ElektronikHome

Pilih Mana: Kipas Angin Panasonic atau Kipas Angin Miyako?

Kipas angin adalah salah satu produk elektronik rumah tangga yang wajib kamu miliki, terlebih lagi saat musim panas. Dengan kipas angin akan membuat rungan kamu menjadi lebih sejuk dan nyaman.

Kipas angin  memang dinilai lebih ekonomis. Banyak merek kipas angin yang bisa kamu dapatkan, seperti merek Panasonic dan Miyako adalah merek elektronik yang banyak mengeluarkan tipe kipas angin.

Tipe kipas angin dari kedua merek tersebut yaitu kipas angin meja, kipas angin dinding dan kipas angin berdiri. Pada artikel ini akan menjelaskan ketiga tipe kipas angin Panasonic dan Miyako juga tips merawat, dan tips membersihkan kipas angin agar awet dan tahan lama.

3 Tipe Kipas Angin Panasonic

Panasonic Stand Fan F-EP405

Panasonic Stand Fan F-EP405 adalah kipas angin dengan tipe berdiri, kipas angin ini dilengkapi dengan kekuatan putaran yang kencang dan tidak mudah rusak. Dibekali dengan tenaga besar, kipas ini akan memberikan kesejukan untuk rumah kamu. Baca juga Pilih Mana: Mesin Cuci Sanken atau Mesin Cuci Sharp?

Panasonic Wall Fan EU-409

Tipe kipas angin ini memiliki hembusan anginnya akan menyegarkan seluruh ruangan karena bertenaga besar. Dilengkapi dengan teknologi thermal fuse untuk menghindari terjadinya overheat.

Tidak hanya itu, setiap motor dari kipas angin Panasonic Wall Fan dilengkapi dengan automatic oiling system untuk memperlancar kinerja motor serta menjadikannya awet dan juga tahan lama.

Panasonic Desk Fan F-EK306

Tipe Panasonic Desk Fan F-EK306 adalah tipe kipas angin dari merek elektronik yang diletakan diatas meja. Biasanya sebuah desk fan atau kipas angin meja bisa memenuhi kebutuhan akan udara yang bersih yang membuat udara didalam ruangan menjadi lebih sejuk dan segar.

Desk fan atau kipas angin meja sangat sesuai di tempatkan di ruangan seperti di ruang belajar, kamar dan ruang kerja yang membuat ruangan lebih sejuk dan tidak menimbulkan kelembaban udara.

Harga Dari 3 Tipe Kipas Angin Panasonic

Panasonic Stand Fan F-EP405 Rp. 500.000 (per Agustus 2019)
Panasonic Wall Fan EU-409 Rp. 400.000 (per Agustus 2019)
Panasonic Desk Fan F-EK306 Rp. 360.000 (per Agustus 2019)

Spesifikasi 3 Tipe Kipas Angin Panasonic

SpesifikasiPanasonic Stand Fan F-EP405Panasonic Wall Fan EU-409Panasonic Desk Fan F-EK306
Daya Listrik64 Watt75 Watt40 Watt
Kecepatan Kipas333
Berat Kipas7 Kg11 Kg8 Kg

3 Tipe Kipas Angin Miyako

Miyako Stand Fan KAS-1618B

Miyako Stand Fan KAS-1618B adalah kipas angin dengan tipe berdiri memiliki desain yang kuat dan dapat diletakan di atas meja maupun di lantai. Membuat udara di ruangan kamu menjadi lebih sejuk dengan menggunakannya.

Kualitas dari tipe kipas angin ini tidak perlu diragukan lagi, dengan harga yang terbilang terjangkau membuat kamu akan lebih hemat dan mendapatkan kipas angin yang baik

Miyako Wall Fan KAW-1689RC

Miyako KAW-1689 adalah kipas angin dengan tipe di dinding yang hemat listrik. Dilengkapi dengan kualitas motor terbaik dan perputaran yang halus untuk menghindari bising.

Ada fitur thermofuse safety yang akan berfungsi untuk mendinginkan motor saat sudah mencapai temperatur maksimal. Membuat kipas angin terhindar dari gejala overheat. Pastinya keamanan makin terjaga dan kamu tidak merasa kegerahan.

Miyako Desk Fan KAD-1227

Kipas angin meja ini dapat membuat ruangan kamu menjadi lebih sejuk dan sirkulasi udara menjadi semakin bersih dan segar.

Kipas angin Miyako Desk Fan KAD-1227 dengan desain minimalis dan kualitas yang baik bisa kamu tempatkan dimana saja kamu mau termasuk di dinding ruangan kamu. Kamu bisa membeli berbagai tipe kipas angin di Ace Hardware.

Harga Dari 3 Tipe Kipas Angin Miyako

Miyako Stand Fan KAS-1618B Rp. 215.000 (per Agustus 2019)
Miyako Wall Fan KAW-1689RC Rp. 250.000 (per Agustus 2019)
Miyako Desk Fan KAD-1227 Rp. 180.000 (per Agustus 2019)

Spesifikasi Dari 3 Tipe Kipas Angin Miyako

SpesifikasiMiyako Stand Fan KAS-1618BMiyako Wall Fan KAW-1689RCMiyako Desk Fan KAD-1227
Daya Listrik50 Watt55 Watt45 Watt
Kecepatan Kipas333
Berat Kipas11 Kg4 Kg6 Kg

Kegunaan Kipas Angin Untuk Sehari-hari

Dapat Meningkatkan Sirkulasi Udara
Pemasangan kipas angin baik itu kipas angin yang diletakkan pada dinding, lantai, meja, maupun berdiri dapat membantu memberikan kenyamanan pada sebuah ruangan.

Dan juga kipas angin membantu peningkatan sirkulasi udara pada ruangan yaitu dengan mengganti udara yang kotor dengan udara yang lebih bersih dan lebih segar dari luar ruangan.

Bisa Lebih Hemat
Sebuah kipas angin yang dipasang pada dinding ruangan hanya membutuhkan daya sekitar 75 watt. Lain halnya jika sebuah ruangan menggunakan AC, akan membutuhkan daya yang lebih besar dan tidak menghemat.

Menghindarkan Bau Pengap
Saat memasuki ruangan tertutup yang menggunakan AC, akan terasa sangat berbeda dengan memasuki ruangan terbuka yang hanya menggunakan kipas angin saja.

Udara dalam ruangan yang ber AC terasa lebih pengap. Hal ini terjadi karena tidak adanya sirkulasi udara dari luar ruangan.

Sedangkan ruangan yang menggunakan kipas angin akan terasa lebih segar dan nyaman karena udara dalam ruangan bisa mengalami pergantian dengan udara baru yang lebih bersih dan segar dari luar ruangan.

Memberikan Kesejukan
Alasan utama orang menggunakan kipas angin adalah untuk mengendalikan temperatur ruangan. Kipas angin dapat memberikan kesejukan ruangan dan menjaga temperatur tubuh.

Namun sebaiknya, ruangan tetap memiliki ventilasi yang baik, misalnya dengan adanya jendela kecil yang terbuka untuk sirkulasi udara.

Tips Membersihkan Kipas Angin

  • Pastikan perangkat elektronik tersebut dalam keadaan off atau mati. Karena, jika kamu membersihkannya dalam keadaan menyala, akan sangat beresiko untuk korsleting.
  • Kemudian, pastikan juga kamu membongkar saat suhu mesin atau motornya sudah tidak terasa panas lagi. Gunakanlah kuas untuk membersihkan kotoran yang menempel pada penutupnya.
  • Kamu pula dapat menggunakan air bersih dan sabun cuci agar debu yang susah terangkat bisa hilang.
    Kamu dapat menggunakan kemoceng untuk memastikan bahwa kipas angin kamu bebas dari kotoran.
  • Selanjutnya bersihkan dengan lap lembab agar debu dan kotoran yang menempel dapat segera terangkat. Hal penting lainnya jangan lupa menyiapkan masker untuk menutup hidung dan mulut kamu. Ingat, debu pada permukaan baling-baling kipas angin bisa mengganggu sistem pernapasan kamu. Agar tidak menghirup debu yang kotor, gunakanlah masker.

Tips Penggunaan Kipas Angin

  • Hindari penggunaan kipas angin pada bayi, dapat menimbulkan dampak buruk seperti meningkatkan sindrom kematian pada bayi secara tiba-tiba.
  • Sebaiknya mengurangi penggunaan kipas angin pada anak-anak, karena hal tersebut bisa menyebabkan penurunan suhu tubuh pada anak.
  • Mengurangi penggunaan kipas angin pada saat kamu tidur malam, karena akan membuat tubuh kamu tidak sehat.

Tips Perawatan Kipas Angin Agar Tahan Lama

  • Pergunakan kipas angin seperlunya saja, hal ini akan dapat membantu menghemat pengeluaran dan membuat kipas angin dapat lebih awet
  • Saat udara lembab, sebaiknya tidak menggunakan kipas angin, karena hal itu dapat merusak komponen kipas, yaitu mesin lebih cepat panas dan mudah berkarat.
  • Jauhkan penempatan kipas pada tempat-tempat yang mudah terkena air maupun hujan atau di ruangan yang beratap seng maupun yang memiliki bahan kimia yang lain seperti tiner, bensin, maupun alkohol. Hal itu dimaksudkan agar bagian dalam kipas angin tidak mudah berkarat, dan luntur warnanya.
  • Rutin membersihkan kawat pengaman dan baling-baling kipas minimal 2 minggu sekali dari debu maupun kotoran lainnya yang menempel.
  • Jika akan menyimpan kipas dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya pergunakan plastik pembungkus untuk melindungi kipas dan simpanlah di tempat yang kering.
  • Lakukan pelumasan secara berkala pada lapisan chrome poros. Hal ini bertujuan agar komponen tersebut tidak cepat terkena gesekan.
  • Lakukan pengecekan secara berkala pada kapasitor kipas untuk mengetahui nilai kapasitor pada kipas, apakah berkurang atau tidak. Jika kapasitor kipas melemah, hal ini akan berakibat putaran kipas menjadi lambat.

Pilih Mana: Kipas Angin Panasonic atau Kipas Angin Miyako?

Kipas Angin Panasonic Kipas Angin Miyako
Kelebihan- Merek elektronik yang sudah terkenal dengan kualitas yang baij - Elektronik jenis kipas angin memiliki tipe yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu - Fitur atau perangkat pada kipas angin didesain dengan canggih sehingga membuat aman saat penggunaan- Merek elektronik kipas angin yang memiliki harga terbilang terjangkau - Kipas angin Miyako memiliki tipe yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu - Desain kipas angin yang minimalis tetapi tetap elegan
Kekurangan- Harga dari kipas angin Panasonic cukup mahal - Baling-baling pada kipas cukup sulit untuk dilepaskan saat memberishkan kipas- Tutup pada kipas angin cukup sulit dilepaskan ketika akan dibersihkan - Baling-baling pada kipas angin Miyako cukup sulit untuk dilepaskan saat dibersihkan

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas mengenai Kipas Angin Panasonic dan Kipas Angin Miyako keduanya memiliki tipe kipas angin yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Kedua merek elektronik tersebut juga merek yang sudah terkenal dikalangan masyarakat terlebih lagi di kalangan ibu-ibu.

Dari kedua penjelasan tipe dan harga dari kedua merek tersebut Kipas Angin Miyako lebih unggul dibandingkan dengan Kipas Angin Panasonic, karena dengan kualitas yang baik dan fitur yang baik Kipas Angin Miyako memiliki harga yang terbilang lebih murah dibandingkan Kipas Angin Panasonic.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kipas Angin Panasonic vs Kipas Angin Miyako

VS

Leave a Reply