ElektronikHomeLayananPerabotan Rumah Tangga

Pilih Mana: J&T atau Sicepat?

Seiring berkembangnya zaman, belanja online telah menjadi trend tersendiri bagi masyarakat Indonesia hampir setiap kalangan. Kemudahan mencari dan kelengkapan yang disuguhkan setiap kategori produk yang dijual secara online dan harga relative lebih murah menjadi alasan tersendiri bagi masyarakat ketimbang harus datang ke toko secara langsung.

Selain itu, layanan jasa ekspedisi-ekspedisi terbaik di Indonesia yang menawarkan jasanya hingga ke berbagai pelosok daerah di Indonesia. Terdapat 2 ekspedisi terbaik yang akan kita bahas pada artikel ini yaitu, J&T dan Sicepat. Simak kelebihan dan kekurangan dari kedua ekspedisi ini!

J&T

J&T sendiri merupakan perusahaan penyedia jasa pengiriman barang dengan mengedepankan pelayanan dan fasilitas terbaik yang ditawarkan untuk pelanggan di seluruh kawasan Indonesia.

Perusahaan ini menawarkan pengiriman dalam kota, antar kota, antar provinsi ataupun bagi pelanggan e-commerce. Menariknya lagi, J&T menawarkan layanan jemput ditempat sehingga mempermudah customer dalam melakukan pengiriman barang.

Kelebihan J&T

1. Beroperasi 365 hari tanpa libur
Demi memaksimalkan kepuasan pelanggan, J&T Express memberlakukan operasi 365 hari tanpa libur, meskipun hari besar sekalipun sehingga memudahkan masyarakat dalam mengirimkan paket.

2. Jangkauan seluruh Indonesia
J&T sendiri memiliki cakupan jangkauan ke seluruh Indonesia. Ini membuktikan keseriusan ekspedisi ini melayani pelanggan hingga ke pelosok negeri.

3. Ongkos Kirim Terjangkau
Biaya pengiriman biasanya menjadi kendala bagi pelanggan. Bahkan terkadang, ongkos kirim lebih mahal dari harga barang yang dikirimkan. Maka dari itu J&T memberlakukan biaya ongkos kirim lebih murah demi meringankan beban terhadap pelanggan.

4. Sistem Pelacakan Real Time
Bagi Anda yang ingin mengecek posisi paket Anda berada dimana, maka Anda dapat mengecek paket melalui website yang disediakan oleh J&T. Caranya pun cukup sederhana, hanya dengan membuka website J&T dan memasukan nomor resi, Anda akan dapat melihat posisi paket sedang berada dimana.

5. Ada Asuransi
Jangan khawatir jika barang Anda hilang, rusak ataupun cacat, pasalnya, J&T menyedikan klaim asuransi ganti rugi.

6. VIP Platform
Kelebihan lain yang ditawarkan J&T yakni VIP platform dan hanya dimiliki oleh jasa ekspedisi satu ini. VIP platform ini menjadi bukti kualitas pelayanan yang diberikan J&T begitu maksimal kepada sang pelanggan.

Kekurangan J&T

1. Aplikasi yang kurang memadai
2. Customer service belum terlalu kompeten
3. Pengiriman terkadang lama

Lihat juga:  Pilih Mana:¬†Oppo atau Huawei?

Sicepat

SiCepat dinilai positif oleh banyak orang karena kemudahan dalam memilih layanan pengiriman. Cakupan pengiriman SiCepat juga luas karena mencapai seluruh Indonesia dan dibeberapa negara tetangga.

Selain itu, Sicepat menyediakan berbagai layanan yang dapat memudahkan konsumen mengirimkan paket keluar maupun dalam negeri. Beberapa layanan yang sudah dikenal luas seperti Siuntung, HALU, H3LO, BEST maupun GOKIL selalu menjadi Andalan bagi para pengirim paket.

Kelebihan Sicepat

1. 15 Hours Delivery
Sicepat berkomitmen untuk mengirimkan barang lebih cepat, yaitu hingga 15 jam tanpa biaya tambahan.

2. Pickup Delivery
Jasa pengiriman Sicepat Express juga menyediakan layanan pickup atau ambil barang apabila memenuhi batas maksimal yaitu 5 paket atau bobotnya melebihi 5 kilogram.

3. Layanan Ganti Rugi
Pihak Sicepat bertanggung jawab penuh melakukan ganti rugi jika barang hilang atau rusak dengan kadar barang 1kg minimal Rp 500.000 dan maksimal 5kg Rp 2.500.000.

4. Request Resi
Tracking status paket akan sangat mudah dilacak oleh pemilik online shop maupun customer. Dimana SiCepat sudah menawarkan software Request Resi yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui status pengiriman barang.

Kekurangan Sicepat

1. Keterlambatan pengiriman hingga berkali-kali
Beberapa orang mengeluhkan keterlambatan pengiriman yang dilakukan oleh pihak Sicepat. Bisa jadi karena faktor alam seperti kemacetan dan lain sebagainya.

2. Pickup kurir yang lama
Terkadang, saat mengpickup barang, kurir datang cukup lama. Tak jarang kurir mengalami kendala dan menuruh pelanggan mengantar sendiri paketnya.

Pilih Mana: J&T atau Sicepat?

Keterangan J&TSicepat
Kelebihan - Beroperasi 365 hari tanpa libur - Jangkauan seluruh Indonesia - Ongkos Kirim Terjangkau - Sistem Pelacakan Real Time - Ada Asuransi - VIP Platform- 15 Hours Delivery - Pickup Delivery - Layanan Ganti Rugi - Request Resi
Kekurangan - Aplikasi yang kurang memadai - Customer service belum terlalu kompeten - Pengiriman terkadang lamaada Negara Tertentu- Keterlambatan pengiriman hingga berkali-kali - Pickup kurir yang lama

Kesimpulan

Itulah perbandingan dari J&T dan Sicepat yang dapat Anda jadikan patokan dalam memlih. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

J&T atau Sicepat

VS