Pilih Mana: J5 Pro atau J7 Pro?

Loading...

Secara mengejutkan perusahaan smartphone asal Korea Selatan, Samsung merilis J5 Pro dan J7 Pro pada pertengahan tahun 2017 lalu dengan harga di bawah Rp 4 jutaan. Dengan harga yang hampir mendekati kata “mahal” ini, benarkah kedua smartphone tersebut mampu memanjakan para Fans Samsung dengan kehadiran jeroan mumpuni, tampilan keren dan berbagai fitur pendukung lainnya. Untuk itu kami akan mencoba mencari tahu bagus mana J5 Pro vs J7 Pro?

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat J5 Pro dan J7 Pro
– Kelebihan & kekurangan J5 Pro dan J7 Pro
– Harga terbaik J5 Pro dan J7 Pro

J5 Pro
J5 Pro telah dipersenjatai oleh prosesor Exynos 7870 Octa-core berkecepatan 1,6 GHz dan GPU Mali-T830MP2 yang dipadukan dengan RAM 3 GB. J5 Pro membenamkan kamera depan dan kamera belakang dengan resolusi sama yakni 13 MP.

Kelebihan J5 Pro yang bisa diketahui:

1. Harga terjangkau
Tidak seperti J7 Pro yang dibanderol hampir dikisaran harga di atas Rp 3,5 juta. J5 Pro masih tergolong memiliki harga yang lebih terjangkau yakni dikisaran harga di bawah Rp 3,5 juta.

2. Ringan digenggaman
J5 Pro memiliki dimensi dan bobot lebih ringan sehingga sangat membuat nyaman penggunanya menggunakan smartphone sekalipun dalam waktu yang lama.

Kekurangan J5 Pro yang bisa diketahui:

1. Kapasitas baterai hanya 3000 mAh
Berbicara tentang baterai, semua smartphone pasti memiliki baterai dengan kapasitas yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Sayangnya J5 Pro mendukung baterai hanya 3000 mAh. Sementara J7 Pro didukung oleh kapasitas baterai lebih besar mencapai 3600 mAh.

Loading...

2. Lebar layar lebih kecil
Meskipun keduanya telah mengusung teknologi layar Super AMOLED yang diklaim bagus dan jernih. Namun J5 Pro memiliki lebar layar dan resolusi lebih kecil dibanding J7 Pro yakni hanya 5,2 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel. Sedangkan lebar layar 5,5 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel menjadi layar yang diusung oleh J7 Pro.

J7 Pro
Sama seperti J5 Pro, dikutip dari Merdeka.com, smartphone ini juga dibekali prosesor dari Exynos 7870 Octa-core berkecepatan 1,6 GHz dan GPU Mali-T830MP2 yang dipadukan dengan RAM 3 GB. J7 Pro memiliki kamera utama beresolusi 13 MP dan kamera depan beresolusi 13 MP.

Kelebihan J7 Pro yang bisa diketahui:

1. Memiliki dua varian penyimpanan internal
Untuk mendukung kemampuan prosesor tersebut, J7 Pro memiliki dua varian penyimpan internal yang tergolong cukup besar yakni 32 GB atau 64 GB. Sementara J5 Pro menyediakan satu pilihan penyimpan internal hanya 32 GB saja.

2. Adanya dukungan sertifikat IP54
Dengan adanya dukungan sertifkat IP54, layar J7 Pro diklaim mampu memiliki ketahanan terhadap percikan atau siraman air. Sedangkan sertifikat ini belum dimiliki J5 Pro sehingga smartphone tersebut sangat riskan apabila terkena percikan air.

Kekurangan J7 Pro yang bisa diketahui:

1. Bobot lebih berat
Dengan layar yang tergolong besar, J7 Pro memiliki bobot mencapai 181 gram yang membuatnya terasa lebih berat saat digengam dibanding dengan menggenggam J5 Pro. Hal ini dikarenakan J5 Pro hanya memiliki bobot 160 gram saja.

2. Harga lebih mahal
Meskipun memiliki performa sama dengan J5 Pro. J7 Pro dibanderol dengan harga yang lebih mahal, hal ini mungkin tergolong masuk akal karena Samsung memberikan penambahan dalam hal baterai dan fitur lain yang tidak ada di J5 pro namun sudah ada di J7 Pro.

Pilih Mana: J5 Pro atau J7 Pro?

J5 ProJ7 Pro
Kisaran harga– Cenderung lebih murah– Cenderung lebih mahal
Kerapatan piksel– Hanya 282 ppi– Mencapai 401 ppi
Skor AnTuTu– Hanya 46524– Lebih besar yakni 47920

Kesimpulan
Dari berbagai kelebihan dan kekurangan di atas, tentu saja untuk Anda yang ingin memiliki smartphone dengan spesifikasi yang hampir sama namun dengan harga yang berbeda maka J5 Pro bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

J5 Pro vs J7 Pro

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *