Home

Pilih Mana: Kipas Angin atau Air Cooler?

Umumnya orang lebih menyukai berada di ruangan yang sejuk daripada ruangan yang panas. Hal ini wajar saja, mengingat udara yang panas dapat membuat tubuh menjadi lebih gerah dan cepat berkeringat. Tentunya orang ingin berada atau memiliki ruangan yang dingin. Untuk bisa mendinginkan ruangan Anda dapat menggunakan berbagai alat elektronik, dua di antaranya yaitu kipas angin dan air cooler. Anda perlu memilih mana pendingin yang paling tepat? Kipas angin atau air cooler.

Kipas angin dan air cooler merupakan dua perangkat yang memiliki fungsi dasar yang sama, yaitu mendinginkan. Kipas angin banyak digunakan karena memiliki harga yang relatif lebih murah daripada air cooler. Meskipun memiliki harga yang relatif lebih mahal daripada kipas angin, namun banyak orang yang memakai air cooler sebagai pendingin ruangan. Hal ini dikarenakan air cooler dapat memberikan kesejukan yang lebih baik daripada kipas angin. Baca juga Pilih Mana: Setrika Uap atau Biasa?

Kipas Angin

Kipas angin berfungsi menghasilkan angin dan dapat membuat udara menjadi lebih dingin. Terdapat banyak jenis kipas angin yang dapat Anda dipakai untuk mendinginkan ruangan.

Kelebihan Kipas Angin

Berikut beberapa kelebihan kipas angin yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Perawatan yang Mudah

Salah satu kelebihan kipas angin adalah memiliki perawatan yang sangat mudah. Anda dapat membersihkan dan merawat kipas angin tanpa bantuan orang lain. Dibandingkan dengan pendingin udara lainnya seperti air cooler dan AC, kipas angin memiliki perawatan yang paling mudah diantara semuanya.

  • Penggunaan Daya Listrik Lebih Hemat

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh kipas angin adalah daya listrik yang diperlukan relatif kecil. Untuk menggunakan kipas angin, daya listrik yang dibutuhkan hanya sekitar 50 hingga 60 watt saja. Tentunya daya yang digunakan ini sangat kecil dan dapat menghemat pengeluaran Anda.

  • Mudah Dibawa dan Dipindahkan

Selain memiliki perawatan yang mudah, kipas angin juga sangat mudah untuk dibawa dan dipindahlan ke mana saja. Dengan demikian, Anda dapat membawa kipas ke mana saja tanpa kesulitan untuk membantu mendinginkan ruangan.

Kekurangan Kipas Angin

Berikut beberapa kekurangan kipas angin yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Dapat Melembapkan Udara

Kekurangan dari kipas angin yaitu tidak dapat melembapkan udara. Ruangan yang panas dan pengap tidak bisa diturunkan suhunya menggunakan kipas angin. Hal ini dikarenakan kipas angin tidak mengeluarkan uap air.

  • Udara yang Dihembuskan Kurang Sejuk

Kekurangan selanjutnya dari penggunaan kipas angin ini adalah udara yang dihembuskan kurang sejuk. Saat cuaca dan udara sedang benar-benar panas, udara yang dihembuskan oleh kipas angin hanya terasa sebentar dan sedikit. Hal ini dikarenakan kipas angin hanya menghembuskan angin dan tidak mengeluarkan uap air yang dapat mengubah suhu ruangan.

  • Menyebabkan Berbagai Penyakit

Kekurangan lainnya dari kipas angin ini adalah dapat menimbulkan berbagai penyakit jika digunakan saat tidur. Dikutip dari Tribunnews.com jika Anda sering tidur menggunakan kipas angin, akan muncul beberapa penyakit seperti, penyakit bell palsy, kulit kering serta dehidrasi.

Kelebihan Kipas AnginKekurangan Kipas Angin
- Memiliki perawatan yang mudah - Tidak dapat melembapkan udara
-Penggunaan daya listrik lebih hemat - Udara yang dihembuskan kurang sejuk
- Mudah dibawa dan dipindahkan - Menyebabkan berbagai penyakit

Air Cooler

Air cooler merupakan perangkat yang dapat digunakan untuk mendinginkan atau menyejukkan ruangan. Sebuah air cooler dilengkapi dengan tabung yang nantinya diisi air. Uap air yang dikeluarkan oleh iar cooler dapat menghasilkan udara yang sangat sejuk.

Kelebihan Air Cooler

Berikut beberapa kelebihan air cooler yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Menjadikan Udara Lebih Lembap

Karena menggunakan sistem uap air, udara yang dihasilkan oleh air cooler menjadi lembap. Hal ini sangat cocok bagi Anda yang merasa ruangan di rumah terasa panas dan pengap karena air cooler bisa menurunkan suhu udara di dalam ruangan.

  • Menghasilkan Udara yang Lebih Sejuk dan Dingin

Salah satu kelebihan air cooler adalah menghasilkan udara yang lebih sejuk dan dingin. Hal ini tentunya lebih baik daripada penggunaan kipas angin. Karena fungsi kipas angin hanya memutar udara di dalam ruangan, tidak mendinginkan ataupun menyejukan ruangan Anda sama sekali. Sebab kipas angin memang hanya menghasilkan angin saja. Udara yang dihasilkan oleh air cooler memang jauh lebih baik daripada udara yang dihasilkan oleh kipas angin.

  • Praktis dan Mudah untuk Dipindahkan

Air cooler merupakan pendingin ruangan yang sangat mudah untuk dipindahkan sesuai dengan keinginan. Dengan demikian, Anda dapat memindahkan dan meletakkan air cooler di mana saja sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lihat juga:  Pilih Mana: Atap Genteng atau Dak Beton?

Kekurangan Air Cooler

Berikut beberapa kekurangan air cooler yang perlu Anda ketahui:

  • Menggunakan Daya Listrik yang Lebih Besar

Salah satu kekurangan air cooler adalah menggunakan daya listrik yang lebih besar jika dibandingkan dengan kipas angin. Air cooler menggunakan sistem yang bisa melembabkan udara, jadi sedikit lebih banyak menggunakan listrik dibanding kipas angin.Namun, daya listrik yang dihabiskan oleh air cooler masih jauh lebih kecil jika dibandingkan penggunaan AC.

  • Memerlukan Perawatan yang Ekstra

Baik air cooler maupun kipas angin merupakan pendingin yang memiliki perawatan yang sangat mudah. Anda dapat merawat dan membersihkannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Namun, perawatan pada air cooler lebih ekstra jika dibandingkan dengan kipas angin.Air cooler memanfaatkan air yang tersimpan dalam box air, dengan demikian Anda perlu ekstra dalam membersihkannya. Hal ini diperlukan karena Anda perlu membersihkan debu yang menempel dan mengganti air di dalam kotak es atau airnya.

  • Mengganggu Sistem Pernapasan

untuk menggunakan air cooler, ruangan memerlukan ruangan dengan ventilasi yang cukup banyak, hal ini dikarenakan air cooler tidak menyemburkan butiran air secara langsung. Air cooler yang digunakan pada ruangan yang tertutup dapat menghambat sirkualsi udara dan udara kotor yang mengandung partikel debu, asap dan sebagainya. Udara yang kotor ini tidak tergantikan dengan udara yang baru sehingga dalam jangka panjang dapat menyebabkan munculnya bahaya. Bahaya yang dapat muncul akibat air cooler bisa berupa gangguan sistem pernapasan seperti munculnya sesak napas bagi orang orang yang memiliki penyakit asma kambuhan atau flek pada paru paru.

  • Harga Relatif Mahal

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh air cooler adalah harga yang ditawarkan lebih mahal jika dibandingkan dengan kipas angin. Namun hal ini wajar saja, mengingat fungsi air cooler yang juga lebih baik daripada kipas angin.

Kelebihan Air CoolerKekurangan Air Cooler
- Dapat menjadikan udara lebih lembap - Memerlukan perawatan yang ekstra
- Menghasilkan udara yang lebih sejuk dan dingin - Mengganggu sistem pernapasan
- Praktis dan mudah untuk dipindahkan- Harga relatif lebih mahal

Pilih Mana: Kipas Angin atau air Cooler?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara kipas angin dan air cooler. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Kipas AnginAir Cooler
- Harga relatif lebih murah - Harga relatif lebih mahal
- Tidak bisa melembapkan ruangan - Mampu untuk melembapkan ruangan
- Memiliki perawatan yang mudah - Memiliki perawatan yang ektstra

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai kipas angin dan air cooler di atas, dapat disimpulkan bahwa air cooler dapat mendinginkan ruangan lebih baik daripada kipas angin. Anda dapat menggunakan air cooler untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Namun, perawatan air cooler memang lebih ekstra daripada kipas angin, dan harganya pun lebih mahal jika dibandingkan dengan kipas angin. Hal ini sesuai dengan fungsi dan manfaat yang diberikan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kipas Angin vs Air Cooler

VS

Leave a Reply