Home

Pilih Mana: Karpet atau Tapijt?

Rumah akan terasa kurang pas jika tidak ada karpet atau tapijt di dalamnya. Keindahan yang disuguhkan dari karpet atau tapijt tentunya akan mempercantik suatu ruangan. Pastinya ada beberapa yang belum tahu perbedaan antara karpet dan tapijt kan? Kali ini saya akan membahas mengenai Karpet dan Tapijt, stay tune ya.

 

Karpet

Siapa yang tidak mengenal karpet ? Begitu banyak jenis dari karpet maka tidak heran begitu banyak pula peminat dari karpet. Baca juga Pilih Mana: Rak Gantung atau Rak Tempel?

Sebagai penghias ruang tamu, karpet juga kerap kita temui di teras, kamar tidur, ruang keluarga, gazebo dan lain-lain. Merek terkenal dari karpet diantaranya IKEA, Ace Hardware, Informa dan sebagainya.

Karpet juga kerap dipakai di acara-acara besar seperti kegiatan penghargaan Piala Oscar, upacara-upacara penghargaan lain, acara-acara besar, dan pemutaran perdana film-film top.

Jenis Karpet

Adapun jenis dari karpet yang begitu beragam, diantaranya adalah:

Karpet Sutra
Karpet sutra ialah salah satu karpet yang berasal dari serat alamiah. Karpet sutra kurang sering di dengar dikarenakan biayanya yang relatif mahal. Akan tetapi biayanya yang mahal pastinya karena mutu teratas dari karpet tipe ini, karpet sutra sering menunjukkan kesan modern, bahannya halus, dan umumnya bercorak dengan corak yang kokoh.

Karpet Wol
Karpet wol mempunyai olahan yang halus, wol pula mempunyai energi tahan yang besar, karpet tipe ini tahan bercak serta air, bahannya pula amat aman buat kulit. Bila dirawat dengan baik, wol dapat bertahan sampai puluhan tahun, tetapi harga karpet ini termasuk karpet yang dikategorikan karpet mahal.

Karpet Nilon
Karpet nilon ialah salah satu tipe karpet berbahan sintetis, karpet ini gampang dibersihkan serta awet, karpet tipe ini pula gampang dipindahkan biayanya pula relatif lebih terjangkau.

Karpet Katun

Olahan dasar katun pula kerap dipakai buat pembuatan karpet, harga karpet katun relatif murah, gampang dibersihkan, tetapi karpet tipe ini mudah rusak dan enggak mempunyai energi tahan yang lama.


Tapijt

Mungkin orang Indonesia masih banyak yang belum mengenal istilah Tapijt namun sering kali melihatnya dan kerap sulit membedakan antara karpet dan tapijt.

Tapijt berasal dari Kota Tabriz terletak 600 kilometer barat Teheran serta salah satu kota terbanyak di Iran dan ibukota provinsi Azerbaijan.

Pada umumnya Tapijt memiliki komposisi yang sama dengan karpet, kerap diikat ataupun ditenun jadi pola ataupun representasi dan juga cenderung memiliki ukuran yang lebih lebar dimana lantai mampu ditutup dari bilik ke bilik (wall- to- wall) dan lebar umumnya 4 meter.

Jenis Tapijt

Jenis-jenis dari Tapijt yaitu :

Olahan Sintetis
Poliamida (Nylon) umumnya lebih disukai. Ini terasa relatif lembut, bagus serta yang terkuat dalam catatan olahan serta tahan kotoran. Di sisi lain, sedikit kurang terkenal, dan juga susah untuk ditemukan.

Olahan Serat Alamiah
Kelapa, rami, lamun serta rami merupakan 4 serat alamiah untuk pembuatan Tapijt model ini. Bahan-bahan ini terasa lebih keras, namun biayanya lumayan murah serta amat kokoh.

Pilih Mana: Karpet atau Tapijt?

KarpetTapijt
Kelebihan - Hangat - Nyaman - Memiliki style dan warna yang beragam, - Motif yang lebih elegan - Ukurannya lebih besar - Lebih mudah dibersihkan
Kekurangan- Harus ekstra dalam perawatanya tergantung dengan bahan, - Rentan dengan noda yang mudah melekat pada karpet.- Harga relatif mahal - Banyak memakan tempat

Kesimpulan

Karpet dan Tapijt adalah dua benda yang kegunaanya adalah mempercantik ruangan dan tentunya tidak membuat lantai cepat kotor. Untuk kebanyakan orang Indonesia, karpet lebih banyak digunakan untuk rumah-rumah mereka sedangkan Tapijt cenderung digunakan saat ada sebuah perayaan adat-adat orang Indonesia seperti yasinan, perayaan lahirnya bayi dan sebagainya. Semoga bermanafaat.

 

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Karpet vs Tapijt

VS

 

Leave a Reply