LayananMakanan dan Minuman

Pilih Mana : KFC atau Mc Donald’s?

Masyarakat Indonesia termasuk masyarakat yang menggemari makanan cepat saji. Makanan cepat saji atau lebih dikenal dengan sebutan “fast food”merupakan makanan yang menjadi pilihan masyarakat perkotaan di era modern seperti sekarang ini. Namun saat ini tidak hanya di perkotaan saja tetapi sampai ke seluruh pelosok negeri.

KFC (Kentucky Fried Chicken) dan McDonald’s merupakan restoran cepat saji yang sama-sama populer di Indonesia. Dua waralaba raksasa yang berasal dari Amerika ini telah berhasil mencuri selera orang Indonesia. Puluhan tahun membuka gerai di Indonesia, wajar jika masing-masing restoran punya penggemar setia. Baca juga Pizza Hut atau Paparons?

KFC

PT. Fastfood Indonesia yang merupakan anak usaha Gelael membuka restoran KFC pertama di Indonesia pada tahun 1979. Hingga 2015, KFC sudah mempunyai sekitar 540 gerai di seluruh Indonesia. KFC mudah disukai di Indonesia karena menyajikan menu berbahan ayam yang dikombinasikan dengan nasi. Inilah yang menyebabkan KFC sangat mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. Karena olahan ayam dengan nasi sudah sangat akrab dengan lidah masyarakat Indonesia, ditambah dengan kualitas rasa yang tiada duanya, tak heran KFC masih berjaya sampai saat ini.

Kelebihan KFC

Berikut kelebihan KFC yang perlu Anda ketahui :

  • Popularitas Besar

KFC mempunyai popularitas yang besar di Indonesia. Dengan popularitas besar di kalangan konsumen cepat saji Indonesia, makanan-makanan yang ditawarkan oleh KFC sangat mudah diterima dan disukai. Selain itu, Anda dapat berkunjung dan menemukan gerai KFC terdekat dengan mudah karena KFC membuka banyak gerai yang tersebar dimana-mana.

  • Bekerja Sama Dengan Artis

Tentu Anda tak asing lagi jika menemui CD album dari artis tertentu yang dipajang di display KFC. CD album artis ini dapat Anda beli secara langsung ataupun dengan syarat membeli sebuah paket makanan yang memperoleh CD sebagai rewardnya. Kerja sama ini bertujuan untuk mengurangi pembajakan agar lebih menghargai karya para artis dan musisi Indonesia sehingga tak kalah saing dengan penjualan CD artis luar negeri.

  • Harga yang Mumpuni

KFC memiliki kelebihan yaitu harga makanan yang ditawarkan oleh KFC relatif lebih murah jika dibandingkan dengan pesaingnya McDonald’s. KFC menawarkan menu utama ayam goreng dengan bumbu racikan spesial. Selain murah, KFC juga memiliki potongan ayam yang lebih besar dengan 2 jenis ayam original dan crispy. Hal ini sesuai dengan jargon dari KFC yaitu “Jagonya Ayam”.

Kekurangan KFC

Berikut kekurangan KFC yang perlu Anda ketahui :

  • Menu Kurang Variatif

Tidak seperti pesaingnya McDonald’s yang menawarkan berbagai menu seperti es krim dengan berbagai topping yang variatif, KFC biasanya hanya menawarkan es krim dengan topping cokelat saja.

  • Kurang Unggul Dalam Menu Lain

Memiliki jargon “Jagonya Ayam” membuat KFC kurang unggul dalam menu lain yang terdapat pada produk mereka contohnya burger. Hal ini dimanfaatkan oleh pesaingnya dalam mengembangkan produk mereka dan tentunya dengan menu dan produk yang beragam dapat menarik minat konsumen lebih banyak lagi.

  • Pelayanan Kurang Baik

Dari segi pelayanan, KFC memiliki kekurangan yaitu pelayanan yang dinilai kurang ramah dan lambat. Hal ini mungkin dikarenakan KFC biasanya selalu ramai oleh pengunjung.

Kelebihan KFCKekurangan KFC
- Popularitas besar- Menu kurang variatif
- Bekerja sama dengan artis- Kurang unggul dalam menu lain
- Harga yang mumpuni- Pelayanan kurang baik

McDonald’s

McDonald’s merupakan restoran cepat saji yang berasal dari Amerika Serikat. McDonald’s pertama kali hadir di Indonesia pada 1991. Sama-sama menawarkan menu ayam, McDonald’s ternyata tidak menjadikan ayam sebagai menu utama. McDonald’s mengandalkan produk burgernya sebagai menu utama. McDonald’s menggunakan daging ayam sebagai isian di berbagai jenis menu, semisal di snack wrap, atau artisan grilled chicken.

Kelebihan McDonald’s

Berikut kelebihan McDonald’s yang perlu Anda ketahui :

  • Menu Variatif

Dibandingkan dengan KFC, McDonald’s memiliki menu yang sangat variatif selain ayam goreng tepung, contohnya burger, kentang goreng, snack wrap, pie, kopi, teh, es krim dengan berbagai topping hingga bubur ayam.

  • Burger Sebagai Menu Andalan

McDonald’s mengandalkan burger sebagai menu utama sehingga Anda dapat menemukan burger dengan berbagai variasi yang inovatif dalam menu yang ditawarkan oleh McDonald’s.

  • Fasilitas Nongkrong

Dibandingkan KFC, kaula muda lebih memilih McDonald’s sebagai tempat hangout dan nongkrong karena McDonald’s memiliki tata ruang yang lebih asik dan nyaman. Selain itu, McDonald’s didukung dengan fasilitas Wi-fi dan AC yang memadai hingga cocok dijadikan tempat ngobrol lama-lama.

Kekurangan McDonald’s

Berikut kekurangan McDonald’s yang perlu Anda ketahui :

  • Harga Relatif Mahal

McDonald’s memiliki kekurangan yaitu menu-menu yang ditawarkan relatif lebih mahal dibandingkan dengan KFC. Selain itu, porsi ayam yang ditawarkan berukuran lebih kecil dibandingkan dengan porsi ayam KFC.

  • Nilai Gizi Rendah

Salah satu kekurangan McDonald’s yang paling jelas yaitu masalah nilai gizi yang terdapat dalam setiap kandungan sajian menunya. Menu makanan dan minuman cepat saji yang ditawarkan oleh McDonald’s dianggap memiliki nilai gizi yang sangat rendah, tinggi kolesterol dan dapat memicu berbagai macam penyakit termasuk kegemukan dan penyakit jantung. Namun, tidak hanya McDonald’s, restoran cepat saji lainnya juga memiliki kekurangan yang sama yaitu menu yang ditawarkan sama-sama memiliki nilai gizi yang rendah.

  • Sulit Ditemukan

Tidak seperti KFC yang biasa ditemukan di dalam pusat perbelanjaan, McDonald’s dinilai sulit ditemukan karena jumlah gerainya yang terbatas. Di Indonesia, McDonald’s hanya memiliki 180 gerai terhitung pada tahun 2018, sedangkan KFC sudah memiliki 540 gerai terhitung pada tahun 2015. Meskipun begitu, McDonald’s saat ini tengah gencar membangun brand di Indonesia, selanjutnya dibahas lebih lengkap di Kompas.com.

Kelebihan McDonald’sKekurangan McDonald’s
- Menu variatif- Harga relatif mahal
- Burger sebagai menu andalan- Nilai gizi rendah
- Fasilitas nongkrong- Sulit ditemukan

Pilih Mana : KFC atau McDonald’s?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara KFC dan McDonald’s. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan antara KFC dan McDonald’s tersebut pada tabel berikut ini :

KFCMcDonald’s
- Popularitas besar- Menu variatif
- Harga yang mumpuni- Fasilitas nongkrong
- Kurang unggul dalam menu lain- Harga relatif mahal

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai perbedaan KFC dan McDonald’s dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kami lebih merekomendasikan McDonald’s, walaupun memiliki harga menu yang lebih mahal, McDonald’s memiliki menu yang lebih variatif dibandingkan dengan KFC.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

KFC vs Mc Donald’s

VS

Leave a Reply