Elektronik

Pilih Mana: JBL Go atau Mifa M1?

Speaker bluetooth jadi salah satu benda yang jadi pengganti dari speaker konvensional. Karakternya yang portabel memudahkan kita membawa benda ini buat travelling ataupun memakainya dirumah. Saat ini di pasaran sudah banyak merek speaker bluetooth, Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas dua speaker bluetooth yaitu JBL Go atau Mifa M1 yang merupakan speaker murah untuk smartphone Android.

Dari kedua speakerJBL Go dan Mifa M1 manakah yang lebih unggul? Dalam artikel kali ini kami akan membandingkan keduanya dari segi desain, performa, kelebihan maupun kekurangan dari kedua produk tersebut. Yuk disimak!

JBL Go

JBL adalah salah satu produsen perangkat audio yang saat ini begitu diperhitungkan. Pabrikan asal Los Angeles, California ini telah banyak menghadirkan headphone hingga speaker berkualitas dengan harga yang cukup ramah di kantong. Baca juga Pilih Mana: Headset JBL atau Sony?

Salah satu yang produk yang paling terpopuler yaitu JBL GO.  JBL GO merupakan speaker bluetooth yang dapat menjadi pilihan tepat bagi kalian yang ingin memiliki perangkat audio portable dengan harga ramah kantong, namun tetap menawarkan performa memuaskan.

Desain JBL Go
JBL Go merupakan speaker bluetooth yang berbentuk blok yang serupa dengan kotak korek api besar. Berat JBL Go Ini terbilang ringan yaitu berkisar 130 gram dan cukup kecil untuk masuk ke sebagian besar tas tangan dan juga speaker ini tersedia dalam warna biru, hitam, merah muda, merah, biru muda, kuning dan abu-abu.

Pada bagian depan speaker JBL Go ini memiliki panggangan plastik dengan logo perusahaan dicat di atasnya sementara bagian bodi yang lain dibalut dengan plastik dengan lapisan karet halus. Bagian atas memiliki tombol daya, Bluetooth, volume dan panggilan menerima sementara sisi kanan memiliki port USB dan 3.5mm bersama dengan lubang jarum mic.

Bagian belakang Go juga terdapat logo JBL yang dilukis di atasnya sementara sisi kiri memiliki lanyard loop untuk menjaga speaker tetap di tempatnya.

Performa JBL Go
JBL Go paling nyaman dengan genre musik yang bergantung pada treble dan high. Ketika datang ke trek akustik atau lagu-lagu rock tanpa terlalu banyak instrumentasi, JBL Go sangat mengaggumkan. Sebaliknya, JBL Go kurang memuaskan performanya ketika mendengarkan musik di genre yang mengandalkan bass.

JBL Go memiliki daya tahan baterai yang sangat baik dan meskipun perusahaan mengklaim bahwa JBL Go dapat bertahan sekitar lima jam pemutaran terus menerus, Kisarannya, tidak begitu bagus. Speaker ini akan berhenti bermain saat kita berada jauh sekitar 81 kaki dari smartphone sumber.

Spesifikasi JBL Go
Versi Bluetooth4.1
Tipe bateraiLithium-ion polimer (3,7V, 600mAh)
Dimensi (H x W x D) 68,3 x 82,7 x 30,8 mm
Frekuensi respons 180Hz - 20kHz Rasio
Berat 130g

Kelebihan JBL Go

  • Memiliki bodi yang kecil dan sangat portable
    Salah satu kelebihan yang langsung terlihat pada JBL GO adalah ukurannya yang begitu ringkas. Memungkinkannya dibawa ke mana pun tanpa repot. Keebihan Ini sangat memudahkan bagi kalain yang suka mendengarkan musik bersama teman saat pergi berkemah atau sedang melakukan perjalanan panjang
  • Kualitas suara yang bagus
    Mungkin kalian tidak akan banyak berharap terhadap speaker Bluetooth seharga sekitar Rp 200 ribuan. Tapi, berbeda dengan perangkat sejenis lain. JBL GO dapat diandalkan untuk menyajikan suara berkualitas yang nyaman di telinga.
  • Dilengkapi dengan speakerphone
    Memiliki fitur speakerphone pada speaker bluetooth ini sangat membantu kita untuk menjawab panggilan telepon hanya dalam satu sentuhan. Bukan hanya itu, suara lawan bicara yang dihasilkan pun jernih berkat noise free speakerphone.

Kekurangan JBL Go

  • Performa bass yang masih kurang
    Meski mampu menghasilkan suara yang memuaskan, JBL GO masih kurang dapat memberi bass yang mengentak telinga. Akan tetapi, kekurangan ini tentu dapat diterima jika mengingat dari harga yang ditawarkan.
  • Jangkauan yang kurang luas
    Teknologi jaringan nirkabel bluetooth memang belum bisa terlalu diandalkan untuk koneksi jarak cukup jauh. Sama halnya dengan yang tersemat di JBL GO. Sebisa mungkin jangan meletakkan ponsel terlalu jauh saat keduanya terhubung.
  • Tidak tersedia kabel AUX 3,5mm
    Kekurangan yang terakhir yang ada pada JBL Go ini yaitu tidak disediakan dalam paket penjualan. Oleh sebab, itu kita perlu membeli kable kabel AUX 3,5mm diluar paket pembelian JBL GO.

Mifa M1

Mifa M1 Stereo dilengkapi dengan kualitas super powerfull bass, handsfree function, dan one button bluetooth reconnection. Lebih hebatnya lagi, speaker ini memungkinkanmu untuk memutar musik lebih banyak dengan adanya micro SD slot, card reader slot, dan USB sound card.

Mendengarkan musik tidak perlu melibatkan smartphone, karena kapasitas micro SD yang ada pada Mifa M sudah mencapai 32 GB.

Mifa sendiri selama ini dikenal dengan jajaran speaker portable yang khas dengan kemampuan tahan air dan debu. Sayangnya, seri Mifa M1 ini tidak disebutkan adanya kemampuan tahan air dan debu seperti seri lainnya.

Lihat juga:  Pilih Mana: Headphone Audio Technica vs JBL

Desain Mifa M1
Desain yang ada pada Mifa M1 ini terkesan klasik dan modern pada speaker portabel andalannya ini. Bentuk kotaknya terlihat luwes dengan sudut yang berbentuk bulat dengan pinggiran chamfered yang membuatnya terlihat cukup mewah.

Adanya tombol-tombol berbentuk bulat dan agak menonjol pada sisi atas semakin menambah nilai estetika dari speaker portabel dengan harga murah ini. Salah satu kelebihan Mifa M1 ini yaitu menggunakan housing atau casing aluminium alloy yang cukup tebal dan solid. Sedangkan speaker fril pada sisi depan dan belakang Mifa M1 ini terbuat dari plastik dengan warna senada dengan casingnya.

Untuk ukuran speaker Mifa M1 ini cukup kecil dengan bobot yang mencapai 225 gram dari penggunaan material aluminium alloy dan dukungan dua driver speaker di dalamnya. Secara umum, build quality dari speaker wireless Mifa M1 ini terbilang solid, kuat, dan terkesan mahal.

Performa Mifa M
Speaker Mifa M1 ini terbilang sangat kencang di kelasnya. Tak hanya kencang, kualitas suara speaker Mifa M1 ini terbilang sangat baik untuk harga Rp 300 ribuan. Suara bass yang dihasilkan cukup terasa untuk ukuran speaker sekecil itu. Sedangkan mid dan vokal terbilang cukup baik, jelas dan detail. 

Speaker portabel Mifa M1 ini dilengkapi dengan baterai yang berkapasitas tidak terlalu besar, yakni 950mAh jenis lithium ion. Menurut situs resmi Mifa, seri M1 ini mampu bertahan hingga 4 jam penggunaan dengan volume normal.

Spesifikasi Mifa M1
Versi Bluetooth4.0
Tipe bateraibuilt-in 950mAh lithium battery DC5V-500mA USB
Dimensi (H x W x D) 105 x 64 x 40 mm
Frekuensi respons 60Hz~20KHz
Berat 225g

Kelebihan Mifa M1

  • Dilengkapi dengan SD card
    Speaker Mifa M1 ini dapat memainkan file audio langsung via sd card yang disisipkan ke dalamnya tanpa streaming lewat bluetooth smartphone , tidak tanggung tanggung file lossless audio seperti flac dan wav dapat dimainkan dengan baik , sehingga kualitas keluaran suara akan meningkat pada mode ini sebab source lagu yang baik.
  • Dapat berfungsi seperti sound card
    Speaker Mifa M1 ini dapat berfungsi seperti sound card atau dac external tapi outputnya hanya via speaker yang dimiliki , ini dapat menjadi solusi jika suatu saat sound card laptop atau komputer ada masalah , ini fitur wow yang sangat jarang ditemukan pada speaker portable. seandainya output bisa disalurkan ke jack 3,5 mm ini bakal menjadi fitur killer buat penghobi audio dimana speaker ini berfungsi layaknya dac external.
  • Dapat berfungsi sebagai card reader
    Speaker Mifa M1 ini juga dapat berfungsi sebagai card reader , dimana proses transfer file dari dan ke sd card dapat dilakukan langsung melalui speaker , tinggal colok , hidupkan mode sd card reader ,kemudian drag and drop file ke SD card.

Kekurangan Mifa M1

  • Daya tahan baterai standar
    Kekurangan yang pertama pada speaker Mifa M1 ini yaitu kapasitas baterainya tidak cukup besar yang terbilang standar, sehingga tidak dapat bertahan dalam waktu yang lama untuk mendengarkan lagu.
  • Bergetar/bergerak saat volume tinggi
    Kekurangan selanjutnya banyak dialami speaker dengan tipe yang sama, karena ukuran yang kecil dan bobot yang sedikit ringan, speaker Mifa M1 ini jika kita mendengarkan lagu dengan volume yang tinggi memungkinkan speaker akan bergetar dan begerak sehingga penempatan perlu diperhatikan agar tidak jatuh.
  • Tidak tahan air
    Saat ini banyak speaker yang menerapkan tahan air pada produk speakernya agar dapat di bawa kemanapun, Namun sayangnya pada Mifa M1 ini tidak tahan air, walaupun mempunyai bodi yang praktis dibawa-bawa tetapi juga harus perlu perhatian khusus ya.

Pilih Mana: JBL Go atau Mifa M1?

JBL Go Mifa M1
Kelebihan- Memiliki bodi yang kecil dan sangat portable - Kualitas suara yang bagus - Dilengkapi dengan speakerphone - Dilengkapi dengan SD card - Dapat berfungsi seperti sound card - Dapat berfungsi sebagai card reader
Kekurangan- Performa bass yang masih kurang - Jangkauan yang kurang luas - Tidak tersedia kabel AUX 3,5mm- Daya tahan baterai standar - Bergetar/bergerak saat volume tinggi - Tidak tahan air 

Kesimpulan

Kita sudah membahas mengenai speaker JBL Go dan Mifa M1 pada artikel di atas, Kedua speaker tersebut mempunyai bodi yang serupa yaitu cukup kecil yang memudahkan kalian untuk membawanya untuk beraktivitas kemanapun. Tetapi, diantara JBL Go dan Mifa M1 mempunyai keunggulannya masing-masing. Seperti pada kaasitas baterai JBL Go yang mempunyai kapasitas baterai yang lebih lama dibandingkan dengan Mifa M1, Tetapi Mifa M1 dilengkapi dengan SD card dan lebih multifungsi selain untuk mendengarkan lagu. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

JBL Go vs Mifa M1

VS