Fashion

Pilih Mana: Jam Tangan Karet atau Jam Tangan Kanvas?

Agar selalu tampil percaya diri dibutuhkan pakaian dan aksesoris yang cocok dan sesuai dengan keinginan kalian. Jam sendiri menjadi salah satu aksesoris yang menunjang penampilan agar selalu tampil kece, selain itu fungsi jam sendiri adalah menunjukan waktu. Jam sendiri dibedakan berdasarkan tali pengikatnya seperti karet dan kanvas, kedua ikat tali jam ini sama-sama populer dan banyak peminatnya dari dulu hingga sekarang. So kali ini saya akan bahas mengenai Jam tangan karet dan Jam tangan kanvas. Disini aja ya..

Jam Tangan Karet

Jam tangan karet umumnya ialah jam tangan digital. Jadi kamu tidak dapat memakainya untuk pergi ke kegiatan resmi seperti pernikahan atau semacamnya. Tetapi kamu bisa memakainya saat berolahraga ataupun kegiatan outdoor, kamu juga dapat memakainya buat nongkrong ataupun hangout bersama teman kamu. Jam tangan karet cocok banget buat kamu pakai dengan pakaian kasual.

Walau begitu, umumnya tali jam tangan karet tidak begitu bisa bertahan lama dibandingkan dengan tali bahan lain. Tapi tidak perlu ambil pusing karena harga dari jam tangan karet sendiri relatif murah, sehingga dapat jadi opsi yang pas untuk para kolektor jam.

Jam tangan karet sendiri menjadi salah satu jam yang disukai wanita. Warnanya yang beraneka ragam mulai dari merah, putih, kuning, abu-abu sampai orange membuat mereka nampak lebih cute serta menarik. Jika para laki-laki umumnya memilih warna gelap seperti hitam jadi tidak akan terlihat kotor. Sayangnya kerap kali tali karet terkena coretan pulpen yang tentunya bakal susah untuk menghilangkannya.

Jam tangan sangat banyak digemari oleh banyak orang karena keunggulannya yang enteng, lebih kuat dibanding jam tangan berbahan kulit, tahan air, caseback tidak mudah rusak, serta ada dalam bermacam corak.

Jam tangan karet dengan merek terkenal yang bisa kamu pakai adalah seperti G-Shock, Apple Watch, Casio dan masih banyak lagi. Kamu bisa dapatkan jam ini di toko-toko jam dan toko online. Baca juga Pilih Mana: Jam Tangan Stainless atau Jam Tangan Keramik?

Tips Memilih Jam Tangan Karet

Bahan
Sebisa mungkin cari bahan jam tangan karet yang memiliki kualitas yang baik, jangan cari tali dengan karet yang sangat keras karena bisa susah digunakan, tetapi jangan pula memakai karet yang sangat lembek bisa bisa mudah rusak.

Merek Terkenal
Tentunya dengan merek terkenal, kualitas dari jam tangan karet tersebut sudah tidak perlu diragukan lagi. Kalian bisa pilih merek jam tangan kamu sesuai dengan budget dan sesuai dengan selera kalian masing-masing. Toko online sekarang sudah banyak sekali menjual jam jam tangan yang banyak diminati oleh pembeli.

Pemilihan Warna
Jam tangan karet sendiri umumnya banyak digunakan oleh wanita karena memang lucu dan terkesan elegan, jadi para wanita umumnya memakai warna yang cerah seperti orange, putih, merah dan sebagainya. Sebaliknya, laki-laki umumnya cocok untuk memakai warna hitam mau apa saja tipe kulit mereka.

Cara Merawat Jam Tangan Karet

Air Sabun
Triknya, celupkan sikat kecil pada air sabun kemudian mulailah menggosok ikat jam karet kamu dengan halus. Air sabun ini meski simpel namun dapat membersihkan kotoran sampai sisa keringat yang melekat pada jam. Apalagi campuran air sabun ini dapat menghilangkan bau dan jamur yang terdapat pada jam tangan berbahan karet kalian.

Gunakan Tissue
Bila kalian orang yang mudah berkeringat, hendaknya alasi dulu jam tangan dengan tisu. Cara ini patut dicoba supaya jam tidak langsung bersentuhan dengan kulit tangan, Mengingat keringat memiliki kandungan garam yang dapat melekat pada tali jam tangan alhasil dapat menimbulkan kotoran yang mudah menempel.

Hindari Dari Area Magnet
Hindari juga jam tangan dari area magnet serta beberapa barang elektronik semacam tv, lemari es, kipas angin, radio, serta yang lain. Jam tangan yang ditaruh dekat dengan beberapa barang elektronik yang memiliki gelombang elektromagnetik dapat pengaruhi rotasi jam tangan. Hasilnya, lama-kelamaan jam tangan akan rusak serta menunjukkan waktu yang salah.

Lihat juga:  8 Jam Tangan Pria Automatic Terbaik 2020

Jam Tangan Kanvas

Jam tangan dengan tali kanvas ialah salah satu jam tangan yang sangat banyak dicari. Kelebihan jam tangan berbahan kanvas antara lain merupakan kanvas ialah salah satu tipe tali pengikat yang cukup kokoh serta tidak gampang terbeset. Tidak hanya itu, jam tangan dengan tali kanvas mempunyai berat yang cukup enteng, alhasil amat aman dipakai. Jam tangan ikatan kanvas pula memberikan kesan gaya military.

Jam tangan kanvas sendiri umumnya banyak digunakan oleh laki-laki karena memang modelnya yang elegan dan juga santai, namun kalian juga harus memperhatikan agar jam tangan kanvas kalian awet tahan lama. Seperti yang kalian tahu kanvas sendiri umumnya mudah terurai antar bahan talinya.

Jam tangan kanvas sendiri kurang diperuntukan untuk orang yang mudah berkeringat, karena dapat menyebabkan kanvas itu akan jadi bau dan juga lembab yang menjadikan tidak nyaman untuk dipakai.

Jam tangan kanvas dengan merek terkenal yang bisa kamu pakai adalah seperti Daniel Wellington, Swiss Army, Expedition, Alexandre Christie dan lainnya.

Tips Memilih Jam Tangan Kanvas

Pergelangan Tangan
Dalam memilih jam tangan, tentunya kalian harus memperhatikan pergelangan tangan kalian ya guys. Jika memang pergelangan tangan kalian kecil maka hindari pemakaian jam tangan dengan ukuran yang besar. Namun umumnya jam dengan tali kanvas bisa dipakai oleh semua jenis pergelangan tangan.

Pemilihan Warna
Pemilihan warna tentunya sangat berpengaruh dengan jam tangan kanvas kamu, jika warna kulit mu sedikit gelap maka ada baiknya menggunakan jam dengan tali yang gelap juga seperti abu-abu atau hitam. Dan jika kulit mu cerah maka kamu bebas menggunakan tali berwarna apa saja.

Merek Terkenal
Sama seperti jam tangan karet, dengan merek terkenal tentunya kualitas dari jam tangan kanvas sudah tidak perlu diragukan lagi. Kamu hanya tinggal mencocokan sesuai dengan selera kamu.

Cara Merawat Jam Tangan Kanvas

Tissue Basah
Pada umumnya cara membersihkan jam tangan kanvas sama seperti saat membersihkan jam tangan karet, yang membedakannya adalah pada saat proses pengeringan, bila jam tangan karet bisa kamu bilas dengan tissue kering namun tidak dengan jam tangan kanvas, kamu harus mengeringkannya dibawah sinar matahari agar tidak lembab dan tidak bau.

Jemur Dibawah Sinar Matahari
Jika jam tangan kamu terkena air secara tidak sengaja, maka cara satu-satunya agar jam tangan kanvas kamu awet dan tidak bau adalah dengan menjemurnya dibawah sinar matahari.

Sikat
Selain cara-cara diatas, kalian juga bisa memakai sikat untuk membersihkan jam tangan kanvas kamu, seperti memakai sikat gigi bekas yang sudah tidak terpakai. Kamu bisa gosokkan sikat gigi tersebut dengan pelan-pelan sampai kamu rasa sudah tidak ada kotoran yang menempel lagi pada jam tangan kanvas kamu.

Pilih Mana: Jam Tangan Karet atau Jam Tangan Kanvas?

Jam Tangan KaretJam Tangan Kanvas
Kelebihan - Lebih ringan - Tahan air - Nyaman dipakai - Lebih kuat lama - Tahan goresan - Memiliki kesan military
Kekurangan- Tampilan kurang mewah - Kurang cocok untuk acara formal - Jika terkena air akan lembab dan bau - Susah perawatannya

Kesimpulan

Jam tangan karet dan jam tangan kanvas sama-sama aksesoris yang penting untuk menunjukkan waktu dan juga agar si pemakainya jadi tampil percaya diri. Untuk kamu yang suka kesan elegan kamu bisa memakai jam tangan karet, namun jika kamu untuk memberikan kesan sporty ala military kamu bisa memakai jam tangan kanvas. Semuanya tergantung dengan selera kamu masing-masing ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Jam Tangan Karet vs Jam Tangan Kanvas

VS

Leave a Reply