Fashion

Pilih Mana: Jaket atau Blazer?

Pakaian saat ini tidak hanya berfungsi sebabagai pelindung tubuh. Tetapi juga berfungsi untuk menunjang penampilan. Banyak jenis pakaian yang bermunculan saat ini, dua di antaranya yiatu jaket dan blazer. Dari dua jenis pakaian tersebut, manakah yang paling Anda minati? Jaket atau blazer?

Jaket dan balzer merupakan pakaian yang memiliki fungsi dasar yang sama. Yaitu untuk melindungi tubuh. Jaket memiliki banyak variasi dan memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan jenis bahan yang digunakan untuk membuat jaket. Sedangkan blazer biasanya memiliki bantuk dan fungsi yang hampir sama. Blazer dapat Anda pakai untuk semua jenis pertemuan, muali dari yang formal hingga non formal.

Jaket

Jaket merupakan pakaian luar atau outwear dengan panjang sampai ke pinggang atau pinggul. Beberapa bahan yang biasa dipakai dalam membuat jaket adalah kulit, despo, parasut, canvas, jeans dan denim. Akan tetapi di pasaran saat ini banyak jaket dengan bahan yang lebih khusus seperti ferari, micro, taslan dan fleece dan sebagainya. Rata-rata jaket menggunakan bahan yang tebal supaya bisa menahan angin. Baca juga Pilih Mana: Jaket vs Sweater?

Kelebihan Jaket

Berikut beberapa kelebihan jaket yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Membantu Menghangatkan Tubuh

Salah satu kelebihan jaket adalah dapat menghangatkan tubuh. Jaket dapat menghangatkan karena terbuat dari bahan yang relatif lebih tebal. Terdapat banyak bahan yang dapat digunakan untuk membuat jaket. Bahan tersebut disesuaikan dengan fungsi jaket. Misalkan, jaket untuk digunakan berlari menggunakan bahan parasut, jaket untuk menghangatkan terbuat dari bahan kain tebal, dan masih banyak lagi jenis dan fungsi jaket lainnya. Jaket yang dikhususkan untuk cuaca dingin memiliki ketebalan yang cukup sehingga mampu untuk menghangatkan tubuh Anda yang kedinginan.

  • Mudah untuk Dipakai

Kelebihan jaket lainnya adalah sangat mudah dipakai. Anda dapat memakai jaket ini dengan mudah dan tidak akan merusak gaya rambut Anda seperti memakai kaos. Di depan jaket biasanya terdapat risleting sehingga Anda akan mudah membuka dan memasang jaket tersebut.

  • Memiliki Banyak Variasi dan Fungsi

Kelebihan lain yang dimiliki jaket adalah memiliki variasi dan fungsi yang beragam. Hal ini tentu berbeda dengan blazer yang memiliki variasi dan fungsi yang terbatas. Jakt memiliki fungsi tergantung dari bahan atau material yang dipakai. Ada jaket yang khusus dibuat untuk mendaki gunung, ada pula jaket yang dibuat khusus untuk berkendara, untuk fashion dan semacamnya. Dengan demikian, Anda dapat memilih manakah jaket yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Banyaknya variasi jaket ini membuat orang banyak memilikinya karena dapat menjawab kebutuhan pelanggannya. Dikutip dari Kumparan.com beberapa variasi jaket yaitu jaket parasut, jaket fleece, jaket kulit, jaket diadora jaket jeans dan sebagainya.

Kekurangan Jaket

Berikut beberapa kekurangan jaket yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Cocok Dipakai pada Acara Formal

Salah satu kekurangan jaket adalah kurang cocok untuk dipakai pada acara yang lebih formal seperti acara bisnis dan lain sebagainya. Jaket lebih cocok untuk digunakan untuk aktivitas yang lebih santai dan tidak terlalu formal. Jaket juga sangat baik untuk digunakan untuk beraktivitas di outdoor.

  • Kurang Cocok untuk Digunakan Bersama Kemeja

Jaket merupakan outwear yang memiliki kesan yang sportif, jaket biasanya digunakan bersamaan dengan kaos. Namun, tidak jarang orang menggunakan jaket bersamaan dengan kemeja. Penggunaan jaket bersamaan dengan kemeja biasanya hanya digunakan untuk waktu yang relatifsebentar. Misalnya, penggunaan jaket saat mengendarai motor. Hal ini tentu berbeda dengan blazer yang dapat dengan baik dipakai bersamaan dengan kaos ataupun kemeja.

  • Sulit untuk Dicuci

Salah satu kekurangan jaket adalah relatif sulit untuk dicuci. Hal ini dikarenakan jaket memiliki tekstur yang cukup tebal sehingga harus membutuhkan mesin pengering untuk bisa mengeringkannya dengan cepat. Jika tidak menggunakan mesin cuci dan pengering, Anda harus menggunakan tenaga ekstra untuk mencuci jaket ini.

Kelebihan Jaketkurangan Jaket
- Dapat membantu menghangatkan tubuh - Kurang cocok dipakai pada acara formal
- Mudah untuk dipakai - Kurang cocok untuk digunakan bersama kemeja
- Memiliki banyak variasi dan fungsi - Sulit untuk dicuci

Blazer

Blazer adalah outerwear yang sekilas mirip jas, tapi blazer dirancang lebih fleksibel dengan setelan apapun, atau biasanya termasuk pada setelan casual. Karena itu blazer bisa dipakai untuk keperluan formal, semi-formal maupun non formal.

Kelebihan Blazer

Berikut beberapa kelebihan blazer yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Fleksibel untuk Digunakan

Salah satu kelebihan blazer adalah lebih fleksibel dan dapat dipakai pada acara apapun, baik itu formal, semi formal ataupun non-formal. Blazer ini dapat diterima pada acara apapun. Anda dapat memakainya untuk pertemuan bisnis, berkumpul dengan teman-teman dan aktivitas lainnya. Memakai blazer pada pertemuan apapun tidak akan begitu mencolok bagi orang melihatnya. Intinya, Anda tidak perlu khawatir dibilang salah kostum.

  • Dapat Dipasangkan dengan Apapun

Kelebihan lain yang dimiliki oleh blazer adalah dapat dengan mudah dipadu dengan setelan apapun. Anda dapat memasangkan blazer dengan kemeja button down, t-shirt, kaos polo dan sebagainya. Anda juga dapat dengan mudah memasangkan blazer dengan jenis sepatu apapun seperti, sepatu pantofel, sepatu kanvas, sneaker dan sebagainya.

  • Mudah Dipakai dan Tidak Membuat Gerah

Blazer juga merupakan pakaian yang relatif mudah untuk dipakai hal dikarenakan biasanya blazer memiliki kancing di depan sehingga memudahkan pengguna untuk memakainya. Blazer juga memiliki perawatan yang relatif mudah. Blazer juga tidak terlalu tebal sehingga tidak akan membuat pemakainya menjadi gerah saat memakainya. Sebab blazer memiliki tebal pakaian yang standar dan nyaman saja untuk digunakan.

Kekurangan Blazer

Berikut beberapa kekurangan blazer yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Mampu Menghangatkan Tubuh

Ketika cuaca sedang dingin, blazer tidak bisa menghangatkan tubuh secara maksimal seperti yang dilakukan oleh jaket. Hal ini dikarenakan blazer terbuat dari bahan yang memang tidak terlalu tebal sehingga tidak bisa melindungi tubuh secara maksimal. Saat cuaca dingin, jaket lebih mampu memberikan kehangatan dan perlindungan kepada tubuh.

  • Memiliki Bentuk dan Fungsi yang Sama

Semua blazer hampir memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Meskipun berbeda, perbedaan tersebut tidak terlalu jauh. Kadang, hanya motifnya saja yang diubah. Selain itu, fungsi blazerpada umunya sama. Dengan demikian, blazer tidak bisa menjawab kebutuhan Anda lainnya. Anda tetap perlu membeli pakaian dengan jenis yang lain untuk bisa menunjang kebutuhan Anda.

  • Kurang Cocok Digunakan untuk Jelajah Alam

Meskipun blazer dapat dipakai untuk berbagai ecara mulai dari yang formal, seni formal, hingga non formal. Tapi blazer kurang cocok untuk diguanakan untuk aktivitas jelajah alam. Untuk aktivitas jelajah alam, Anda tetapmemrlukan jaket sebagai pelindung. Anda tidak mungkin menggunakan blazer untuk memancing, outbond, mendaki gunung hingga kegiatan-kegiatan lainnya.

Kelebihan BlazerKekurangan Blazer
- Lebih fleksibel untuk digunakan - Kurang mampu menghangatkan tubuh
- Dapat dipasangkan dengan apapun - Memiliki bentuk dan fungsi yang sama
- Mudah dipakai dan tidak membuat gerah- Kurang cocok digunakan untuk jelajah alam

Pilih Mana: Jaket atau Blazer?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara jaket dan blazer. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua hal tersebut:

Jaket Blazer
- Cocok digunakan untuk jelajah alam - Cocok digunakan untuk pertemuan-pertemuan
- Dapat menghangatkan tubuh- Kurang mampu menghangatkan tubuh
- Memiliki banyak fungsi- Memiliki fungsi yang sama

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai jaket dan blazer di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua jenis pakaian ini memiliki fungsi yangg berbeda. Jaket lebih cocok digunakan untuk melindungi tubuh dari pengaruh cuaca dan sebagainya, Anda juga lebih cocok menggunakan jaket untuk aktivitas jelajah alam. Sedangkan blazer lebih sesuai digunakan untuk pertemuan-pertemuan, baik itu pertemuan formal, semi formal hingga nonformal. Seperti pertemuan dengan rekan bisnis, teman kantor, hingga pertemuan dengan pasangan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Jaket vs Blazer

VS

Leave a Reply