Pilih Mana: Joox atau Soundcloud?

Loading...

Musik merupakan salah satu media yang bisa menjadi hiburan bagi sebagian besar orang. Saat ini banyak aplikasi streaming musik yang dapat Anda gunakan untuk mendengarkan musik, dua di antaranya yaitu Joox dan Soundcloud. Manakah yang paling baik untuk Anda gunakan? Joox atau Souncloud?

Joox dan Soundcloud merupakan dua aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mendengarkan berbagai lagu. Joox merupakan sebuah aplikasi layanan streaming melalui internet. Sedangkan Soundcloud merupakan sebuah platform yang dapat Anda gunakan untuk mendistribusikan suara atau musik secara online.

Joox

Joox merupakan sebuah layanan musik streaming yang diluncurkan oleh Tancent Holdings Ltd, dari Tiongkok. Aplikasi atau layanan ini tersedia dalam bentuk app untuk Android, iOS, dan juga dapat diakses pada situs web. Pengguna dapat mendengarkan jutaan lagu pada aplikasi ini. Penjelasan mengenai Joox pernah kami bahas pada Spotify vs Joox.

Kelebihan Joox

Berikut beberapa kelebihan Joox yang perlu Anda ketahui:

  • Bisa Mendapatkan VIP Gratis

Salah satu kelebihan Joox adalah Anda bisa mendapatkan VIP gratis. Di aplikasi Joox, tidak semua lagu bisa Anda dapatkan secara gratis. Terdapat sekitar 40% lagu yang memiliki status VIP, lagu tersebut hanya bisa didengarkan oleh pengguna yang berstatus VIP saja. Hal baiknya adalah, terdapat berbagai cara yang bisa membuat Anda menjadi user VIP tanpa perlu melakukan pembayaran.

  • Bisa Melatih Kemampuan Bernyanyi

Kelebihan lain yang dimiliki Joox adalah Anda bisa melatih kemampuan bernyanyi. Terdapat berbagai pilihan lagu yang dapat Anda mainkan sambil berkaraoke. Hasil dari aktivitas tersebut juga dapat Anda simpan atau Anda bagikan. Anda juga dapat mengatur hasil karaoke untuk bisa dilihat private atau publik.

  • Memiliki Fitur Timer

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki Joox adalah memiliki fitur timer. Dengan adanya fitur timer ini, Anda tidak perlu khawatir jika lupa mematikan timer. Dengan demikian, Anda dapat dengan leluasa mendengarkan lagu saat mau tidur dan nantinya akan berhenti secara otomatis sesuai dengan timer yang telah Anda setting.

Kekurangan Joox

Berikut beberapa kekurangan Joox yang perlu Anda ketahui:

  • Terlalu Banyak Iklan

Salah satu kekurangan Joox adalah terlalu banyak iklan yang muncul. Hal ini dikarenakan adanya fitur gratis yang bisa membuat pengguna bisa mendapatkan VIP dengan mudah. Hal ini membuat iklan sering muncul saat Anda sedang mendengarkan lagu pada Joox. Namun, jika Anda merupakan user atau pengguna VIP, tidak akan ada iklan yang mengganggu.

  • Koleksi Lagu Kurang Lengkap

Kekurangan lain yang dimiliki Joox adalah koleksi lagu yang dimiliki kurang lengkap. Meskipun koleksi lagu yang adalah pada Joox telah mencapai jutaan, tapi masih ada saja lagu yang tidak terdapat pada Joox. Karena itulah, bisa dikatakan bahwa Joox memiliki koleksi lagu yang kurang lengkap.

Loading...
  • Pengaturan Kualitas Suara Memengaruhi Penggunaan Data

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Joox adalah kualitas suara yang akan diatur dapat memengaruhi penggunaan data pengguna. Pada aplikasi Joox, musik dapat diatur dengan kualitas yang low, medium, atau high. Dengan menggunakan pengaturan kualitas low, Anda dapat menghemat data, tetapi jika Anda menggunakan kualitas high maka penggunaan data akan menjadi lebih besar pula.

Kelebihan JooxKekurangan Joox
- Bisa mendapatkan VIP gratis - Terlalu banyak iklan
- Bisa melatih kemampuan bernyanyi- Koleksi lagu kurang lengkap
- Memiliki fitur timer- Pengaturan kualitas suara memengaruhi penggunaan data

Souncloud

Dikutip dari Wikipedia.org Souncloud merupakan sebuah platform yang dapat Anda gunakan untuk mendistribusikan berbagai suara atau rekaman suara secara online. Soundcloud dirilis pada Agustus 2007 di Jerman oleh Alex Ljung dan musisi Eric Wahlforss.

Kelebihan Soundcloud

Berikut beberapa kelebihan Soundcloud yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Mengunduh Lagu Secara Gratis

Salah satu kelebihan Souncloud adalah Anda dapat mendengarkan lagu dan mengunduh lagu secara gratis. Anda dapat mengunduhnya tanpa perlu membuka aplikasi atau website lainnya secara gratis. Dengan demikian, Anda dapat lebih mudah mendapatkan lagu yang Anda inginkan.

  • Dapat Membagikan Hasil Rekaman Secara Langsung

Kelebihan lain yang dimiliki Soundcloud adalah, Anda dapat membagikan hasil rekaman Anda secara langsung tanpa perlu membuka aplikasi Soundcloud. Namun untuk melakukan hal ini, Anda perlu memiliki akun dan menjadi pengguna Soundcloud.

  • Tidak Ada Iklan yang Mengganggu

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Soundcloud adalah Anda dapat melakukan aktivitas mendengarkan lagu atau aktivitas lainnya dengan nyaman. Hal ini dikarenakan pada Souncloud tidak terdapat iklan yang sering mengganggu dan membuat pengguna menjadi kurang nyaman.

Kekurangan Souncloud

Berikut beberapa kekurangan Soundcloud yang perlu Anda ketahui:

  • Kadang Terjadi Loading yang Lama

Salah satu kekurangan soundcloud adalah kadang terjadi lemot atau terjadi loading yang lama. hal ini biasanya akan terjadi jika pengguna melakukan perekaman dengan ukuran file yang besar dan ketika file yang besar tersebut diunggah ke media sosial maka akan terjadi lemot dan loading yang lama.

  • Harus Memiliki Akun

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Souncloud adalah perlu memiliki dan membuat akun terlebih dahulu. Namun, hal ini merupakan sesuatu yang biasa terdapat pada sebagian besar aplikasi bahwa pengguna harus memiliki akun dan membuat akun terlebih dahulu.

  • Koleksi Lagu Kurang Lengkap

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Soundcloud adalah tidak semua lagu yang Anda inginkan ada atau terdapat pada Soundcloud. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa aplikasi Soundcloud ini kurang lengkap atau tidak lengkap memiliki koleksi lagu.

Kelebihan SouncloudKekurangan Soundcloud
- Dapat mengunduh lagu secara gratis- Kadang terjadi loading yang lama
- Dapat membagikan hasil rekaman secara langsung- Harus memiliki akun
- Tidak ada iklan yang mengganggu- Koleksi lagu kurang lengkap

Pilih Mana: Joox atau Soundcloud?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Joox dan Soundcloud. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

JooxSouncloud
- Diluncurkan oleh Tencent Holdings Ltd asal Shenzen, Tiongkok - Didirikan di Berlin, Jerman oleh Alex Ljung dan musisi Eric Wahlforss
- Bisa mendapatkan VIP gratis- Tidak bisa mendapatkan atau menyediakan VIP gratis
- Terdapat banyak iklan- Terbebas dari iklan

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Joox dan Soundcloud di atas, dapat disimpulkan bahwa Joox lebih baik untuk Anda gunakan dengan fokus mendengarkan lagu. Tapi Soundcloud lebih tepat untuk Anda yang memiliki fokus merekam suara dan membagikannya pada publik.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Joox vs Soundcloud

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *