Pilih Mana: Kartu Debit Visa atau MasterCard?

Loading...

Logo VISA dan MasterCard biasanya berada di sudut kartu debit. Anda bisa menggunakan kartu debit ATM, di beberapa bank lokal yang juga mengeluarkan kartu debit dengan logo VISA maupun MasterCard seperti Bank Permata, Bank Mandiri dan lain-lain. Anda bisa membuka tabungan dan membuat ATM dengan logo VISA ataupun MasterCard dan mintalah untuk mengaktifkan kartu agar kartu bisa digunakan transaksi secara virtual. Anda pilih mana: kartu debit VISA atau MasterCard yang cocok Anda gunakan.

Kartu ATM adalah kartu yang dikeluarkan oleh bank untuk layanan pelanggannya yang fungsinya untuk menarik atau mengumpulkan uang tunai pada mesin ATM. ATM itu sendiri adalah singkatan dari Automatic Teller Machine, dan dalam bahasa Indonesia disebut Anjungan Tunai Mandiri. Jadi kartu ATM adalah kartu yang dibutuhkan untuk mengoperasikan mesin ATM. Baca juga Pilih Mana: Kartu Kredit atau Debit?

Selain mengambil uang tunai, manfaat lain dari kartu ATM bisa transfer, cek saldo, bayar pulsa, bayar PLN dan sebagainya berdasarkan ketersediaan menu yang terdapat di mesin. Saat mengambil uang tunai, kartu ATM memiliki batas atau biasa disebut limit. Misalnya kartu bank BCA yang dikenal dengan paspor BCA tipe gold BCA hanya bisa menarik uang tunai maksimum Rp10 juta per hari. Jika sudah sampai jumlah tersebut tapi ingin menambah, harus menunggu keesokan harinya. Dan satu hal penting adalah kartu ATM untuk mengambil uang dari tabungan Anda. Jika saldo sudah habis, jangan berharap mesin mengeluarkan uang untuk Anda. Seperti itulah sedikit penjelasan tentang kartu ATM.

Apa itu Kartu Debit?
Banyak orang mengatakan bahwa kartu ATM dan kartu debit sebenarnya bentuknya sama yakni kartu. Perbedaan antara kartu ATM dan kartu debit hanya terletak pada penggunaannya saja. Kartu ATM bisa dipakai di mesin EDC. Tapi fungsinya bukan untuk menarik uang tunai, tapi untuk belanja tanpa uang tunai alias non tunai. Kartu ATM yang digesek ke mesin EDC, barang belanjaan Anda terbayar dengan memotong saldo yang terdapat di bank dari kartu debit yang Anda miliki. Aturannya sama, intinya Anda tidak akan bisa menggunakan melebihi dari isi saldo yang ada di dalamnya.

Nama VISA dan MasterCard sering terdengar di telinga Anda. Kedua logo ini sering ditemui di mana-mana, baik pada kartu debit dan kartu kredit, dan seluruh ATM dipinggir jalan. VISA dan MasterCard adalah jaringan kartu kredit raksasa, yang berasal dari Amerika. VISA dan MasterCard memiliki ruang lingkup bisnis yang menjangkau ratusan negara di seluruh dunia.

Logo Visa atau Mastercard pada kartu Automated Teller Machine (ATM) Anda bukan hanya logo. Ada konsekuensi dari logo perusahaan pembayaran global. Kedua perusahaan ini menikmati keuntungan dari transaksi debit di Indonesia. Karena di setiap transaksi kartu debit, ada biaya yang harus dibayarkan ke perusahaan asing tersebut. Berikut beberapa perbedaan yang bisa Anda ketahui.

1. Perbedaan Dari Segi Perusahaan atau Provider
VISA adalah produk dari VISA International Services Association (VISA. INC) yang memiliki kantor pusatnya di Foster City California. VISA.INC yang telah didirikan pada tahun 1955, sementara MasterCard berlokasi di Purchase, New York dan telah didirikan pada tahun 1966.

2. Perbedaan Dari Segi Popularitas dan Jangkauan
VISA dan MasterCard adalah jaringan kartu kredit raksasa, yang berasal dari Amerika. VISA dan MasterCard memiliki ruang lingkup bisnis yang menjangkau ratusan negara di seluruh dunia. Karena hampir sama populernya, Anda sering tidak memperhatikan bahwa VISA dan MasterCard adalah dua jaringan kartu kredit yang berbeda, dan saling bersaing satu sama lain.

Loading...

3. Perbedaan Dari Segi Tipe Kartu Kredit
Umumnya, kartu kredit yang ada, apakah menggunakan jaringan VISA atau MasterCard, memiliki 3 jenis kartu kredit seperti perak, emas, dan platina. Namun, VISA dan MasterCard juga menyediakan jenis kartu kredit yang menawarkan hak istimewa lebih dari tiga jenis standar di atas.

VISA Signature yang dikenal secara eksklusif yang merupakan kartu kredit yang dikeluarkan oleh VISA. Kartu ini khusus bagi mereka yang berprofesi sebagai pebisnis atau profesional ternama. Keuntungannya, tentu saja batas minimum kartu kredit minimal, mulai dari 100 juta rupiah sampai tak terhingga. Fasilitas? Jangan tanya, karena sudah pasti sangat eksklusif mulai dari airport lounge, travel assist, keanggotaan klub golf, travel khusus, dan lain-lain. Fasilitas yang dapat dinikmati berupa asuransi perjalanan, travel assist, hingga special priority pass.

MasterCard menyediakan WorldCard MasterCard dengan tingkat yang hampir sama dengan VISA Infinite. Dalam setahun minimal Anda harus menggunakan kartu kredit sebesar 75 juta. Untuk mendapatkan kartu ini, persyaratannya kurang lebih sama dengan VISA Infinite. Namun, kartu World MasterCard diterima dua kali lipat lebih banyak di berbagai negara. Ada juga layanan Identity Theft Resolution Service, layanan untuk melindungi identitas Anda. World Mastercard Elite Adalah kartu dengan tingkat tertinggi dari MasterCard. Privilege juga ditawarkan dengan level tinggi seperti pemesanan hotel kelas atas, bandara, restoran mewah, dan lain-lain.

4. Perbedaan Terkait Perlindungan Nasabah
Sistem keamanan yang ditawarkan oleh VISA berupa memasukkan pin statis atau One Time Password (OTP) ke dalam jendela VISA yang terverifikasi. Sedangkan MasterCard memberikan perlindungan berupa Secure Code (kode pin tambahan yang harus dimasukkan pengguna saat bertransaksi secara online).

5. Perbedaan Masalah Biaya Transaksi
VISA dan MasterCard mengenakan biaya tambahan saat melakukan transaksi. Jika Anda bertransaksi ke luar negeri, VISA membebani biaya yang harus dibayar adalah 1% dari total transaksi, sementara MasterCard memiliki biaya yang berbeda, mulai dari 0,2% sampai 1% tergantung pada merchant.

Kartu debit bertaraf internasional adalah kartu debit yang dapat digunakan di hampir semua negara yang perbankannya berkembang. Contoh kartu debit yang bersifat internasional adalah kartu debit dengan logo “VISA Electron” atau “MasterCard Electronic”. Dari penerbit bank manapun selama VISA atau logo MasterCard dapat digunakan untuk berbelanja hingga di ujung dunia. Contoh produknya adalah kartu debit Bank Mandiri, CIMB Niaga, Maybank BII, Danamon, dan lain-lain. Yang perlu Anda lihat adalah logo bukan nama bank penerbit. Rata-rata, semua bank di Indonesia menerbitkan kartu debit yang bisa digunakan secara internasional. Dan seiring pertumbuhan industri perbankan, hampir semua kartu debit sekarang bisa digunakan secara global.

Pilih Mana: Kartu Debit Visa atau MasterCard?

Kartu Debit VisaMasterCard
- Produk dari VISA International Services Association (VISA. INC) yang telah didirikan pada tahun 1955- MasterCard berlokasi di Purchase, New York dan telah didirikan pada tahun 1966
- Minimum penggunaan mulai dari 100 juta rupiah sampai tak terhingga- Minimum penggunaan mulai dari 75 juta rupiah sampai tak terhingga
- Keamanan dengan pin statis atau One Time Password (OTP)- Menggunakan Secure Code untuk bertransaksi secara online
- Biaya transaksi VISA sebesar 1% dari total transaksi- Transaksi menggunakan MasterCard dikenakan biaya mulai dari 0,2% sampai 1% tergantung pada merchant

Kesimpulan
Intinya baik Visa maupun Mastercard bukan penerbit kartu namun mereka hanya penyedia jaringan dan mengambil keuntungan dari transaksi yang Anda lakukan dengan bank. Jika hanya digunakan untuk penggunaan dalam negeri maka keduanya tidak memiliki perbedaan dalam penggunaan . namun umumnya Visa lebih unggul digunakan bagi Anda yang suka belanja di dalam negeri atau khusuusnya di Asia Pasifik, dan jika Anda termasuk orang yang sering traveling jauh seperti ke Amerika Serikat dan Eropa sebaiknya gunakan MasterCard.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kartu Debit Visa vs MasterCard

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *