Makanan dan MinumanMasak

Pilih Mana: Kecap Manis atau Kecap Asin?

Saat memasak makanan, pasti banyak bumbu yang akan ditambahkan agar masakan kamu menjadi enak, benar? Ya, tentu saja banyak sekali bumbu masakan yang dapat kamu tambahkan kemasakan kamu agar rasanya semakin enak. Kecap Manis dan Kecap Asin adalah salah satu bumbu atau rahasia makanan agar terasa lebih enak dan gurih. Nah, disini saya akan menjelaskan mengenai Kecap Manis dan Kecap Asin tersebut mulai dari apa saja manfaat dari keduanya dan lain sebagainya. Yuk, dibaca.

Kecap Manis

Kecap manis merupakan kecap kental yang mempunyai cita rasa manis berasal dari gula aren. Bahan dasar yang dipakai dalam pembuatan kecap manis adalah kedelai, namun populer terbuat dari kedelai hitam, gula kelapa, garam, dan air. Kacang kedelai hitam difermentasi selama beberapa bulan hingga permukaan kedelai tertutup jamur, bagian ini disebut koji. Kemudian koji direndam pada larutan garam, disebut moromi. Baca juga Pilih Mana: Mentega atau Minyak?

Mengkonsumsi kecap dengan takaran yang cukup tidak masalah karena kecap mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Kecap merupakan olahan dari hasil fermentasi yang dilakukan selama berbulan- bulan. Kecap tipe ini sangat mudah ditemui di Indonesia, dan menjadi salah satu bahan masakan penting dalam masakan Indonesia, misalnya nasi goreng, mi goreng, sate, tongseng, semur. Kecap manis juga sering kali dicampur dengan sambal menjadi sambal kecap. Kecap dapat dicampur bersama masakan ketika dimasak, atau dinikmati sebagai saus.

Manfaat Kecap Manis

Kecap mempunyai kandungan asam amino yang cukup besar yang berasal dari kedelai hitam sehingga bisa menghambat oksidasi kolesterol LDL. Tidak hanya itu kecap mempunyai kandungan vitamin A, fosfor, kalsium, dan juga zat besi. Kecap mempunyai manfaat untuk kesehatan yaitu merendahkan kadar kolesterol, memberikan tambahan asupan vitamin, untuk obat penuaan dini, mengurangi adanya kerusakan ginjal, dan mencegah jantung koroner.

Untuk manfaat dari segi makanan, kecap berperan sebagai pelengkap rasa pada bumbu. Umumnya kecap yang digunakan pada saat memasak akan memberikan warna coklat pada masakannya. Menumis dengan menggunakan berbagai macam kecap akan menghasilkan rasa yang sedap dan gurih. Kamu dapat membeli Kecap Asin di Hypermart.

Cara Penyimpanan Kecap Manis

Kecap merupakan produk hasil olahan fermentasi, sebaiknya menyimpan kecap dengan cara yang bagus agar kecap tidak menjadi jamur. Berikut beberapa cara untuk menyimpan dan memasak kecap dengan baik:
Apabila kecap yang Kamu punya masih tersegel rapi, Kamu dapat menyimpannya pada temperatur ruangan saja.
Bila kecap yang Kamu pakailah sudah terbuka segelnya sebaiknya simpan kecap pada lemari pendingin agar tidak terjadi proses penjamuran.
Untuk membuat ayam kecap, sebaiknya rendam terlebih dahulu ayam dengan lumuran kecap. Diamkan selama kurang lebih 20- 30 menit untuk memperoleh hasil yang lezat.
Kecap juga bisa menjadi cocolan sambal dengan ditambah dengan irisan cabai rawit, bawang merah, dan tomat.

Cara Membuat Kecap Manis Rumahan

Kedelai dicuci sampai bersih setelah itu direbus dengan 2(dua) liter air. Setelah terpecah- pecah dan terkelupas kulitnya, turunkan dari api.
Kedelai dicuci dan dihilangkan kulitnya.
Bumbu-bumbu dihaluskan kecuali daun salam dan lengkuas.
2 liter air dipanaskan setelah itu kedelai, gula merah dan bumbu- bumbu dimasukkan.
Setelah gula merah hancur, turunkan dari api kemudian disaring dengan kain yang bersih hasil saringan inilah yang disebut Kecap.
Tuangkan hasil saringan tadi(kecap) kedalam wadah yang rapat yang sekiranya agar terhindar dari hewan- hewan kecil atau serangga.

Lihat juga:  Pilih Mana: Lactogen atau Lactogrow?

Kecap Asin

Kecap asin adalah sejenis kecap yang rasanya asin. Kecap asin merupakan hasil fermentasi bahan nabati atau hewani berprotein tinggi di dalam larutan garam. Kecap berwarna coklat tua, berbau khas, rasa asin dan dapat mempersedap rasa makanan. Kecap asin dibuat dari kedelai dengan komposisi garam yang lebih banyak, atau bahkan ikan laut.

Kecap asin menjadi salah satu bahan makanan yang biasa dipakai masyarakat Indonesia. Di seluruh dapur masyarakat, pastinya mereka mempunyai kecap asin sebagai bahan makanan. Kandungan garam yang ada di dalam 1 liter botol kecap asin adalah 20%. Hal ini yang menyebabkan rasa asin di dalam kecap ini.

Manfaat Kecap Asin

Kegunaan dari kecap asin yang sangat penting merupakan sebagai bahan makanan. Kecap asin sering digunakan sebagai pengganti garam. Untuk mereka yang sedang menyantap sop jika mendapati makanannya kurang mendapatkan rasa asin, kebanyakan orang akan meminta tambahan kecap asin. Perihal ini dimaksudkan karena kecap asin memiliki tekstur cairan sehingga akan lebih mudah larut atau bercampur dengan makanan yang telah dimasak sebelumnya.

Cara Penyimpanan Kecap Asin

Jika kamu sedang asyik memasak dan mendapati garam kamu habis, kecap asin hendak menjadi pilihan kamu. Tidak hanya itu seringkali masyarakat beranggapan bahwa kecap asin mempunyai rasa asin yang lebih sedikit dibandingkan garam sehingga mereka akan lebih menggunakan kecap asin dibandingkan dengan garam untuk mengurangi resiko darah tinggi. Kecap asin yang umumnya dikemas dalam botol dapat dengan mudah disimpan.

Kamu bisa meletakkan kecap asin dalam ruangan terbuka. Tetapi, kamu harus tetap memperhatikan penutup dari wadah itu sendiri. Untuk mengkonsumsi kecap asin bersamaan dengan makanan yang sudah disajikan, banyak masyarakat yang menambahkan potongan cabai rawit atau bawang putih bersamaan dengan kecap asin ini. Ketika Kamu menyantap sebuah makanan berkuah, kecap asin bisa menjadi teman yang sangat bagus bagi Kamu semua.

Cara Membuat Kecap Asin Rumahan

Mula- mula kedelai difermentasi oleh kapang(aspergillus sp dan Rhizopus sp) menjadi semacam tempe kedelai, kemudian“tempe” ini dikeringkan dan direndam di dalam larutan garam. Garam merupakan senyawa yang selektif pada pertumbuhan mikroba. Hanya mikroba tahan garam saja yang tumbuh pada rendaman kedelai tersebut.

Mikroba yang tumbuh pada rendaman kedelai pada umumnya dari jenis khamir dan bakteri tahan garam, seperti Zygosaccharomyces(khamir) dan Lactobacillus(bakteri). Mikroba ini merombak protein menjadi asam-asam amino dan komponen rasa dan aroma, dan menghasilkan asam. Fermentasi itu terjadi jika kandungan garam cukup tinggi, yaitu antara 15 sampai 20%.

Pilih Mana: Kecap Manis atau Kecap Asin?

Kecap Manis Kecap Asin
Kelebihan - Kecap mempunyai manfaat untuk kesehatan yaitu merendahkan kadar kolesterol - Manfaat dari segi makanan kecap berperan sebagai pelengkap rasa pada bumbu - Harga yang dijual cukup murah- Harga yang murah - Dapat menjadi bumbu penyedap masakan - Mudah untuk kamu dapatkan
Kekurangan - Kecap tidak dianjurkan untuk ibu hamil - Berlebihan mengkonsumsi kecap dapat menghamvat pencernaan- Dalam kesehatan saat berlebihan mengkonsumsi Kecap Asin dapat memicu kanker payudara - Dapat mengganggu kesehatan ginjal

Kesimpulan

Kecap Manis dan Kecap Asin memiliki banyak manfaat ketika kamu menggunakannya atau mengkonsumsinya sesuai takarannya dan tidak berlebihan. Seperti penjelasan diatas, cara penyimpanannya juga perlu kamu perhatikan. Biasanya memang ada yang tidak menyukai Kecap Manis begitu juga dengan Kecap Asin. Jadi keduanya disesuaikan dengan kebutuhan kamu saja, dan sesuai selera kamu saja.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kecap Manis vs Kecap Asin

VS

Leave a Reply