Pilih Mana: Kartu Kredit atau Debit?

Loading...

Transaksi non tunai semakin marak dan digemari masyarakat terkhusus masyarakat di kota besar. Alasan utama memilih transaksi non tunai yakni karena kepraktisan dan keamanan dalam bertransaksi. Anda tidak perlu repot membawa uang tunai dalam jumlah besar di dalam dompet, karena uang tersebut tersimpan aman di sebuah kartu pembayaran yang disebut kartu kredit dan juga kartu debit. Dari kedua ini pilih mana: kartu kredit atau debit, keduanya memiliki manfaat positif dalam bertransaksi pembayaran kapan saja Anda perlukan.

Bagi sebagian orang yang awan, beranggapan bahwa kartu kredit maupun kartu debit adalah jenis kartu yang sama, padahal kedua kartu ini berbeda. Memang kedua kartu ini memiliki fungsi yang sama yakni sebagai alat transaksi yang memudahkan penggunanya tanpa harus membawa uang tunai. Dua alat pembayaran yang diterbitkan oleh bank ini memberikan kemudahan bagi setiap nasabahnya. Kini hampir seluruh bank di Indonesia menghadirkan dua jenis kartu ini dengan spesifikasi dan kelebihannya masing-masing.

Meskipun memiliki banyak kemudahan, sebagai nasabah Anda harus bijak dalam menggunakannya. Karena jika salah menggunakan, bisa-bisa Anda terlilit hutang atau uang tabungan akan habis dalam waktu sekejap. Sebelum memilih mana yang cocok Anda gunakan untuk bertransaksi non tunai, baiknya simak beberapa perbedaan yang telah kami rangkumkan untuk Anda. Baca juga Pilih Mana: Kartu Debit Visa atau MasterCard?

1. Pengertian
Kartu kredit sering disebut sebagai kartu yang ajaib, karena dengan kartu kredit, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai transaksi pembelanjaan tanpa perlu menabung terlebih dahulu. Namun perlu diingat dana yang Anda gunakan adalah dana dari bank yang harus Anda kembalikan sebelum tanggal jatuh tempo.

Kartu debit ialah sebuah kartu elektronik yang digunakan untuk menggantikan pembayaran dengan uang tunai. Sumber dana yang ada pada kartu ini berasal dari saldo tabungan si pemegang kartu debit itu sendiri.

2. Fisik
Dalam segi fisik, kartu kredit terdapat keterangan logo bank terkait dan jaringan tertentu (Master Card, Visa), kartu kredit pun memiliki fisik berupa keterangan identitas nama nasabah.

Sedangkan kartu debit memiliki logo bank terkait dan beberapa jaringan yang telah bekerja sama dengan bank seperti BCA, BNI, BRI dan sebagainya, memiliki Visa, Master Card, Cirrus, Maestro dan lain sebagainya.

3. Proses Pembuatan
Dalam proses pembuatan kartu kredit, Anda bisa langsung membuatnya melalui bank atau bisa juga melalui pihak ketiga misalnya melalui online, dan lain-lain. Dalam pengajuan kartu kredit ini pengguna juga tidak perlu memiliki rekening bank. Biasanya, setiap bank memiliki beberapa jenis kartu kredit (perak, emas, platina), dan semuanya memiliki persyaratan yang berbeda. Aplikasi yang disetujui atau tidak disetujui akan didasarkan pada penghasilan, riwayat kredit, dan sebagainya.

Berbeda halnya dengan kartu debit, dimana pengguna harus membuat rekening bank terlebih dahulu. Jika sudah punya nomor rekening, maka fasilitas kartu debit bisa langsung didapat dan digunakan. Kartu debit dapat dimiliki oleh hampir seluruh lapisan masyarakat.

4. Sistem Pembayaran
Dalam menggunakan kartu kredit, ada beberapa jenis sistem pemakaian yang berlaku sesuai dengan kebijakan bank yang bersangkutan. Biasanya jika pengguna kartu menggunakan kartu kredit melebihi batas batas nominal (over limit), maka akan dikenakan penalti dan biaya bunga. Terdapat pula biaya lain yang dikenakan bagi pemilik kartu tersebut saat digunakan di luar negeri. Sementara itu, penggunaan kartu debit sangat bergantung pada saldo yang ada di rekening tabungan pengguna.

Loading...

5. Cara Bertansaksi
Banyak orang menyebut kartu kredit sebagai kartu utang. Karena nasabah tidak perlu memiliki dana terlebih dahulu untuk bertransaksi. Untuk transaksi menggunakan kartu ini, pengguna biasanya diminta untuk menandatangani tanda tangan atau memasukkan PIN oleh pihak merchant. Kartu kredit memiliki batas kredit. Jadi, jika ingin bertransaksi menggunakan kartu kredit, pastikan Anda tahu berapa limit atau limit yang tersisa. Karena kartu ini adalah kartu utang, Anda akan menerima tagihan bulanan sesuai dengan tanggal cetak tagihan yang ditentukan oleh bank. Pengguna diperbolehkan untuk membayar penuh atau cicilan di bulan berikutnya. Jika dicicil, bunga akan dikenakan pada bulan berikutnya.

Berbeda dengan kartu debit, transaksi akan langsung memotong saldo rekening tabungan. Untuk batas transaksi, sesuai dengan jumlah saldo yang ada di rekening masing-masing nasabah. Umumnya, saat menggunakan kartu debit perlu memasukkan PIN saat bertansaksi.

6. Manfaat yang Diterima
Manfaat yang ditawarkan oleh kartu kredit biasanya adalah fitur diskon belanja di toko tertentu, cicilan bunga hingga 0%, cahsback, fasilitas di bandara, dan reward point. Kartu kredit juga bisa digunakan dalam pembayaran tagihan bulanan, seperti tagihan listrik, air, hingga belanja online dengan memasukkan nomor yang tertera di kartu.

Sedangkan manfaat yang diterima dari penggunaan kartu debit tidak ada biaya tambahan atau biaya administrasi saat melakukan penarikan tunai, kartu debit tidak mengenakan biaya saat pengguna akan melakukan penarikan tunai. Kecuali Anda pindah ke bank lain. Manfaat lainnya terdapat juga promo-promo sesuai dengan kebijakan bank yang bersangkutan. Pengguna kartu debit hanya bisa digunakan untuk berbelanja online melalui mesin ATM.

7. Segi Keamanan
Untuk keamanan kartu kredit, jika dulu hanya butuh tanda tangan saja untuk pencairan dana hal inilah yang banyak ditakutkan pemilik kartu kredit saat kehilangan kartu tersebut, karena siapa saja dapat menggunakan kartu tersebut. Dengan banyaknya keluhan tersebut pihak-pihak bank akhirnya meningkatkan keamanan kartu kredit yang disertai dengan nomor PIN. Dalam segi keamanan kartu debit pun membutuhkan PIN atau tanda tangan saat bertransaksi.

8. Kelemahan Layanan
Ada beberapa kekurangan kartu kredit, termasuk biaya bunga yang cenderung tinggi, tarik tunai dengan biaya administrasi yang relatif mahal, memicu hidup konsumtif atau suka berbelanja, serta adanya biaya tahunan.

Sementara itu, Kelemahan kartu debit termasuk ketidaknyamanan harus melalui mesin ATM jika akan melakukan transaksi online, paket promo yang terbilang jarang, tidak bisa melakukan transaksi uang melebihi saldo rekening, dan ada juga iuran tahunan yang dikenakan sesuai dengan kebijakan pada bank yang bersangkutan.

9. Penarikan tunai
Bila menggunakan kartu kredit untuk melakukan penarikan tunai, nasabah akan dikenakan biaya penarikan tunai. Setiap bank penerbit kartu kredit memiliki jumlah biaya yang berbeda. Tapi biasanya, biaya penarikan tunai memiliki tingkat bunga yang cukup tinggi.

Sementara penarikan tunai menggunakan kartu debit, nasabah tidak akan dikenakan biaya tambahan seperti pada kartu kredit. Asalkan, penarikan tunai dilakukan di bank terkait. Karena jika antar bank, maka akan dikenakan biaya dengan nominal tertentu, sesuai dengan kebijakan bank.

Pilih Mana: Kartu Kredit atau Debit?

Kartu KreditKartu Debit
- Dapat melakukan transaksi selama dalam batas limit yang ditentukan- Transaksi tergantung pada saldo tabungan pengguna
- Pembuatan yang mudah dapat dilakukan di bank, online maupun pihak ketiga- Pembuatan kartu debit mengharuskan pengguna membuka rekening terlebih dahulu
- Besarnya penggunaan ditagih setiap bulan dengan tambahan persentase bunga yang cukup tinggi- Penggunaan langsung memotong jumlah saldo di tabungan
- Penarikan tunai dikenai biaya tambahan- Bebas/gratis melakukan penarikan tunai di ATM bank yang bersangkutan
- Memudahkan berbelanja saat keuangan menipis sehingga memicu perilaku konsumtif- Pengeluaran lebih terkontrol

Kesimpulan
Intinya semua tergantung pada kebutuhan penggunanya. Jika Anda lebih memahami hal-hal dan pengaturan sistem keuangan dan memahami konsekuensinya, maka pemilihan kartu kredit menjadi pilihan yang tepat. Sementara itu, kartu debit lebih cocok untuk Anda yang membutuhkan pengaturan keuangan lebih praktis, tanpa harus memikirkan konsekuensi dari berhutang atau bunga bank lainnya. Anda dapat memutuskan untuk tetap menggunakan kartu debit sebagai alat pembayaran non tunai atau menambahkan koleksi kartu elektronik Anda, dengan membuat kartu kredit. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kartu Kredit vs Debit

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *