Pilih Mana: Jam Quartz atau Automatic?

Loading...

Untuk mengetahui waktu, Anda memerlukan jam. Jam saat ini juga tidak hanya memiliki fungsi untuk menunjukkan waktu saja. Melainkan juga memiliki fungsi untuk menunjang penampilan, sebagai prestise dan hal lainnya. Dua jenis jam yang perlu Anda ketahui adalah jam quartz dan jam automatic. Manakah jenis jam yang lebih cocok untuk Anda gunakan? Jam quartz atau automatic?

Meskipun sama-sama memiliki persamaan untuk menunjukkan waktu. Jam quartz dan jam automatic juga memiliki banyak perbedaan. Perbedaan tersebut misalnya harga yang ditawarkan, penampilan jam, dan perbedaan lainnya yang dapat Anda ketahui pada artikel berikut.

Baca juga artikel kami sebelumnya: Pilih Mana: Sneakers atau Flat Shoes?

Jam Quartz

Jam Quartz merupakan sebuah jam tangan yang memiliki mesin berbasis elektronik. Dikutip dari Tribunnews.com mesin berbasis ekeltronik ini ditemukan oleh Seiko pada tahun 1969. Seteleh menemukan mesin tersebut, Seiko kemudian membuat dan meluncurkan jam quartz pertama di dunia dengan nama Astron.

Kelebihan Jam Quartz

Berikut beberapa kelebihan jam quartz yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan jam quartz adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan jam automatic. Dengan harga yang lebih terjangkau, Anda tidak perlu menyisihkan budget yang sangat besar untuk bisa mendapatkan jam jenis quartz.

  • Akurasi Sulit Terganggu

Kelebihan lain yang dimiliki oleh jam quartz adalah memiliki akurasi yang sulit terpengaruh atau berubah. Dalam artian lain, jam quartz cenderung lebih tahan terhadap benturan. Jika terjadi benturan, getaran dari benturan tersebut tidak akan memengaruhi tingkat akurasi jam quartz.

  • Baterai Tahan Lama

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh jam quartz adalah Anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan pergantian terhadap baterai jam ini. Waktu yang Anda butuhkan bisa 5 hingga 10 tahun lamanya. Hal ini tentu lebih baik dibandingkan dengan jam automatic yang harus diisi power setiap kali habis disimpan lama.

Kekurangan Jam Quartz

Berikut beberapa kekurangan jam quartz yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Tampilan yang Biasa

Salah satu kekurangan jam quartz adalah memiliki tampilan yang biasa saja dan tidak semenarik jam automatic. Movement dari jam quartz ini bergerak per detik seperti jam biasanya. Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih detail dan menarik, maka jam quartz kurang cocok menjadi pilihan Anda.

  • Finishing Kurang Detail

Kekurangan lain yang dimiliki oleh jam quartz adalah memiliki finishing yang kurang detail. Selain memiliki penampilan yang biaa, finishing pada jam quartz kurang detail pula. Anda bisa memilih jam ini jika Anda tidak terlalu mementingkan movement dan finishing pada sebuah jam.

Loading...
  • Kurang Mampu Menonjolkan Filosofi Brand

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh jam quartz adalah kurang mampu merepresentasikan filosofi yang dimiliki oleh sebuah brand. Filosofi sebuah brand lebih mudah diaplikasikan dan lebih mudah dipahami pada sebuah jam automatic daripada jam quartz.

Kelebihan Jam QuartzKekurangan Jam Quartz
- Harga lebih terjangkau- Memiliki tampilan yang biasa
- Akurasi sulit terganggu- Finishing kurang detail
- Baterai tahan lebih lama- Kurang mampu menonjolkan filosofi brand

Jam Automatic

Jam tangan automatic sering pula disebut dengan jam tangan mekanik. Jam ini menggunakan energi mekanik pada pergerakan mesinnya. Semua komponen di dalam jam ini berhubungan satu sama lain secara mekanik.

Kelebihan Jam Automatic

Berikut beberapa kelebihan jam automatic yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Indah dan Menarik

Salah satu kelebihan jam automatic adalah lebih indah dan lebih menarik etika dilihat. Hal ini dikarenakan putaran pada jam automatic tidak bergerak per detik dan bergerak lebih detail. Selain itu, pada umumnya jam automatic menggunakan caseback yang transparan sehingga Anda dapat melihat pergerakan roda yang berkaitan.

  • Finishing Lebih Detail

Kekurangan lain yang dimiliki oleh jam automatic adalah memiliki finishing yang lebih detail. Anda bisa menikmati finishing jam automatic lebih detail. Bahkan pada merek tertentu jam automatic ini dibuat secara handmade.

  • Mampu Menonjolkan Filosofi Brand

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh jam automatic adalah Anda mampu melihat filosofi sebuah brand. Hal ini dikarenakan beberapa brand membuat desain jam automatic menjadi sebuah benda yang memiliki filosofi.

Kekurangan Jam Automatic

Berikut beberapa kekurangan jam automatic yang perlu Anda ketahui:

  • Rentan Terhadap Guncangan

Salah satu kekurangan jam automatic adalah lebih rentan terhadap guncangan atau benturan yang cukup keras. Jika terjadi benturan keras, guncangan akibat benturan tersebut akan memengaruhi pergerakan komponen pada jam automatic tersebut.

  • Akurasi Mudah Terpengaruh

Kekurangan lain yang dimiliki oleh jam automatic adalah akurasi pada jam ini lebih mudah terpengaruh atau mengalami gangguan. Karena jam ini sangat rentan terhadap benturan, maka benturan yang terjadi bisa memengaruhi akurasi pada jam automatic sehingga Anda perlu mengatur akurasi jam tersebut.

  • Harga Relatif Lebih Mahal

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh jam automatic adalah memiliki harga yang relatif mahal jika dibandingkan dengan jam quartz. Harga mahal ini namun setara dengan kualitas yang diberikan oleh jam automatic yang memiliki keindahan menarik dan memiliki finishing yang lebih detail. Selain memiliki harga yang lebih mahal, Anda juga perlu melakukan perawatan rutin 3 hingga 5 tahun sekali pada jam quartz.

Kelebihan Jam AutomaticKekurangan Jam Automatic
- Lebih indah dan menarik- Rentan terhadap guncangan
- Finishing lebih detail- Akurasi mudah terpengaruh
- Mampu menonjolkan filosofi brand- Harga relatif lebih mahal

Pilih Mana: Jam Quartz atau Automatic?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara jam quartz dan jam automatic. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Jam Quartz Jam Automatic
- Memiliki tampilan yang lebih sederhana- Memiliki tampilan yang lebih menarik
- Harga lebih terjangkau- Harga lebih mahal
- Akurasi sulit terpengaruh- Akurasi mudah terpengaruh
- Cek harga jam quartz online termurah, Klik di sini- Cek harga jam automatic online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai jam quartz dan jam automatic, dapat disimpulkan bahwa kedua jam ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memilih salah satu dari dua jam tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Jam automatic memiliki prestise yang lebih tinggi, tetapi Anda juga perlu menyiapkan budget yang lebih besar dan melakukan perawatan lebih rutin daripada jam quartz.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Jam Quartz vs Automatic

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *