Home

Pilih Mana: Kem-Tone atau Aquaproof?

Dalam memilih cat rumah yang bagus, tentu ada berbagai faktor yang perlu diperhatikan, mulai dari kombinasi warna dasar, jenis ruangan, komposisi dan keunggulan dari merk cat tersebut yang perlu pertimbangan saat memilih cat rumah yang terbaik. Salah satu cat yang mempunyai kualitas terbaik dan membuat sebagian orang bingung memilih mana yang lebih baik?  merk Kem-Tone atau Aquaproof?

Kem-Tone atau Aquaproof memang mempunyai kualitas yang jempolan dan yang pasti mempunyai keunggulannya masing-masing yang akan kita bahas lebih lanjut pada artikel di bawah ini. Yuk disimak!

Kem-Tone

Cat tembok merk kemtone merupakan salah satu cat tembok terbaik dikelasnya. Sudah menggunakan teknologi tinting 100% Acrylic dengan warna lebih dari 250 pilihan warna. Gradasi pilihan warnanya sangat banyak. Khusus untuk tembok eksterior yang tahan terhadap segala cuaca dan sinar UV matahari. Dilengkapi bahan anti lumut dan jamur. Warna tidak gampang pudar. Baca juga Pilih Mana: Kem-Tone atau Jotun?

Cara-Cara Menggunakan Produk Kem-Tone

Untuk Permukaan Tembok Semen Baru
Khusus untuk permukaan tembok semen yang baru, harus dipastikan bahwa permukaan tembok tersebut benar-benar kering (minimal 30 hari). Kadar kelembaban permukaan tembok dapat diukur dengan sebuah alat moisture meter (khusus untuk tembok semen). Kelembaban yang tinggi menunjukkan belum keringnya permukaan tembok tersebut.

Setelah dipersiapkan, permukaan tembok baru bagian interior yang telah kering dapat langsung dicat dengan satu lapis Kem-Tone Alkali Resisting Primer atau Kem-Tone 3 in 1 Primer/Sealer tanpa diencerkan. Setelah kering, aplikasikan dua lapis Kem-Tone Satin Finish Paint atau Kem-Tone Flat Finish Paint tanpa diencerkan.

Penggunaan plamuur atau dempul tembok sangat tidak dianjurkan, terutama untuk tembok eksterior. 

Pengecatan Ulang
Untuk permukaan tembok yang sebelumnya telah dicat, pertama bersihkan tembok dari debu dan kotoran. Kemudian tes terlebih dahulu lapisan cat lama tersebut dengan cara sebagai berikut:

  •  Usapkan telapak tangan anda pada tembok tersebut untuk menguji apakah pada dinding tersebut telah terjadi pengapuran. Jika pada telapak tangan anda terdapat tepung putih yang halus, maka pengapuran sudah terjadi.
  • Siramlah tembok dengan air bersih. Jika air terserap kedalam lapisan cat = maka dapat dipastikan bahwa lapisan cat tersebut sudah tidak layak lagi untuk dicat ulang.

Jika salah satu atau kedua hal  tersebut terjadi, maka ada dua pilihan yang dapat dilakukan sebelum pengecatan ulang dilaksanakan:

  • Penanganan yang terbaik adalah dengan mengelupaskan seluruh lapisan cat yang lama dengan menggunakan Kem-Tone Paint Remover. Setelah itu bersih, basuhlah tembok tersebut dengan air bersih. Setelah kering, tembok telah siap untuk dicat ulang kembali.
  •  Alternatif kedua adalah dengan cara mencuci lapisan cat yang lama dengan menggunakan sikat dan air sabun/detergen. Setelah kering berilah satu lapis Kem-Tone 3 in 1 Primer/Sealer atau Kem-Tone Wall sealer pada tembok tersebut. Setelah kering kini tembok telah siap untuk dicat kembali.
Perlu diingat, alternatif kedua ini bukanlah merupakan solusi terbaik. Jadi, utamakan menggunakan alternatif yang pertama.

Kelebihan Kem-Tone

  • Dapat menutupi permukaan yang tidak rata
    Cat tembok tinting dengan hasil akhir flat (dof) khusus untuk interior. Nuansa flat (dof) dapat menutupi ketidaksempurnaan tembok yang permukaannya tidak rata. Dapat dibersihkan dengan air sabun, ramah lingkungan dan mengandung kadar VOC yang sangat rendah.
  • Tahan terhadap segala cuaca
    Dilengkapi bahan anti lumut dan jamur. Warna tidak mudah pudar serta memiliki ketahanan sinar UV matahari, Sehingga untuk penggunaan cat tembok untuk di dinding luar rumah sangat cocok dan warna pun dapat bertahan lama.
  • Pilihan warna yang banyak 
    Cat Kem-Tone mempunyai pilihan warna yang banyak sekitar 250 pilihan warna yang di tawarkan, Namun bukan hanya itu, Warna dari Kem- Tone juga dapat di campur atau biasa disebut dioplos sehingga mendapatkan warna sesuai dengan keinginan kita.

Kekurangan Kem-Tone

  • Masih mengandung tiimbal yang tinggi
    Kekurangan yang dimiliki cat Kemtone adalah masih memiliki kandungan timbal yang tinggi. Berdasarkan hasil tes, cat Dulux memiliki kandungan timbal yang rendah. Timbal memiliki dampak yang sangat buruk untuk perkembangan mental anak. Karena itulah, cat yang mengandung timbal tinggi harus dihindari.
  • Tidak menguasai pasar cat
    Dibandingkan dengan cat Aquaproof, merek cat Kem-Tone masih terdengar asing bagi sebagian orang. Branding cat Kem-Tone dan penguasaan pasar cat Kem-Tone masih belum bisa menyaingi posisi Aquaproof.
  • Tidak waterproof
    Masalah sebagian orang adalah rumahnya sering lembab akibat terkena air hujan, Berbeda dari cat Aquaproof yang tahan terhdap air, Cat Kem-Tone ini hanya dapat menjaga kelembaban pada dinding saja namun untuk menahan air hujan belum bisa jadi harus ditimpa dengan produk lain yang dapat menahan air.

Berikut beberapa jenis cat Kem-Tone dan penjelasannya pada tabel dibawah ini: 

Kem-ToneKeterangan
Kem-Tone Exterior Satin Finish Paint Cat tembok tinting 100% Acrylic khusus untuk tembok eksterior yang tahan terhadap segala cuaca dan sinar UV matahari. Dilengkapi bahan anti lumut dan jamur.
Kem-Tone Satin Finish PaintCat tembok tinting berkualitas tinggi bernuansa satin yang lembut khusus untuk tembok interior. Dengan permukaan cat yang sedikit mengkilap seperti kain satin.
Kem-Tone Flat Finish PaintCat tembok tinting dengan hasil akhir flat (dof) khusus untuk interior. Nuansa flat (dof) dapat menutupi ketidaksempurnaan tembok yang permukaannya tidak rata.
Kem-Tone UltraPrimerCat dasar berbahan dasar air digunakan khusus untuk tembok yang memiliki kadar kelembaban tinggi.
Lihat juga:  10 Merk Koper Terbaik 2021

Aquaproof

Aquaproof merupakan cat pelapis anti bocor yang diformulasikan dengan inovasi terbaru akrilat poliuretan untuk melapisi struktur horisontal/vertikal, baik sebagai pelapis interior maupun eksterior., seperti atap dan dinding bagian luar, yang membutuhkan pelapis antibocor handal. Aquaproof merupakan salah satu pelapis anti bocor terbaik. Aquaproof cocok antara lain untuk atap genting, atap beton/seng/asbes, wuwungan, talang dan tampak muka/facade yang membuat Aquaproof cocok sebagai cat genteng anti bocor.

Aquaproof Pro mempunyai sifat waterponding resistance yang baik, sehingga cocok diaplikasikan pada dak beton.

Cara Menggunakan produk Aquaproof

1. Langkah pertama yaitu dengan cara memastikan permukaan tembok ataupun genting yang akan dilapisi menggunakan Aqua Proof tidak rapuh serta bersih dari debu. Selain itu pastikan pula jika tembok atau genting bebas dari karat, minyak serta jamur.
2. Untuk dinding rumah sebaiknya bersihkan cat yang sudah lapuk serta kotoran yang lain.
3. Setelah dibersihkan, diamkan terlebih dahulu tunggu hingga permukaan tersebut mengering.
4. Pada lapisan dinding yang telah retak, sebaiknya menggunakan kape selain Aquaproof untuk membuat celah-celah terisi dengan dengan baik.
5. Pada sambungan yang bergerak, dibutuhkan daya ekstra dalam penggunaan Aquaproof serta polyester dan supermesh sebagai tambahannya.

Penggunaannya Aquaproof yang begitu mudah dan bisa diterapkan di berbagai jenis atap seperti atap beton, atap dari seng, atap genting serta atap yang terbuat dari asbes.

Kelebihan Aquaproof

  • Anti bocor
    Aquaproof sangat populer sebagai cat pelapis antibocor yang kuat dengan daya lekat yang baik dan sangat elastis. Penggunaannya mampu menutupi bagian rumah yang telah mengalami keretakan yang berakibat pada kebocoran. Kebocoran banyak terjadi pada musim hujan.
  • Tahan di segala kondisi
    Aquaproof juga dikenal sebagai cat yang tahan di segala kondisi. Meski panas dan hujan menyerang, namun keberadaan cat ini mampu bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan penggunaan cat yang biasa. Bukan hanya itu namun Aquaproof juga anti jamur dan lumut sehingga membuat rumah anda menjadi lebih indah tanpa adanya serangan jamur serta lumut tersebut.
  • Nama yang populer
    Aquaproof sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia karena selalu mengutamakan kualitas produk. Aquaproof dinilai telah menguasai pasar hingga 80% untuk waterproofing dari sekitar 20 merek yang berkompetisi.

Kekurangan Aquaproof

  • Mudah menggelembung
    Aquaproof yang terkenal elastis ternyata tidak dapat menahan tekanan negatif (tekanan dari dalam) karena Aquaproof tidak melekat pada permukaan yang dilapisinya. Hal inilah yang menyebabkan Aquaproof mudah menggelembung setelah diaplikasikan pada permukaan. Jadi saat pengaplikasian harus sangat berhati-hati.
  • Tidak bisa mengoplos warna sesuai dengan keinginan
    Berbeda dengan Kim-Tone yang dapat mengoplos atau mencampur warna sesuai dengan kemauan kita, Namun, pada cat Aquaproof ini kita tidak bisa mengoplos dan hanya memilih warna yang sudah di tersedia.
  • Tidak dapat terendam air
    Aquaproof tidak dapat diaplikasikan pada daerah yang terendam air seperti kolam. Aquaproof hanya dapat digunakan di daerah dimana air mengalir karena apabila terendam air, Aquaproof akan gampang mengelupas.

Berikut beberapa jenis cat Aquaproof dan penjelasannya pada tabel dibawah ini: 

AquaproofKeterangan
Aquaproof 4KCat ini paling cocok digunakan pada daerah dengan curah hujan rendah hingga sedang. Produk ini bisa digunakan untuk menambal atap ataupun dinding yang mengalami kebocoran.
Aquaproof 20KJenis Aquaproof ini paling sering digunakan pada daerah yang memiliki curah hujan tinggi.
Aqua Heat Gard 4KCat Aquaproof ini merupakan cat yang berfungsi untuk melindungi atap dan tembok dari serangan panas yang dapat merusak elemen bangunan.
Aqua Heat Gard 20PCat jenis ini sangat cocok digunakan pada daerah yang memiliki tingkat kepanasan ekstrem.
Aquaproof 1 KCat ini digunakan pada daerah yang memiliki curah hujan rendah. Cat aquaproof ini biasanya dijadikan pelapis atau antisipasi untuk mencegah kebocoran pada dinding atau atap.

Pilih Mana: Kem-Tone atau Aquaproof?

Kem-ToneAquaproof
Kelebihan- Dapat menutupi permukaan yang tidak rata - Tahan terhadap segala cuaca - Pilihan warna yang banyak  - Anti bocor - Tahan di segala kondisi - Nama yang populer
Kekurangan- Masih mengandung tiimbal yang tinggi - Tidak menguasai pasar cat - Tidak waterproof  - Mudah menggelembung - Tidak bisa mengoplos warna sesuai dengan keinginan - Tidak dapat terendam air

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas kita telah membahas kedua merk cat yang mempunyai kualitas yang bagus yaitu Kem-Tone dan Aquaproof, Dari artikel di atas juga dapat kita tarik kesimpulan bahwa keduanya mempunyai keunggulannya masing-masing. Salah satunya pada Kem-Tone mempunyai keunggulan bahwa kita dapat membuat warna sesuai dengan keinginan kita dan bahan yang digunakan sangat tahan terhadap betrbagai cuaca sama seperti Aquaproof, Namun warna Aquaproof tidak dapat di oplos tetapi Aquaproof sudah menyediakan banyak pilihan warna dan keunggulannya yang lain yaitu tahan terhadap air.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kem-Tone VS Aquaproof

VS

Leave a Reply