Pilih Mana: Kasur Latex vs Busa?

Loading...

Kenyamanan tidur pasti menjadi dambaan setiap orang. Untuk kualitas tidur yang berkualitas, dibutuhkan kasur yang tepat. Diantara banyaknya jenis kasur saat ini, terdapat dua jenis kasur yang populer di Indonesia yaitu kasur latex dan busa. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan kasur busa, namun tahukah Anda apa kasur latex itu? Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan mengenai kasur latex dan kasur busa di bawah ini.

Kasur Latex

Bila Anda memutuskan untuk mengganti kasur atau tempat tidur lama Anda, mungkin ada banyak hal yang harus dipertanyakan di dalam diri Anda. Apalagi karena saat ini, kasur tersedia dari beragam pilihan dalam hal teknologi, material, dan brand. Salah satunya adalah kasur latex.

Apa itu latex dan apakah kasur latex memiliki kualitas yang bagus? Apakah kasur latex lebih nyaman dari kasur busa biasa? Bila Anda menginginkan kasur yang bagus untuk kesehatan, apakah kasur latex merupakan pilihan yang tepat? Bagaimana dengan bantal latex? Dan mungkin ada banyak pertanyaan lain yang muncul dalam pikiran.

Artikel kami kali ini tidak dimaksudkan untuk bisa menjawab semua pertanyaan Anda namun memberikan sebuah deskripsi singkat tentang kelebihan dan kekurangan yang Anda dapatkan dengan kasur latex.

Kelebihan kasur latex:

Salah satu kelebihan kasur Latex yang harus Anda ketahui ialah sangat nyaman. Menurut sebuah survei masyarakat, sekitar 85% pengguna kasur latex merasa puas dengan kenyamanan yang diberikannya. Tak elak, kenyamanan adalah faktor utama yang dipikirkan kebanyakan orang saat mereka ingin membeli kasur. Selain faktor kenyamanan, kelebihan kasur latex lainnya yaitu:
– Hypoallergenic, sehingga lebih cocok untuk Anda yang mengidap suatu alergi
– Memiliki sifat ‘bernapas’, atau ventilasi udara yang baik untuk beradaptasi dengan suhu ruangan yang lebih ideal. Kasur latex terasa dingin bila digunakan di udara agak panas, dan hangat bila digunakan pada suhu agak dingin
– Strukturnya kuat, sehingga sangat baik untuk menopang tubuh Anda dengan mengurangi titik tekanan pada seluruh permukaan tubuh. Kelebihan ini akan membuat Anda tidur lebih nyenyak karena mengurangi frekuensi tubuh Anda berguling saat tidur.
– Masa pakai lebih tahan lama dibanding kasur busa biasa. Untuk pemakaian normal, kasur latex bisa memberi manfaat dan kenyamanan tidur yang nyenyak selama bertahun-tahun.

Kekurangan kasur latex:

Kekurangan yang paling mencolok dari kasur Latex adalah harga yang relatif lebih mahal dari kasur spring bed dengan kasur busa biasa. Meski harga yang relatif mahal, kasur latex akan memberikan keuntungan yang jelas, sehingga kasur latex merupakan investasi jangka panjang untuk kesehatan yang baik.

Pertimbangan lain adalah bobotnya lebih berat dari jenis tempat tidur biasa. Jadi Anda membutuhkan bingkai dipan atau tempat tidur yang kuat untuk mendukungnya. Seperti yang dijelaskan di atas, kasur latex memiliki keunggulan sehingga manfaatnya sangat penting bagi Anda.

Kasur Busa

Kasur busa merupakan kasur yang terbuat dari visko elastis atau busa memori. Kasur ini banyak diminati seperti kasur standar masyarakat Indonesia. Beberapa orang sangat menikmati kasur ini, namun ada pula yang kecewa setelah menggunakan kasur busa ini. Jika Anda tertarik untuk menggunakan kasur busa, maka Anda perlu tahu tentang kelebihan dan kekurangan kasur ini agar tidak merasa kecewa di masa mendatang. Baca juga Pilih Mana: Kasur Busa atau Kasur Kapuk?

Loading...

Kelebihan kasur busa:

Sebagian orang yang memilih kasur busa karena teksturnya yang lembut dan nyaman untuk tidur. Jenis kasur busa ada yang biasa-biasa saja sampai berkualitas tinggi. Jika Anda membeli kasur busa sebaiknya carilah yang bergaransi cukup lama, misalnya mulai dari 5 tahun sampai 10 tahun. Dengan harga yang relatif murah jika dibandingkan kasur latex, Anda bisa mendapatkan kualitas yang baik.

Selain itu, ketebalan kasur busa pun bermacam-macam, misalnya ada yang tipis, medium sampai tebal. Selain perhatikan garansi, Anda juga perlu melihat bahan busa yang akan Anda beli. Kasur busa juga bisa dipakai tanpa bingkai tempat tidur. Bahkan, busa bisa ditempatkan langsung di lantai. Jika Anda memilih busa yang cukup tebal, Anda pun tidak akan merasa kedinginan. Anda dapat memilih dan membeli kasur di Informa.

Kekurangan kasur busa:

Selain memiliki banyak kelebihan, kasur busa juga memiliki banyak kekurangan. Kelemahan pertama adalah pengguna merasa lebih cepat kepanasan. Bila dibandingkan dengan kasur latex, busa cenderung lebih panas karena sifatnya tidak bisa menyerap panas. Alhasil, kasur busa kurang cocok untuk digunakan dalam cuaca panas. Bahan busa lebih cocok digunakan di tempat dimana cuaca dingin karena sifat busa itu sendiri ialah panas.

Kedua, kekurangan kasur busa yaitu mudah cekung. Bila orang tidur dengan posisi di tengah busa, terus menerus dengan posisi dan titik yang sama akan menghasilkan busa cekung. Busa baru masih terasa agak keras, namun seiring waktu, busa tersebut akan mudah cekung, sehingga kasur tidak lagi nyaman digunakan.

Kasur Latex vs Kasus Busa

Dari penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa kasur latex lebih baik daripada kasur busa. Meskipun harganya lebih mahal, belilah kasur latex yang berasal dari karet latex alami, yang dianggap lebih menguntungkan dibanding kasur busa bisa. Berikut ini beberapa kelebihan kasur latex dari kasur busa:

1. Tahan tungau
Kasur latex lebih tahan terhadap tungai, bakteri, dan kutu. Alasannya yaitu getah karet terasa pahit bagi hewan-hewan kecil tersebut. Dengan demikian, kasur latex terbilang aman bagi pengguna yang sensitif terhadap alergi atau asma.

2. Tahan air
Kasur latex menjadi target banyak orang karena tidak menyerap air. Hal ini dikarenakan bahan dasar berbasis getah latex. Selama kadar latex di atas 80 persen, kasur tidak akan menembus air.

3. Awet
Kasur latex cenderung bertahan lebih lama dari pada kasur busa. Semakin tinggi kandungan latex di dalamnya, maka semakin lama daya tahannya. Kebanyakan produsen latex bahkan berani menjaminnya selama bertahun-tahun. Untuk Bio Latex, perusahaan memberikan garansi 12 tahun.

4. Mudah bernafas
Kasur latex biasanya memiliki lubang yang dibuat agar tingkat elastisitas terjaga. Semakin tinggi kandungan latex, maka semakin banyak lubang yang dibuat oleh pabrikan. Karena memiliki lubang, maka kasur latex mudah mensirkulasi udara sehingga lebih sejuk.

Kasur LatexKasur Busa
- Dapat bertahan untuk waktu yang cukup lama- Kasur busa lebih mudah mengempis sehingga tidak bisa digunakan untuk waktu yang lama
- Memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga nyaman digunakan di segala cuaca- Sangat cocok digunakan untuk daerah yang dingin karena sifat busa yang agak panas
- Harga lebih mahal mengingat kualitasnya yang baik- Harga lebih terjangkau di kantong

Kesimpulan

Jika Anda tertarik untuk mencoba atau membeli kasur yang terbuat dari latex alami, maka ada satu merek yang paling direkomendasikan, yaitu Dunlopillo. Kenapa?

Dunlopillo adalah pembuat invento kasur yang terbuat dari bahan latex alami, dan terus menerus terus berkembang tiap tahunnya. Maka dari itu, sampai sekarang hanya Dunlopillo yang memiliki teknologi paling mutakhir di kasur latex. Dunlopillo sendiri menyediakan empat jenis kasur latex yaitu Natural Latex, Latex Sintetis, Rebonded Latex dan Bio Latex, yang memiliki 90 persen kandungan latex dan 10 persen sintetis.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kasur Latex vs Busa

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *