Fashion

Pilih Mana: Khimar atau Bergo?

Penggunaan hijab atau penutup kepala merupakan sesuatu yang wajib dilakukan oleh para muslimah. Saat ini banyak jenis kerudung atau hijab yang dapat menjadi pilihan bagi Anda. Dua di antaranya yaitu khimar dan bergo. Dari kedua hijab di atas, manakah yang lebih baik untuk Anda gunakan? Khimar atau bergo?

Meskipun memiliki fungsi yang sama untuk menutup aurat, khimar dan bergo juga memiliki banyak perbedaan. Perbedaan tersebut dapat kita lihat dari model, ukuran, fungsi pemakaiannya dan perbedaan lainnya yang dapat Anda baca pada artikel berikut ini. Baca juga Pilih Mana: Pashmina atau Segi Empat?

Khimar

Dikutip dari Kumparan.com khimar disebut juga dengan istilah khumur atau biasa juga disebut dengan kain yang menutup kepala, leher, hingga menutupi dada dari belakang dan depan. Khimar menjulur lurus hingga ke bawah sehingga seluruh bagian dada tertutupi.

Kelebihan Khimar

Berikut beberapa kelebihan khimar yang perlu Anda ketahui:

  • Sesuai dengan Ketentuan Syar’i

Salah satu kelebihan khimar adalah memiliki bahan yang lebih panjang daripada bergo. Bergo memiliki variasi model mulai dari yang tidak terlalu panjang hingga syar’i. Namun khimar memiliki bentuk dan ukuran yang selalu panjang sehingga sesuai dengan ketentuan syar’i dan benar-benar menjadi penutup.

  • Terbuat dari Berbagai Jenis Bahan

Seperti hijab lainnya, khimar juga terbuat dari berbagai jenis bahan yang dapat Anda sesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan Anda. Anda dapat memilih khimar dengan bahan tertentu untuk aktivitas tertentu. Selain terbuat dari berbagai jenis bahan, khimar juga memiliki banyak variasi model dan warna.

  • Cocok untuk Acara Keagamaan dan Acara Tertentu

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh khimar adalah cocok untuk acara keagamaan dan acara tertentu seperti menghadiri acara pernikahan dan acara resmi lainnya. Dibandingkan dengan bergo, khimar lebih cocok untuk acara semacam itu. Hal ini dikarenakan khimar tampak lebih resmi sedangkan bergo lebih kasual, apalagi bagi para hijabers muda.

Kekurangan Khimar

Berikut beberapa kekurangan khimar yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Cocok Dipakai Olahraga

Salah satu kekurangan khimar adalah kurang cocok dipakai untuk berolahraga. Selain karena memiliki desain yang lebih formal, khimar dengan ukuran yang lebar membuat pemakainya kurang leluasa dalam melakukan gerakan-gerakan olahraga. Jika Anda ingin melakukan aktivitas seperti ini, maka bergo lebih disarankan untuk Anda.

  • Lebih Merepotkan dalam Penggunaan

Kekurangan lain yang dimiliki khimar ini adalah lebih merepotkan dalam penggunaannya. Hal ini berlaku bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas, misalnya Anda akan lebih sulit dalam mencuci piring, mencuci pakaian dan aktivitas lainnya karena ukurannya yang besar membuat Anda sulit untuk leluasa bergerak.

  • Kurang Cocok Dipakai Berenang

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki khimar adalah kurang cocok dipakai untuk melakukan aktivitas renang. Ukurannya yang relatif besar dan lebar ini akan membuat khimar menjadi lebih berat saat basah dan terkena air. Dengan demikian Anda memerlukan tenaga ekstra dalam menggunakan khimar ketika berenang.

Kelebihan KhimarKekurangan Khimar
- Sesuai dengan ketentuan syar'i- Kurang cocok dipakai olahraga
- Terbuat dari berbagai jenis bahan- Lebih merepotkan dalam penggunaan
- Cocok untuk acara keagamaan dan acara tertentu- Kurang cocok dipakai berenang

Bergo

Bergo merupakan kerudung atau jilbab instan yang memiliki pet atau topi pada bagian depannya. Bergo merupakan pilihan yang sangat tepat bagi Anda yang tidak ingin ribet dalam pemasangan jilbab.

Kelebihan Bergo

Berikut beberapa kelebihan kerudung bergo yang perlu Anda ketahui:

  • Praktis Digunakan

Salah satu kelebihan bergo adalah praktis dalam penggunaannya. Anda bahkan tidak memerlukan jarum pentul untuk menggunakan kerudung jenis ini. Karena mudah dan praktis dalam penggunaannya, kerudung bergo cocok digunakan untuk beraktivitas sehari-hari ataupun digunakan bersantai di rumah.

  • Cocok Digunakan untuk Berolahraga

Kelebihan lain yang dimiliki bergo adalah cocok digunakan untuk berolahraga. Bergo tersedia dalam bentuk yang syar’i ataupun sederhana. Untuk model atau bentuk yang sederhana dan ringan dapat Anda gunakan dalam melakukan olahraga yang ringan ataupun berat. Dengan demikian kerudung bergo dapat mendukung aktivitas Anda.

  • Cocok Digunakan untuk Berenang

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki bergo adalah dapat mendukung aktivitas berenang. Kerudung bergo memiliki pet yang tidak mudah berantakan meskipun digunakan beraktivitas di dalam air. Bergo yang paling cocok digunakan beraktivitas di dalam air merupakan kerudung bergo dengan bahan lycra yang akan membuat aktivitas berenang Anda menjadi lebih nyaman.

Kekurangan Bergo

Berikut beberapa kekurangan bergo yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Cocok untuk Acara Tertentu

Salah satu kekurangan bergo adalah kurang cocok untuk acara tertentu, seperti menghadiri acara pernikahan dan acara lainnya. Apalagi bagi para hijabers muda. Hal ini dikarenakan pemakaian bergo untuk menghadiri acara tertentu membuat pemakainya terkesan terlalu kasual, bahkan terlihat seperti ibu-ibu.

  • Masih Terdapat Bergo yang Kurang Panjang

Berbeda dengan khimar yang memiliki bentuk lebih panjang dan lebar, bergo masih memiliki varian yang lebih singkat dan tidak terlalu besar. Hal ini tentunya belum sesuai dengan ketentuan syar’i umat muslimah dalam menutup auratnya. Karena itulah bergo lebih cocok dipakai untuk aktivitas tertentu saja.

  • Motif Cenderung Lebih Sederhana

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki bergo adalah memiliki motif yang cenderung lebih sederhana dibandingkan dengan khimar. Hal ini karena bergo lebih sering digunakan untuk aktivitas yang kurang formal sehingga motif dan bentuk juga dibuat lebih kasual.

Kelebihan BergoKekurangan Bergo
- Praktis digunakan- Kurang cocok untuk acara tertentu
- Cocok digunakan untuk berolahraga- Masih terdapat bergo yang kurang panjang
- Cocok digunakan untuk berenang- Motif cenderung lebih sederhana

Pilih Mana: Khimar atau Bergo?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara khimar dan bergo. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Khimar Bergo
- Ukuran lebih panjang dan lebar- Ukuran bervariasi
- Ada yang memiliki pet ada yang tidak - Memiliki pet atau topi pada bagian depannya
- Cocok untuk acara resmi- Lebih casual dan cocok untuk aktivitas sehari-hari

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai khimar dan bergo di atas, dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bergo lebih cocok dan lebih baik Anda gunakan untuk aktivitas sehari-hari karena lebih kasual. Sedangkan khimar lebih cocok Anda gunakan untuk aktivitas yang lebih resmi atau formal karena memberikan kesan anggun kepada pemakaiannya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Khimar vs Bergo

VS

Leave a Reply