Pilih Mana: JNE atau J&T?

Loading...

J&T merupakan jasa pengiriman yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat dan jaringannya juga tidak seluas JNE. Inilah yang membuat para pengiriman dadakan ataupun pengirim (pembisnis online) masih bingung menentukan jasa pengiriman mana yang terbaik untuk mereka. Untuk mendapatkan jawabannya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan di antara bagus mana JNE atau J&T?

young boy frustrated over homework, writing at home. Boy studying at table. Kid drawing with a pencil.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat JNE dan J&T
– Kelebihan & kekurangan JNE dan J&T

JNE
JNE merupakan salah satu jasa pengiriman yang memiliki sistem pemasaran dan distribusi yang cukup baik, sehingga tidak sulit bagi JNE untuk mengembangkan sayapnya di bisnis jasa pengiriman barang yang semakin hari semakin ramai.

Kelebihan JNE yang bisa Anda ketahui:

1. Jenis layanan yang beragam
JNE memang terkenal dengan layanan yang beragam sesuai kebutuhan si pengirim. Sebut saja jenis layanan JNE seperti YES (Yakin Esok Sampai), Oke (Ongkos Kirim Ekonomis), REG (Reguler), JESIKA (Jemput ASI Seketika), PELIKAN (Pengiriman Lintas Kawasan) dan masih banyak lagi.

2. Biaya sedikit lebih murah
Biaya kirim menggunakan JNE cenderung lebih murah dibandingkan dengan biaya kirim J&T. Selisih ini bisa dilihat saat pengirim mengirimkan paketnya di tujuan yang sama dengan layanan REG yang ada pada JNE.

Kekurangan JNE yang bisa Anda ketahui:

1. Bersifat francise
JNE memang memiliki banyak cabang yang pastinya akan memudahkan Anda melakukan transaksi berkirim paket. Akan tetapi perlu Anda ketahui, JNE bersifat francise yang pastinya akan membuat jadwal buka JNE tidak sama di setiap tempat. Karena waktu operasional JNE disesuaikan dengan keinginan pemiliknya.

2. Sedikit agak lambat
Yang kami maksudkan di sini, pengiriman JNE cenderung lebih lambat sampai ke penerimanya. Kami berikan contoh begini, ketika Anda mengirim barang jam 6 sore di J&T dengan tujuan Bekasi, dan sampai besok harinya sebelum jam 12 siang. Namun ketika Anda mengirim di JNE dengan waktu kirim dan tujuan yang sama, maka paket yang Anda kirimkan akan sampai paling lama dua hari setelah hari itu. Ini karena pengiriman di jam tersebut akan dihitung JNE sebagai pengiriman di hari berikutya.

Loading...

J&T
Tidak membutuhkan waktu lama untuk J&T masuk sebagai jasa pengiriman online di Indonesia. Dikutip dari Detik.com, sejak dirikan pada Agustus 2015 ternyata J&T sudah menjadi salah satu perusahaan jasa pengiriman terbaik di Indonesia.

Kelebihan J&T yang bisa Anda ketahui:

1. Ada kapan pun dibutuhkan
Maksud dari kata di atas menunjukkan arti bahwa J&T senantiasa melayani customer-nya kapan pun mereka butuh. Hal ini dikarenakan J&T memiliki waktu operasional yang bisa dikatakan sangat menguntungkan customer. J&T buka setiap hari bahkan dihari Sabtu, hari libu nasional dan juga hari-hari besar keagamaan seperti lebaran. Dan hebatnya waktu operasional ini merata sama di semua drop point J&T.

2. Adanya layanan pick up (jemput paket)
Seperti yang telah kita ketahui, J&T menyediakan layanan pick up (jemput paket) ke rumah pengirim. Pengirim hanya perlu bertukar kontak dengan kurir J&T untuk membantu mengambil kiriman barang Anda. Dan menariknya, layanan pick up ini gratis sekalipun barang yang di ambil hanya satu saja.

Kekurangan J&T yang bisa Anda ketahui:

1. Data yang tidak sepenuhnya ada
J&T juga telah memiliki website yang pastinya akan mempermudah penggunanya untuk mengecek tarif tujuan, cek status pengiriman dan info lainnya. Akan tetapi sayangnya pada beberapa daerah masih belum ter-input data dalam sistem website J&T. Sehingga untuk para pembisnis online, hal demikian merupakan ketidaknyamanan yang pastinya akan membuat pembisnis beralih ke layanan pengiriman lain.

2. Sedikit lebih mahal
Masalah harga, pastinya menjadi tujuan selanjutnya setelah mempertimbangkan estimate penerima barang. Harga yang ditetapkan oleh J&T cenderung sedikit lebih mahal dibandingkan dengan banderol harga yang ditetapkan oleh JNE. Selisih harganya dikisaran Rp 2.000 sampai Rp 5.000 (di satu tempat atau tujuan yang sama dengan layanan REG).

Pilih Mana: JNE atau J&T?

JNEJ&T
Biaya kirim– Cenderung sedikit lebih murah– Sedikit lebih mahal
Kompatibel perangkat– Aplikasinya bisa digunakan di seluruh Android– Aplikasinya cenderung kompatibel dengan perangkat yang menggunakan iOS
Kecepatan– Ada di beberapa jam membuat pengiriman lambat sampai ditujuan– Cenderung lebih cepat sampai ke penerima

Kesimpulan
Dari beberapa penjelasan di atas kami cenderung memilih J&T walaupun terpaut sedikit masalah harga. Akan tetapi proses pengiriman yang lebih tepat waktu dan juga pengiriman yang bisa di pick up akan semakin memberikan kemudahan dan kepraktisan bagi para pengirim maupun penerima barang. Terlebih kurir JNE sering dicap malas oleh para konsumen karena sering meminta penerima barang mengambil sendiri paketnya di agen JNE, itulah juga sebabnya estimasi waktu JNE sering berkendala dan tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan JNE. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

JNE vs J&T

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *