Aplikasi

Pilih Mana: Jenius atau Digibank?

Semakin berkembangnya internet, semakin berkembang pula teknologi. Hampir semua aktivitas konvensional ditinggalkan dan memanfaatkan teknologi internet. Tidak hanya jual beli yang dilakukan secara online, transaksi dan aktivitas perbankan pun saat ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi saja. Anda bahkan bisa membuat akun rekening dengan cara online tanpa harus datang secara langsung ke cabang bank. Untuk mendukung hal tersebut ada dua aplikasi yang dapat Anda gunakan, yaitu Jenius dan Digibank. Dari dua aplikasi tersebut, manakah yang akan Anda gunakan?

Jenius dan Digibank merupakan aplikasi digital perbankan yang mememungkinkan Anda untuk mengolah keuangan dan membuka rekening via mobile. Jenius merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh bank BTPN sedangkan Digibank merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh bank DBS. Baca juga Pilih Mana: Viu atau Tribe?

Jenius

Jenius merupakan sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh Bank BTPN untuk menjadi inisiatif digital banking yang memungkinkan nasabah untuk memiliki rekening bank dan mengeolah keuangan dari smartphone. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu datang ke bank untuk membuka rekening. Anda hanya perlu melakukan download aplikasi kemudian melakukan registrasi. Dalam proses registrasi, Anda hanya perlu mencantumkan biodata, foto diri, serta foto KTP dan foto NPWP.

Kelebihan Jenius

Berikut kelebihan jenius yang perlu Anda ketahui:

  • Mempermudah Transaksi Online

Untuk mempermudah transaksi online, Anda harus memiliki kartu yang memiliki logo Visa. Salah satu keunggulan yang dimiliki Jenius adalah telah memiliki logo Visa pada kartunya. Dengan memiliki kartu Jenius yang telah memiliki logo Visa. Anda akan lebih mudah dalam bertransaksi online. Anda juga tidak perlu lagi menggunakan kartu kredit yang kadang bisa menjebak Anda saat bertransaksi di marketplace internasional seperti Amazon maupun e-bay yang mengharuskan menggunakan kartu berlogo Visa saja. Dikutip dari Merdeka.com jenius juga menawarkan banyak fitur untuk membantu mengolah life finance penggunanya.

  • Tidak Ada Setoran Awal

Saat Anda membuka tabungan, biasanya Anda harus menyetorkan dana dengan jumlah minimal tertentu. Tapi Anda tidak perlu melakukan hal yang sama jika membuka tabungan di Jenius. Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan dana sepeserpun untuk membuka akun rekening tabungan Jenius. Tidak hanya itu, Anda malah akan mendapatkan benefit sebesar Rp 50.000 ketika Anda berhasil melakukan aktivasi akun rekening tabungan Jenius. Anda juga akan mendapatkan bonus sebesar Rp. 50.000 lagi jika Anda mengajak teman atau siapapun untuk membuka akun rekening di tabungan Jenius. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan kode referral $Cashtag. Sejumlah uang tersebut nantinya akan disetor langsung ke tabungan Jenius Anda.

  • Tarif yang Kompetitif

Sebenarnya Jenius memberikan benefit gratis biaya transfer ke seluruh bank di jaringan ATM Bersama, Prima dan Alto sebanyak 25 kali dalam sebulan. Sisanya, Anda akan dikenakan biaya beban. Biaya yang dibebankan saat melakukan transaksi dengan Jenius dipatok mulai dari Rp. 3000 per transaksi. Biaya yang dibebankan tersebut berlaku untuk setiap transfer online melalui website ataupun apps ke bank jenius sendiri ataupun ke antar bank.

Kekurangan Jenius

Berikut kekurangan jenius yang perlu Anda ketahui:

  • Belum Menjangkau Seluruh Wilayah

Karena usianya yang masih tergolong baru, pengguna aplikasi tabungan Jenius masih terbilang belum banyak dan belum merata. Misalnya, pelayanan untuk pembukaan rekening saat ini baru menjangkau nasabah yang berdomisili di wilayah Jabodetabek saja. Bagi Anda yang berada di luar Jabodetabek, Anda bisa melakukan registrasi dengan cara online. Tapi Anda masih tetap harus melakukan aktivasi langsung di kantor cabang BTPN terdekat. Untuk pengiriman fisik kartu juga membutuhkan waktu yang relatif lama.

  • Kartu Virtal yang Kurang Fleksibel

Kekurangan lain yang dimiliki oleh kartu virtual ini adalah kurang fleksibel. Ketika Anda telah menerima nomor yang ada pada kartu virtual tersebut, Anda tidak bisa melakukan perubahan nomor pada kartu tersebut.

  • Membutuhkan Waktu yang Relatif Lama untuk Mengganti Kartu Fisik

Anda membutuhkan waktu yang cukup lama dan proses yang cukup rumit jika ingin mengganti kartu fisik tabungan Jenius Anda. Selain itu, transaksi online memiliki risiko terjadi penyalahgunaan. Dengan memiliki kartu virtual yang disposable akan bisa membantu mengurangi kecurangan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Kelebihan JeniusKekurangan Jenius
- Mempermudah transaksi online- Belum menjangkau seluruh wilayah
- Tidak ada setoran awal- Kartu virtual yang kurang fleksibel
- Memiliki tarif yang kompetitif- Membutuhkan waktu yang relatif lama untuk mengganti kartu fisik
Lihat juga:  Pilih Mana: WhatsApp atau WeChat?

Digibank

Digibank merupakan aplikasi yang diluncurkan bank DBS. Sama seperti Jenius, Anda dapat membuka akun rekening melalui aplikasi mobile. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga dapat melakukan aktivitas perbankan hanya dengan memanfaatkan aplikasi dan tidak perlu datang langsung ke bank.

Kelebihan Digibank

Berikut kelebihan Digibank yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Ada Setoran Awal

Untuk membuka akun rekening di Digibank, Anda tidak memerlukan saldo minimum dan biaya administrasi. Selain itu, nasabah juga akan langsung mendapatkan bunga sebesar 3% setelah membuka rekening pertama tersebut. Dengan menabung di Digibank, berarti Anda telah menabung di Bank teraman di Asia dan asset terbesar di ASEAN.

  • Transfer dan Tarik Tunai Tidak Dikenakan Biaya

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Digibank ini adalah, Anda dapat melakukan transfer dan tarik tunai tanpa dikenakan biaya. Untuk aktivitas transfer, Anda dapat melakukan transfer hingga Rp. 200 juta per transaksi dan Rp500 juta per hari. Anda dapat melakukan transfer ke bank manapun secara gratis dan dapat melakukan penarikan tunai tanpa dikenai biaya administrasi di ATM manapun.

  • Bunga Deposito Hingga 6,25%

Kelebihan lain yang ditawarkan Digibank adalah, Anda bisa menikmati bunga hingga 6,25 dengan membuka deposito hanya Rp. 5 juta. Bunga yang diberikan tersebut bisa dibilang cukup besar.

Kekurangan Digibank

Berikut kekurangan Digibank yang perlu Anda ketahui:

  • Belum Ada Receipt Saat Transfer

Saat melakukan transfer, biasanya kita akan mendapatkan bukti transfer berupa receipt. Kekurangan Digibank yang pertama adalah belum menyediakan receipt pada saat melakukan transfer. Hanya ada notifikasi atau pemberitahuan bahwa transaksi telah berhasil.

  • Hanya Bisa Diakses Melalui Aplikasi di Smartphone

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Digibank ini adalah hanya bisa diakses melalui aplikasi di smartphone saja. Anda belum bisa melakukan akses melalui cara lain seperti website dan cara lainnya.

  • Belum Bisa Menjadwalkan Transaksi untuk Tanggal Berikutnya

Anda belum bisa mengatur dan membuat jadwal untuk transaksi di tanggal berikutnya. Maksudnya, saat Anda ingin melakukan transaksi Anda perlu melakukannya di waktu tersebut. Tidak bisa diatur untuk penjadwalan di lain waktu.

Kelebihan DigibankKekurangan Digibank
- Tidak ada setoran awal- Belum ada receipt saat melakukan transfer
- Transfer dan tarik tunai tidak dikenakan biaya- Hanya bisa diakses melalui aplikasi di smartphone
- Bunga deposito hingga 6,25%- Belum bisa menjadwalkan transaksi untuk tanggal berikutnya

Pilih Mana: Jenius atau Digibank?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara Jenius dan Digibank. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua hal tersebut:

JeniusDigibank
- Transfer dan tarik tunai gratis sebanyak 25 kali sebulan- Transfer dan tarik tunai gratis kapanpun
- Bisa diakses melalui aplikasi smartphone dan web- Hanya bisa diakses melalui aplikasi smartphone
- Aplikasi yang diluncurkan oleh bank BTPN - Aplikasi yang diluncurkan oleh bank DBS

Kesimpulan

Dari pemaparan yang telah menjelaskan perbedaan antara Jenius dan Digibank, dapat disimpulkan bahwa Digibank sangat aman. Jika Anda memprioritaskan keamanan, sebaiknya Anda menggunakan Digibank yang dipercaya paling aman di Asia. Hal ini bukan berarti Jenius tidak aman. Anda juga bisa mempertimbangkan Jenius karena bunga dan benefit lain yang ditawarkan juga sangat baik.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Jenius vs Digibank

VS

Leave a Reply