Photography

Pilih Mana: Kogan 4K vs Xiaomi Yi

Xiaomi Yi menjadi pilihan pertama bagi para pecinta kamera action cam di Indonesia karena hadir lebih dulu sebagai action cam yang memiliki kualitas tinggi, Namun, tidak lama dari itu Kogan kemudian meluncurkan seri 4K miliknya dengan harga yang hampir dua kali lebih murah daripada Xiaomi Yi.

Hal tersebutlah yang membuat Kogan 4K dan Xiaomi Yi bersaing hingga saat ini, Dan cukup membuat beberapa orang kebingungan untuk memilih diantara keduanya, Olehnya, Selera.id akan membandingkan keduanya pada artikel di bawah ini untuk melihat mana yang lebih unggul. Stay tune!

Kogan 4K vs Xiaomi Yi

Kogan 4K

Kogan action camera ini merupakan kamera digital yang dapat DIgunakan untuk mengabadikan berbagai kegiatan, terutama pada kegiatan olahraga. Dengan Kogan 4K ini, Kalian tidak perlu repot-repot untuk memegang kamera saat sedang berolahraga, Karena kamera ini memiliki desain yang sangat mudah digunakan.

Dengan kamera 16MP dan resolusi video Ultra HD hingga 4K, Kamera Kogan 4K action camera ini akan menghasilkan gambar sangat jernih.Layar 2inch yang dimiliki oleh kamera ini, akan membantu kalian untuk melihat hasil foto atau video secara lebih jelas.

Kogan 4K UltraHD juga memiliki slot memori dengan kapasitas maksimal 64GB, serta kedap air mencapai kedalaman 30 meter di bawah air. Kamera aksi ini juga dilengkapi 13 macam mounting yang bisa didapatkan dalam paket penjualan. Baca juga Pilih Mana: GoPro atau Xiaomi Yi?

Kelebihan Kogan 4K

  • Terdapat LCD pada kamera
    Kelebihan yang ada pada Kogan 4K ini yaitu terdapat LCD yang berfungsi bisa langsung melihat hasil rekaman. Sehingga tidak perlu di sambungkan ke handpohone lagi.
  • Dilengkapi dengan casing tahan air
    Kelebihan selanjutnya yang ada ada kemera Kogan 4K ini yaitu dilengkapi dengan casing waterproof tahan air hingga 30 cm. Sehingga kamera ini bisa kalian gunakan dalam aktivitas air, Maupun untuk mengabdikan aktivitas renang sekalipun.
  • Desain kecil dan praktis
    Kelebihan yang terakhir yang ada pada kamera Kogan 4K ini seperti umumnya camera action cam, yaitu memiliki desain yang kecil dan praktis sehingga sangat mudah dibawa kemanapun. Dan penggunaan yang cukup mudah karena cukup ringan.

Kekurangan Kogan 4K

  • Firmware Kogan susah di update
    Update Firmware ini bertujuan untuk menyempurnakan kekurangan dalam fungsi kamera yang sudah terlanjur terjual. Banyak pengguna Kogan 4K yang mengeluh ketika kameranya error dan harus install ulang atau update firmware.
  • WiFi sering bermasalah
    Banyak pengguna Kogan 4K mengeluhkan masalah WiFi yang tidak mau terhubung dengan Smartphone nya . Hal tersebut bisa disebabkan oleh kegagalan firmware atau kerusakan hardware seperti kekurangan yang ada pada poin pertama.
  • Baterai yang sering error
    Kekurangan yang terakhir yaitu, baterai kamera Kogan sangat sensitif , keterbatasan teknologi yang dimiliki oleh firmware dan hardware kamera ini menyebabkan Baterai action camera kogan rentan mengalami kerusakan.

Kogan 4K vs Xiaomi Yi

Xiaomi Yi

Xiaomi mungkin dikenal sebagai pembuat ponsel pintar yang sangat laris di China. Dan sekarang mereka juga akan memproduksi kamera aksi (action camera) bernama Yi dan bersaing di pasar GoPro.

Xiaomi Yi mampu merekam 1080p pada 60 fps, Yi menghasilkan foto dengan resolusi 16 megapiksel , serta ruang penyimpanan maksimal Xiaomi Yi adalah 64 GB. Xiaomi Yi juga menggunakan sensor yang sudah teruji kualitas-nya, Sony Exmor R CMOS.

Xiomi juga dilengkapi dengan beberapa fitur lain seperti mode panorama, waterproof sampai dengan 40 meter, bisa di pasang tongsis dan dilengkapi mode memotret continuous sampai dengan 7 foto per detik.

Kelebihan XIaomi Yi

  • Harga yang cukup terjangkau dengan fitur cukup mumpuni
    Kelebihan yang pertama yaitu Xiaomi Yi ini merupakan action camera dengan harga yang terjangkau yaitu dibawah satu jutaan. Namun, Meskipun  dengan harga yang murah tetapi fitur dan spesifikasinya cukup mumpuni lho!
  • Desain keren dan elegan serta ringan
    Action camera xiaomi yi merupakan kamera mungil dengan desain apik dan elegan. Xiaomi Yi versi international yang saya pinang ini dibalut dengan warna hitam dan terlihat sangat premium walaupun harganya terjangkau.
  • Aksesoris yang banyak beredar di pasaran
    Salah satu kelebihan dari Xiaomi Yi adalah sudah banyak aksesoris yang beredar dipasaran, bahkan kita dapat menggunakan aksesoris GoPro mulai dari yang murah sampai yang mahal untuk kamera Xiaomi Yi . Apabila kita salah satu pemilik Drone, maka kamera Xiaomi Yi ini dapat digunakan.

Kekurangan Xiaomi Yi

  • Tidak terdapat LCD pada kamera
    Salah satu kekurangan pada kamera Xiaomi tidak terdapat LCD untuk melihat hasil rekaman video atau hasil photo, tetapi jangan kawatir karena salah satu kelebihan lain dari Xiaomi adalah kemampuan konek atau pairing dengan Android smartphone melalui media Wifi.
  • Belum dilengkapi dengan fitur LED flash
    Kekurangan selanjutnya yang ada pada kamera Xiaomi Yi ini yaitu belum di lengkapi dengan fitur LED flash sehingga kamera ini jika digunakan pada tempat yang minim cahaya akan menghasilkan foto ataupun video yang kurang bagus.
  • Desain baterai yang sulit dilepas
    Kekurangan yang terakhir yaitu dari segi desain baterai yang sulit dilepas, Namun kekurangan yang satu ini mungkin terjadi hanya pada pengguna baru, Jika kalian sudah cukup terbiasa hal ini mungkin tidak akan menjadi masalah besar.

Kogan 4K vs Xiaomi Yi

Kogan 4K vs Xiaomi Yi

Spesifikasi Kogan 4K Xiaomi Yi
Resolusi Kamera 16 MP 16 MP
Wide Angle 173 ° 155 °
Kapasitas Baterai 90 mins 95 mins
Tahun Rilis 2016 2015
Video Resolusi 1080p, 720p 1080p, 960p, 720p, 480p
Dimensi 29.8 x 59.2 x 41 mm 60 × 42 × 21 mm

Desain
Kogan 4K memang diluncurkan dengan desain yang minimalis untuk sebuah action cam. Ukurannya hanya 29.8 x 59.2 x 41 mm, Sedangkan Xiaomi Yi berukuran 60 x 42 x 21 mm. Dengan ukuran ini tentu sangat wajar apabila Kogan 4K lebih ringan 30 gram daripada Xiaomi Yi. Akan tetapi untuk ukuran action cam masa kini, desain compact milik keduanya bisa terbilang cukup standar. Xiaomi Yi mungkin bisa sedikit unggul dengan varian warna yang lebih beragam.

Hardware
Xiaomi Yi memiliki 3 buah tombol, yakni tombol power, tombol foto dan tombol Wi-Fi. Sementara Kogan 4K memiliki 4 buah tombol, yakni tombol power (yang sekaligus berperan sebagai tombol mode), tombol foto, tombol up, serta tombol down.

Kogan 4K ini juga dilengkapi dengan layar sementara Xiaomi Yi tidak. Adanya layar serta tombol up dan down ini tentu sangat memudahkan pengguna dalam melakukan setting secara langsung.

Kualitas foto dan video
Keduanya memang memiliki kamera yang sama yakni sebesar 16 megapiksel. Akan tetapi perlu diingat bahwa Xiaomi Yi hanya mampu menembak 2K pada 30fps. Lain halnya dengan Kogan 4K yang mampu menembak hingga dua kali lipat pada jumlah fps yang sama. Pada Kogan 4K, rona cahaya dan warna yang ditangkap akan lebih banyak sehingga perbedaan yang cukup jelas akan terlihat.

Xiaomi Yi akan terlihat sedikit redup cahaya sehingga cuaca cerah pun akan nampak lebih mendung. Sementara Kogan 4K bisa menangkap cahaya yang jauh lebih terang sehingga bentuk langit yang cerah akan lebih nyata terlihat.

Untuk jangkauan area kamera Kogan 4K yang lebih lebar (173°) daripada Xiaomi Yi (155°).

Pilih Mana: Kogan 4K vs Xiaomi Yi

Kogan 4K Xiaomi Yi
Kelebihan- Terdapat LCD pada kamera - Dilengkapi dengan casing tahan air - Desain kecil dan praktis- Harga yang cukup terjangkau dengan fitur cukup mumpuni - Desain keren dan elegan serta ringan - Aksesoris yang banyak beredar di pasaran
Kekurangan- Firmware Kogan susah di update - WiFi sering bermasalah - Baterai yang sering error - Tidak terdapat LCD pada kamera - Perangkat pembenaran yang mahal - Desain baterai yang sulit dilepas

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan dari perbandingan antara Kogan 4K dan Xiaomi Yi bahwa keduanya merupakan Action cam yang dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, untuk harga Kogan 4K bisa terbilang lebih murah dibandingkan dengan Xiaomi Yi, Kogan juga sudah dilengkapi dengan layar pada kameranya, Namun hasil dari kamer ini cukup terang dibandingkan dengan Xiomi Yi, Oleh karenanya, diantara keduanya dapat kalian sesuaikan saja dengan kebutuhan dan selera kalian ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kogan 4K vs Xiaomi Yi

VS

 

Leave a Reply