Fashion

Pilih Mana: Jam Tangan Kulit atau Jam Tangan Stainless?

Jam Tangan merupakan accessories yang paling banyak diminati karena selain fungsinya asli untuk melihat waktu jam tangan juga dapat membuat penampilan seseorang bernilai dengan jam tangan yang di gunakannya karena seperti yang kita ketahui saat ini variasi jam tangan sangat beragam bentuk dan kualitas yang juga dapat mempengaruhi nilainya tersendir. Kali ini akan kita bahas mengenai kedua Jam tangan kulit dan Stainless mari di simak..

Jam Tangan Kulit

Jenis tali jam tangan berikutnya adalah tali jam tangan kulit. Tali jam tangan kulit sering digunakan untuk tampilan yang lebih formal dan elegan. Biasanya tali jam tangan kulit yang digemari adalah jenis-jenis dengan motif kulit buaya. Bahan kulit seperti ini dapat menampilkan tampilan klasik yang sangat dapat membantu untuk menunjang penampilan.

Keunggulan lainnya adalah tali jam tangan kulit jauh lebih nyaman dikenakan dibanding tali jam tangan stainless yang lebih berat. Tali jam tangan kulit cenderung lebih ringan dan akan membuatmu tidak merasa sedang menggunakan jam tangan.

Tali jam tangan satu ini tentunya tidak cocok digunakan untuk berolahraga, karena keringat yang diproduksi tubuh dapat membuat bahan tali jam tangan kulit menjadi basah dan cepat rusak. Namun jika kamu memang bersikeras menggunakan jam tangan berbahan kulit untuk berolahraga, kamu harus siap-siap merogoh kocek karena kamu harus mengganti setidaknya setahun sekali. Baca juga Pilih Mana: Jam Tangan Analog atau Digital?

Cara merawat jam tangan kulit

Simpan di Tempat yang Aman
Cara pertama ialah memilih tempat penyimpanannya yang kering dengan suhu ruangan. Jika menyimpannya secara sembarangan dan tempatnya tidak sesuai, maka akan mempengaruhi keawetan jam tangan tersebut.

Menyimpan di suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin akan mempengaruhi kondisi jam tangan dan strap kulitnya. Kondisi suhu yang tidak normal akan menyebabkan strap kulit kehilangan unsur kelembaban alaminya dan strap kemungkinan buruknya akan terkelupas.

Sehingga, strap tersebut akan lebih cepat kering dan rusak. Hindari juga peletakannya di permukaan yang tajam dan kasar. Strap kulit bisa rusak akibat gesekan dari permukaan tajam dan kasar tersebut. Sebaiknya, jauhkanlah juga dari bau atau polusi, seperti asap rokok atau asap yang berasal dari dapur.

Hal ini bisa menyebabkan warna kulit menjadi pudar dan berubah dari warna aslinya.
Simpanlah pada kotak khusus agar terjaga keawetannya. Dengan begitu, strap kulit jam tangan original Anda bisa mengikuti bentuk bantalan di dalam kotak dan terhindar dari debu.

Hindari Terkena Air secara Langsung
Usahakan jam tangan original Anda terhindar terkena air secara langsung. Walaupun anti air dan mesin jam tangan tidak akan rusak meskipun terkena air, namun itu akan mempengaruhi kondisi tali kulitnya. Tali kulit akan mudah terkena jamur yang bisa merusak kualitas kulitnya. Kulit akan mudah mengelupas dan pecah-pecah jika terlalu sering terkena air.

Jika terlanjur terkena air, cara menghilangkan jamur pada jam tangan adalah segera keringkan dengan kain lembut yang kering. Hati-hatilah saat mengeringkannya dengan kain, keringkan searah dengan serat kulit tersebut. Anda juga bisa mengeringkannya dengan menggunakan kipas angin. Karena, kadang air yang terlanjur diserap oleh kulit tidak bisa kering jika hanya dilap dengan kain.

Jika Anda mudah berkeringat, lebih baik sedikit longgarkan pengaitnya dari yang biasanya Anda pakai. Jangan juga mengaitkannya terlalu ketat, karena akan menarik permukaan kulit arloji Anda.

Bersihkan dengan Benar
Selain perawatan yang bisa Anda lakukan dengan cara merawat jam tangan original seperti di atas, Anda juga perlu untuk membersihkan kulit arloji secara berkala.Setidaknya, lakukanlah pembersihan seminggu sekali. Perhatikan, apakah ada kotoran atau noda yang menempel pada strap atau kaca arloji atau tidak.

Cara membersihkan jam tangan kulit adalah jangan gunakan kain basah atau merendamnya ke dalam air secara langsung. Anda bisa membersihkannya dengan kain yang lembab yang ditambahkan dengan setetes sabun tangan. Gosoklah kedua sisi kulit tersebut secara lembut. Jika dirasa sudah bersih, basahi kain untuk membilasnya lalu keringkan dengan kain kering atau menggunakan kipas angin.

Hindari menggunakan pengering rambut atau mengeringkannya dengan terik matahari. Jika belum benar-benar kering jangan dipakai dulu, Agar tidak menimbulkan rasa gatal dan iritasi lainnya pada kulit tangan Anda. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan kain jenis microfiber. Kain microfiber tidak berpotensi meninggalkan goresan pada strap kulit atau bagian kacanya.

Jika ada kotoran atau noda yang membandel, biasanya akan susah untuk dibersihkan. Anda bisa menggunakan baking soda untuk lebih mudah membersihkannya.Caranya, campurkan baking soda dengan sedikit air sehingga berbentuk seperti krim atau pasta. Gosokkan pada strap kulit dan diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bersihkan dengan kain lembut.

Rawatlah Jam Tangan secara Berkala untuk Mempertahankan Keawetannya
Setelah mengetahui tips dan cara merawat arloji dengan strap kulit di atas, Anda bisa rutin melakukan perawatan secara berkala untuk mempertahankan keawetannya.Meskipun original, namun kalau tidak dirawat dengan baik, tidak menutup kemungkinan akan menurunkan kualitas arloji dan menjadi mudah rusak.

Jika selalu terawat dengan baik, Anda pun tidak perlu susah payah mengeluarkan uang lebih untuk menggantinya. Anda bisa menggunakannya untuk keperluan yang lainnya.

Jam Tangan Stainless

Kelebihan utama tali jam tangan stainless adalah karena tali jam satu ini cenderung cocok untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari dan dalam acara formal serta informal sekalipun. Kamu bisa mengenakan jam dengan tali berbahan stainless, baik untuk ke kantor maupun hangout di kafe.

Jadi, tidak perlu memiliki banyak jam tangan. Selain itu tali jam tangan satu ini juga cenderung lebih awet dibanding dengan jenis tali jam tangan lainnya. Berbeda dengan tali jam tangan karet yang pasti akan berubah warna dan kotor, maupun tali jam tangan kulit yang juga tidak tahan lama. Kamu hanya perlu membersihkan goresan-goresan di atasnya secara rutin, kamu bisa menggunakan jam tangan ini lebih lama.

Lihat juga:  Pilih Mana: Tory Burch atau Coach?

Meskipun hadir dengan beberapa kelebihan seperti mudah dibersihkan, tetap ada beberapa kekurangan dari tali jam tangan stainless. Pertama, jenis tali jam tangan satu ini bisa saja memberikan dampak iritasi pada kulit pergelangan tanganmu.

Bayangkan jika kamu mengenakan sebuah jam dengan bahan strap dari stainless di cuaca yang sangat panas. Pasti bagian pergelangan tanganmu akan sangat berkeringat dan membuat kulitmu menjadi tidak nyaman. Lama kelamaan bisa saja timbul rasa gatal dari daerah pergelangan tangan yang dapat membuat kulit jadi kemerahan.
Ada beberapa cara mengamplas goresan kecil yang menempel di tali jam tangan stainless. Jam tangan stainless yang sangat terkenal dan mempunyai nilai tinggi yaitu merk Rolex.

Cara merawat jam tangan stainless

Membersihkan Jam Tangan
Selalu memastikan kebersihan bagian luar jam tangan Anda akan meminimalisir kemungkinan kotoran masuk ke dalam jam. Seka jam tangan secara rutin untuk membersihkan debu, kotoran, dan menghilangkan kelembaban karena keringat. Jika jam tangan Anda tidak water resistant, bersihkan dengan kain lap lembut kering. Sedangkan jam water resistant Anda dapat dibersihkan dengan kain lap lembut lembab.

– Campur 1 sdt. air hangat dan 1 sdt. minyak zaitun atau baby oil di piring kecil.
– Celupkan ujung kain pembersih anda ke dalam larutan campuran diatas.
– Lap kain tersebut ke seluruh bagian jam tangan, termasuk permukaan jam tangan.
– Celupkan kapas ke dalam larutan pembersih, dan peras kapas tersebut. Lap link-link jam tangan dan celah-celah kecilnya.
– Bersihkan area sekitar sekrup dan celah-celah kecil dengan tusuk gigi.
– Celupkan tepi kain pembersih dengan baby oil atau minyak zaitun, dan peras kainnya. Lap kain tersebut ke semua bagian jam stainless steel, kecuali permukaan dial atau wajah jam tangan tersebut. Minyak tersebut akan membuat jam tangan anda kembali berkilauan.
– Biarkan selama 30 menit, dan lap jam tangan secara menyeluruh dengan kain bersih, sekali lagi kecuali bagian permukaan dialnya jika anda tidak ingin ada sisa minyak membekas di permukaan jam tangan anda.

Membersihkan Tali Jam
Tidak cuma case jam tangan yang harus Anda bersihkan. Tali jam tangan dalam beberapa material seperti kulit, stainless steel, dan karet juga bersentuhan langsung dengan kulit Anda yang berkeringat. Untuk tali jam karet tergolong yang paling mudah dibersihkan, cukup gunakan kain lap lembut yang basah atau jika diperlukan sikat halus untuk mengangkat sisa-sisa keringat yang menempel.

Tali jam bracelet Anda yang berbahan stainless steel disarankan untuk dibersihkan dengan sikat kecil halus agar kotoran dan sisa-sisa keringat yang menempel terutama pada sela-sela tali jam.Sedangkan tali jam kulit memerlukan perawatan khusus. Anda bisa memakai lap halus kering untuk membersihkan tali bagian luar dan dalam secara rutin. Gunakan produk pembersih kulit dari manufaktur jam jika diperlukan, dan ikuti panduannya. Hindari membersihkan tali jam kulit dengan air.

Kenali Fungsi Water Resistance Jam Anda
Tidak semua jam tangan mempunyai fitur tersebut. Kalau memang jam Anda berfitur water resistant, pasti setiap jam mempunyai berbagai tingkat yang berbeda. Secara umum, hindari jam bersinggungan dengan cairan berbahan kimia seperti perfume, cologne, minyak dan kosmetik sejenisnya. Cairan tersebut bisa merusak case dan strap jam. Pastikan perfume mengering di pergelangan sebelum Anda memakai jam.

Menyimpan Jam Tangan dengan Benar
Mungkin Anda memiliki lebih dari satu buah jam yang dipakai bergantian sesuai kesempatan. Menyimpan jam Anda di tempat yang kering dan tidak lembab akan memperpanjang umur dari jam Anda. Kami menyarankan untuk menyimpan jam tangan Anda dalam sebuah watch box agar jam tetap terjaga dari debu dan kotoran, atau jika memang diperlukan sebuah watch winder untuk jam otomatis Anda.

Ganti Baterai Jam dan Servis secara Berkala
Rata-rata umur baterai sebuah jam tangan quartz adalah tiga sampai empat tahun. Nyawa baterai bergantung pada beberapa faktor: tentunya usia pemakaian, kondisi dan tipe jam (analog/chronograph atau digital). Semakin banyak fungsi yang dimiliki jam, semakin sering baterai harus diganti. Saat waktu sudah melambat atau mati, segera ganti baterai untuk menghindari kebocoran yang merusak mekanisme jam.

Jika jam tangan Anda adalah jam mekanis, lakukan pemeriksaan dan perawatan setiap dua atau tiga tahun. Faktor seperti seberapa sering jam dipakai dan bagaimana menyimpannya saat tidak digunakan sangat berpengaruh dengan frekuensi servis.

Pilih Mana: Jam Tangan Kulit atau Jam Tangan Stainless ?

Jam Tangan KulitStainless
Kelebihan - Tersedia berbagai pilihan warna - Lebih ringan dibandingkan dengan tali stainless - Lebih nyaman dan fleksibel - Bahan dengan stainless steel tahan lama dibandingkan dengan kulit dan karet - Bisa terkena air - Terlihat lebih formal dan elegan
Kekurangan- Tidak boleh terkena air atau keringat, karena akan menyebabkan tali lebih cepat bau - Kurang awet, apabila tidak melakukan perawatan dengan benar - Bahan dengan stainless steel cukup berat, sehingga membebani tangan Anda - Apabila sudah tergores, jam tangan akan terlihat kusam

Kesimpulan

Jam Tangan Kulit atau Stainless mempunyai nilai tersendiri dan keunggulannya tersendiri oleh karena itu kalian dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan kalian, jika kalian ingin memaakai jam tangan untuk acara formal dan elegan jam tangan stainless dapat menjadi pilihan tepat tetapi jika kalian ingin menggunakan jam tangan untuk kondisi yang fleksibel jam tangan kulit bisa menjadi pilihan lainnya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Jam Tangan Kulit VS Stainless

VS

 

Leave a Reply