Pilih Mana : Kamera Canon atau Nikon?

Loading...

Canon dan Nikon adalah dua produsen utama yang terkenal dalam dunia fotografi. Sebenarnya tidak hanya kedua merek itu saja, karena ada pula produsen Sony, Pentax, Panasonic, Hasselblad dan lain sebagainya. Namun, Canon dan Nikon telah melekat pada kepala penggemar fotografi sehingga pilihan pertama biasanya jatuh ke dua merek dari Jepang itu. Menurut Anda bagus mana kamera Canon atau Nikon?

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Tentang kamera Canon dan Nikon
– Kelebihan & kekurangan kamera Canon dan Nikon

Sebenarnya, pilihan Canon dan Nikon semua tergantung dari pengguna (fotografer) masing-masing. Dan hal ini sangat sulit jika hanya dibandingkan secara spesifikasi di atas kertas saja. Spesifikasi teknis tidak bisa menjamin tingkat kepuasan atas sebuah kamera. Karena pada akhirnya pengalaman pengguna yang lebih menentukan.

Canon
Canon pertama kali memperkenalkan kamera DSLR-nya seri D30 pada tahun 2000. Perlu Anda ketahui, bahwa kamera Canon memiliki penamaan yang berbeda-beda tergantung pada daerah pemasarannya. Misalnya di Eropa disebut 700d, di AS disebut Rebel T5i dan di Jepang disebut Kiss X7i, meskipun semuanya masih satu tipe dan satu produk.

Kelebihan Canon yang bisa Anda ketahui:

1. Teknologi yang memudahkan fotografer
Canon memiliki sistem pengolah gambar yang dapat menjaga kecepatan frame lebih cepat daripada Nikon, yang dapat membantu kelancaran hasil gambar sehingga tidak perlu melakukan terlalu banyak pengeditan setelah pemotretan, teknologi ini sangat disukai oleh fotografer yang biasanya melakukan Point and shoot.

2. Kompatibel dengan semua jenis lensa
Lensa Canon relatif lebih murah dibandingkan Nikon, kamera Canon biasanya kompatibel dengan semua jenis lensa EOS.

Kekurangan Canon yang bisa Anda ketahui:

Loading...

1. Hasil gambar yang lebih soft
Jika Anda ingin hasil jepretan yang lebih detail dan tajam, sebaiknya jangan pilih Canon. Ini karena kamera Canon memiliki kecenderungan hasil jepretan yang lebih lembut sehingga teksturnya tidak terlalu jelas. Namun hal ini cocok untuk fotografer yang menginginkan hasil foto yang lebih hangat (berkat setting default) sehingga akan membuat warna kulit objek terlihat lebih menarik.

2. Material bahan yang tidak terlalu bagus
Umumnya kamera Canon untuk pemula memiliki material bahan kamera yang bisa dikatakan kurang bagus dan juga tidak begitu nyaman saat digenggaman.

Nikon
Nikon adalah salah satu merek yang paling konservatif dalam soal teknologi kamera. Kebalikan dari Canon, sistem penamaan kamera Nikon menggunakan huruf ‘D’ yang berarti ‘Digital’ di bagian depan sebelum angka. Perlu diketahui, DSLR Nikon juga dapat dibedakan dengan melihat tanda merah di bagian handgrip-nya.

Kelebihan Nikon yang bisa Anda ketahui:

1. Kualitas gambar
Keunggulan kamera Nikon terletak pada lensa dan fitur-fiturnya dibandingkan dengan kamera Canon, karena lensa yang dimiliki oleh kamera Nikon memberikan kualitas gambar yang lebih baik dan fitur yang dimiliki oleh Nikon juga lebih lengkap, ini telah menyebabkan lebih banyak fotografer profesional mengaku menggunakan kamera Nikon.

2. Pegangan (grip) yang nyaman saat digunakan
Pegangan kamera Nikon relatif lebih nyaman digenggam sehingga tidak membuat penggunanya kesulitan dan merasa pegal saat menggunakannya dalam waktu yang cukup lama.

Kekurangan Nikon yang bisa Anda ketahui:

1. Harga lensa yang tergolong mahal
Tidak seperti Canon yang kompatibel, Nikon biasanya agak rewel dengan urusan lensa dan harganya sedikit di atas lensa Canon.

3. Sistem pengolahan yang lambat
Meskipun memiliki sistem pengolahan gambar yang lambat. Pengguna Nikon dapat mensiasatinya dengan menggunakan mode Raw.

Pilih Mana : Kamera Canon atau Nikon?

CanonNikon
Body- Umumnya memiliki desain body yang lebih gendut dan besar- Umumnya didesain dengan tampilan yang lebih mungil sehingga tidak terasa berat dan besar
Harga Lensa - Lensa Canon lebih kompatibel sehingga tergolong bersahabat di kantong- Lensa Nikon yang tidak kompatibel membuat harga lensa Nikon jauh lebih tinggi (mahal)
Segi ketahanan- Umumnya Canon masih bisa bertahan dan digunakan meskipun terkena jipratan air- Kamera Nikon akan mengalami kerusakan pada shutter-nya ketika terkena jipratan air

Kesimpulan
Kedua kamera memiliki kelebihan dan kekurangan yang sama, masing-masing tergantung pada kebutuhan penggunanya. Jika Anda merupakan fotografer pemula sebaiknya menggunakan kamera Canon karena pengoperasian menu kamera yang jauh lebih mudah dimengerti. Lain halnya dengan kamera Nikon yang cenderung menggunakan keterampilan dalam pengambilan gambar. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kamera Canon vs Nikon

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *