Pilih Mana: iPhone X atau iPhone 8?

Loading...

iPhone merupakan salah satu produk Apple yang memiliki nilai jual sangat tinggi. iPhone memiliki karakteristik elegan dan mewah pada setiap produknya. Dua produk iPhone yang saat ini banyak diminati dan memiliki banyak pengguna yaitu iPhone X dan iPhone 8. Manakah handphone yang lebih baik untuk Anda gunakan? iPhone X atau iPhone 8?

Meskipun sama-sama memiliki banyak peminat dan sama-sama produk iPhone, kedua smartphone ini memiliki banyak perbedaan. Perbedaan tersebut dapat Anda lihat dari desain yang dimiliki, ukuran, fitur yang dimiliki dan perbedaan lainnya. Perbedaan tersebut dapat Anda simak pada artikel berikut ini.

Baca juga: Pilih Mana: Samsung S9 atau iPhone X?

iPhone X

iPhone X merupakan smartphone yang dirilis oleh Apple pada Oktober 2017 lalu. iPhone X memiliki tampilan yang sangat elegan karena 90% dilapisi kaca dan telah memiliki teknologi terbaru dibandingkan pendahulunya.

Kelebihan iPhone X

Berikut beberapa kelebihan iPhone X yang perlu Anda ketahui:

  • Telah Mengusung FaceID

Salah satu kelebihan iPhone X adalah telah menggunakan FaceID. Sedangkan iPhone 8 masih menggunakan TouchID. Karena telah disematkan FaceID ini, maka bisa dikatakan bahwa iPhone X memberikan keamanan yang lebih baik daripada iPhone 8.

  • Memiliki Layar Lebih Besar

Kelebihan lain yang dimiliki iPhone X adalah memiliki layar yang lebih besar jika dibandingkan dengan iPhone 8. iPhone X memiliki lebar layar sebesar 5.8 inci OLED resolusi 2.436 x 1.125 pixel sehingga tampil cemerlang dan tajam. Sedangkan iPhone 8 memiliki layar dengan lebar 4.7 inci LED-backlit Retina HD resolusi 1.334 x 750 pixel.

  • Telah Memiliki Kamera Ganda

Kelebihan lain yang dimiliki oleh iPhone X adalah telah memiliki kamera ganda dengan format vertikal dan juga telah memiliki dual OIS. Sedangkan iPhone 8 memiliki kamera tunggal 12 megapixel aperture f/1.8, OIS dan 5x digital zoom. Dengan adanya kamera ganda ini, kualitas gambar akan menjadi lebih maksimal dan lebih baik.

Kekurangan iPhone X

Berikut beberapa kekurangan iPhone X yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan iPhone X adalah memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan iPhone 8. Namun hal ini wajar saja sebab iPhone X memberikan spesifikasi dan banyak keunggulan daripada iPhone 8. Jika Anda membutuhkan smartphone yang lebih murah dari dua tipe ini, maka iPhone 8 bisa menjadi pilihan Anda.

  • Tidak Dilengkapi Corning Gorilla Glass

Kekurangan lain yang dimiliki iPhone X adalah tidak dilengkapi dengan adanya corning gorilla glass. Padahal 90% body smartphone ini diselimuti oleh kaca. Meski begitu, pihak iPhone mengklaim bahwa kaca yang digunakan tahan terhadap benturan dan goresan sehingga tetap akan meski tanpa menggunakan corning gorilla glass.

Loading...
  • Cenderung Lebih Mudah Panas

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki iPhone X adalah cenderung lebih mudah panas. Berdasarkan review para pengguna iPhone X, smartphone tipe ini lebih mudah panas dan kadang menyebabkan lag. Jika sudah terjadi lag, pengguna tidak dapat melakukan apapun karena baterai bersifat non-removable.

Kelebihan iPhone XKekurangan iPhone X
- Telah mengusung FaceID- Harga lebih mahal
- Memiliki layar lebih besar- Tidak dilengkapi corning gorilla glass
- Telah memiliki kamera ganda- Cenderung lebih mudah panas

iPhone 8

iPhone 8 merupakan salah satu produk yang dirilis oleh Apple. iPhone 8 merupakan pengembangan dari produk sebelumnya yaitu iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Tentunya produk ini muncul dengan teknologi dan desain yang lebih baik dari pendahulunya.

Kelebihan iPhone 8

Berikut beberapa kelebihan iPhone 8 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan iPhone 8 adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan iPhone X. Jika Anda memiliki dana atau budget terbatas, maka Anda dapat menjadikan iPhone 8 sebagai alternatif. Meskipun memiliki harga yang lebih terjangkau, iPhone 8 memberikan kualitas yang baik.

  • Memiliki Desain Kaca

Kelebihan lain yang dimiliki iPhone 8 adalah telah memiliki desain kaca. iPhone 8 merupakan produk Apple pertama yang menggunakan desain kaca. Jika iPhone X tampil elegan dengan desain kacanya. Maka iPhone 8 juga tampak elegan pula dengan sama-sama menggunakan desain kaca.

  • Retina HD Display dan True Tone

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh iPhone 8 adalah telah memiliki peningkatan Retina HD Display daripada tipe sebelumnya. Dengan harga yang lebih terjangkau daripada iPhone X, Anda bisa menikmati iPhone 8 dengan layar yang lebih tajam, lebih jernih, lebih terang dan warna yang ditampilkan lebih akurat.

Kekurangan iPhone 8

Berikut beberapa kekurangan iPhone 8 yang perlu Anda ketahui:

  • Masih Menggunakan TouchID

Salah satu kekurangan iPhone 8 adalah masih menggunakan TouchID. Ketika telah banyak smartphone menggunakan FaceID, termasuk iPhone X, iPhone 8 masih menggunakan TouchID. Dalam hal ini, iPhone X lebih unggul daripada iPhone 8.

  • Layar Lebih Kecil

Kekurangan lain yang dimiliki oleh iPhone 8 adalah memiliki layar yang lebih kecil daripada iPhone X. iPhone 8 memiliki layar 4,7 inci LED-backlit Retina HD resolusi 1.334 x 750 pixel dengan kepadatan pixel 326ppi. Sedangkan iPhone X memiliki layar sebesar 5,8 inci OLED resolusi 2.436 x 1.125 pixel dengan kepadatan pixel 458ppi.

  • Tidak Memiliki Colokan Audio

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh iPhone 8 adalah tidak memiliki colokan audio. Jika dilihat dari stereo speaker, iPhone 8 memang kencang dengan mengandalkan deeper bass. Tapi sangat disayangkan karena Apple tidak memberikan colokan audio pada iPhone 8.

Kelebihan iPhone 8Kekurangan iPhone 8
- Harga lebih terjangkau- Masih menggunakan TouchID
- Memiliki desain kaca- Layar lebih kecil
- Retina HD Display dan True Tone- Tidak memiliki colokan audio

Pilih Mana: iPhone X atau iPhone 8?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara iPhone X dan iPhone 8. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

iPhone XiPhone 8
- Harga lebih mahal- Harga lebih terjangkau
- Memiliki desain dan layar yang lebih besar- Layar lebih kecil
- Menggunakan FaceID- Menggunakan TouchID
- Cek harga iPhone X online termurah, Klik di sini- Cek harga iPhone 8 online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai iPhone X dan iPhone 8, dapat kita lihat bahwa iPhone X memiliki teknologi yang lebih canggih daripada iPhone 8. Selain itu, iPhone X juga memiliki layar yang lebih lebar dan desain yang lebih baik. Meski demikian, iPhone X juga memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan iPhone 8. iPhone 8 juga memberikan kualitas yang baik pula dengan harga yang sesuai.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iPhone X vs iPhone 8

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *