Fashion

Pilih Mana: Jam Tangan Stainless atau Jam Tangan Keramik?

Jam tangan merupakan aksesoris yang biasa digunakan untuk menunjukan waktu, tidak hanya itu jam juga digunakan agar pemakainya menjadi tampil percaya diri. Jam sendiri tentunya memiliki beberapa jenis yang dibedakan menurut tali pengikatnya, seperti halnya stainless dan keramik. Stainless dan keramik sendiri sebenarnya hampir mirip namun sebenarnya berbeda. So kali ini saya akan bahas mengenai Jam tangan stainless dan Jam tangan keramik. Stay tune guys..

Jam Tangan Stainless

Jam tangan dengan bahan stainless steel memanglah sangat banyak dibuat sebab tahan lama dan juga memberikan kesan formal bagi para penggunanya, maka dari itu jam tangan stainless akan cocok saat kamu mendatangi acara formal seperti kerja, acara pernikahan, rapat atau semacamnya.

Jam tangan stainless sendiri umumnya kuat dan tahan air, jadi kamu bisa kenakan jam ini pada saat berenang atau melakukan aktivitas lainnya yang berhubungan dengan air ya guys.

Bahan dari jam tangan stainless sendiri tentunya sedikit lebih berat daripada bahan lainnya yang digunakan pada jam tangan. Kalian juga harus berhati-hati saat menggunakan jam tangan ini, karena jika tergores sedikit maka akan terlihat kusam dan tidak enak dipandang.

Jika jam tangan stainless kebesaran atau kelonggaran, maka mau tidak mau kalian harus potong dan rombak lagi untuk mencocokkan dengan ukuran tangan kamu.

Contoh jam tangan stainless dengan merek terkenal yang bisa kamu kenakan yaitu Swiss Army, Casio, Seiko dan masih banyak lagi. Baca juga Pilih Mana: Jam Tangan Kulit atau Jam Tangan Karet?

Tips Memilih Jam Tangan Stainless

Samakan dengan Pergelangan Tangan
Pergelangan tangan laki-laki tentu berbeda-beda, ada yang besar,dan tentu ada yang kecil. Menyesuaikan lingkar jam tangan dengan pergelangan kalian amat lah berarti supaya jam bisa sesuai dengan pergelanganmu, tidak longgar ataupun justru sangat kecil sampai tidak dapat digunakan.

Tebal Jam Tangan
Dikala ini lagi gaya jam tangan dengan desain minimalis serta case yang tipis. Tetapi, gaya ini belum pasti sesuai dengan kalian, kalian harus memerhatikan serta sesuaikan dengan tanganmu.

Bila kalian mempunyai tangan yang tipis, beli lah jam dengan case yang tebal alhasil tanganmu akan nampak lebih berisi.

Cermati Materialnya
Bahan jam tangan yang banyak dipakai sampai saat ini merupakan metal atau stainless steel. Yakinkan kalian membeli jam tangan yang memakai metal ataupun logam yang padat serta berat, alhasil itu akan memberikan tanggapan build quality terbaik.

Sebab bila case jam milikmu enteng, tentunya bahan jam kamu dibuat dari besi campuran, tentu kualitasnya berbeda. Bila kalian memilah jam dengan materi baja stainless, beli lah yang memakai tipe 316L.

Cara Merawat Jam Tangan Stainless

Air Hangat & Minyak Zaitun
Bila kalian mau membersihkan jam tangan stainless steel yang kalian punya dengan baik, coba memakai minyak zaitun. Aduk 1 sendok teh air hangat serta 1 sendok teh minyak zaitun pada cawan kecil. Celupkan pucuk kain bersih ke dalam campuran air itu, setelah itu kalian dapat menyikat dengan lembut pada semua komponen jam tangan stainless steel yang kalian punya. Diamkan selama kurang lebih 30 menit setelah itu lap jam tangan itu dengan kain bersih. Sehabis itu, jam tangan kalian tentu akan nampak lebih gemerlap.

Tissue Basah
Bila kalian mau menjaga jam tangan stainless steel dalam waktu singkat, kalian dapat berupaya buat merawatnya dengan sistem yang satu ini. Kalian cukup sediakan tissue berair buat membersihkan jam tanganmu sampai kesela-sela jam tangan. Dengan demikian, kotoran yang melekat pada jam tangan itu akibat debu serta keringat yang melekat dapat lenyap dengan mudah.

Sabun Cuci Piring
Bila jam tangan kalian kuat air, kalian dapat memasukan jam tangan ke dalam rendaman air hangat yang telah dikasih tetesan sabun cuci piring. Goyangkan mangkuk rendaman itu dengan secara perlahan buat membersihkan kotoran-kotoran yang melekat pada jam tangan stainless kamu. Setelah itu kalian dapat mengeringkannya dengan memakai pengering rambut supaya jam tangan itu cepat kering.

Lihat juga:  Pilih Mana: Tas Eiger atau Tas Consina?

Jam Tangan Keramik

Jam tangan keramik (ceramic watch) merupakan jam tangan yang talinya atau ikatan pengikatnya dari bahan keramik. Tipe keramik yang digunakan pada jam tangan merupakan keramik sintetik terdiri dari aluminium, silicium karbida, yttrium, serta zirconium, yang setelah itu diolah dengan teknologi besar.

Biasanya kita mengenal tali berbahan kulit, plastik, karet serta serta stainless steel. Tetapi dengan inovasi mutahir, keramik juga dapat jadi bahan yang mempunyai karakteristik tertentu. Terkesan kokoh serta kuat, aman digunakan, serta pastinya modern. Dikala ini jam tangan dengan berbahan keramik terus disukai perempuan sebab kesannya yang romantis, cute serta girly.

Contoh jam tangan keramik dengan merek terkenal yang bisa kamu kenakan yaitu Alexandre Christie, Guess, Fossil dan masih banyak lagi.

Cara Memilih Jam Tangan Keramik

Pastikan Materialnya
Tentunya dalam memilih jam tangan keramik harus memastikan material yang digunakan dalam jam tangan tersebut, keramik yang dipakai harus memiliki kualitas yang baik agar keramik tidak mudah rusak dan retak.

Sesuaikan Dengan Pergelangan Tangan
Memilih jam tangan tentu tidak bisa sembarangan, harus yang cocok dan sesuai dengan pergelangan tangan kalian, tidak kebesaran dan tidak juga kekecilan, agar si pemakai tetap nyaman dan selalu tampil percaya diri saat mengenakan jam tangan tersebut.

Tentukan Merek yang Akan Dipakai
Merek yang terkenal tentu memiliki kualitas yang baik, maka dari itu pastikan merek yang sesuai dengan keinginan kamu dalam memilih jam tangan keramik kamu ya guys.

Cara Merawat Jam Tangan Keramik

Tissue Basah
Pada umumnya cara merawat jam tangan stainless dan keramik sama saja, menggunakan tissue basah menjadi cara yang paling mudah untuk membersihkan noda-noda atau kotoran yang melekat pada jam tangan keramik kamu. Gosokkan secara perlahan agar jam tangan keramik kamu tetap terjaga kualitasnya.

Gunakan Sabun
Selain tissue basah, sabun juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan jam tangan keramik kamu ya guys, caranya kamu bisa menggunakan lap lembut yang telah dicampur dengan air sabun lalu kamu bisa gosokkan keseluruh permukaan jam tangan keramik kamu, lalu bilas dan keringkan menggunakan lap kering atau tissue kering.

Lap Kering
Jika kamu hanya ingin membersihkan jam tangan keramik kamu pada saat sesudah memakainya kamu bisa memakai lap kering, ini dilakukan agar debu-debu yang menempal saat kamu gunakan diluar rumah akan hilang, gosokkan secara perlahan pada setiap permukaan jam tangan keramik kamu agar selalu terjaga kualitasnya.

Pilih Mana: Jam Tangan Stainless atau Jam Tangan Keramik?

Jam Tangan StainlessJam Tangan Keramik
Kelebihan - Bahan dengan stainless steel tahan lama dibandingkan dengan kulit dan karet - Tahan air - Terlihat lebih formal dan elegan - Kuat tahan lama - Mudah dibersihkan - Lebih estetik
Kekurangan- Bahan dengan stainless steel cukup berat, sehingga membebani tangan anda - Apabila sudah tergores, jam tangan akan terlihat kusam - Berpotensi rapuh - Harga lumayan mahal

Kesimpulan

Gunakanlah jam tangan dengan ikat yang sesuai dengan keinginan kalian, baik jam tangan stainless atau jam tangan keramik sama-sama aksesoris yang lazim digunakan agar si pemakai selalu tampil percaya diri. Sesuaikan jam tangan pilihan kamu dengan pergelangan tangan kamu agar nyaman saat dipakai. Semoga bermafaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Jam Tangan Stainless vs Jam Tangan Keramik

VS

 

Leave a Reply