ElektronikHome

Pilih Mana: Kipas Angin Maspion atau Miyako?

Kipas angin menjadi salah satu produk elektronik rumah tangga yang wajib ada dimiliki, terlebih saat musim panas dan tinggal dinegara tropis seperti di Indonesia. Hal inilah yang membuat peluang bagi produsen elektronik rumah tangga seperti Maspion dan Miyako untuk bersaing menjual produk kipas angin dengan inovasi yang terbaru.

Tetapi, diantara kipas angin Maspion dan Miyako mana yang lebih baik? Dalam artikel kali ini kami akan mengulas kedua merk kipas angin tersebut untuk menjadi referensi kalian dalam memilih kipas angin yang kalian butuhkan.

Kipas Angin Maspion

Maspion merupakan salah satu produsen perkakas yang cukup besar di Indonesia. Perusahaan ini memiliki keahlian yang kuat di bidang pemasaran dan manufaktur berbagai rangkaian produk peralatan rumah tangga kualitas baik di peralatan dapur, peralatan rumah tangga plastik, barang pecah belah, dan peralatan listrik rumah. Baca juga Pilih Mana: Kipas Angin Maspion atau Cosmos?

PT. Maspion berdiri pada tahun 1971. Pada tahun 1975, Maspion juga mulai mengembangkan bisnis peralatan listrik rumah, salah satu produknya yaitu kipas angin.

Rekomendasi Tipe Kipas Angin Maspion

1. Maspion Box Fan JF-1221
Untuk Anda yang sering kesal karena kepanasan saat listrik padam, kipas angin Maspion JF-1221 merupakan produk yang tepat untuk Anda. Kipas angin ini dilengkapi dengan baterai isi ulang yang membuatnya bisa tahan menyala hingga 5 jam walau tidak ada listrik. Tidak perlu lagi takut kepanasan meski listrik di rumah Anda padam.

Kipas Maspion Box Fan JF-1221ini dapat menjadi kipas emergency penyelamat dari panas saat listrik padam.

Fungsi kipas dengan 3 tombol volume angin dan penggerak putaran cover bekerja dengan baik. Tetapi, perlu diperhatikan bahwa ukuran kipas ini agak kecil, sekitar 25 cm sehingga tidak cocok untuk ruangan yang terlalu luas. Namun, dengan adanya pegangan di bagian atas, kipas ini dapat Anda pindahkan dengan mudah saat diperlukan.

2. Maspion MWF-41 K Wall Fan
Nikmati udara sejuk tanpa rasa gerah dengan menggunakan Maspion MWF-41K. Beberapa pilihan pengaturan kecepatannya dapat membantu sirkulasi udara di ruangan. Mempunyai model kipas angin dengan aplikasi pada dinding sangat menguntungkan karena akan membuat ruangan terlihat lebih luas tanpa memakan tempat. Untuk memudahkan dalam mengatur kecepatan, kipas angin ini dilengkapi tali panjang.

3. Maspion EF-307
Kipas angin ini termasuk jenis kipas angin meja. Meskipun tercipta untuk diletakkan di atas meja, Kipas angin ini mempunyai ukuran yang cukup besar dengan baling-baling 12 inci. Dengan ukuran baling-baling yang lumayan besar, sudah pasti angin yang dihasilkan juga kencang sehingga sangat mampu untuk mendinginkan ruangan, khususnya ruang kamar.

Tidak perlu khawatir soal listrik, perangkat ini hanya membutuhkan daya listrik sebesar 45 watt dalam pengoperasiannya. Kipas angin ini juga mempunyai daya tahan yang kuat dan mempunyai desain dan pilihan warna yang menarik dan cantik.
Tipe Kipas Angin MaspionHarga Per Oktober 2019
Maspion Box Fan JF-1221Rp. 390.000
Maspion MWF-41 K Wall Fan Rp. 250.000
Maspion EF-307Rp. 230.000

Kelebihan Kipas Angin Maspion

  • Hemat listrik
    Jika Anda takut tagihan listrik membengkak, tenang aja. Sekarang, Anda dapat menikmati hembusan angin yang sejuk hanya dengan daya minimal penggunaan 55 Watt saja. Ruangan jadi terasa lebih sejuk dan tagihan listrik murah, dengan menggunakan kipas ini angin Maspion karena sangat hemat energi. Sehingga selain hemat energi, juga ramah lingkungan.
  • Mesin berteknologi tinggi
    Mesin bertenaga besar serta auto lubrication membuat kerja mesin lebih lancar dan tahan lama. Penggerak dilengkapi pengaman berupa thermal fuse, untuk mencegah terbakar akibat kelebihan tegangan. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika kamu menggunakannya dalam jangka waktu yang lama seperti digunakan untuk tidur dan kebutuhan acara lainnya yang dapat membuat kipas angin ini bekerja lebih ekstra.
  • Tidak berisik dan tahan lama
    Produk kipas angin Maspion ini terkenal akan ketahanannya dalam jangka umur yang lebih panjang. Produknya yang beragam, akan mampu memenuhi setiap kebutuhan kipas angin yang cocok untuk berbagai ukuran ruangan di dalam rumah dan di mana pun. Suaranya yang halus membuat kipas ini terbukti dalam performanya yang sampai sekarang terkenal suaranya yang tidak berisik.

Kekurangan Kipas Angin Maspion

  • Baling-baling cepat kotor
    Kelebihan yang pertama pada kipas angin Maspion ini yaitu baling-baling pada kipas ini gampang kotor mungkin karena warna yang ada pada baling-baling yang membuat efek cepat kotor, Namun, Hal ini yang membuat baling-baling kipas harus di bersihkan dengan rutin.
  • Kabel yang kurang panjang
    Kekurangan yang lainnya pada kipas angin Maspion ini yaitu memiliki kabel yang kurang panjang sehingga jika ingin digunakan jauh dari sumber listrik membutuhkan kabel tambahan.
  • Material baling-baling kipas angin terlalu tipis
    Bahan yang tipis pastinya tidak akan memberikan hembusan angin yang besar. Baling-baling kipas angin tidak harus selalu tebal, namun proposi baling-baling, ukuran dan motornya harus sesuai. Dengan material baling-baling yang tipis juga saat kita membersihkannya perlu berhati-hati karena rentan rusak.

Kipas Angin Miyako

Miyako merupakan merek alat elektronik konsumen asal Indonesia buatan PT Kencana Gemilang yang berkantor pusat di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta, dengan pabrik yang berlokasi di Cikupa, Tangerang, Banten.

Salah satu produk elektroniknya yang populer yaitu kipas angin, Merk kipas angin Miyako memang sudah sejak lama terkenal akan harganya yang terjangkau. Tidak heran bila produk merk ini sangat laris di kalangan kaum muda. Varian kipas stand dari Miyako ini berdaya lebih kuat karena posisi berdirinya membuat kipas bekerja lebih stabil, meminimalisir fluktuasi angin.

Miyako memperoleh penghargaan SICS Award dari SUCOFINDO pada tahun 2013.

Rekomendasi Tipe Kipas Angin Miyako

1. Miyako KAD-927B
Miyako mengeluarkan berbagai jenis kipas angin yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Mulai dari kipas angin berdiri, kipas angin duduk, kipas angin meja, hingga kipas angin 3-in-1.

Salah satu produk kipas angin unggulan dari Miyako adalah kipas angin meja Miyako KAD-927B. Kipas angin ini merupakan salah satu jenis multi-purpose fan yang tidak hanya bisa diletakkan di meja, tetapi juga bisa diletakkan di dinding.

Kipas Miyako tipe ini juga dilengkapi dengan dua pilihan kecepatan yang bisa kamu pilih sendiri. Konsumsi daya listrik yang digunakan juga sangat hemat, yaitu hanya 30 watt saja.

2. Miyako Desk Fan KAD-1227
Kipas angin meja ini dapat membuat ruangan kamu menjadi lebih sejuk dan sirkulasi udara menjadi semakin bersih dan segar.

Kipas angin Miyako Desk Fan KAD-1227 dengan desain minimalis dan kualitas yang baik bisa Anda tempatkan dimana saja Anda inginkan termasuk di dinding ruangan.

3. Miyako KAW-1689 RC
Miyako KAW-1689 merupakan kipas angin yang hemat listrik dengan konsumsi daya hanya berkisar 55 watt. Dilengkapi dengan kualitas motor terbaik dan perputaran yang halus untuk menghindari bising. Terdapat fitur thermofuse safety yang akan berfungsi untuk mendinginkan motor saat telah mencapai suhu maksimal. Membuat kipas angin terhindar dari gejala overheat. Tentunya, keamanan makin terjaga dan kamu tidak merasa kegerahan.

Tipe Kipas Angin MiyakoHarga Per Oktober 2019
Miyako KAD-927BRp. 150.000
Miyako Desk Fan KAD-1227Rp. 180.000
Miyako KAW-1689 RC Rp. 150.000

Kelebihan Kipas Angin Miyako

  • Dilengkapi dengan thermofuse safety
    Fitur ini berfungsi sebagai pendingin mesin kipas sehingga mencegah mesin terlalu panas atau overheating. Jika mesin panas, angin yang dihasilkan juga akan panas sehingga fungsinya sebagai pendingin ruangan tidak berjalan. Tetapi, dengan kehadiran fitur Thermofuse Safety, kamu tidak perlu khawatir kipas anginmu mengeluarkan angin panas. Angin yang dihasilkan akan tetap sejuk dan akan menyelamatkanmu dari rasa gerah.
  • Hemat penggunaan daya listrik
    Kipas angin yang satu ini tergolong hemat energi. Daya listrik yang dibutuhkan hanya 90 watt. Adanya tambahan fitur Timer pada beberapa kipas Miyako pun turut membantu dari sisi penggunaan energi.
  • Memiliki pengaturan kecepatan
    Dengan adanya tombol pilihan kecepatan tersebut, kamu bisa mengatur kipas sesuai dengan kebutuhan atau kondisi udara pada saat kipas dinyalakan. Jadi, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan angin yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Kekurangan Kipas Angin Miyako

  • Tidak awet
    Kekurangan yang pertama pada kipas angin miyako ini yaitu beberapa produknya rentan rusak, sehingga penggunaan tidak dapat dalam jangka waktu panjang.
  • Butuh kabel tambahan
    Kekurangan yang lainnya pada kipas angin Miyako ini yaitu memiliki kabel yang kurang panjang sehingga jika ingin digunakan jauh dari sumber listrik membutuhkan kabel tambahan.
  • Material kurang kokoh
    Kekurangan yang terakhir ini hanya ada di beberapa jenis kipas angin Miyako yaitu materialnya yang kurang kokoh yang membuatnya rentan rusak di bagian bodinya.

Pilih Mana: Kipas Angin Maspion atau Miyako?

Kipas Angin MaspionKipas Angin Miyako
Kelebihan- Hemat listrik - Mesin berteknologi tinggi - Tidak berisik dan tahan lama - Dilengkapi dengan thermofuse safety - Hemat penggunaan daya listrik - Memiliki pengaturan kecepatan
Kekurangan- Baling-baling cepat kotor - Kabel yang kurang panjang - Material baling-baling kipas angin terlalu tipis - Tidak awet - Butuh kabel tambahan - Material kurang kokoh

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan bahwa Kipas angin Maspion maupun Miyako memiliki sisi kelebihan dan kekurangannya pada masing-masing produknya, Tetapi kedua merk ini juga telah telah mengeluarkan berbagai macam jenis produk kipas angin yaitu dari kipas angin berdiri, kipas angin duduk, dan kipas angin meja. Setiap jenis memiliki keunggulan masing-masing sesuai dengan kebutuhan kalian ya guys.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kipas Angin Maspion vs Kipas Angin Miyako

VS

Leave a Reply