AplikasiLayanan

Pilih Mana: Jenius atau LinkAja ?

Semakin berkembangnya zaman  dan teknologi saat ini,  Hampir semua aktivitas konvensional hampir banyak ditinggalkan orang dan lebih memilih aktivitas teknologi internet. Saat ini banyak aplikasi dompet internet yang memudahkan Anda untuk melakukan pembayaran dengan mudah seperti Jenius dan LinkAja.

Tidak hanya berbelanja, dengan menggunakan kedua aplikasi ini kalian juga bisa membayar tagihan listrik, air, BPJS dan lain-lain. Tentu hal ini sangat mendapat respon positif dari masyarakat luas terutama untuk mereka anak muda yang gemar berbelanja.  Jenius dan LinkAja sendiri dapat kalian download di Google Store untuk android dan App Store untuk pengguna IOS.

Apa saja manfaat yang didapatkan dengan menggunakan kedua apilkasi Jenius dan LinkAja? Dan apa saja kelebihan dan kekurangan kedua dompet digital tersebut? Cari jawabannya di bawah ya yuk..

Jenius

Jenius adalah sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh Bank BTPN untuk menjadi inisiatif digital banking yang memungkinkan nasabah untuk memiliki rekening bank dan mengeolah keuangan dari smartphone. Baca juga: Gopay atau Dana.

Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu datang ke bank untuk membuka rekening. Anda hanya perlu melakukan download aplikasi kemudian melakukan registrasi. Dalam proses registrasi, Anda hanya perlu mencantumkan biodata, foto diri, serta foto KTP dan foto NPWP.

Dengan menggunakan jenius ini,  kalian dapat memiliki kendali penuh dalam mengatur hidup dan keuangan melalui smartphone dengan aman, mudah, dan cerdas.

Terdapat banyak hal baru yang hanya ada di Jenius.

Selain dapat membuka tabungan melalui smartphone tanpa perlu ke bank, Anda akan menemukan cara baru mengatur Life Finance dengan $Cashtag, Save It, Send It, Pay Me, Split Bill, eCard, dan masih banyak lagi.

Kelebihan Jenius

  • Tidak Ada Setoran Awal

Saat Anda membuka tabungan, biasanya Anda harus menyetorkan dana dengan jumlah minimal tertentu. Tapi Anda tidak perlu melakukan hal yang sama jika membuka tabungan di Jenius. Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan dana sepeserpun untuk membuka akun rekening tabungan Jenius. Tidak hanya itu, Anda malah akan mendapatkan benefit sebesar Rp 50.000 ketika Anda berhasil melakukan aktivasi akun rekening tabungan Jenius. Anda juga akan mendapatkan bonus sebesar Rp. 50.000 lagi jika Anda mengajak teman atau siapapun untuk membuka akun rekening di tabungan Jenius. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan kode referral $Cashtag. Sejumlah uang tersebut nantinya akan disetor langsung ke tabungan Jenius Anda.

  • Mempermudah Transaksi Online

Untuk mempermudah transaksi online, Anda harus memiliki kartu yang memiliki logo Visa. Salah satu keunggulan yang dimiliki Jenius adalah telah memiliki logo Visa pada kartunya. Dengan memiliki kartu Jenius yang telah memiliki logo Visa. Anda akan lebih mudah dalam bertransaksi online. Anda juga tidak perlu lagi menggunakan kartu kredit yang kadang bisa menjebak Anda saat bertransaksi di marketplace internasional seperti Amazon maupun e-bay yang mengharuskan menggunakan kartu berlogo Visa saja.

  • Tarif yang Kompetitif

Sebenarnya Jenius memberikan benefit gratis biaya transfer ke seluruh bank di jaringan ATM Bersama, Prima dan Alto sebanyak 25 kali dalam sebulan. Sisanya, Anda akan dikenakan biaya beban. Biaya yang dibebankan saat melakukan transaksi dengan Jenius dipatok mulai dari Rp. 3000 per transaksi. Biaya yang dibebankan tersebut berlaku untuk setiap transfer online melalui website ataupun apps ke bank jenius sendiri ataupun ke antar bank.

Kekurangan Jenius

  • Gerai yang belum menjangkau Seluruh Wilayah

Karena Jenius ini terbilang baru, jadi jika terjadi komplain produk atau terjadi masalah, pelanggan masih susah untuk menyelesaikan di cabang terdekat. Oleh karena itu, jika terjadi masalah pelanggan hanya bisa datang ke stan dan bisa melalui email dan telpon. Hal itu tentunya memerlukan proses yang cukup lama.

  • Kartu Virtual yang Kurang Fleksibel

Kekurangan lain yang dimiliki oleh kartu virtual ini adalah kurang fleksibel. Ketika Anda telah menerima nomor yang ada pada kartu virtual tersebut, Anda tidak bisa melakukan perubahan nomor pada kartu tersebut.

  • Membutuhkan Waktu yang Relatif Lama untuk Mengganti Kartu Fisik

Anda membutuhkan waktu yang cukup lama dan proses yang cukup rumit jika ingin mengganti kartu fisik tabungan Jenius Anda. Selain itu, transaksi online memiliki risiko terjadi penyalahgunaan. Dengan memiliki kartu virtual yang disposable akan bisa membantu mengurangi kecurangan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Namun, sekarang sudah banyak stan jenius di mall, tetapi tetap saja tidak semua mall yaa.. Jika kalian malas untuk keluar kalian bisa menelpon call center.

Lihat juga:  Pilih Mana: Quad Core atau Octa Core?

LinkAja

LinkAja akan menggabungkan dompet digital milik Telkomsel dan Bank BUMN. dengan ini T-Cash Telkomsel, e-cash Bank Mandiri, BNI, dan T-Bank milik BRI akan melebur menjadi LinkAja. Dimana pengguna dapat menggunakan fitur alat pembayaran di merchant-merchant offline yang sebelumnya menjadi rekanan perbankan BUMN dan Telkomsel.

Selain itu kemudahan aplikasi ini juga dapat dirasakan untuk membeli BBM (Bahan Bakar Minyak) di pom bensin, pengiriman uang (remitansi), pembelian pulsa dan internet, pembayaran listrik dan tagihan air PDAM. Layanan lainnya, pembelian paket TV kabel, bayar pembelian gear gaming, pembayaran BPJS Kesehatan, Jiwasraya hingga asuransi CAR. Ada juga fitur pembayaran cicilan ke multifinance, televisi berbayar iflix, dan donasi.

Kelebihan LinkAja

  • Terhubung dengan Ratusan Ribu Merchant

    Kelebihan LinkAja ini yaitu sudah bekerjasama dengan lebih dari 300.000 merchant nasional, sehingga bagi kalian yang pemilik Kartu Prakerja yang memilih LinkAja sebagai mitra pembayaran insentif Kartu Prakerja secara tidak langsung juga telah terhubung dengan ratusan ribu merchant ini untuk melakukan beragam transaksi seperti bayar Grab atau Gojek, Transjakarta, KRL, MRT, taksi Bluebird, dan masih banyak lagi.

  • Mudah Transfer dan Tarik tunai uang
    LinkAja menyediakan fitur transfer dan Tarik tunai yang mudah dan praktis. Karena LinkAja sudah banyak didukung oleh berbagai bank. Mulai dari bank BRI, MANDIRI, BNI, BTN,dll. Kita cukup datang ke atm untuk melakukan transfer bahkan tarik tunai.
  • Fitur Pembayaran dengan QR kode
    Kelebihan LinkAja yang ketiga yaitu adanya QR kode yang memudahkan kita dalam hal pembayaran. Aplikasi ini sudah mudah ditambah lagi dengan fitur yang dapat membuat lebih mudah. LinkAja menyediakan fitur QR code disetiap pembayaranya, dengan tujuan mempermudah pengguna pada saat melakukan transaksi. Kita cukup snap kode QR le merchant untuk.

Kekurangan LinkAja

  • Keterbatasan transaksi
    Keterbatasan untuk melakukan transaksi menjadi kekurangan yang pertama dari LinkAja. Karena LinkAja tidak bisa melakukan sejumlah transaksi dalam jumlah yang sangat besar. Karena Aplikasi ini didesain hanya untuk memudahkan kegiatan pembayaran dalam sekala kecil sehingga tidak bisa digunakan dalam hal transfer uang yang jumlahnya banyak.
  • Hanya bisa digunakan pada merchant yang sudah bekerjasama saja
    Meski menawarkan kelebihan yang cukup menarik, namun penggunaan alat pembayaran yang satu ini juga tidak lepas dari kekurangan. Adapun kekurangan dari linkAja adalah tidak semua merchant bekerja sama dengan alat transaksi modern ini. Alhasil, Anda hanya bisa menggunakannya di tempat belanja tertentu saja.
  • Tidak ada kartu fisik
    LinkAja ini tidak memiliki kartu fisik, Karena  transaksi online memiliki risiko terjadi penyalahgunaan. Oleh karenanya, sebenarnya kartu fisik masih dibutuhkan untuk melengkapi saja dan berjaga-jaga jika aplikasi sedang down.

Jenius atau LinkAja

Keterangan JeniusLinkAja
Kelebihan - Tidak Ada Setoran Awal - Mempermudah Transaksi Online - Tarif yang Kompetitif - Terhubung dengan Ratusan Ribu Merchant - Mudah Transfer dan Tarik tunai uang - Fitur Pembayaran dengan QR kode
Kekurangan - Gerai yang belum menjangkau Seluruh Wilayah - Kartu Virtual yang Kurang Fleksibel - Membutuhkan Waktu yang Relatif Lama untuk Mengganti Kartu Fisik - Keterbatasan transaksi - Hanya bisa digunakan pada merchant yang sudah bekerjasama saja - Tidak ada kartu fisik

Kesimpulan

Dari artikel diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa Jenius dan Link Aja kedua aplikasi tersebut mempunyai manfaat yang hampir sama yaitu untuk mempermudah kita untuk bertransaksi dengan aman baik online maupun offline. Oleh sebab itu dapat kalian Pilih sesuai dengan kebutuhan kalian ya. Tetapi jika kalian ingin memilih yang ada kartu fisik dan bisa di gunakan di luar negri kalian bisa memilih Jenius ya guys!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Jenius atau LinkAja

VS

Leave a Reply