Fashion

Pilih Mana: Jaket atau Sweater?

Pakaian merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting. Pakaian berfungsi melindungi Anda dari panas matahari dan dari dinginnya hujan. Cuaca yang dingin akan mudah menyebabkan orang mengalami gangguan kesehatan seperti flu, alergi, masuk angin dan sebagainya. Untuk menghindarinya, Anda memerlukan pakaian yang dapat menghangatkan dan melindungi tubuh dari cuaca yang dingin. Dua pakaian yang dapat menjadi pilihan yaitu jaket dan sweater. Manakah yang dapat melindungi tubuh Anda dengan maksimal? Jaket atau sweater?

Jaket dan sweater sama-sama memiliki fungsi untuk menghangatkan tubuh. Jaket banyak digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas, jaket juga terbuat dari bahan yang lebih tebal untuk menghangatkan tubuh Anda. Sedangkan sweater juga merupakan pakaian yang dapat menghangatkan tubuh yang terbuat dari bahan wall, babyteri dan sebagainya. Bahan yang digunakan untuk membuat sweater ini terasa lembut dan sangat nyaman digunakan. Baca juga Pilih Mana: Legging atau Stocking?

Jaket

Jaket merupakan pakaian luar atau outwear dengan panjang sampai ke pinggang atau pinggul. Kulit, despo, parasut, canvas, jeans dan denim merupakan beberapa bahan yang biasa dipakai dalam membuat jaket. Akan tetapi di pasaran saat ini banyak jaket dengan bahan yang lebih khusus seperti ferari, micro, taslan dan fleece dan sebagainya. Rata-rata jaket menggunakan bahan yang tebal supaya bisa menahan angin.

Kelebihan Jaket

Berikut beberapa kelebihan jaket yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Membantu Menghangatkan Tubuh

Jaket terbuat dari berbagai bahan mulai dari kulit hingga bahan lainnya. Jaket biasanya memiliki ketebalan yang cukup sehingga bisa menutupi tubuh dari hembusan angin. Dengan menggunakan jaket dengan bahan yang tebal, Anda dapat menghindari tubuh dari gangguan masuk angin dan sebagainya.

  • Mudah untuk Dipakai

Jaket biasanya memiliki bentuk dengan risleting atau kancing pada bagian depan. Dengan model dan bentuk seperti itu, Anda tidak akan kesulitan untuk memakai dan menggunakan jaket. Anda bahkan bisa menggunakannya sambil berjalan, karena cara menggunakannya relatif mudah dan tidaklah sulit.

  • Memiliki Banyak Variasi dan Fungsi

Kelebihan lain yang dimiliki jaket adalah memiliki variasi dan fungsi yang beragam. Fungsi jaket ini tergantung dari bahan atau material yang dipakai. Ada jaket yang khusus dibuat untuk mendaki gunung, ada pula jaket yang dibuat khusus untuk berkendara, untuk fashion dan semacamnya. Dengan demikian, Anda dapat memilih manakah jaket yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Banyaknya variasi jaket ini membuat orang banyak memilikinya karena dapat menjawab kebutuhan pelanggannya. Dikutip dari Kumparan.com beberapa variasi jaket yaitu jaket parasut, jaket fleece, jaket kulit, jaket diadora jaket jeans dan sebagainya.

Kekurangan Jaket

Berikut beberapa kekurangan jaket yang perlu Anda ketahui:

  • Sulit untuk Dicuci

Salah satu kekurangan jaket adalah relatif sulit untuk dicuci. Hal ini dikarenakan jaket memiliki tekstur yang cukup tebal sehingga harus membutuhkan mesin pengering untuk bisa mengeringkannya dengan cepat. Jika tidak menggunakan mesin cuci dan pengering, Anda harus menggunakan tenaga ekstra untuk mencuci jaket ini.

  • Terbuat dari Bahan yang Kurang Halus dan Lembut

Dibandingkan dengan sweater, bahan yang digunakan untuk membuat jaket memang kurang halus dan lembut. Tekstur jaket biasanya akan semakin keras jika semakin tebal. Bahan yang digunakan pada jaket tentu berbeda dengan bahan yang digunakan untuk membuat sweater.

  • Membutuhkan Tempat untuk Menyimpannya

Semakin tebal sebuah jaket yang Anda gunakan, semakin besar pula tempat penyimpanan yang Anda butuhkan. Hal ini tidak hanya berlaku untuk penyimpanan di rumah. Melainkan saat Anda berpergian. Ketika Anda memakai jaket untuk melindungi tubuh kemudian Anda perlu melepaskannya, Anda akan kesulitan untuk menyimpannya karena memiliki ukuran yang tebal. Anda bahkan akan kesulitan untuk memasukkannya ke dalam ransel.

Kelebihan Jaket Kekurangan Jaket
- Dapat membantu menghangatkan tubuh- Sulit untuk dicuci
- Mudah untuk dipakai - Terbuat dari bahan yang kurang halus dan lembut
- Memiliki banyak variasi dan fungsi- Membutuhkan tempat untuk menyimpannya

Sweater

Sweater bisa diartikan sebagai penghangat. Jadi fungsi utama dari sweater adalah sebagai penghangat tubuh ketika cuaca dingin. Bahan utama sweater meliputi rajut, wol, katun, fleece, baby terry dan lainnya. Sweater merupakan pakaian penghangat multi fungsi yang bisa dipakai dengan pakaian lainnya seperti kemeja, kaos atau blouse.

Kelebihan Sweater

Berikut beberapa kelebihan sweater yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Menghangatkan Tubuh

Fungsi dasar sebuah sweater adalah untuk membantu menghangatkan tubuh pengunanya. Anda dapat memakai sweater disertai dengan kaos terlebih dahulu atau juga kemeja. Menggunakan sweater dapat membuat tubuh Anda sedikit lebih hangat. Sweater ini sangat cocok untuk Anda gunakan saat situasi yang sedang dingin.

  • Terbuat dari Bahan yang Lebih Halus

Salah satu kelebihan sweater adalah terbuat dari bahan yang lebih halus dan lembut daripada jaket. Dengan bahan yang halus ini, kulit Anda akan terasa lebih nyaman dalam memakainya. Sweater juga memiliki fungsi untuk menghangatkan tubuh dan menghindari tubuh dari serangan angin dan udara yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

  • Mudah untuk Dicuci

Kelebihan lain yang dimiliki oleh sweater adalah mudah untuk dicuci. Karena terbuat dari bahan yang lebih halus dan lembut, Anda lebih mudah dan tidak terlalu berat saat mencuci sweater. Jika cuaca panas, Anda tidak perlu menggunakan pengering untuk bisa mengeringkan sweater. Hal ini belum tentu berlaku untuk proses pencucian dan pengeringan jaket karena memiliki bahan yang lebih tebal.

Kekurangan Sweater

Berikut beberapa kekurangan sweater yang perlu Anda ketahui:

  • Sulit untuk Dipasang

Pada umumnya, sweater digunakan dengan cara memasukkannya dari kepala. Hal ini dikarenakan kebanyakan sweater tidak memiliki risleting atau kancing di depannya. Cara pemasangan seperti ini terbilang lebih sulit jika dibandingkan dengan jaket. Memasang sweater juga dapat membuat tatanan rambut menjadi rusak, bahkan dapat merusak tatanan makeup jika dipasang dari kepala. Untuk menghindarinya, Anda dapat menggunakan sweater yang memiliki kancing di depannya agar lebih mudah dipasang.

  • Kurang Bisa Melindungi dari Cuaca Dingin Ekstrim

Kekurangan lain yang dimiliki oleh sweater adalah kurang bisa melindungi tubuh Anda dari cuaca dengan dingin yang ekstrim. Hal ini dikarenakan sweater memiliki material yang tidak terlalu tebal seperti jaket. Sehingga Anda tetap memerlukan jaket khusus cuaca dingin ekstrim untuk melindungi tubuh dari gangguan kesehatan yang disebabkan oleh cuaca yang dingin ekstrim.

  • Memiliki Variasi yang Lebih Sedikit

Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh sweater adalah memiliki sedikit variasi dan fungsi. Umumnya sweater memiliki bentuk dan fungsi yang sama, hanya modelnya saja yang berubah. Sedangkan untuk bahan tetap menggunakan bahan yang itu-itu saja dan ketebalan biasanya juga masih kurang dan tidak terlalu tebal. Hal ini tentu berbeda dengan jaket yang memiliki ragam bentuk dengan ragam bahan dan fungsi yang beragam pula.

Kelebihan SweaterKekurangan Sweater
- Dapat menghangatkan tubuh - Sulit untuk dipasang
- Terbuat dari bahan yang lebih halus- Kurang bisa melindungi dari cuaca ekstrim
- Mudah untuk dicuci- Memiliki variasi yang lebih sedikit

Pilih Mana: Jaket atau Sweater?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara jaket dan sweater. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua hal tersebut:

JaketSweater
- Memiliki banyak variasi dan fungsi - Memiliki variasi dan fungsi terbatas
- Terbuat dari berbagai jenis bahan - Biasanya terbuat dari wol, katun, dan benang sintetis
- Lebih tebal daripada sweater- Lebih halus daripada sweater

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai jaket dan sweater di atas, dapat disimpulkan bahwa keduanya dapat melindungi tubuh dari cuaca dingin. Anda hanya perlu menyesuaikan kebutuhan Anda untuk menentukan akan memakai jaket atau sweater. Jika Anda akan menghadapi cuaca yang ekstrim, Anda sebaiknya menggunakan jaket. Namun jika cuaca lebih ringan, Anda bisa menggunakan sweater yang lebih santai.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Jaket vs Sweater

VS

Leave a Reply