Layanan

Pilih Mana: Jd.id atau Lazada?

Perkembangan teknologi informasi dunia sudah semakin maju, salah satu bukti perkembangannya yaitu munculnya e-commerce atau lebih dikenal dengan istilah situs belanja online. Dewasa ini persaingan antara e-commerce di Indonesia semakin ketat, beberapa diantaranya yaitu Jd.id dan Lazada. Kedua marketplace ini cukup gesit dalam meraih minat pasar, terutama populasi generasi muda yang haus akan belanja. Pada artikel ini akan dibahas mengenai perbedaan Jd.id dan Lazada. Setelah sebelumnya kami pernah membahas soal Shopee atau Lazada disini.

Jd.id

Jd.id merupakan e-commerce yang terafiliasi dengan JD.com asal China, menghadirkan pusat pengalaman belanja berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/ AI). Jd.Id X bahkan disebut menjadi pusat pengalaman belanja futuristis pertama di Asia Tenggara. Penjelasan mengenai Jd.id dibahas juga di Wikipedia.

Kelebihan Jd.id

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan Jd.id yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Banyak Diskon

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Jd.id yaitu memiliki banyak diskon, beberapa diantaranya yaitu diskon hingga Rp 3,2 juta, voucher hingga Rp 500 ribu, cashback hingga Rp 1,2 juta serta bonus langsung berupa sebuah earphone atau USB flashdrive 3.0 untuk pembelian produk tertentu.

  • Sistem Pembayaran yang Mudah

Kelebihan kedua yang dimiliki Jd.id yaitu, e-commerce juga memberikan kemudahan dalam cara pembayaran, baik dengan transfer bank, kartu kredit, debit online, cicilan 0%, maupun COD (bayar tunai di tempat saat barang sampai di tujuan).

  • Memiliki Kerja Sama yang Cukup Luas

Kelebihan lainnya yang dimiliki Jd.id yaitu memiliki kerja sama yang cukup luas. Hal ini dibuktikan dengan resminya kerja sama antara Jd.id dengan Ecopan yang merupakan sebuah brand perlengkapan memasak premium untuk penjualan secara online. Tak hanya Ecopan, Jd.id juga resmi bekerja sama dengan Garuda Indonesia dengan tujuan untuk membuka kanal penjualan khusus yang dapat diakses melalui alamat web GarudaShop.id.

Kekurangan Jd.id

Berikut ini merupakan beberapa kekurangan Jd.id yang perlu Anda ketahui:

  • Pelayanan yang Kurang Dipercaya

Kekurangan pertama yang dimiliki Jd.id yaitu, sistem pelayanan yang kurang dipercaya. Hal ini dikarenakan adanya beberapa review mengenai keluhan pelanggan mengenai pelayanan Jd.id. Pelayanan Jd.id dianggap kurang memuaskan, dari segi pengiriman dan lainnya.

  • Produk yang Dijual Belum Begitu Lengkap

Kekurangan kedua Jd.id yaitu, barang yang tersedia belum begitu lengkap. Jika dibandingkan dengan e-commerce yang telah populer lainnya seperti Lazada, produk yang dijual di Jd.id belum begitu lengkap. Hal ini berdasarkan review pelanggan yang menggunakan jasa Jd.id.

  • Kurang Populer

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki Jd.id yaitu kurang populer. Jika dibandingkan dengan e-commerce yang telah populer seperti Lazada, Jd.id dapat dikatakan kurang populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Kelebihan Jd.idKekurangan Jd.id
- Memiliki Banyak Diskon- Pelayanan yang Kurang Dipercaya
- Sistem Pembayaran yang Mudah- Produk yang Dijual Belum Begitu Lengkap
- Memiliki Kerjasama yang Cukup Luas- Kurang Populer

Lazada

Lazada merupakan salah situs marketplace yang mempunyai jumlah pengunjung paling tinggi, diikuti oleh e-commerce lokal yaitu Tokopedia dan Bukalapak. Namun sama seperti yang lainnya, Lazada juga memiliki kelebihan dan kekurangan dimata pecinta belanja online. Apa sajakah itu? Baca juga Pilih Mana : Shopee atau Lazada?

Kelebihan Lazada

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan Lazada yang perlu Anda ketahui:

  • Bebas Ongkos Kirim

Lazada menyediakan layanan terpadu untuk membebaskan ongkos kirim dengan beberapa ketentuan wilayah. Jika di daerah JABODETABEK dan pembelian di atas Rp. 100.000, maka akan bebas dari biaya ongkos kirim. Tapi apabila diluar JABODETABEK, maka masuk dalam wilayah 2 dan 3. Di wilayah 2, pengirimiman akan gratis kalau pembelian di atas Rp. 90.000 dan berat barang kurang dari 6 kg. Dan untuk wilayah 3, seluruhnya dikenakan biaya pengiriman.

  • Banyak Diskon

Siapa yang tidak suka diskon? Semuanya pasti menyukainya terlebih lagi kaum hawa. Untuk itu, Lazada sangat mengerti keinginan konsumennya karena sering memberikan diskon-diskon menarik pada produk yang diperdagangkan. Diskon yang diberikan juga bermacam-macam, mulai dari 10 % hingga di atas 50%.

  • Pengiriman Barang Cepat

Sebagai pembeli, Anda tentu mengharapkan barang yang dibeli dengan cepat dikirim, tanpa kerusakan atau cacat. Oleh karena itu, Lazada tampaknya tahu persis kebutuhan konsumen, sehingga mereka mengirimkan barang dengan cepat setelah pembayaran diterima.

Kekurangan Lazada

Berikut ini merupakan beberapa kekurangan Lazada yang perlu Anda ketahui:

  • Konfirmasi Pembayaran Lama

Sebagai pembeli, tentunya kita menginginkan kepastian dalam berbelanja, namun sayangnya konfirmasi pembayaran yang diterima oleh para pembeli di Lazada cukup lama sehingga sering membuat pembeli khawatir.

  • Fasilitas COD masih belum tersedia di banyak kota

Kekuangan kedua Lazada yaitu, fasilitas COD yang ditawarkan memang sangat bagus untuk konsumen, tapi sayangnya untuk saat ini masih untuk kota Jakarta dan sekitarnya. Untuk itu diharapkan Lazada bisa membuat fasilitas ini dapat digunakan oleh konsumen di berbagai kota Indonesia.

  • Pengembalian Dana Cukup Lama jika ada Pembatalan

Kekurangan Lazada lainnya yaitu, jika transaksi dibatalkan, maka dana yang telah ditransfer sebelumnya cukup lama untuk dikembalikan. Seringkali, para pembeli harus komplain berkali-kali agar bisa diproses sesegera mungkin.

Kelebihan LazadaKekurangan Lazada
- Bebas Ongkos Kirim- Konfirmasi Pembayaran Lama
- Banyak Diskon- Fasilitas COD masih belum tersedia di banyak kota
- Pengiriman Barang Cepat- Pengembalian Dana Cukup Lama jika ada Pembatalan

Pilih Mana : Jd.id atau Lazada?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan Jd.id dan Lazada berdasarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini :

Jd.idLazada
- Sistem Pembayaran yang Mudah- Bebas Ongkos Kirim
- Memiliki Kerjasama yang Cukup Luas- Banyak Diskon
- Kurang Populer- Konfirmasi Pembayaran Lama

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai perbandingan antara Jd.id dengan Lazada , maka dapat kita simpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kami lebih merekomendasikan Lazada karena selain memiliki banyak diskon, Lazada juga bebas ongkos kirim.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Jd.id vs Lazada

VS

Leave a Reply