Home

Pilih Mana: Kem-Tone atau Decolith?

Tidak dapat dungkiri bahwa cat dinding merupakan salah satu elemen yang cukup penting dalam penampilan suatu ruangan. Warna cat tembok dapat mempertegas konsep dari ruangan yang digunakan di rumah. Beberapa perusahaan cat berlomba-lomba mengeluarkan produk unggulan mereka, Salah satunya yang akan kita bahas pada artikel kali ini yaitu mengenai cat merk Kem-Tone dan Decolith. Manakah dari keduanya yang bagus dan cocok dengan kebutuhan kalian? Kem-Tone dan Decolith akan kita bahas lebih lanjut pada artikel di bawah ini, yuk langsung saja!

Kem-Tone

Kem-Tone merupakan merek cat tembok terpercaya asal Amerika dengan induk perusahaan bernama Dutch-Boy yang sudah dipercaya sejak puluhan tahun yang lalu.

Selain menghadirkan cat dengan kualitas yang bagus. Kem-Tone juga mengeluarkan Paint Remover merupakan produk yang berfungsi untuk mengangkat/membersihkan cat lama pada waktu akan melakukan pengecatan kembali. Produk ini berupa gel yang berwarna putih susu yang mudah diaplikasikan dengan roll, kuas atau plat tipis

Produk ini sangat mudah untuk membersihkan semua jenis: cat tembok, cat duco/lacquer, cat epoxy satu/dua komponen, polyurethane air drying/baking, syntetic enamel air drying/baking enamel dan lain-lain, kecuali powder coating.

Kem-Tone ini di formulasikan sedemikian rupa sehingga efek bahaya terhadap kulit dapat ditekan seminimal mungkin, tanpa mengurangi efektivitas kerjanya. Baca juga Pilih Mana: Kem-Tone atau Avitex?

Perlu diketahui banyak beredar produk sejenis yang sangat berbahaya bagi pemakai, yakni dapat menimbulkan luka bakar bila terkena kulit.

Kelebihan Kem-Tone

  • Tahan terhadap segala cuaca dan sinar UV
    Dilengkapi bahan anti lumut dan jamur. Warna tidak mudah pudar serta memiliki ketahanan sinar UV matahari, Sehingga untuk penggunaan cat tembok untuk di dinding luar rumah sangat cocok dan warna pun dapat bertahan lama.
  • Pilihan warna yang beragam
    Cat Kem-Tone mempunyai pilihan warna yang banyak sekitar 250 pilihan warna yang di tawarkan, Namun bukan hanya itu, Warna dari Kem- Tone juga dapat di campur atau biasa disebut dioplos sehingga mendapatkan warna sesuai dengan keinginan kita.
  • Membuat nuansa lebih luas dan terang
    Kem-Tone sangat berkualitas tinggi bernuansa satin yang lembut khusus untuk tembok interior. Nuansa ruangan akan terlihat lebih luas dan terang tanpa kesan menyilaukan. Hal ini sebabkan permukaan cat tampak sedikit mengkilap seperti kain satin. Dapat dibersihkan dengan spons dan air sabun. Mengandung kadar VOC yang sangat rendah.

Kekurangan Kem-Tone

  • Warna oplosan yang terkadang tidak sesuai 
    Cat Kem-Tone menyediakan cat dengan warna oplosan, ini sebenarnya memberikan keuntungan kepada pelanggan yang kesulitan dalam memilih warna. Tetapi, kekurangan dari cat oplosan ini adalah kadang warna yang diinginkan tidak sesuai ketika telah dioplos atau dicampur.
  • Nama yang sedikit asing bagi sebagaian orang
    Nama Kem-Tone masih sedikit terdengar asing. Marketing cat Kem-Tone dan penguasaan pasar cat Kem-Tone masih sedikit asing dibandingkan cat dengan merk lainnya..
  • Masih terdapat kandungan timbal yang tinggi
    Kekurangan yang dimiliki cat Kemtone adalah masih memiliki kandungan timbal yang tinggi. Berdasarkan hasil tes. Timbal memiliki dampak yang sangat buruk untuk perkembangan mental anak. Karena itulah, cat yang mengandung timbal tinggi harus dihindari.

Decolith

Decolith merupakan cat tembok yang memakai materi dasar full acrylic. Cat tembok ini ramah lingkungan berkat materi dasarnya yang berupa air. Cat tembok ini juga bebas dari penggunaan merkuri dan timbal. Cat tembok ini mempunyai daya sebar yang cukup luas, bahkan mencapai 12 meter persegi untuk setiap kilonya. Dengan memakai cat tembok ini Anda sanggup mengecat ruangan dengan biaya yang terjangkau. kalian dapat membeli beberapa peroduk cat Decolith di Tokopedia.

Decolith merupakan 100% produk dalam negeri yang telah menjadi pilihan konsumen di Indonesia. Pada tahun 2013 dan 2014, Decolith mendapatkan penghargaan “Satria Brand Award” sebagai merk cat tembok pilihan konsumen untuk area Jawa Tengah.

Kelebihan Decolith

  • Bahan yang berkualitas
    Bahan dasar full acrylic yaitu bahan dasar yang berupa air sehingga sangat ramah lingkungan. Selain berbahan dasar air cat decolith juga bebas dari penggunaan timbal dan merkuri Sehingga dapat memaksimalkan keindahan rumah.
  • Harga terjangkau
    Harga cat tembok decolith juga terbilang terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah terlebih lagi jika anda menggunakan cat decolith anda bisa menghemat biaya karena cat ini mempunyai daya sebar yang luas yaitu 12 m2 untuk setiap kilonya bahkan jika anda akan mengecat ruangan dengan ukuran yang luas sekalipun.
  • Memiliki daya tutup yang sangat sempurna
    Cat decolith memiliki daya tutup yang sangat sempurna dan tidak memiliki lapisan yang tidak mengapur sehingga memberikan nilai tambah bagi anda yang mengidamkan hunian yang indah dan enak dipandang.
Lihat juga:  10 Merk Koper Terbaik 2021

Kekurangan Decolith

  • Tidak bisa mengoplos warna
    Berbeda dengan Kim-Tone yang dapat mengoplos atau mencampur warna sesuai dengan kemauan kita, Namun, pada cat Decolith ini kita tidak bisa mengoplos dan hanya memilih warna yang sudah di tersedia.
  • Varian yang sedikit
    Berbeda dari Kim-Tone yang mempunyai banyak varian, Decolith menawarkan varian yang lebih sedikit. Dapat kalian sesuaikan saja dengan kebutuhan kalian ya guys.
  • Warna cepat pudar
    Jika dibandingkan dengan Kem-Tone yang mampu bertahan dari segala cuaca dan tahan lama, Decolith berbeda karena warna yang digunakan untuk pemakaian dinding luar rumah justru mudah pudar.

Tips Agar Cat Tembok Awet dan Tahan Lama

1. Bersihkan dinding yang akan dicat
Sebelum memulai proses pengecatan, sebaiknya pastikan dinding yang akan dicat berada dalam keadaan bersih terlebih dahulu, kering dan tidak ada kotoran yang menempel. Kotoran pada dinding dapat membuat cat tidak dapat menempel dengan sempurna pada dinding dan akhirnya menjadi mudah mengelupas.

Jika dinding dipenuhi dengan lumut kalian bisa menggunakan air kaporit untuk menghilangkannya.

2. Pilih cat yang sesuai dengan bahan dinding
Berbeda bahan dinding, berbeda juga jenis cat yang harus digunakan loh! Dinding tembok biasa tentunya menggunakan cat yang berbeda dengan dinding kayu atau dinding dari batu alam. Biasanya, cat tembok biasa memiliki tekstur yang lebih tebal dibandingkan cat untuk dinding jenis lainnya untuk menutupi lapisan semen yang ada di bawahnya. 

3. Untuk bagian luar, pilih cat khusus eksterior rumah
Untuk bagian luar rumah, gunakan cat khusus eksterior yang dapat melindungi dinding dari perubahan cuaca maupun iklim. Kandungan dari cat eksterior ini bisa mencegah timbulnya jamur dan flek akibat rembesan air hujan, sehingga disebut weather resistance.

4. Gunakan teknik pengecatan yang tepat
Agar cat pada tembok bertahan lama, kalian juga perlu memperhatikan teknik pengecatan yang digunakan ketika mengecat pertama kali. Teknik yang salah dapat membuat permukaan tembok menjadi tidak halus. Maka sebaiknya melapisi bagian sudut dinding dan bagian dekat atap terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan mengerjakan bagian lain yang lebih mudah. Jangan lupa melakukan pengecatan dengan olesan kuas satu arah.

5. Pilih Waktu pengecatan yang tepat
Mengecat merupakan kegaitan yang terlihat mudah dan sederhana, padahal membutuhkan banyak waktu dan energi. Oleh sebab itu, pilih waktu pengecatan yang tepat. Sebaiknya Anda mengecat rumah di saat cuaca cerah untuk membantu proses pengeringannya. Dinding yang dicat pada musim hujan akan membuat lapisannya mudah rusak karena tergerus air.

KeteranganKem-ToneDecolith
MerekKem-ToneDecolith
Negara asal AmerikaIndonesia
Yang paling diunggulkan Dapat mencampur warna sesuai dengan keinginanBebas bahan berbahaya seperti merkuri dan timbal

Pilih Mana: Kem-Tone atau Decolith?

Kem-Tone Decolith
Kelebihan- Tahan terhadap segala cuaca dan sinar UV - Pilihan warna yang beragam - Membuat nuansa lebih luas dan terang - Bahan yang berkualitas - Harga terjangkau  - Memiliki daya tutup yang sangat sempurna
Kekurangan- Warna oplosan yang terkadang tidak sesuai  - Nama yang sedikit asing bagi sebagaian orang - Masih terdapat kandungan timbal yang tinggi - Tidak bisa mengoplos warna - Varian yang sedikit - Warna cepat pudar 

Kesimpulan

Dapat kita tarik kesimpulan bahwa Kem-Tone dan Decolith mempunyai kelebihan dan keungguannya masing-masing, Kem-Tone menawarkan beragam warna yang ditawarkan dan kita dapat membuat warna sesuai dengan keinginan kita namun Kem-Tone masih menggunakan bahan timbal yang tinggi, yang berbeda dengan Decolith yang bebas dari bahan berbahaya. Namun keduanya juga menawarkan kualitas yang tidak main-main. Oleh karenanya, dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan dan selera kalian ya karena masing-masing selera orang juga berbeda ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kem-Tone VS Decolith

VS

Leave a Reply