Pilih Mana: Jilbab atau Khimar?

Loading...

Sebagian umat muslim wanita sekarang sudah berlomba-lomba untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi, salah satunya adalah dengan mengikuti kewajibannya sebagai umat muslim yakni memakai Jilbab atau Khimar. Kegunaan utama dari Jilbab dan Khimar sendiri adalah untuk menutup bagian kepala hingga ke bawah. Dan seiring berjalannya waktu jenis dari jilbab dan khimar sendiri sekarang makin beragam. Kali ini saya akan membahas mengenai Jilbab dan Khimar. Disini aja ya..

Jilbab

Jilbab sendiri memiliki makna kain yang menutupi bagian atas sampai bagian bawah. Jilbab juga merupakan perintah wajib yang harus dijalankan oleh seluruh umat muslim. Baca juga Pilih Mana: Zoya atau Elzatta

Bahan yang digunakan untuk membuat jilbab pun sangat beragam yakni dari bahan sutera, katun, satin, sifon, spandex dan masih banyak lagi sesuai dengan keinginan kalian.

Jilbab juga memiliki jenis dan motif yang membuat pemakainya menjadi semakin trendi dan tetap cantik meskipun tertutup. Jilbab juga kerap dijadikan ajang fashion oleh para desainer. Jadi kamu tidak perlu minder jika sudah memakai jilbab ya guys.

Selain untuk salah satu item trendi di kalangan fashion, jilbab juga dipakai agar terhindar dari kejadian yang negatif, yakni kasus pelecehan sampai kasus pemerkosaan.

Saat ini sudah banyak juga sekolah yang mewajibkan muridnya memakai jilbab, bukan tanpa sebab ini agar para siswi senantiasa terbiasa memakai jilbab pada saat diluar sekolah.

Merek jilbab yang terkenal saat ini seperti Elzatta, Rabbani, Zoya, Shafira, Jajaka Ivan Gunawan dan masih banyak lagi.

Kamu bisa dapatkan jilbab dengan kualitas yang tinggi ini di mall, toko busana muslim, bahkan online shop pun sekarang sudah banyak yang memperjualbelikan jilbab.

Jenis-jenis jilbab:

Jilbab Bergo
Jilbab jenis ini sangatlah praktis, kalian bisa langsung menggunakannya. Jilbab ini biasa dipakai oleh wanita yang hanya keluar untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

Jilbab Segi Empat
Jilbab ini adalah jilbab yang paling sering digunakan oleh beberapa kalangan perempuan. Jilbab ini bisa kamu pakai untuk mendatangi acara yang formal seperti kondangan, pesta, ke kantor dan juga kalian bisa memakai jilbab ini untuk acara non formal seperti perkuliahan, ke mall atau kegiatan santai lainnya.

Jilbab Pashmina
Jilbab ini umumnya sama seperti jilbab segi empat namun memiliki ukuran yang sedikit lebih panjang yakni mencapai 160 x 50 cm. Jilbab ini juga cocok kamu gunakan untuk acara formal dan non formal. Kerudung ini memiliki tekstur yang hangat sehingga cocok buat dipakai untuk cuaca yang dingin.

Jilbab Jumbo
Sesuai dengan namanya, jilbab ini memiliki ukuran yang besar. Jilbab ini memiliki bantalan bisa pada bagian kepala nya. Jilbab ini bisa juga dijadikan sebagai mukena untuk Shalat karena ukurannya yang menutupi seluruh badan pemakainya.

Jilbab Lengan
Jilbab ini terdapat lengan yang bisa dimasukkan tangan. Menjadikan pemakainya semakin hangat dan nyaman kala memakainya.

Jilbab Scraft Panjang
Jilbab ini sendiri kurang lebih sama seperti jilbab pashmina, yang membedakan adalah panjang dari kain jilbab ini lebih panjang dan lebih tipis dari pada jilbab pashmina.

Loading...

Pemakai dari jilbab sendiri kebanyakan dari kalangan wanita dewasa karena memang sudah menjadi kewajiban untuk menutupi anggota badannya dari kepala hingga kaki.

Khimar

Khimar sendiri kurang lebih sama seperti jilbab, bedanya adalah khimar merupakan kain yang menutupi daerah bagian kepala sampai dengan dengan dada wanita dari depan maupun dari belakang.

Khimar tidak perlu diikat seperti kebanyakan jilbab karena dapat membuat bagian dada akan ketat dan tentunya tidak bisa disebut sebagai khimar lagi. Maka dari itu khimar memanglah harus jatuh lurus ke bawah.

Khimar kerap disebut sebagai jilbab, namun kenyataannya khimar adalah kain yang dapat menutupi bagian kepala, leher dan dada.

Bahan dari pembuatan khimar pun beragam sama seperti jilbab, yakni sutera, sifon, spandex, katun, satin dan lain sebagainya. Namun bahan yang paling sering dipakai oleh kebanyakan wanita adalah ceruti.

Ceruti sendiri adalah sebuah bahan dengan karakteristik yang lembut, tebal, tidak mudah panas dan tidak menerawang. Khimar dengan bahan ceruti juga yang paling banyak digemari oleh kaum wanita khususnya adalah remaja.

Bukan hanya jilbab, Khimar sekarang juga banyak diterapkan oleh sekolah-sekolah agar senantiasa memakai khimar pada saat diluar sekolah.

Khimar sendiri sekarang sudah beranjak naik ke dunia fashion sama seperti jilbab, malah orang sekarang banyak yang menggunakan khimar daripada jilbab.

Pemakai khimar sendiri kebanyakan datang dari kaum remaja wanita, karena pemakaiannya yang lebih simpel dan juga lebih nyaman dipakai.

Merek Khimar yang terkenal saat ini seperti Elzatta, Rabbani, Zoya, Shafira, Jajaka Ivan Gunawan dan masih banyak lagi.

Kamu bisa dapatkan khimar dengan kualitas yang tinggi ini di mall, toko busana muslim, bahkan online shop pun sekarang sudah banyak yang memperjualbelikan khimar.

Jenis-jenis Khimar:

Khimar Simpel / Bergo
Khimar ini umumnya sama seperti jilbab bergo, yakni kain sederhana dan memakainya sangat simpel. Biasanya terdapat bantalan dibagian kepala belakang. Khimar ini cocok buat kamu jadikan penutup kepala pada saat kegiatan yang santai seperti jogging atau senam.

Khimar Bolak Balik
Sesuai namanya khimar ini bisa dipakai dua sisi. Jilbab ini mempunyai dua model layer yang berbeda, umumnya satu sisinya bercorak polos sementara sisi lainnya memiliki corak yang bermotif. Khimar ini juga biasanya tidak memiliki bantalan di bagian kepala nya.

Khimar Ainun Pet

Bahan utama dari khimar ini adalah jersey dengan jahitan konveksi, rata-rata panjang dari khimar ini adalah 65 cm bagian depan dan 110 cm dibagian belakang. Tidak hanya itu khimar ini umumnya memiliki list warna dibagian pinggirnya yang menjadikan khimar ini semakin cantik.

Jadi sudah pada tahu kan perbedaan antara jilbab dan khimar ? Jilbab adalah kain yang menutupi bagian kepala hingga kaki sedangkan khimar adalah kain yang menutupi bagian kepala hingga dada saja.

Pilih mana: Jilbab atau Khimar

JilbabKhimar
Kelebihan - Ukurannya yang panjang menutupi seluruh badan - Hangat, cocok digunakan saat musim dingin - Mempercantik penggunanya- Harganya lebih murah ketimbang jilbab - Hangat, cocok digunakan saat musim dingin - Mempercantik penggunanya
Kekurangan- Sedikit lebih panas daripada khimar - Harganya lebih mahal - Hanya memiliki beberapa varian - Mempunyai bahan yang panjang yang digunakan beberapa orang saja

Kesimpulan

Jilbab dan Khimar adalah dua benda yang hukumnya wajib digunakan oleh seluruh wanita muslim. Kamu bisa pakai jilbab dan khimar ke acara-acara yang penting dan acara yang santai. Tidak perlu takut tidak tampil percaya diri karena sekarang sudah banyak sekali model dan motif dari jilbab dan khimar itu sendiri. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Jilbab vs Khimar

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *