Home

Pilih Mana: Jotun atau Dulux?

Memilih cat yang baik bukan hanya memilih warna yang baik dan tahan lama saja. Tapi, cat yang baik adalah cat yang juga memiliki kandungan yang baik untuk penghuni bangunan. Saat ini berbagai merek cat telah dituntut untuk memiliki kandungan yang aman digunakan. Banyak merek cat populer yang dapat Anda gunakan. Dua di antaranya adalah cat Jotun dan Dulux. Dari dua jenis cat tersebut, mana yang lebih baik untuk Anda gunakan? Jotun atau Dulux?

Cat Jotun dan cat Dulux merupakan dua yang memiliki kualitas yang sangat baik. Produk cat Jotun telah banyak menerima sertifikat hijau karena memiliki kandungan yang bebas logam berat dan mengandung VOC yang rendah. Tidak hanya Jotun, cat Dulux juga merupakan cat yang memiliki kandungan timbal yang rendah sehingga aman untuk digunakan.

Cat Jotun

Cat Jotun merupakan cat cat terkemuka di dunia. cat Jotun ini didirikan pada 1926 di Norwegia oleh Odd Gleditsch. Saat ini Jotun telah membesar dan memiliki 74 perusahaan dengan 40 fasilitas produksi di seluruh dunia.

Kelebihan Jotun

Berikut beberapa kelebihan cat Jotun yang perlu Anda ketahui:

  • Mudah Dibersihkan

Cat Jotun memiliki varian cat interior yaitu Essence Easy Wipe yang dibuat untuk membantu Anda memperindah dinding rumah Anda. Karena kemampuan yang dapat dibersihkan, berbagai kotoran rumah tangga sehari-hari dapat dengan mudah dihapuskan. Varian cat Jotun ini mudah dibersihkan, rendah jamur, mudah diaplikasikan, dan mengandung rendah VOC.

  • Tahan Cuaca dan Anti Lumut

Cat Jotun memiliki varian cat untuk menjaga dinding eksterior Anda dari kondisi cuaca maupun dari lumut dan jamur, varian cat tersebut yaitu Essence Tough Shield. Cat ini dikhususkan untuk eksterior yang berbahan dasar akrilik emulsi termodifikasi yang diformulasikan. Varian cat ini juga sangat mudah diaplikasikan. Selain itu, varian cat Jotun yang dapat tahan dari segala cuaca adalah Jotashield. Cat ini tahan terhadap hujan atau panas dan akan membuat warna cat Anda tahan lama dan bersinar sepanjang waktu.

  • Banyak Produk yang Mendapatkan Sertifikat Green Label

Diutip dari Kompas.com banyak produk Jotun yang mendapatkan predikat green label karena memiliki kandungan yang aman. Produk tersebut misalnya Jotaroof yang 100% bebas APEO, formaldehida, dan logam berat sehingga termasuk ke dalam Green Product (Sesuai dengan Sertifikasi Singapore Green Label. Selain itu, misalnya cat interior dari Jotun yaitu Essence Easy Wipe yang mengandung VOC yang rendah sehingga aman untuk digunakan.

  • Melindungi Rumah dari Penetrasi Air

Jotun WaterGuard melindungi dinding rumah Anda dari penetrasi air. Dinding rumah Anda dipastikan terlindung dari penyerapan air karena cat ini diformulasikan menggunakan Water Lock Technology. Tidak hanya itu cat ini juga dapat mencegah pertumbuhan jamur dan kerusakan lapisan cat. Jotun WaterGuard adalah cat emulsi eksterior yang cocok untuk penggunaan pada beton, dinding eksterior dan batako. Cat ini dikembangkan menggunakan formula modied acrylic 1 komponen. Menggunakan cat Jotun varian ini akan membuat bangunan Anda akan aman dari kebocoran.

Kekurangan Jotun

Berikut kelebihan cat Jotun yang perlu Anda ketahui:

  • Masih Kurang Kuat untuk Menahan Resapan Air

Cat Jotun WaterGuard memang dapat melindungi bangunan dari resapan air. Namun, dibandingkan dengan cat Dulux AquaShield yang juga berfungsi melindungi bangunan dari resapan air dan kebocoran, cat Dulux lebih unggul daripada cat Jotun. Berdasarkan hasil tes AkzoNobel Global Exterior team cat Dulux sudah terbukti lebih tebal dan dua kali lebih kuat daripada cat anti air merek lainnya.

  • Memiliki Varian yang Lebih Sedikit

Dibandingkan dengan cat Dulux, cat Jotun menawarkan varian yang tidak lebih banyak daripada cat Dulux. Varian cat Jotun untuk eksterior maupun interior masih lebih sedikit daripada cat Dulux.

  • Memiliki Kandungan Timbal yang Tinggi

Kekurangan lain yang dimiliki oleh cat Jotun adalah memiliki kandungan timbal yang tinggi. hal ini diketahui dari hasil tes pada seluruh merek cat dan mendapatkan hasil bahwa hanya ada dua merek cat yang memiliki kandungan timbal yang rendah, yaitu cat Dulux dan Catylax. Timbal yang terkandung dalam cat ini memberikan dampak yang sangat buruk untuk perkembangan otak anak.

Kelebihan Cat JotunKekurangan Cat Jotun
- Mudah untuk dibersihkan - Masih kurang kuat untuk menahan resapan air
- Tahan cuaca dan anti lumut- Memiliki varian yang lebih sedikit
- Banyak produk yang mendapatkan sertifikat green label- Memiliki kandungan timbal yang tinggi

Cat Dulux

Cat Dulux merupakan salah satu yang yang memiliki kualitas yang tinggi dan telah banyak dipercaya untuk digunakan. Salah satu kelebihan cat Dulux adalah memiliki banyak varian dan varian warna sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Baca juga: Toa vs cat Dulux.

Kelebihan Cat Dulux

Berikut beberapa kelebihan cat Dulux yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Banyak Varian dan Warna Cat

Salah satu kelebihan cat Dulux adalah memiliki varian dan warna yang lebih banyak daripada cat Jotun. Varian cat Dulux baik eksterior maupun interior jauh lebih banyak ini dapat memudahkan pembeli dalam memilih. Orang juga dapat dengan mudah mendapatkan cat sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

  • Memiliki Varian Cat Anti Rembes yang Telah Teruji

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh cat Dulux adalah varian Dulux AquaShield yang dimiliki oleh cat Dulux lebih baik dalam melindungi tembok dari rembesan air dan mencegah kebocoran. Dulux AquaShield adalah varian cat Dulux yang berfungsi menjadi pelapis anti bocor berkualitas tinggi yang memberikan perlindungan maksimal dari kebocoran dan rembesan air sehingga rumah Anda terlindungi dari air lebih lama. Hal ini telah dibuktikan dengan hasil tes AkzoNobel Global Exterior team.

  • Memiliki Kandungan Timbal yang Rendah

Keunggulan selanjutnya yang dimiliki oleh cat Dulux adalah memiliki kandungan timbal yang rendah. Hal ini diketahui Ketika BaliFokus menganalisa sampel cat pada 2013, hanya Dulux dan Catylac yang memproduksi cat dengan timbal rendah. Seperti yang kita ketahui, timbal memiliki dampak yang sangat buruk untuk tumbuh kembang anak. Sehingga Anda perlu memerhatikan kandungan yang ada di dalam cat.

Kekurangan Cat Dulux

Berikut beberapa kekurangan cat Dulux yang perlu Anda ketahui:

  • Masih Mengandung VOC yang Tinggi

Salah satu kekurangan cat Dulux adalah kadar VOC yang terkandung masih tinggi. hal ini tentu berbeda dengan cat Jotun yang telah berhasil mendapatkan sertifikat hijau yang diberikan untuk berbagai macam produk, seperti rendah volatile organic compound (VOC), anti bakteri, produk yang mudah dibersihkan (washable), dan lain sebagainya.

  • Harga Relatif Lebih Mahal

Kekurangan lain yang dimiliki cat Dulux adalah memiliki harga yang lebih tinggi daripada cat Jotun. Cat Dulux memang dikenal cat yang memiliki harga yang relatif lebih mahal dari kebanyakan jenis cat lainnya. Namun, Dulux memiliki kualitas yang sebanding dengan harga yang diberikan.

  • Kualitas Cat untuk Atap lebih Rendah

Dulux dan Jotun sama-sama memiliki varian produk yang dikhususkan untuk mengecat atap. Namun jika dibandingkan dengan cat atap dari Jotun, kualitas cat atap dari Dulux lebih rendah. Cat atap dari Jotun 100% bebas APEO, formaldehida, dan logam berat, sedangkan cat Dulux belum memaparkan hal yang serupa. Dengan demikian cat atap dari Dulux masih mengandung logam berat dan belum bebas dari APEO.

Kelebihan Cat DuluxKekurangan Cat Dulux
- Memiliki banyak varian dan warna cat- Masih mengandung voc yang tinggi
- Memiliki varian cat anti rembes yang telah teruji - Harga relatif lebih mahal
- Memiliki kandungan timbal yang rendah- Kualitas cat untuk atap lebih rendah

Pilih Mana: Jotun atau Dulux?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara cat Jotun dan cat Dulux. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua merek cat tersebut:

Cat JotunCat Dulux
- Memiliki kandungan timbal yang tinggi- Memiliki kandungan VOc yang tinggi
- Memiliki sedikit varian- Memiliki lebih banyak varian
- Harga relatif lebih murah- Harga relatif lebih mahal

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai cat Jotun dan cat Dulux, dapat disimpulkan bahwa cat Jotun memiliki banyak produk yang telah mendapatkan sertifikat green label. Hal ini menandakan bahwa produk tersebut aman digunakan dan tidak berbahaya. Namun, cat Jotun memiliki varian yang lebih sedikit dibandingkan cat Dulux.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Jotun vs Dulux

VS

Leave a Reply