatnya. 

Dari berikut penjelasan dari kedua iPhone yang sudah saya bahas semoga bisa bermanfaat untuk kalian. Terimakasih. 

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iPhone SE vs iPhone 11

VS

Leave a Reply