Pilih Mana: Jam Tangan Analog atau Digital?

Loading...

Jam tangan memiliki peran yang sangat penting. Selain dapat menunjukkan waktu, jam tangan juga memiliki fungsi untuk menunjang penampilan penggunanya. Dua jenis jam yang dapat Anda pakai adalah jam tangan analog dan jam tangan digital. Manakah jenis jam tangan yang paling sesuai untuk Anda? Jam tangan analog atau digital?

Jam tangan analog dan jam tangan digital sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu berfungsi menunjukkan waktu. Namun jam tangan analog biasanya banyak dipakai oleh orang dewasa sedangkan jam tangan digital lebih banyak digunakan oleh anak muda dan anak-anak.

Baca juga: Pilih Mana: OnePlus 6 atau iPhone X?

Jam Tangan Analog

Jam tangan analog merupakan jam tangan yang menunjukkan waktu dengan menggunakan jarum jam. Untuk mengtahui waktu yang ditunjukkan, Anda perlu melihat dimana letak jarum jam dengan detail.

Kelebihan Jam Tangan Analog

Berikut beberapa kelebihan jam tangan analog yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Tahan Lama

Salah satu kelebihan jam tangan analog adalah dapat bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan jam tangan digital. Jam tangan analog membutuhkan jangka waktu yang cukup lama hingga 8 tahun untuk mengganti baterainya. Hal ini dikarenakan jam tangan analog tidak menggunakan energi lebih banyak dibandingkan dengan jam tangan digital. Untuk mengetahui cara perawatan jam tangan yang baik, Anda dapat mengaksesnya di Kompas.com.

  • Memiliki Perawatan yang Lebih Mudah

Kelebihan lain yang dimiliki oleh jam tangan analog adalah lebih mudah dirawat jika dibandingkan dengan jam tangan digital. Selain itu, jika terjadi kerusakan, jam tangan analog lebih mudah untuk diperbaiki. Karena itulah, jika dilihat dari ketahanan dan kemudahan perawatannya jam tangan analog lebih unggul daripada jam tangan digital.

  • Lebih Cocok Digunakan Orang Dewasa

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh jam tangan analog adalah lebih cocok digunakan oleh orang dewasa. Dengan menggunakan jam tangan analog, Anda akan tampak lebih matang. Jam tangan ini juga cocok digunakan pada acara-acara resmi.

Kekurangan Jam Tangan Analog

Berikut beberapa kekurangan jam tangan analog yang perlu Anda ketahui:

  • Agak Sulit Mengecek Waktu

Salah satu kekurangan jam tangan analog adalah lebih sulit untuk mengecek waktu, Anda perlu untuk memperhatikan jarum jam dengan sangat baik untuk bisa mengetahui waktu dengan tepat. Hal ini dikarenakan beberapa jam analog memiliki angka dan jarum jam yang sangat kecil sehingga agak sulit dalam membaca waktu.

  • Kurang Cocok untuk Anak Kecil

Kekurangan lain yang dimiliki oleh jam tangan digital ini adalah kurang cocok digunakan untuk anak kecil. Hal ini dikarenakan mereka akan kesulitan mengetahui waktu yang ditunjukkan. Dalam hal ini, jam tangan digital memang lebih cocok untuk anak kecil yang baru mempelajari waktu daripada jam tangan analog.

Loading...
  • Fitur yang Dimiliki Kurang Lengkap

Dibandingkan dengan jam tangan digital, fitur yang terdapat pada jam tangan analog lebih sedikit. Rata-rata jam tangan digital memberikan fitur seperti stopwatch, pengaturan lampu hingga GPS. Namun pada jam tangan analog masih jarang jam memiliki fitur komplit seperti itu. Meskipun ada, Anda akan lebih sulit menemukannya.

Kelebihan Jam Tangan AnalogKekurangan Jam Tangan Analog
- Lebih tahan lama- Agak sulit mengecek waktu
- Memiliki perawatan yang lebih mudah- Kurang cocok untuk anak kecil
- Lebih cocok digunakan orang dewasa- Fitur yang dimiliki kurang lengkap

Jam Tangan Digital

Jam tangan digital merupakan jam tangan yang menunjukkan waktu dengan angka waktu yang langsung tertera pada bagian depan jam. Dengan kemampuan semacam ini, Anda dapat mengetahui dengan cepat waktu yang ditunjukkan.

Kelebihan Jam Tangan Digital

Berikut beberapa kelebihan jam tangan digital yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Mudah Mengecek Waktu

Salah satu kelebihan jam tangan digital adalah lebih mudah dalam mengecek waktu. Hal ini dikarenakan Anda tidak membutuhkan waktu yang lebih lama memperhatikan jam pada tangan Anda sebab angka yang ditunjukkan lebih besar dan lebih jelas. Anda tidak perlu memerhatikan jarum jam seperti pada jam analog.

  • Cocok untuk Anak Muda

Jika dilihat dari segi penampilan dan model-model yang ada pada jam digital, jam ini memiliki model dan desain yang sangat baik. Jam digital memiliki desain yang lebih sporty dan modern. Karena hal inilah jam digital banyak disukai oleh anak muda. Tidak hanya itu, jam jenis ini juga cocok untuk anak yang baru belajar mengenal waktu.

  • Memiliki Pengaturan Agar Mudah Terlihat

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh jam tangan digital adalah memiliki pengaturan brightness. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikan terang dan redupnya jam tersebut agar Anda lebih mudah melihatnya. Dengan kemampuan ini, Anda juga dapat menyesuaikan terang atau redupnya jam pada siang dan malam hari atau pada kondisi tertentu.

Kekurangan Jam Tangan Digital

Berikut beberapa kekurangan jam tangan digital yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Awet dan Lebih Mudah Habis Baterai

Salah satu kekurangan jam tangan digital adalah lebih cepat habis baterai jika dibandingkan dengan jam tangan analog. Hal ini dikarenakan pada jam tangan digital biasanya dilengkapi dengan fitur stopwatch dan lampu. Dengan demikian daya baterai pada jam ini akan lebih cepat habis daripada jam tangan analog.

  • Memiliki Perawatan yang Lebih Sulit

Kekurangan lain yang dimiliki oleh jam tangan digital adalah membutuhkan perawatan yang lebih rumit atau lebih sulit daripada jam tangan analog. Jika terjadi kerusakan, jam tangan digital cenderung lebih sulit diperbaiki sehingga satu-satu solusinya adalah Anda harus menggantinya dengan jam baru.

  • Kurang Cocok untuk Situasi Tertentu

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh jam tangan digital dan jam tangan lainnya adalah kurang cocok untuk situasi dan kondisi tertentu. Dengan demikian, Anda perlu menyesuaikan penggunaan jam sesuai dengan situasi, acara, pakaian, hingga aksesoris yang Anda pakai.

Kelebihan Jam Tangan DigitalKekurangan Jam Tangan Digital
- Lebih mudah mengecek waktu - Kurang awet dan lebih mudah habis baterai
- Cocok untuk anak muda- Memiliki perawatan yang lebih sulit
- Memiliki pengaturan agar mudah terlihat- Kurang cocok untuk situasi tertentu

Pilih Mana: Jam Tangan Analog atau Digital?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara jam tangan analog dan jam tangan digital. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Jam Tangan DigitalJam Tangan Analog
- Lebih mudah mengecek waktu- Lebih sulit mengecek waktu
- Perawatan lebih sulit- Perawatan lebih mudah
- Baterai lebih cepat habis- Baterai lebih tahan lama
- Cek harga jam tangan digital online termurah, Klik di sini- Cek harga jam tangan analog online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai jam tangan analog dan jam tangan digital tersebut, dapat disimpulkan bahwa jam tangan analog memiliki umur yang lebih panjang dan lebih tahan lama. Perawatan jam ini juga lebih mudah. Namun, sebelum menggunakan jam, Anda juga perlu menentukan mana jam yang sesuai dengan umur pemakainya dan selera masing-masing.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Jam Tangan Analog vs Digital

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *