Pilih Mana: iPhone X atau Samsung S9?

Loading...

Seperti yang kita ketahui, iPhone X dan Samsung 9 merupakan kedua ponsel yang dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Kedua ponsel ini memang memiliki beberapa kesamaan, tetapi mana yang layak mendapat predikat sebagai smartphone terbaik saat ini? Maka pertanyaan bagus mana iPhone X atau Samsung S9? Bisa menjadi penentu Anda memilih di antara keduanya. Berikut kelebihan dan kekurangan di antara keduanya.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat iPhone X dan Samsung S9
– Kelebihan & kekurangan iPhone X dan Samsung S9
– Harga terbaik iPhone X dan Samsung S9

iPhone X
Dalam hal desain, iPhone X mengusung layar seluas 5,8 inci dengan panel OLED. iPhone X hadir dengan bezel super tipis, dengan poni (notch) atau bagian yang menutupi sedikit layar bagian atas untuk menempatkan beberapa sensor. iPhone X hadir dengan chipset A11 Bionic yang dirangkai oleh Apple sendiri. Chipset memiliki kecepatan 2.4GHz.

Kelebihan iPhone X yang bisa Anda ketahui:

1. Tren kekinian
iPhone X mendesain ponselnya lebih kekinian dengan adaya notch. Notch ini berguna untuk menempatkan sensor kamera depan dan berbagai sensor seperti kamera TrueDepth, inframerah dan proximity. Desain notch pada iPhone X menjadi influencer bagi vendor-vendor smartphone lain untuk menghadirkan perangkat smartphone dengan desain layaknya ponsel mahal, iPhone X.

2. Dual camera
Mode potret dapat dikatakan iPhone X lebih baik dari pada Samsung S9. Kamera ganda atau dual camera adalah daya jual terbesar untuk iPhone X. Nah, di sini Samsung S9 masih mengandalkan kamera utama tunggal.

Kekurangan iPhone X yang bisa Anda ketahui:

1. Kapasitas baterai kecil
Kapasitas baterai iPhone X lebih kecil dari pada kapasitas baterai yang dimiliki Samsung S9. Dikutip dari Kompas.com, kapasitas baterai yang ditampung oleh iPhone X ialah 2,716 mAh, sementara Samsung S9 mempunyai kapasitas baterai sebesar 3.000 mAh.

Loading...

2. Tidak dilengkapi slot eksternal
Kekurangan dari iPhone X ialah tidak dilengkapinya slot memori eksternal pada perangkatnya. Sehingga pengguna iPhone X memiliki kapasitas terbatas dalam penyimpanan. Sementara Samsung S9 menyediakan slot memori eksternal untuk memberikan ruang tambahan untuk penggunanya.

Samsung S9
Samsung Galaxy S9 memiliki desain yang mengusung layar seluas 5,8 inci dengan panel AMOLED. Samsung menggunakan bezel tipis di bagian atas dan bawah, sehingga membuat tampilan layar Galaxy S9 terlihat lebih lega dan luas. Samsung S9 hadir dengan chipset Snapdragon 845 untuk perangkat yang dipasarkan di Amerika Serikat. Sementara di pasar lain, Samsung S9 menggunakan chipset Exynos. Chipset memiliki kecepatan 2.8GHz.

Kelebihan Samsung S9 yang bisa Anda ketahui:

1. Fitur super slow motion
Samsung S9 dilengkapi dengan fitur super slow motion dengan resolusi 720p resolusi 920 fps, yang diklaim setara dengan hasil kamera profesional. Sementara iPhone X belum mengadopsi teknologi fitur seperti ini.

2. Ruang penyimpanan luas
Untuk kapasitas RAM, keduanya hanya selisih 1 GB, Samsung S9 lebih unggul dengan kapasitas 4 GB. Beralih ke kapasitas memori, Samsung S9 memiliki tiga pilihan kapasitas memori, yaitu 64 GB, 120 GB, dan 256 GB dengan memori eksternal hingga 400 GB. Sementara iPhone hanya menawarkan pilihan 64 GB dan 128 GB tanpa memori eksternal.

Kekurangan Samsung S9 yang bisa Anda ketahui:

1. Desain bodi belakang standar
Dalam hal ini, desain bodi belakang dari Samsung S9 terlihat standar dan hampir menyamai dengan desain bodi belakang perangkat Samsung lainnya. Sehingga jika melihat tampilan belakang Samsung S9 tidak begitu menarik.

2. Masih kamera tunggal
Sepertinya Samsung S9 tidak menghadirkan konsep kekinian layaknya iPhone X. Bukan hanya tidak memiliki takik, Samsung S9 juga masih menggunakan kamera tunggal pada perangkatnya. Sehingga Samsung S9 belum mampu melakukan fitur efek bokeh.

Pilih Mana: iPhone X atau Samsung S9?

iPhone XSamsung S9
Kamera depan – Beresolusi 7 MP– Beresolusi 8 MP
OS– iOS 11– Android 8.0 Oreo
Panel layar– Teknologi layar OLED– Teknologi layar AMOLED
Teknologi fitur pengenal wajah– Face ID yang menggunakan teknologi infrared yang memetakan wajah pengguna secara 3D (TrueDepth Camera)– Teknologi Intelligent Scan dengan kombinasi pengenal iris mata

Kesimpulan
Bagi kami keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika membahas harga, kdua ponsel ini bukanlah ponsel dengan harga murah. Namun terlihat jika iPhone X memiliki desain yang kekinian dengan dual camera yang mumpuni. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iPhone X vs Samsung S9

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *