Kantor

Pilih mana: Kantor Minimalis atau Industrial?

Kantor merupakan tempat dimana Anda akan menghabiskan waktu setidaknya cukup lama untuk melakukan pekerjaan bersama dengan rekan kerja Anda lainnya. Oleh sebab itu, terkadang mendekorasi kantor menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Karena hampir sebagian besar kita menghabiskan waktu di kantor.

Kantor yang nyaman akan membantu Anda untuk meningkatkan kreativitas serta leluasa dalam berkreasi. Ada berbagai konsep desain kantor yang saat ini sangat marak diterapkan untuk berbagai interior kantor.

Dari berbagai konsep desain itu diantaranya adalah Minimalis dan Industrial. Keduanya memiliki ciri khas dan gayanya masing-masing. Nah, bagi Anda yang berpikir untuk merancang serta mendekorasi ruang kantor Anda dengan nyaman. Kedua konsep ini bisa Anda terapkan, loh.

Penasaran, hal apa saja yang perlu Anda lakukan untuk menerapkan konsep interior kantor Anda dan apa saja kira-kira keunggulan dari keduanya? Yuk langsung disimak di Selera.id

Kantor Minimalis atau Industrial

Kantor Minimalis

Kantor Minimalis adalah kantor yang didesain terlihat modern. Kantor minimalis biasanya tidak mengusung warna yang lebih dominanataupun mencolok namun netral. Perabotan dan benda-benda penunjangnya juga sangat minimalis dan simple.

Kantor dengan konsep desain minimalis ini semakin marak diterapkan pada interior perkantoran. Karena sangat relevan dengan aktivitas yang biasa dilakukan di kantor. Kantor minimalis juga terkesan sederhana namun elegan. Baca juga: Desain Interior Kantor Minimalis Modern Terbaik

Kelebihan Kantor Minimalis

Berikut ini Kelebihan Kantor Minimalis:

  • Memiliki fungsional yang baik
    Kelebihan jika Anda mengusung konsep minimalis pada kantor lebih kepada fungsional perabotnya. Anda tidak perlu menyediakan perabot yang banyak dan padat untuk ruang kantor Anda. Keberadaan perabotan kantor yang terbatas akan jauh lebih bermanfaat dibandingkan perabotan mewah dan canggih yang ternyata jarang dipakai. Selain berpengaruh buruk pada produktivitas dan kreativitas karyawan, keberadaan perabotan mewah dan canggih itu juga mampu membebani pengeluaran kantor. Oleh karena itu, Anda tidak perlu memikirkan perlengkapan dengan berbagai fasilitas di dalamnya. Anda hanya memerlukan perangkat dengan fungsi dasar yang memang benar-benar dibutuhkan karyawan.
  • Memberikan kenyamanan
    Konsep kantor ini lebih erat pada generasi milenial. Apalagi jika sebagian besar karyawan Anda adalah kaum muda. Beberapa dari mereka memiliki kepribadian yang bebas oleh karena itu ruangan kantor yang menyenangkan akan memberikan kesan nyaman. Hal ini bisa didapatkan lewat desain interior kantor minimalis yang bisa memberi rasa nyaman dalam bekerja. Ruang terbuka yang menjadi ciri khas kantor minimalis ini mampu mendorong adanya kolaborasi dan ide-ide kreatif yang ada di pikiran.
  • Biaya operasional yang ekonomis
    Bagi Anda yang menginginkan kantor yang baik tetapi tidak ingin mengeluarkan biaya yang besar maka kantor dengan konsep minimalis ini wajib Anda coba. Karena konsep ruang kantor minimalis ini bisa menjadi sarana penghematan untuk perusahaan,loh. Selain tak perlu membeli perabotan dalam jumlah banyak, biaya perawatannya juga tidak terlalu besar. Anda tak perlu merekrut karyawan terlalu banyak yang bekerja hanya untuk membersihkan ruang kantor.

Kantor Minimalis atau Industrial

Kekurangan Kantor Minimalis

Berikut ini Kekurangan Kantor Minimalis:

  • Memiliki kesan monoton
    Kekurangan dari kantor yang berkonsep minimalis ini kadang terlihat monoton karena tidak terkesan lebih sederhana pada bentukan-bentukan elemen pada interior minimalisnya. Hal ini bisa memberikan kesan yang monoton. Apalagi jika interior tidak ditata dengan baik
  • Memiliki warna yang terkesan kaku
    Pemilihan warna seringkali mempengaruhi ruang kantor Anda. Seperti yang ada pada konsep minimalis ini. Kantor minimalis lebih menekankan warna yang tidak mencolok dan cerah. Seperti: putih, hijau, abu-abu dan coklat. Hal ini yang membuat ruang kantor dengan konsep ini cenderung terkesan kaku.
  • Tampilan terkesan kosong
    Kekurangan yang biasanya kerap kali hadir pada konsep minimalis ini terletak pada tampilannya yang terkesan kosong. Hal ini terjadi apabila ruang kantor Anda memiliki area yang luas namun tidak memiliki banyak karyawan yang berada didalamnya.
Lihat juga:  7 Merk Kursi Kerja Terbaik 2020

Kantor Industrial

Kantor Industrial adalah Kantor dengan bangunan yang identik pada penggunaan material yang berbahan dasar metal, dan dinding bata dengan lantai dasar biasanya menggunakan kayu,beton, ataupun semen. Bahan-bahan mentah yang berasal dari alam menjadi ciri khas kantor industrial.

Karakteristik kantor yang mengusung konsep yaitu memberikan kesan unfinished. Biasanya tipe desain ini populer digunakan untuk cafe-cafe. Tetapi sekarang sudah mulai banyak orang menggemari tipe desain ini untuk diterapkan untuk dekorasi rumah/residensial. Baca juga: 16 Desain Interior Kantor Industrial Terbaik

Kantor Minimalis atau Industrial

Kelebihan Kantor Industrial

Berikut ini Kelebihan Kantor Industrial:

  • Lebih hemat biaya
    Kelebihan dari kantor dengan konsep industrial yaitu pada pemilihan materialnya. Berbeda dengan konsep lain yang kerap membutuhkan material tambahan seperti gypsum, aci, bahkan cat tembok. Konsep industrial ini justru tidak membutuhkan itu semua. Oleh karena itu, ketika merancang kantor dengan konsep ini Anda tidak perlu merogoh kocek yang banyak.
  • Ramah lingkungan
    Kelebihan lainya ada pada perabotan dan furnitur-furnitur yang ada pada kantor. Karena konsep industrial sangat erat hubungannya dengan furnitur-furnitur bekas. Maka desain ini cocok dengan penggunaan barang-barang bekas yang ramah lingkungan.
  • Memiliki kesan hangat
    Konsep industrial ternyata juga mampu memberikan kesan yang nyaman dan juga hangat,loh Mengapa? Karena pemilihan warna yang natural menunjukkan kesan sederhana. Hal ini juga menjadi salah satu kelebihan pada konsep industrial.

Kekurangan Kantor Industrial

Berikut ini Kekurangan Kantor Industrial:

  • Terlihat berantakan dan kotor
    Konsep industrial kadang cenderung menerapkan langit-langit yang tidak tertutup oleh gypsum atau asbes. Itu sebabnya, mengapa ruangan yang bergaya industrial kerap kotor oleh kotoran yang jatuh dari atas. Konsep Industrial juga tampak terlihat berantakan karena beberapa dari materialnya dipasang begitu saja apa adanya tanpa polesan cat atau tanpa plesteran. Hal ini juga terlihat dari beberapa furnitur bekas yang melengkapi gaya konsep ini, biasanya furnitur bekas akan mudah berkarat dan sukar dibersihkan. Jadi, Anda perlu rajin memperhatikan furnitur dan membersihkan secara telaten.
  • Terlihat gelap
    Dalam konsep industrial kadang penggunaan cahaya tak jarang minim. Pengaturan cahaya lampu untuk konsep industrial ini biasanya terkesan gelap. Lampu yang temaram, akan menambah gelap bila Anda tidak jeli menyiasatinya. Nah, ada beberapa cara untuk
  • Keterbatasan pada perabotan
    Kekurangan lainnya yang ada pada konsep kantor industrial yaitu tampilannya yang kerap kali dianggap maskulin. Sehingga bisa dibilang sangat terbatas dalam hal perabotan dan beberapa furnitur lain. Karena Tidak bisa masuk pada semua barang perabotan yang ada.

Pilih mana: Kantor Minimalis atau Industrial?

Keterangan Kantor Minimalis Kantor Industrial
Kelebihan-Memiliki fungsional yang baik -Memberikan kenyamanan -Biaya operasional yang ekonomis-Lebih hemat biaya -Ramah lingkungan -Memiliki kesan hangat
Kekurangan-Memiliki kesan monoton -Memiliki warna yang terkesan kaku -Tampilan terkesan kosong-Terlihat berantakan dan kotor -Terlihat gelap -Keterbatasan pada perabotan

Kesimpulan

Nah dari pembandingan Kantor Minimalis dan Industrial diatas dapat disimpulkan bahwa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Terlihat dari tampilan dan perabotan yang diperlukan demi menunjang kantor yang nyaman untuk Anda dan beberapa reka kerja Anda. Pada dasarnya kantor yang baik adalah dimana Anda dan rekan kerja Anda merasa nyaman satu sama lain. Karena sebagian besar waktu Anda akan dihabiskan di kantor. Oleh karena itu kenyamanan dan suasana kantor sangat penting untuk Anda perhatikan.
Semoga Bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kantor Minimalis atau Industrial

VS

Leave a Reply