GadgetsHiburanMusikSmartphone

Pilih Mana: JOOX atau Spotify?

Mendengarkan musik merupakan cara paling mudah untuk menghilangkan rasa bosan dan stress. Anda bisa dengan mudah mendengarkan musik dimanapun dan kapanpun selagi memiliki smartphone. Terdapat beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mendengarkan musik. Seperti halnya JOOX dan Spotify, kedua layanan yang sangat populer digunakan saat ini.

Dari kedua aplikasi tersebut, tentu ada beberapa perbedaan fitur beserta kekurangannya masing-masing. Untuk ini simak pembahasan berikut ini agar Anda dapat menentukan mana yang terbaik untuk digunakan.

JOOX

Bagi Anda yang suka mendengarkan streaming musik secara gratis, JOOX bisa jadi pilihan paling tepat. Dimiliki oleh perusahaan pengembang WeChat, lebih dari dua juta lagu dan daftar putar pilihan siap untuk Anda nikmati secara gratis. Uniknya, untuk mendengarkan lagu, salah satu aplikasi pemutar musik ini menyediakan opsi mendengarkan musik secara offline.

Selain dapat diakses melalui handphone, kamu juga bisa install Joox di PC atau laptop Anda. Ini adalah perwujudan dari tagline dari Joox, yaitu “Music Anytime Anywhere”. Baca Juga Pilih Mana: Joox atau Soundcloud?

Kelebihan JOOX

1. Koleksi Musik Terlengkap
Mulai dari artis, genre, ataupun lagu favori dapat Anda temukan di JOOX. Aplikasi ini memiliki manajemen yang lebih lengkap dibanding aplikasi musik serupa lainnya. Selain itu, JOOX memiliki fitur Top Charts serta New Release yang memungkinkan Anda untuk up-to-date perkembangan musik di seluruh dunia saat ini.

Dengan koleksi sebanyak ini, Anda juga dapat membuat playlist pilihan sendiri yang juga dapat dibagikannya ke orang terdekat.

2. FREE Radio
Selain playlist yang lengkap, JOOX ternyata juga memiliki fitur FREE Radio di mana Anda dapat mendengarkan lagu-lagu pilihan editor profesional di bidang musik (Editor’s Pick) yang siap menemani Anda berkatifitas sehari-hari.

3. Musik Berlisensi
Bagi para fans yang menghargai karya-karya idolanya. JOOX memberikan akses tak terbatas untuk menikmati koleksi musik berlisensi (Unlimited Licensed Music) agar dapat mengapresiasi karya-karya artis favorit secara legal.

4. Tersedia Lirik
Uniknya, JOOX juga telah menyediakan lirik lagu yang memudahkan Anda saat menyanyikannya.

5. Bisa Karaokean
Jika Anda ingin melatih kemampuan menyanyi, aplikasi JOOX merupakan pilihan yang tepat untuk anda. Terdapat berbagai lagu yang bisa diputar sambil berkaraoke, hasilnya juga bisa Anda bagikan ke media sosial.

Kekurangan JOOX

1. Lagu Kurang Lengkap
Lagu yang sudah tersedia pada aplikasi JOOX memang banya, namun masih ada banyak lagu yang belum tersedia pada aplikasi ini. Maka dari itu jangan heran jika suatu ketika Anda tidak dapat menemukan lagu-lagu tertentu.

2. Terlalu Banyak Iklan
JOOX memasangkan iklan pada aplikasinya untuk mendapatkan keuntungan. Tidak jarang pada saat mendengarkan sebuah lagu ada beberapa detik iklan yang tiba-tiba muncul dan harus di dengar juga. Ini tentu sangat menganggu.

Beli JOOX online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

Spotify

Layanan musik dari perusahaan Swedia ini tak kalah populer dari JOOX. Lebih dari 30 juta lagu siap Anda dinikmati. Spotify tersedia dalam 2 versi, gratis dan premium. Perbedaannya terletak pada ketersediaan kualitas audionya. Tampilannya juga sederhana dan mudah digunakan, lengkap dengan playlist Spotify terkini.

Lihat juga:  8 Merk Bluetooth Speaker Terbaik 2022

Kelebihan Spotify

1. Tampilan Sederhana dan Ringan
Spotify mengutamakan kemudahan pengguna saat menggunakan aplikasinya daripada membuat tampilan yang menarik. Terbukti dengan tampilan berlatar belakang hitam dan teks putih sangat nyaman saat dilihat.
Dikarenakan tampilan yang sederhana yang membuatnya menjadi sangat ringan saat dibuka tanpa perlu menunggu lama untuk masuk ke aplikasi.

2. Playlist Beragam
Bagi Anda yang bingung saat memilih lagu, tenang saja pada aplikasi Spotify terdapat sangat banyak playlist yang dapat kita dengar. Tidak hanya itu, spotify juga memiliki fitur follow yang memungkinkan Anda untuk mengikuti atau follow playlist tertentu.

Selain itu Anda juga dapat melihat lagu yang sedang hits dan viral dari berbagai negara, seperti Jepang, Belgium, Vietnam dan masih banyak negara lainnya.

3. Tersedia Banyak Lagu
Tak dapat pungkiri bahwa Spotify menyediakan berbagai lagu dan genre. Saat ini jumlah lagu yang dapat di dengar mencapai 30 juta lebih dan akan terus bertambah kedepannya.

4. Lagu Terupdate
Saat ada lagu baru yang dikeluarkan oleh penyanyi atau band, tidak butuh waktu lama untuk mendengarkan lagu tersebut pada aplikasi pemutar musik Spotify. Pasalnya, lagu tersebut otomatis rilis di aplikasi Spotify.

5. Ada Konten Podcast
Yang membuat Spotify berbeda dari aplikasi streaming lain ialah, tersedianya podcast yang dapat di dengar oleh penggunanya. Banyak pilihan podcast mulai dari genre galau, komedi, zodiak hingga podcast motivasi pun tersedia di spotify.

Kekurangan Spotify

1. Tidak Ada Fitur Timer
Sangat disayangkan aplikasi pemutar musik yang terbilang cukup populer ini tidak menyediakan fitur timer bagi penggunanya untuk dapat mengatur music berhenti pada jam tertentu.

2. Membayar Jika Ingin Premium
Ketika mengunduh dan menggunakan aplikasi Spotify maka otomatis Anda akan mendapatkan trial premium selama 7 hari. Namun, setelah masa trial habis, anda harus membayar sebesar Rp 49.990 untuk perbulannya.

3. Tidak Dapat Mengganti Tema
Memiliki tampilan yang minimalis, membuat pihak developer tidak menyediakan fitur untuk mengganti theme pada Spotify. Maka dari itu aplikasi ini sangat tidak cocok bagi anda yang memiliki sifat bosan saat terlalu sering melihat tema dari aplikasi tersebut.

Beli Spotify online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

Pilih Mana: JOOX atau Spotify?

Keterangan JOOXSpotify
Kelebihan - Koleksi Musik Terlengkap - FREE Radio - Musik Berlisensi - Tersedia Lirik - Bisa Karaokean- Tampilan Sederhana dan Ringan - Playlist Beragam - Tersedia Banyak Lagu - Lagu Terupdate - Ada Konten Podcast
Kekurangan - Lagu Kurang Lengkap - Terlalu Banyak Iklan- Tidak Ada Fitur Timer - Membayar Jika Ingin Premium - Tidak Dapat Mengganti Tema
Beli OnlineKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Baik Joox maupun Spotify memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Anda dapat menentukan sendiri mana aplikasi streaming musik yang Anda sukai setelah membaca artikel di atas. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

JOOX atau Spotify

VS