Layanan

Pilih Mana : JNE atau TIKI?

Hidup di zaman yang serba canggih memberikan kita berbagai kemudahan dalam hal apapun. Salah satunya adalah kemudahan dalam mengirim paket antar kota bahkan antar negara sekalipun. Dua jasa ekspedisi yang paling sering digunakan oleh rakyat Indonesia adalah JNE dan TIKI. Namun yang manakah yang lebih baik menurut Anda? JNE atau TIKI?

Baik JNE maupun TIKI, keduanya sudah lama berperan sebagai jasa ekspedisi di Indonesia yang dipercaya masyarakat untuk mengirim serta mengantar paket mereka ke tempat tujuan. Sebelum ini, kami juga membandingkan JNE dengan jasa pengiriman yang usianya tergolong masih muda yaitu J&T Express. Untuk membaca perbandingan antara dua jasa pengiriman itu, Anda bisa membacanya di sini.

JNE

Tak perlu ditanyakan lagi jika JNE adalah salah satu jasa pengiriman paket yang paling sering digunakan saat ini. JNE mempunyai cabang dimana-mana, sistem pemasaran dan juga distribusi yang cukup baik, sehingga mudah meraih kesuksesan dalam mengembangkan bisnis ekspedisi ini. Namun sama seperti yang lain, JNE memiliki kelebihan dan kekurangan yang akan kami bahas sebagai berikut.

Kelebihan JNE

Berikut beberapa kelebihan JNE yang perlu diketahui:

  • Jam Operasional Lebih Panjang

JNE mempunyai jam operasional lebih panjang dibandingkan TIKI, khususnya untuk beberapa kantor pusat di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bogor, Palembang, dan sebagainya. Kantor ini bisa beroperasi selama 24 jam setiap harinya, bahkan tak jarang di hari besar dan libur nasional.

  • Variasi Layanan Pengiriman

Bagi Anda yang sering mengirimkan paket melalui JNE, pasti sudah tahu jika JNE memiliki banyak jenis layanan yang bervariatif sesuai ongkos kirim. Layanan tersebut adalah OKE atau Ongkos Kirim Ekonomis, biasanya ongkir yang ditawarkan lebih murah. Kemudian ada layanan Reguler dan YES (Yakin Esok Sampai). Selain itu, JNE masih memiliki variasi pengiriman lainnya untuk pengiriman paket yang lebih berat.

  • Sistem Tracking Lebih Cepat

Kelebihan lainnya dari JNE terletak pada sistem tracking yang lebih cepat dibandingkan TIKI. Jika Anda mengirim paket melalui agen, maka Anda mendapatkan nomor resi yang bisa langsung dicek saat itu juga.

Kekurangan JNE

Berikut beberapa kekurangan JNE yang perlu diketahui:

  • Trafik Pengiriman Terlalu Padat

Salah satu kekurangan JNE adalah jangka waktu pengiriman cukup lambat dibandingkan ekspedisi lainnya karena trafik kiriman yang terlalu padat setiap harinya, sehingga terkadang tidak sebanding dengan tenaga kurir yang dimiliki.

  • Pelayanan Customer Service Kurang Memuaskan

Kadangkala jika paket belum sampai di tempat tujuan, padahal waktu pengiriman sudah melebihi waktu yang ditentukan, pelanggan akan menelepon nomor Customer Service yang tersedia di internet. Namun sayang, seringkali tidak ada respon yang berarti, meski nomor yang dihubungi aktif.

  • Hari Minggu Libur Pengiriman

Walau jam operasional beberapa agen perwakilan JNE lebih panjang dibandingkan TIKI dan ekspedisi lain, namun sayang JNE tidak melakukan pengiriman di hari Minggu. Jadi, jika Anda mengirimkan barang pada hari Minggu, paket Anda akan menunggu dikirim hari Senin keesokan harinya.

Kelebihan JNEKekurangan JNE
- Jam Operasional Lebih Panjang- Trafik Pengiriman Terlalu Padat
- Terdapat Variasi Layanan Pengiriman- Pelayanan Customer Service Kurang Memuaskan
- Sistem Tracking Lebih Cepat- Hari Minggu Libur Pengiriman

TIKI

TIKI merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan pengantaran paket berupa barang dan dokumen. Jika dilihat dari segi jangkauan wilayah pengiriman, TIKI memang jauh lebih sedikit dari JNE, namun meskipun begitu pengguna TIKI juga tidak kalah banyaknya dibandingkan JNE. Mari kita simak kekurangan dan kelebihan TIKI di bawah ini.

Kelebihan TIKI

Berikut beberapa kelebihan TIKI yang perlu diketahui:

  • Waktu Pengiriman Lebih Cepat

TIKI memiliki kelebihan dari faktor waktu pengiriman. Banyak orang menilai jika TIKI menjadi jasa ekspedisi tercepat jika tujuan pengiriman ke kota besar dengan alamat yang mudah dicari atau dijangkau. Jadi, jika Anda ingin mengirim paket dengan tujuan kota besar di Indonesia, maka TIKI pilihan yang tepat.

  • Tarif Lebih Murah

Untuk kelebihan satu ini, TIKI memang menawarkan harga yang cukup bersahabat dengan kantong. Dibandingkan JNE atau jasa pengiriman lainnya, pengiriman paket dengan TIKI ke kota-kota besar lebih murah.

  • Website Lebih Stabil

Website TIKI online lebih stabil dan cepat dibanding JNE yang sering error atau lambat jika banyak yang mengunjungi dalam waktu bersamaan. Selain itu, banyak website resmi TIKI berupa kota, misalnya tikisolo sehingga memudahkan pelanggan dalam lingkup area Solo untuk mengacak biaya kirim secara online.

Kekurangan TIKI

Berikut beberapa kekurangan TIKI yang perlu diketahui:

  • Jam Operasional Singkat

Kekurangan TIKI yang pertama yaitu memiliki jam operasional lebih singkat dibandingkan dengan JNE. Bukan hanya itu, jumlah kantor perwakilan TIKI di setiap kota juga jauh lebih sedikit dari JNE, sehingga menyulitkan pelanggan untuk mengirimkan paket.

  • Jangkauan Pengiriman kurang Luas

Kekurangan TIKI yang lainnya yaitu jangkauan kiriman yang kurang luas dibanding JNE sehingga tarif kiriman juga lebih mahal. Hal ini juga berlaku untuk pengiriman ke daerah tertentu, bukan perkotaan besar, karena ada biaya penerus jika paket tidak ada nomor rumah atau nama jalan.

  • Pelayanan Customer kurang Ramah

TIKI memang mempunyai 250 lebih cabang di kota-kota besar, namun dilihat dari pelayanan terhadap customer, TIKI dinilai kurang ramah sehingga membuat pelanggan merasa tidak nyaman. Hal ini bisa saja mengurangi konsumen TIKI sewaktu-waktu dimasa mendatang.

Kelebihan TIKIKekurangan TIKI
- Waktu Pengiriman Lebih Cepat- Jam Operasional Singkat
- Tarif Lebih Murah- Jangkauan Pengiriman kurang Luas
- Website Lebih Stabil- Pelayanan Customer kurang Ramah

Pilih Mana : JNE atau TIKI?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara JNE dan TIKI, serta lengkap dan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk memudahkan Anda untuk memiliki, kami akan merangkum perbedaan keduanya pada tabel berikut ini:

JNETIKI
- Jam operasional lebih panjang- Jam operasional singkat
- Variasi layanan cukup banyak- Tarif lebih murah untuk daerah perkotaan
- Jangkauan pengiriman lebih luas- Jangkauan pengiriman kurang luas

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa JNE dan TIKI merupakan dua jasa pengiriman yang sangat baik dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun jika harus memilih, mungkin JNE lebih baik dari segi jam operasional, tarif atau ongkos kirim, dan jangkauan pengiriman yang luas.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

JNE vs TIKI

VS

Leave a Reply