Home

Pilih Mana: Kalsiboard atau Triplek?

Plafon menjadi salah satu bagian dari konstruksi bangunan yang digunakan sebagai langit-langit. Umumnya, pemasangan plafon bermaksud untuk mencegah cuaca panas ataupun dingin supaya tidak langsung masuk ke dalam rumah. Pemilihan plafon untuk rumah juga bergantungan dengan jenis plafon, banyaknya jenis plafon diantaranya yang biasa banyak menjadi pilihan orang adalah plafon Kalsiboard dan Triplek.

Plafon Kalsiboard dan Triplek adalah plafon yang dari dulu hingga sekarang banyak diminati oleh seluruh masyarakat. Tetapi apakah kamu tahu mana yang lebih bagus diantara keduanya? Dan apa kelebihan dan kekurangannya masing-masing? Untuk menjadi pertimbangan kamu artikel kali ini akan membahas kelebihan dan kekurangan plafon Kalsiboard dan Triplek. Yuk, langsung saja baca penjelasannya di bawah ini.

Kalsiboard

Kalsiboard adalah material bangunan yang terbuat dari campuran semen, pasir silika, dan serat selulosa. Kemudian bahan-bahan tersebut diproses sedemikian rupa, lalu dikeringkan dengan memakai tekanan dan temperatur yang sangat tinggi. Hal inilah yang membuat Kalsiboard bersifat aman bagi kesehatan serta ramah terhadap lingkungan. Baca juga Pilih Mana: Kalsiboard atau GRC?

Kalsiboard juga merupakan bahan bangunan yang anti rayap, anti lapuk, dan anti karat. Kalaupun menimbulkan noda air di plafon Kalsiboard , perbaikannya cukup dilakukan dengan mengamplas lalu mengecat kembali. Yang paling penting yaitu plafon Kalsiboard lebih tahan terhadap api

Kelebihan Kalsiboard

  • Aman bagi kesehatan
    Kelebihan pertama yang melekat pada Kalsiboard adalah bahwa material ini sangat aman bagi kesehatan. Kalsiboard mengandung nol persen asbes. Perlu diketahui, asbes merupakan salah satu penyebab kanker paru-paru. Tanpa adanya kandungan asbes juga membuat kalsiboard tidak gampang patah.
  • Pemasangan mudah dan cepat
    Satu dari sekian banyak ragam Kalsiboard adalah Kalsiboard recessed. Kalsiboard ini memiliki bagian pinggiran yang lebih tipis sehingga mempermudah dalam penyambungannya. Hasilnya permukaan sambungan sama rata dengan permukaan lembaran. Bahkan tanpa pemakaian kompon pun Kalsiboard-Kalsiboard tersebut sudah terhubung dengan kuat.
  • Kuat tetapi lentur
    Kebanyakan material yang kokoh cenderung lemah terhadap gaya tarik. Berbeda halnya dengan Kalsiboard yang mempunyai kekuatan dan elastisitas yang bagus. Tidak hanya plafon yang datar, Kalsiboard juga dapat dimanfaatkan untuk membuat plafon yang melengkung. Artinya Kalsiboard dapat digunakan untuk menciptakan plafon dengan berbagai bentuk tanpa mengurangi kekuatannya.

Kekurangan Kalsiboard

  • Tingkat kembang susun tinggi
    Kekurangan yang dimiliki oleh Kalsiboard adalah mempunyai tingkat kembang surut yang tinggi. Ukuran Kalsiboard akan bertambah ketika musim penghujan karena strukturnya mengembang. Namun sebaliknya, jika musim kemarau maka ukurannya akan berkurang akibat strukturnya menyusut.
  • Terkadang patah saat sedang dipasangkan
    Kekurangan satu ini terkadang saat ingin menggunakan atau memasangkan Kalsiboard mudah patah, jadinya kamu perlu berhati-hati saat kamu sedang memasangkan Kalsiboard ya guys pastikan pemasangan dengan benar.

  • Memerlukan rangka yang lebih kuat
    Kekurangan yang terakhir pada plafon Kalsiboard adalah harus memerlukan rangka yang lebih kuat saat memasang plafon Kalsiboard ini. Karena dengan rangka yang kuat akan lebih memastikan pemasangan pada plafon Kalsiboard ini menjadi lebih aman.
Jenis Plafon KalsiboardKeterangan
Kalsiboard Ling 3.5Kalsiboard Ling 3.5 adalah papan untuk plafon dengan ketebalan 3.5 mm, yang digunakan untuk aplikasi ruangan dalam dan dipaku pada rangka kayu.
Kalsiboard Ling 4.5Kalsiboard Ling 4.5 adalah papan untuk plafon dengan ketebalan 4.5 mm, yang digunakan untuk aplikasi ruangan dalam dan dipaku pada rangka kayu.
Kalsiboard Ling 6Kalsiboard Ling 6 adalah papan untuk aplikasi ruangan dalam dan plafon luar dengan ketebalan 6 mm. Kalsiboard Ling 6 memiliki daya tahan lebih dibandingkan dengan produk lain, dan solusi tepat untuk mendapat hasil plafon yang sempurna.

Triplek

Triplek adalah sejenis papan pabrikan yang terdiri dari lapisan kayu (veneer kayu) yang direkatkan bersama-sama. Kayu lapis merupakan salah satu produk kayu yang paling sering digunakan.

Triplek bersifat fleksibel, murah, dapat dibentuk, dapat didaur ulang, dan tidak memiliki teknik pembuatan yang rumit. Triplek biasanya menggunakan kayu solid karena lebih tahan retak, susut, atau bengkok.

Lembaran kayu yang tipis (biasa disebut veneer) direkatkan bersama dengan arah serat atau urat kayu (grain) yang diatur sedemikian rupa untuk menciptakan hasil yang lebih kuat biasanya saling bersilangan (90°) antar lapisan yang berdekatan. Kamu bisa membeli plafon Triplek ini di depo bangunan.

Kelebihan Triplek

  • Harga yang terjangkau
    Kelebihan yang utama dari plafon Triplek ini adalah bahwa dari sisi harga harganya lebih terjangkau, jika dibandingkan dengan pesaingnya yang sudah dijelaskan di atas yaitu plafon Kalsiboard, maka akan jauh lebih murah plafon Triplek.
  • Mudah didapatkan
    Kelebihan lainnya adalah bahwa plafon Triplek ini mudah untuk kamu dapatkan pada dasarnya plafon Triplek menjadi unggulan bagi banyak orang dari kalangan atas hingga kalangan bawah. Jadi sangat mudah kamu dapatkan ya guys.
  • Pemasangan yang mudah
    Kelebihan yang satu ini menjadi pilihan saat orang ingin mencari plafon agar mencari keselamatan saat proses pemasangannya mudah. Karena karakteristiknya yang ringan, plafon ini mudah dipasang dan dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Bisa banget kamu kerjakan sendiri. Dan juga bertekstur halus. Pori-pori pada triplek yang digunakan untuk langit-langit rumah sangat rapat sehingga terlihat halus, mulus, dan lebih rapi; membuatnya lebih mudah dicat dan di dekorasi sesuai dengan keinginan.
Lihat juga:  Pilih Mana: Cobek Kayu atau Cobek Batu?

Kekurangan Triplek

  • Tidak tahan api
    Karena terbuat dari material kayu, plafon triplek mudah terbakar sehingga penempatannya tidak disarankan terlalu dekat dengan sumber api. Keurangan yang pertma ini memang sangat disayangkan ya guys, karena memang pada dasarnya plafon Triplek ini sejak lampau menjadi pilihan banyak orang hingga saat ini.

  • Takan mudah lembab
    Kekurangan lainnya adalah bahwa plafon Triplek juga akanlembab apabila terekspos air terus-menerus. Walaupun tahan air, plafon triplek yang umurnya sudah tua tidak akan tahan air dan mudah keropos. Hal ini sudah banyak dirasakan oleh semua orang yang menggunakan plafon Triplek.
  • Debu dan sarang mudah menempel
    Kekurangan lainnya adalah plafon Triplek ini mudah sekali menempel dengan debu atau sarang yang berasal dari keadaan ruangan. Hal ini akan membuat kamu harus membersihkannya juga kamu harus tetap menjaga kebersihan pada keadaan rumah kamu baik juga keadaan plafonnya, paling tidak harus kamu bersihkan dalam waktu 1 minggu sekali.
Jenis Plafon Triplek Keterangan
Partikel boardJenis yang pertama ini adalah bahwa plafon ini memiliki fungsi akan tahan air jenis dari palfon ini banyak dimiati oleh semua orang.
MultiplekJenis plafon dengan olahan dasar plywood merupakan kulit kayu yang berlapis-lapis dan di press.
BlockboardBlockboard masih memiliki kelemahan yang ada pada solid wood, lemah pada arah melintang serat kayu. Oleh karena itu perlu diperhatikan arah serat permukaan blockboard.

Tips dan Cara Memilih Plafon yang Tepat

  • Yang pertama adalah kamu harus lebih dulu memilih jenis plafon yang memang kamu butuhkan dan kamu inginkan, karena berbagai jenis plafon yang bisa kamu ketahui. Kebanyakan orang akan memilih jenis plafon yang murah dan mudah didapatkan, padah jika kamu lebih cermat pemiulihan plafon untuk rumah kamu juga harus kamu pilih sesuai ketahanannya misal ketahanan terhadap kelembaban dan lain sebagainya.
  • Kemudian yang kedua kamu perlu perhatikan ketinggian plafon seperti yang diketahui semua orang bahwa cuaca diindonesia sangatlah panas dengan plafon yang tinggi akan lebih membuat suatu ruangan menjadi lebih sejuk. Ketinggian yang netral atau norma biasa adalah sekita 3 meterdari permukaan lantai.
Dengan ketinggian plafon tersebut, selain berpengaruh pada sirkulasi udara, juga dapat menjauhkan sumber radiasi panas dari kepala.
  • Ketiga pemilihan warna, warna putih masih menjadi pilihan untuk mewarnai plafon rumah karena dianggap memberikan kesan lapang, terang, dan bersih. Warna terang layaknya biru muda, dan hijau muda sangat cocok sebagai solusi dengan plafon rendah. Sementara itu pada plafon dengan tinggi menjulang, warna yang dapat diaplikasikan lebih bebas lagi. Warna-warna hangat seperti merah, oranye, dan kuning atau bahkan warna gelap seperti ungu dan coklat dapat digunakan lho guys.
  • Keempat saat kamu sudah memilih plafon yang benar dengan tingkat ketinggian yang benar juga pastikan tips aman lainnya seperti kamu menjaga keselamatan saat pemasangan plafon. Dengan menjaganya keamanan pemasangan plafon dapat menghindari kamu terjadinya hal-hal buruh yang akan terjadi.

Pilih Mana: Kalsiboard atau Triplek?

KalsiboardTriplek
Kelebihan- Aman bagi kesehatan - Pemasangan mudah dan cepat - Kuat tetapi lentur - Harga yang terjangkau - Mudah didapatkan - Pemasangan yang mudah
Kekurangan- Tingkat kembang susun tinggi - Terkadang patah saat sedang dipasangkan - Memerlukan rangka yang lebih kuat - Tidak tahan api - Takan mudah lembab - Debu dan sarang mudah menempel

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai plafon Kalsiboard dan Triplek, keduanya adalah jenis plafon yang menjadi pilihan bagi banyak orang. Kedua jenis plafon juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika kamu ingin memilih plafon yang aman dan lebih tahan terhadap api maka plafon Kalsiboard bisa menjadi pilihan untuk kamu. Semog artikel kali ini dapat bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kalsiboard vs Triplek

VS