Pilih Mana: Kaftan atau Abaya?

Loading...

Saat ini fashion muslim terus berkembang. Dua jenis pakaian yang identik dengan pakaian umat muslimah adalah kaftan dan abaya. Kedua jenis pakaian ini memang kerap dipakai untuk beragam acara, khususnya acara keagamaan. Manakah yang lebih sesuai untuk Anda pakai? Kaftan atau abaya?

Kaftan dan abaya merupakan dua pakaian yang sama-sama memiliki ukuran yang relatif longgar dan tidak menonjolkan lekukan tubuh. Meskipun memiliki persamaan, kedua jenis pakaian ini juga memiliki banyak perbedaan. Perbedaan keduanya dapat Anda baca pada artikel berikut ini.

Kaftan

Kaftan merupakan salah satu pakaian yang pada awalnya berasal dari kerajaan Persia Kuno. Awalnya kaftan ini didesain untuk para kaum pria dengan ukuran yang panjang. Namun saat ini khususnya di Indonesia, kaftan merupakan pakaian yang lebih dikhususkan untuk perempuan. Dikutip dari desainer Tuty Adib di Detik.com penggunaan kaftan sudah menjadi bagian dari tradisi umat muslim di Indonesia saat Lebaran.

Kelebihan Kaftan

Berikut beberapa kelebihan kaftan yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Banyak Variasi Warna

Salah satu kelebihan kaftan adalah memiliki banyak variasi warna. Kaftan tersedia dalam berbagai warna mulai dari warna yang terang hingga warna gelap. Dengan banyaknya variasi warna yang diberikan ini, Anda dapat memilih kaftan sesuai dengan warna yang Anda inginkan.

  • Cocok untuk Berbagai Acara

Kelebihan lain yang dimiliki oleh kaftan adalah cocok untuk berbagai acara. Anda hanya perlu menyesuaikan warna dan motif yang ada pada kaftan dengan acara yang akan dihadiri. Kaftan memiliki banyak motif yang dapat menjadi pilihan untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Terbuat dari Berbagai Jenis Bahan

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh kaftan adalah terbuat dari berbagai jenis bahan, seperti sutera, wol, kasmir, dan sebagainya. Anda bisa memilih kaftan ini dengan bahan yang sesuai untuk kebutuhan Anda. Bahan ini juga dapat disesuaikan dengan acara yang akan Anda hadiri agar tampak lebih serasi dan sepadan.

Kekurangan Kaftan

Berikut beberapa kekurangan kaftan yang perlu Anda ketahui:

  • Terdapat Varian dengan Bahan Transparan

Semakin berkembangnya dunia fashion, bahan yang digunakan dalam pembuatan kaftan juga semakin banyak dan berkembang. Salah satu hal yang menjadi kekurangan kaftan adalah terdapat beberapa varian kaftan yang memiliki bahan transparan sehingga Anda harus menggunakan pakaian lagi di dalamnya. Kaftan jenis ini misalnya kaftan yang dibuat menggunakan bahan ceruti. Hal ini tentu berbeda dengan abaya yang sebagian besar menggunakan bahan yang tidak transparan dan tidak pernah menggunakan ceruti sebagai bahan pembuatannya.

  • Lebih Sulit untuk Memilih

Kekurangan lain yang dimiliki oleh kaftan adalah dapat membuat Anda lebih sulit dalam memilih. Hal ini terjadi sebab kaftan tersedia dalam berbagai model dan warna sehingga dapat membuat Anda lebih sulit dalam menentukan pilihan.

  • Membutuhkan Perawatan yang Baik

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh kaftan adalah beberapa varian adalah membutuhkan perawatan yang lebih khusus. Hal ini berlaku bagi kaftan yang memiliki pernak-pernik yang mudah terlepas jika tidak dirawat dengan baik.

Loading...
Kelebihan KaftanKekurangan Kaftan
- Memiliki banyak variasi warna- Terdapat varian dengan bahan transparan
- Cocok untuk berbagai acara- Lebih sulit untuk memilih
- Terbuat dari berbagai jenis bahan- Membutuhkan perawatan yang baik

Abaya

Abaya merupakan salah satu pakaian yang berasal dari Timur Tengah. Abaya sebenarnya lebih identik dengan warna hitam. Namun, saat ini abaya telah dibuat dengan beberapa warna lain dan divariasikan dengan berbagai pernak-pernik atau bordiran. Penjelasan mengenai abaya telah mai bahas sebelumnya pada abaya vs gamis.

Kelebihan Abaya

Berikut beberapa kelebihan abaya yang perlu Anda ketahui:

  • Tampilan Lebih Simple

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh abaya adalah cocok bagi pengguna yang ingin memiliki penampilan yang simple . Abaya merupakan busana yang identik dengan warna gelap dan memiliki motif yang tidak terlalu mencolok. Hal ini membuat orang yang memakai abaya tampak lebih simple namun tetap elegan.

  • Memiliki Ukuran yang Longgar

Salah satu kelebihan abaya adalah biasanya memiliki ukuran yang lebih longgar. Dengan ukurannya yang longgar ini, maka bagian tubuh atau lekuk tubuh Anda tidak akan terlalu terlihat dan menunjang agar penampilan Anda sesuai dengan syar’i.

  • Bahan Tidak Transparan

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh abaya adalah biasanya terbuat dari bahan yang relatif lebih tebal. Saat ini belum ada ditemukan abaya yang dibuat dari bahan yang transparan atau sangat tipis seperti salah satu varian kaftan yang terbuat dari bahan ceruti. Hal ini tentunya menjadi nilai lebih abaya karena lebih memudahkan dan tidak perlu menggunakan pakaian yang berlapis-lapis.

Kekurangan Abaya

Berikut beberapa kekurangan abaya yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Sedikit Jenis Bahan yang Digunakan

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh abaya adalah biasanya hanya terbuat dari beberapa jenis bahan saja, misalnya katun dan lain sebagainya. Sedangkan kaftan terbuat dari banyak bahan yang lebih bervariasi seperti sutera, kasmir, wol dan sebagainya. Anda bisa memilihnya dengan varian bahan yang beragam.

  • Memiliki Pilihan Model dan Motif yang Terbatas

Kekurangan lain yang dimiliki oleh abaya adalah memiliki model dan motif yang terbatas. Abaya tentunya memiliki model dan motif tertentu. Namun motif tersebut biasanya tidak terlalu jauh berbeda dengan abaya biasanya. Bagi Anda yang menyukai penampilan yang mencolok, maka abaya bukan pilihan tepat untuk Anda.

  • Memiliki Variasi Warna yang Terbatas

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh abaya adalah memiliki variasi warna yang terbatas. Abaya lebih identik dengan warna hitam. Namun, saat ini abaya telah tersedia dengan pilihan warna lain. Tetapi pilihan warna abaya masih lebih sedikit dibandingkan kaftan. Bagi orang yang tidak terlalu mementingkan warna, ini malah hal baik karena tidak memusingkan. Tapi bagi orang-orang yang menyukai warna dan corak yang banyak maka kurang cocok untuk memilih abaya.

Kelebihan AbayaKekurangan Abaya
- Tampilan lebih simple- Lebih sedikit jenis bahan yang digunakan
- Memiliki ukuran yang longgar- Memiliki pilihan model dan motif yang terbatas
- Bahan tidak transparan- Memiliki variasi warna yang terbatas

Pilih Mana: Kaftan atau Abaya?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara kaftan dan abaya. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

KaftanAbaya
- Memiliki banyak variasi warna- Memiliki lebih sedikit variasi warna
- Terdapat varian dengan bahan yang tipis- Biasanya bahan yang digunakan lebih tebal
- Memiliki banyak pilihan model- Memiliki lebih sedikit pilihan model

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai kaftan dan abaya, dapat disimpulkan bahwa kedua jenis pakaian ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memilih kaftan untuk acara tertentu, dan Anda bisa pula memilih abaya untuk acara tertentu pula yang sesuai.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kaftan vs Abaya

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *