Home

Pilih Mana: Kem-Tone atau Jotun?

Untuk memiliki rumah idaman yang indah bukan saja diperlukan bahan material bangunan, namun juga bahan pendukung lainnya seperti cat tembok. Cat tembok membuat rumah idaman kamu lebih berwarna dan tentunya memperindah tampilan rumah kamu.

Sekarang ini banyak produk cat tembok yang bisa kamu pilih terjual di pasaran, dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, merek cat tembok yang menjadi banyak pilihan orang yaitu Kem-Tone dan Jotun. Pada artikel kali ini saya akan membahas kedua merek tersebut sehingga bisa menjadi rekomendasi untuk kamu.

Kem-Tone

Kem-Tone adalah merek cat tembok yang banyak juga dijadikan pilihan oleh banyak orang. Tetapi sebagian orang tidak mengenal cat tembok ini guys karena mereknya sendiri yang kurang terkenal. Baca juga Pilih Mana: Kem-Tone atau No Drop?

Tetapi cat tembok ini dengan kualitasnya yang bagus dan ada yang finishnya menjadi satin untuk dinding dalam rumah ataupun luar rumah. Ada juga untuk kamu yang ingin warna oplosan yang artinya adalah warna campuran yang bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu, terdapat beberapa berbagai macam dari cat tembok ini sendiri.

Kelebihan Kem-Tone

  • Membuat nuansa lebih luas dan terang
    Cat tembok tinting berkualitas tinggi bernuansa satin yang lembut khusus untuk tembok interior. Nuansa ruangan kamu akan terlihat lebih luas dan terang tanpa kesan menyilaukan. Hal ini dikarenakan permukaan cat tampak sedikit mengkilap seperti kain satin. Dapat dibersihkan dengan spons dan air sabun. Mengandung kadar VOC yang sangat rendah.
  • Tahan terhadap sinar matahari
    Cat tembok Kemtone tinting 100% Acrylic khusus untuk tembok eksterior yang tahan terhadap segala cuaca dan sinar UV matahari.
Dilengkapi bahan anti lumut dan jamur. Cat Kem-Tone memiliki ketahanan yang dijamin hingga 5 Tahun. Warna juga dijamin tidak mudah pudar. Corak semi glossy sehingga kotoran tidak mudah melekat dan dapat dibersihkan dengan air sabun. Memiliki daya rekat yang kuat dan kadar VOC yang sangat rendah.
  • Dapat menutupi permukaan tembok yang tidak rata
    Adanya jenis atau varian cat tembok Kem-Tone yang dapat menutupi permukaan tembok yang tidak rata. Kem-Tone Flat Finish Paint cat tembok tinting dengan hasil akhir flat (doff) khusus untuk interior. Nuansa flat (doff) dapat menutupi ketidaksempurnaan tembok yang permukaannya tidak rata. Dapat dibersihkan dengan air sabun, ramah lingkungan.

Berikut beberapa varian cat tembok Kem-Tone dengan harga (per September 2019).

Varian Kem-ToneHarga (per September 2019)
Kem-Tone 3 in 1 Alkali Primer (solvent base 3.7 liter)Rp. 240.000.
Kem-Tone Interior Satin (3.7 liter)Rp. 207.000.
Kem-Tone Interior Satin (18 liter)Rp. 970.000.
Kem-Tone Exterior Satin finish (3.8 liter)Rp. 460.000.
Kem-Tone Exterior Satin finish (18 liter)Rp. 1.100.000.

Kekurangan Kem-Tone

  • Kurang populer
    Cat tembok merek ini memang jarang sekali terdengar di kalangan masyarakat, tidak begitu populer. Tetapi tidak semua orang kok, beberapa orang juga tahu mengenai cat tembok hasil akhir semi glossy ini. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu tahu mengenai merek cat tembok ini?.
  • Warna oplosan tidak begitu baik
    Cat Kem-Tone menyediakan cat dengan warna oplosan, ini sebenarnya memberikan keuntungan kepada pelanggan yang kesulitan dalam memilih warna. Namun, kekurangan dari cat oplosan ini adalah kadang warna yang diinginkan tidak sesuai ketika telah dioplos atau dicampur.
  • Kandungan timbal yang tinggi
    Kekurangan yang dimiliki cat Kem-Tone adalah masih memiliki kandungan timbal yang tinggi. Berdasarkan hasil tes. Timbal memiliki dampak yang sangat buruk untuk perkembangan mental anak. Karena itulah, cat yang mengandung timbal tinggi harus dihindari.

Jotun

Cat Jotun merupakan cat terkemuka di dunia. Cat Jotun ini didirikan pada 1926 di Norwegia oleh Odd Gleditsch. Saat ini Jotun telah membesar dan memiliki 74 perusahaan dengan 40 fasilitas produksi di seluruh dunia. Jotun merupakan salah satu merk cat tembok yang bisa dibersihkan.

Jika kamu memiliki anak-anak yang memiliki kreativitas yang tinggi, kamu tidak perlu khawatir lagi jika dinding rumah di corat-coret oleh mereka lagi. Terlebih, merek yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan fitur anti jamur, mudah dibersihkan, dan rendah kandungan VOC.

Berbagai jenis cat tembok dari Jotun ini juga dapat dijadikan untuk mengecat kayu dan juga besi, Jotun memberikan pilihan warna yang banyak dengan kualitasnya yang tinggi, konsisten, dan tahan lama. Hasil yang pengecatan dari Jotun ini halus dan lembut ketika diraba.

Kelebihan Jotun

  • Kualitas yang bagus
    Banyaknya bangunan di dunia yang mendapat sentuhan cat Jotun, membuat brand satu ini dikenal luas. Punya kualitas yang sangat baik, dan berkelas dunia. Cat Jotun ini kualitasnya pastinya sudah sangat terjamin. Berkualitas internasional, yang dibuktikan dengan banyaknya bangunan ikonik di banyak negara di cat dan diperindah dengan cat Jotun.
  • Daya tahan yang lama
    Daya tahan cat yang bisa sampai 12 tahun, khususnya pada cat Jotun tipe-tipe premium. Daya rekatnya juga sangat baik pada permukaan. Selain itu, juga tidak mengandung bahan kimia berbahaya, sehingga ramah lingkungan dan kesehatan, dan juga tak beraroma tak sedap. Konsistensi warnanya akan tetap terjamin. Sebab kami punya teknologi tinting yang sudah terkomputerisasi, untuk menghasilkan warna yang konsisten.
  • Mudah dibersihkan
    Cat Jotun memiliki varian cat interior yaitu Essence Easy Wipe yang dibuat untuk membantu Anda memperindah dinding rumah Anda. Karena kemampuan yang dapat dibersihkan, berbagai kotoran rumah tangga sehari-hari dapat dengan mudah dihapuskan. Varian cat Jotun ini mudah dibersihkan, rendah jamur, mudah diaplikasikan, dan mengandung rendah VOC.
Lihat juga:  10 Merk Oven Terbaik 2021

Berikut beberapa varian cat tembok  Jotun dengan harga (per September 2019).

Varian JotunHarga (per September 2019)
Jotun Essence Easy Wipe Tinting (3.8 liter)Rp. 131.000.
Jotun Essence Easy Primer (3.8 liter) Rp. 135.000.
Jotun Majestic Primer (2.5 liter) Rp. 110.000.
Jotun Essence Easy Wipe Tinting (18 liter)Rp. 630.000.
Jotun Majestic True Beauty Matt (20 liter)Rp. 1.350.000.

Kekurangan Jotun

  • Memiliki kandungan timbal yang tinggi
    Kekurangan yang dimiliki oleh cat Jotun adalah memiliki kandungan timbal yang tinggi. hal ini diketahui dari hasil tes pada seluruh merek cat dan mendapatkan hasil bahwa hanya ada dua merek cat yang memiliki kandungan timbal yang rendah Jotun tidak termasuk. Timbal yang terkandung dalam cat ini memberikan dampak yang sangat buruk untuk perkembangan otak anak.
  • Varian yang sedikit
    Pada cat ini memang adalah cat yang banyak menjadi ilihan semua orang, tetapi memang cat ini sedikit memiliki variasinya, lebih banyak variasi warna cat Kem-Tone nih guys. Jadi kamu sesuaikan saja dengan selera kamu ya guys.
  • Kurang dapat melindungi resapan air
    Cat Jotun memang memiliki jenis cat air yang dapat melindungi bangunan dari resapan air. Namun, manfaat ini tidak begitu berfungsi pada cat tembok Jotun ini.

Penjelasan di atas sudah membahas mengenai kedua cat tersebut Kem-Tone dan Jotun, sekarang ada baiknya kamu mengetahui jenis-jenis dari cat tembok, karena jenis-jenis cat tembok yang bisa digunakan semakin beragam. Kamu bisa menyesuaikan pilihan cat tembok berdasarkan kebutuhan penggunaannya serta efek warna yang dihasilkan. Berikut adalah beberapa jenis cat tembok yang bisa kamu ketahui.

Jenis-Jenis Cat Tembok

1. Doff
Dikenal juga dengan jenis cat tembok Matte, cat tembok Doff akan menghasilkan nuansa warna lembut yang terlihat menyatu dengan dinding.

Cat tembok Doff memberikan efek mengkilap yang tidak terlalu berlebih pada permukaan dinding dan tahan terhadap cuaca ekstrim. Cat tembok jenis ini cocok digunakan untuk dinding rumah di bagian luar, atau pada kamar tidur sekalipun.

2. Eggshell
Dengan tampilan mirip seperti kulit telur, cat tembok jenis Eggshell ini akan memberikan kesan yang lebih halus jika dibandingkan dengan jenis Doff. Meski begitu, cat tembok Eggshell memiliki tekstur yang lebih terlihat dan mudah dibersihkan. Karena tidak terlalu memantulkan sinar matahari, cat tembok jenis ini cocok digunakan pada ruang tamu, ruang keluarga, atau ruang kerja pribadi kamu.

3. Glossy
Sesuai dengan namanya, cat tembok jenis ini akan menghasilkan tampilan glossy yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Ada jenis High Gloss yang dapat memantulkan cahaya sehingga dinding terlihat berkilau dan mudah dibersihkan, menjadikannya cocok digunakan pada bagian luar rumah kamu. Dan ada juga jenis cat Semi Gloss dengan kilap yang lebih rendah namun tidak mudah mengelupas, sehingga cocok digunakan untuk bagian rumah yang mudah terkena noda seperti dapur dan kamar mandi.

4. Satin
Tidak seperti jenis Glossy yang memberikan kilap atau Doff yang menyatu dengan tembok, jenis cat tembok Satin akan memberikan kesan mewah namun meneduhkan mata. Teksturnya sendiri lembut dan tidak memantulkan cahaya, serta mudah dibersihkan dengan efisien. Cat tembok Satin ini cocok untuk pewarnaan dinding kamar tidur dan ruang tamu, atau pada pengaplikasian di tempat-tempat seperti galeri atau kafe.

Pilih Mana: Kem-Tone atau Jotun?

Kem-ToneJotun
Kelebihan- Membuat nuansa lebih luas dan terang - Tahan terhadap sinar matahari - Dapat menutupi permukaan tembok yang tidak rata - Kualitas yang bagus - Daya tahan yang lama - Mudah dibersihkan
Kekurangan- Kurang populer - Warna oplosan tidak begitu baik - Kandungan timbal yang tinggi - Memiliki kandungan timbal yang tinggi - Varian yang sedikit dibandingkan Kem-Tone - Kurang dapat melindungi resapan air

Kesimpulan

Kedua merek cat tembok tersebut Kem-Tone dan Jotun keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga untuk pemilihan cat tembok sendiri bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan jangan lupa untuk sesuaikan jenis cat tembok yang kamu butuhkan berbagai jenis cat tembok seperti penjelasan di atas. Untuk harga jika kamu ingin kualitas yang baik dengan harga yang masih terjangkau Jotun bisa menjadi pilihan untuk kamu, sedangkan Kem-Tone harganya sedikit lebih tinggi. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kem-Tone vs Jotun

VS